TUGAS PKN KELAS XII-IA 3 SMA NEGERI 7 KEDIRI

.

3 Menghadapi era globalisasi ekonomi. golonganya bahkan negara lain dibandingkan kepentingan negaranya. Untuk itu sebaiknya setiap komponen masyarakat saling berinterospeksi diri untuk dikemudian bersatu bahu membahu membawa bangsa ini dari keterpurukan dan krisis multidimensi. Pemahaman Nasionalisme yang berkurang Di saat negara membutuhkan soliditas dan persatuan hingga sikap gotong royong. Disamping itu yang patut diwaspadai adalah pengelompokan suku bangsa di Indonesia yang kini semakin kuat. ancaman bahaya laten terorisme. komunisme dan fundamentalisme merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA PENGERTIAN IDEOLOGI CIRI-CIRI IDEOLOGI TERBUKA & TERTUTUP BUKTI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . . sebagian kecil masyarakat terutama justru yang ada di perkotaan justru lebih mengutamakan kelompoknya. Ketika bangsa ini kembali dicoba oleh pengaruh asing untuk dikotak kotakan tidak saja oleh konflik vertikal tetapi juga oleh pandangan terhadap ke Tuhanan Yang Maha Esa.

namun tumbuh dan berkembang dari kemauan rakyat Demokratis Bisa menerima masukan selama tidak menyimpang dari nilai asalnya TERTTUTUP Merupakan cita ² cita perorangan Atas nama ideologi dibenarkan/ atas nama masyarakat Tidak hanya berisi cita-cita dan nilai tertentu melainkan tuntutan ² tuntutan kongkrit dan operasional kersa yang diajukan.3 . Hak asasi manusia diabaikan Pemerintah cenderung otoriter 4 5 SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA PENGERTIAN IDEOLOGI CIRI-CIRI IDEOLOGI TERBUKA & TERTUTUP BUKTI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA NO 1 2 3 TERBUKA Bersumber dari rakyat dan budaya negara itu sendiri Tidak berasal dari sekelompok orang tapi kesepakatan bersama Tidak diciptakan oleh negara.

Pancasila memiliki pandangan hidup dan tujuan serta cita ² cita masyarakat Indonesia 2. Menginspirasikan kepada masyarakat agar bertanggung jawab sesuai dengan nilai ² nilai Pancasila 7. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia 4. Menghargai pluralitas. Terjadi atas dasar keinginan bangsa ( masyarakat ) Indonesia sendiri tanpa campur tangan atau paksaan dari sekelompok orang 5. Tekad untuk mengembangkan kekreatifitasan dan dinamis untuk mencapai tujuan nasional 3. sehingga dapat diterima oleh semua masyarakat yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda.3 .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA PENGERTIAN IDEOLOGI CIRI-CIRI IDEOLOGI TERBUKA & TERTUTUP BUKTI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA Bukti Pancasila adalah ideologi terbuka : 1. SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . Isinya tidak operasional 6.

pringgodigdo yang disusul dengan pengibaran bendera merah putih oleh toyohiko Masuda .upacara peresmian itu dihadiri pula oleh dua pejabat jepang yaitu jendral Itagaki (panglima tentara ke tujuh yang bermarkas di singapura) dan letnan jendral nagano (panglima tentara Keenam belas yang baru ). R . Pringodigdo pada tanggal 28 mei 1945 dilangsungkan upacara peresmian badan penyelidik Usaha-Usaha persiapan kemerdekaan bertempat di gedung Cuo sangi in.Dalam situasi kritis tersebut .dengan pasukan jepang di Papua Nugini Kepulauan Solomon . T. Radjiman Wediodiningrat diangkat sebagai (Kaico ).A. Pada kesempatan itu di kibarkan bendera jepang . R . Shucokai cirebon yang bernama Icibangase .Suroso diangkat sebagai kepala sekertariat dengan di bantu oleh Toyohiti Masuda dan Mr. mengumumkan pembentukan badan penyelidik Usaha-usaha persiapan kemerdekan INDONESIA (Dokuritsu Junbi Cosakai ) .jakarta. dr. dan Kepulauan Marshall yang berhasil di pukul mundur oleh pasukan sekutu.G.EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA AWAL MULA Pada tahun 1944 saipan jatuh ke tangan sekutu. PIAGAM JAKARTA SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . pengangkatan pengurus ini di umumkan pada tanggal 29 april 1945 .3 . A. sedangkan yang duduk sebagai ketua muda (fuku kico ) pertama di jabat oleh seorang jepang . K . jalan pejambon (Sekarang GedungDepartemen Luar negri ) . pada tanggal 1 maret 1945 Letnan Jendral Kumakici Harada . G . pimpinan pemerintah pendudukan jepang di jawa .P .Hinomaru oleh Mr.

Peri Kemanusiaan 5. Sosialisasi negara 5. Internasionalisme atau perikemanusiaan 3. Peri keutuhan Mr. Soepomo pada tanggal 31 mei 1945 menyampaikan usulan 5 dasar negara : 1. yamin pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 menyampaikan rumusan asa & dasar sebai berikut : 1. Kesejahteraan sosial 5. Paham negara ketuhanan 2. Ketuhanan dan kebudayaan . Peri Kerakyatan 2. Kesejahteraan Rakyat 3. Soekarno. Peri kebangsaan 4. Mufakat atau demokrasi 4. pada tanggal 1 Juni 1945 menyampaikan usul 5 dasar negara : 1.3 Mr.EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA y PIAGAM JAKARTA y y SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . Perhubungan negara dengan agama 3. System badan permusyawaratan 4. Kebangsaan Indonesia 2. Hubungan antar bangsa Ir.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaa dalam permusyawaratan perwakilan 5. Kemanusiaan yang adil dan beradap 3. Keutuhan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya 2.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaa dalam permusyawaratan perwakilan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Rumusan akhir Pancasila pada sidang PPKI 18 Agustus 1945 : 1.EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA y PIAGAM JAKARTA y Panitia Kecil pada tanggal 22 Juni 1945 menyampaikan usul 5 dasar negara : 1.3 . Kemanusiaan yang adil dan beradap 3. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . Persatuan Indonesia 4. Persatuan Indonesia 4. Keruhanan Yang Maha Esa 2.

3 .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA PIAGAM JAKARTA Tri Sila adalah konsep dasar negara Indonesia yang disampaikan oleh Ir. Sila Ketuhanan yang berkebudayaan Eka Sila adala dasar negara perasan dari Trisila yang disampaikan oleh Ir. Sila Mufakat atau demokrasi 3. Sila Kebangsaan Sila Internasionalisme diperas menjadi socionationalisme 2. Soekarno Isi Eka Sila : Gotong royong SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . Soekarnao yang diperas dari 5 dasar negara Isi Tri Sila : 1.

Piagam Jakarta tidak digunakan sebagai dasar negara karena isi dari piagam tersebut adalah Ketuhana Yang Maha Esa.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaa dalam permusyawaratan perwakilan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA PIAGAM JAKARTA Piagam Jakarta adalah rumusan Pancasila yang dikemukakan oleh panitia 9 yang berisi : Keruhanan Yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradap. dengan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya sedangkan negara Indonesia bersifat pluraris( mencakup banyak suku ) jadi hal tersebut tidak sesuai dengan sifat bangsa Indonesia.Persatuan Indonesia . Panitia 9 adalah panitia yang merumuskan dasar nrgara dan menghasilkan piala Jakarta ( Jakarta charter ).3 .

3 .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA RUMUSAN PANCASILA TRI SILA & EKA SILA PIAGAM JAKARTA SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .

SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .3 KETUHANAN YANG MAHA ESA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAP PERSATUAN INDONESIA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN. 3. 4. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA .EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA FUNGSI PANCASILA DAN PENGELOMPKANNYA NILAI YANG TERKISTRAL DARI KEHIDUPAN NYATA BANGSA INDONESIA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA 1. 2. DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN 5.

EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA FUNGSI PANCASILA DAN PENGELOMPKANNYA NILAI YANG TERKISTRAL DARI KEHIDUPAN NYATA BANGSA INDONESIA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA NO 1 2 3 DASAR NEGARA INDONESIA Sumber dari segala sumber hukum Sebagai ideologi bangsa Indonesia PANDANGAN HIDUP INDONESIA Sebagai jiwa bangsa Indonesia Sebagai kepribadian bangsa Indonesia Sebagai alat pemersatu Sebagai falsafah hidup yang mempersatukan negara Indonesia Sebagai sumber motivasi negara Indonesia Sebagai simbol negara Indonesia Sebagai kesepakatan bangsa Indonesia Sebagai ligatur bangsa 4 SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .3 5 .

EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA FUNGSI PANCASILA DAN PENGELOMPKANNYA NILAI YANG TERKISTRAL DARI KEHIDUPAN NYATA BANGSA INDONESIA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 NILAI Kedamaian Keimanan Ketakwaan Keadilan Kesetaraan Keselarasan Keberadaban Persatuan dan kesatuan Mufakat Kebijksanaan NO 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 NILAI Kesejahteraan Krukunan Saling asuh Saling asih Saling asah Kepedulian Ramah tamah Gotong royong Sopan santun Kepedulian SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA .3 10 .

Pancasila yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 tersebut ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka. Ketetapan MPR No. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan (indifferentism). .V/MPR/1973 dan Ketetapan MPR No.XX/MPRS/1966 jo.IX/MPR/1978 yang menegaskan kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tertib hukum di Indonesia. Inilah sifat dasar Pancasila yang pertama dan utama.3 Pengertian Pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari alinea keempat Pembukaan UUD 1945 dan sebagaimana tertuang dalam Memorandum DPR-GR 9 Juni 1966 yang menandaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah dimurnikan dan dipadatkan oleh PPKI atas nama rakyat Indonesia menjadi dasar negara Republik Indonesia.EXIT PRESENTATION IDEOLOGI RUMUSAN PANCASILA PANCASILA FUNGSI PANCASILA DAN PENGELOMPKANNYA NILAI YANG TERKISTRAL DARI KEHIDUPAN NYATA BANGSA INDONESIA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA SMA NEGERI 7 KEDIRI KELAS XII ² IA . tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam seloka ´Bhinneka Tunggal Ikaµ. yakni sebagai dasar negara (philosophische grondslaag) Republik Indonesia. Maka Pancasila merupakan intelligent choice karena mengatasi keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan. Dengan syarat utama sebuah bangsa menurut Ernest Renan: kehendak untuk bersatu (le desir d·etre ensemble) dan memahami Pancasila dari sejarahnya dapat diketahui bahwa Pancasila merupakan sebuah kompromi dan konsensus nasional karena memuat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh semua golongan dan lapisan masyarakat Indonesia. Memorandum DPR-GR itu disahkan pula oleh MPRS dengan Ketetapan No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful