Contoh ASKEP Kasus Komunitas

Hasil WSS yang dilakukan terhadap Desa A di Kecamatan Tulangan Sidoarjo didapatkan data sebagai berikut : Sebagian besar penduduk wanita bekerja sebagai buruh pabrik Penduduk dewasa laki-laki berwiraswasta sebagai mebeler dengan membuat peralatan rumah tangga dari kau olahan Aktivitas anak-anak pada pagi hari semuanya sekolah sehingga pada jam sekolah kampung sepi. menyatakan bahwa sungai itu merupakan fasilitas umum yang dimiliki oleh warga untuk MCK Data kesakitan dari Puskesmas Tulangan menunjukkan bahwa 50 orang warga desa itu telah terdiagnosis dengan hepatitis virus dan penyakit itu dinyatakan sebagai wabah di desa itu. hampir semuanya memiliki pipa pembuangan ke sungai Disepanjang sungai terdapat beberapa warung yang selalu ramai selain menjadi tempat makan warga juga banyak warga dari luar mengingat desa itu merupakan jalur strategis Terdapat satu sekolah dasar dengan beberapa penjual makanan ringan yang dikerubuti siswa yang secara higyenis kurang meyakinkan Dari ungkapan beberapa warga yang ditemui di jalan. . air jernih dengan kedalaman air sekitar 1 meter yang mengalir di sepanjang desa Dari semua rumah yang berada di sepanjang sungai. kemudian mandi di sungai Terdapat satu sungai lebar 3 meter. sedangkan pada sore hari banyak anak-anak bermain bola di lapangan dekat sungai.

Analisa data Data Masalah Data kesakitan dari Puskesmas Tulangan Terjadinya KLB menunjukkan bahwa 50 orang warga desa itu hepatitis virus telah terdiagnosis dengan hepatitis virus dan penyakit itu dinyatakan sebagai wabah di desa itu Kebiasaan anak-anak mandi di sungai Semua rumah mempunyai pipa pembuangan limbah rumah tangga ke sungai Sungai mrpk fasilitas MCK warga Hygiene sanitasi rendah Kebiasaan jajan di sekolah dgn kebersihan (-) Kebiasaan warga makan di warung Warung dgn kebersihan tempat makan (-) Posisi warung dan desa strategis dari seluruh penduduk Resiko penularan penyakit hepatitis tinggi .

No Masalah Kesehatan A B C D E F G Ketersediaan Sumber H I J K L 1 2 Terjadinya KLB 3 4 2 1 3 4 2 3 2 1 hepatitis virus 4 4 3 3 Hygiene sanitasi rendah Resiko penularan hepatitis tinggi 2 2 3 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful