SISTEM INTEGUMEN

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Ikhtiologi

Disusun oleh: 1. Lugina Gilang 2. Rezha Adviana 3. Ita Hairunnisa 4. Sarah Nur Azizah 5. Rio Bambang Y 6. Deri Erlando 7. Stephanie M.F. Agusta P. 230110090001 230110090002 230110090003 230110090005 230110090006 230110090007 230110090008

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

UNIVERSITAS PADJADJARAN

2010

Apa pengaruh GTP dan AMP terhadap bioluminence dan apakah nitrogen monoksida mempengaruhi sel cahaya seperti kunang-kunang ? (Ahmad) (akan dibahas lebih lanjut di mata kuliah Fisiologi hewan air) 2. atau gesekan dengan air. karena sisik berperan sebagai pertahan pertama pada ikan untuk melindungi tubuhnya dari bakteri. Sedangkan chromatophore mempunyai butiran-butiran pigmen yang merupakan sumber warna sesungguhnya. contoh : ikan nila : Ikan air tawar. Sesi . Jika ada ikan yang memiliki gen sisik tetapi pada saat ikan itu memijah ternyata tidak bersisik. Bagaimana cara kerja sel pewarna dan sebutkan contoh ikannya ! (Deri) Sel khusus pemberi warna ada 2 macam yaitu iridocyte(leucophore dan guanophore) dan chromatophore. Jelaskan mengenai sistem warna menunjukan tingkah laku seksual ! (Lantun) Jawab : Warna yang dikeluarkan oleh ikan betina pada saat musim pemijahan akan menjadi isyarat yang akan di ikuti oleh ikan jantan untuk mencari tempat yang baik untuk memijah. bagaimana kelangsungan hidupnya ? (Hami) Jawab : Sebernarnya ikan tersebut bukan tidak mempunyai sisik melainkan sisik itu lebih tipis daripada ikan-ikan yang lain sehingga sisik tersebut lebih terlihat tidak memiliki sisik. .2 1. 3.1 1. Tetapi jika ada ikan yang memiliki sisik lebih sedikit maka ketahan tubuhnya akan lemah tidak seperti ikan yang memiliki sisik yang banyak. Sebutkan macam-macam sisik beserta contoh-contoh ikannya ! (Hasbi) Jawab : y y y y y Placoid Stenoid Cycloid Ganoid Cosmoid : Ikan bertulang rawan. Sel iridocyte sering dinamakan juga sebagai sel cermin karena mengandung bahan yang dapat memantulkan warna diluar tubuh ikan.Sesi. conth : ikan pari dan ikan hiu :Telostei (ikan bertulang sejati). virus.) : Ikan-ikan purba 2. contoh : ikan mas : Ikan-ikan laut dalam (Lepidostes sp. Butiran pigmen ini dapat meyebar ke seluruh tubuh atau mengumpul pada suatu titik.

melanophore (hitam). .3 1. Apakah kelenjar racun yang dikeluarkan ikan hanya berasal dari empedu atau ada yang berasal dari sisitem integumennya ? (Humaira) Jawab : jenis-jenis ikan yang sistem integumennya memiliki kelenjar racun antara lain ikan-ikan disekitar karang. maka ikan -ikan laut dalam umumnya memiliki organ bioluminescens. Sehingga isopedin ini mempunyai fungsi yang sama dengan sisik sebagai pertahanan pertama pada ikan. Jelaskan sistem integumen pada kuda laut ! (Ririn) Jawab : kuda laut bukan merupakan jenis ikan. maka warna tersebut akan terlihat jelas tergantung pada butiran-butiran pigmen tersebut. Jelaskan mengapa hanya ikan laut dalam saja yang mempunyai bioluminence ! (Dwi Rizki Anandita) Jawab : hal ini dikarenakan penyesuaian terhadap likungan oleh ikan tersebut karena semakin dalam lautan akan semakin gelap. dan leucophore (putih).Jika butir-butir pigmen tersebut berkumpul pada satu titik maka warna yang akan dihasilkan secara keseluruhan akan nampak puncat. 3. Jelaskan mengenai tulang isopedin beserta fungsinya ! (Intan) Jawab : sebenarnya tulang isopedin itu bukan jenis tulang melaikan derivat dari integumen yaitu sisik. ikan lele dan sebangsa siluroi ae dan golongan d Elamosbranchii serta ikan lepu ayam. Tetapi jika dilihat dari sistem integumennya kuda laut memiliki jenis sisik placoid yang seperti duri keluar dari epidermis. 2. ikan lepu tembaga. xanthophore (kuning). Sesi. Sedangkan jika menyebar. Chromatophore dasar ada 4 jenis yaitu erythophore (merah dan jingga). 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful