1. Fungsi asam amino esensial dan strukturnya (20 buah)!

Jawaban : • Fenilalanin Fenilalanin bersama-sama dengan taurin dan triptofan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar atau penyampai pesan (neurotransmitter) pada sistem saraf otak. Asam amino ini bertugas mengontrol berat badan, karena efeknya dalam mengatur sekresi kelenjar tiroid dan menekan nafsu makan (control of appetite). Defisiensi fenilalanin dapat berakibat mata merah (bloodshot eyes), katarak, dan perubahan perilaku (psychotic dan schizophrenic).

Isoleusin Asam amino ini diperlukan dalam produksi dan penyimpanan protein oleh tubuh, dan pembentukan hemoglobin. Juga berperan dalam metabolisme dan fungsi kelenjar timus dan kelenjar pituitari. diperlukan utk pertumbuhan yang optimal, mempertahankan keseimbangan nitrogen dalam tubuh, diperlukan dalam pembentukkan asam amino non-esensial lainnya, penting untuk pembentukkan hemoglobin dan menstabilkan kadar gula dalam darah

Leusine Asam amino yang berperan penting dalam proses produksi energi tubuh, terutama dalam mengontrol sintesa protein. Sebagai senyawa turunan, isoleusin juga bekerja dalam pengaturan protein bersama asam amino lain (valin). pemacu fungsi otak, menstabilkan kadar gula dalam darah, dan yang paling penting membantu penyembuhan tulang, jaringan otot dan kulit

menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh. dan seng membantu mencegah infeksi. anemia. Bersama proline dan Vitamin C akan membentuk jaringan kolagen. sulit konsentrasi. terutama berfungsi dalam sistem saraf dan pencernaan. • Methionin Metionin adalah suatu asam amino dengan gugusan sulfur yang diperlukan tubuh dalam pembentukan asam nukleat dan jaringan serta sintesa protein. dan keadaan gugup. rambut rontok. Bersama dengan vitamin C. Menurunkan kadar triglyserida darah yang berlebih. Bahan dasar antibodi darah. W. Memacu koordinasi otot. • Lisin Asam amino ini menghambat pertumbuhan virus. Borrman menyebutkan manfaat valin untuk membantu gangguan saraf otot. Defisiensi valin membuat mudah tersinggung. membantu perbaikkan jaringan yang rusak. Kekurangan menyebabkan mudah lelah. insomnia. A. mental dan emosional. Mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal. pertumbuhan terhambat dan kelainan reproduksi. Memperkuat sistem sirkulasi.Metionin bekerja sama dengan vitamin B12 dan asam folat dalam membantu tubuh mengatur pasokan protein .• Valin Diperlukan dalam pertumbuhan dan penampilan. Juga menjadi bahan pembentuk asam amino lain (sistein) dan vitamin (kolin).

berlebihan dalam diet tinggi protein. Defisiensi treonin pada anak-anak dapat berakibat gangguan mental berupa mudah tersinggung. Treonin dipotong menjadi asetaldehida dan glisin oleh Aldolase treonin. enzim yang diperlukan untuk pengembangan dan berfungsinya otak. E 'disintesis dalam mikro-organisme seperti Escherichia coli dan khamir (sebuah) asam aspartat. dan (B) glisin dan asetaldehida. Ini adalah asam amino esensial. Selain itu. dan gangguan ginjal. dan melindungi hati. banyak digunakan untuk detoksifikasi senyawa racun dari tubuh dan berfungsi untuk menunda penurunan fungsi otak. dan dengan demikian sangat diperlukan dalam makanan. Sebenarnya asam amino ini bekerja pada sistem pencernaan. triptofan berfungsi dalam pengendoran saraf dan membantu proses tidur dan perkusor melatonin (hormon perangsang tidur). manfaat treonin untuk mencegah dan mengobati penyakit gangguan mental. • Glisin Glisin sebagai salah satu asam amino esensial. yang akan mengikat senyawa toksik supaya larut air dan bisa dibuang dari tubuh. metionin merupakan kunci kesehatan bagi hati yang berhubungan banyak dengan lemak. fungsi penting lain metionin adalah membantu menyerap lemak dan kolesterol. Fungsinya dalam proses pembekuan darah dan pembentukan cairan pencernaan. Sebagai bahan pembentuk neuro-transmitter serotinin. • Triptofan Asam amino ini menjadi bahan untuk sintesa niasin (vitamin) di dalam tubuh. pengerasan hati (sirosis). . Karena itu. Defisiensi metionin dapat berakibat rematik kronis. Glisin diperlukan sebagai bahan pembentuk senyawa antioksidan glutation. Treonin dapat di deaminasi untuk membentuk asam ketobutyric treonin dehydrase. • Threonin Treonin : E '-hidroksi-butirat asam amino.

Mengambil bagian dalam detoksifikasi halogenasi hidrokarbon aromatik.• Hisitidin Asam amino ini diperlukan pada saat pertumbuhan untuk memperbaiki jaringan tubuh dan mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang diproses di dalam hati. Tetapi juga sering diperlukan suplementasi histidin sendiri pada usia lanjut. menguatkan otot jantung. . menjadi esensial bila tubuh membutuhkannya dalam jumlah lebih besar. Sebagai suplemen. Menurunkan tekanan rendah. pembentukan asam glutamat. dan memperkuat sistem imun. menyembuhkan luka • Sistin Sistein berpartisipasi dalam pembentukan hidrogen sulfida. Histidin dikonversi tubuh menjadi histamin. diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah putih yang berfungsi sebagai salah satu fungsi imun. yang merangsang pengeluaran asam lambung. Sistin yang merupakan asam amino yang mengandung sulfur. misalnya lisin. misalnya pada mereka yang baru menjalani operasi. merangsang sekresi hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone). meningkatkan sistem imunitas. Anti aterogenik. biasanya digunakan bersama asam amino lain. Asam amino ini termasuk tidak esensial. asam piruvat dan amonia. • Arginin Arginin adalah asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk pembuatan cairan seminal (air mani). dilatasi pembuluh darah (meningkatkan aliran darah perifer). karena terjadi gangguan sintesa dan penyerapannya oleh tubuh. karena di dalam tubuh diproduksi dari metionin. Namun. melancarkan peredaran darah. menurunkan kadar lemak (kolesterol). menghambat stres oksidatif / kerusakan jaringan. dan pembentukan taurin.

Serin adalah perkursor glisin dan sistein. limfosit. dan memperbaiki kerusakan hati akibat konsumsi alkohol. makrofagus). Dalam produk minuman pembangkit tenaga (energy drink). sel-sel usus. otak. dan enzim lainnya. • Glutamin Glutamin berfungsi mencegah kerusakan mukosa dan memperbaiki kebocoran usus (leaky gut). Suplementasi taurin bersama dengan multivitamin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memulihkan stamina setelah sembuh dari sakit. mencegah kelelahan otot. • Taurin Taurin (taurine) adalah asam amino detoksifikasi yang memberikan efek seperti glisin dalam menetralkan semua jenis toksin (xenobiotik) berbahaya. Serin memainkan peran penting dalam fungsi katalis beberapa enzim. dan yang terutama. Manfaat lain taurin adalah sebagai pengendali neurotransmitter yang dapat mencegah kejang. Telah terbukti di lokasi aktif chymotrypsin. yang merupakan penyumbang utama satu-karbon fragmen dalam biosintesis. taurin digunakan sebagai unsur utama. Ketika masuk ke dalam tubuh dan mengalir ke otak. termasuk sphingolipids dan folat. bahkan rambut. hati. mencegah kegemukan. Itu juga merupakan perkusor untuk berbagai metabolit lain. sel otot anda (dalam sintesa protein).• Serin Serin penting dalam metabolisme dan berpartisipasi dalam biosintesis purin dan pirimidin. Asam ini penting untuk fungsi otak dan meningkatkan jumlah GABA (gamma-aminobutyric acid). Glutamin bekerja sebagai sumber metabolis untuk sel-sel sistem pertahanan tubuh (neutrofil. glutamin akan dikonversi menjadi asam glutamik. tripsin. yang dibutuhkan untuk fungsi kerja otak dan aktivitas mental. timosit. menurunkan kadar gula darah. dan tryptophan pada bakteri. . ginjal.

Prolin bukan merupakan asam amino esensial bagi manusia. Ia berperan pula dalam sintesis amonia. Alanina dapat berperan dalam pengenalan substrat atau spesifisitas. atau . Dalam proses pembentukan glukosa dari protein. Semantara itu sel kanker memanfaatkan asparagin sebagai makanannya. merupakan salah satu kunci dari siklus glukosa alanine yang memungkinkan otot dan jaringan lain untuk mendapatkan energi dari asam amino • Asparagin Asparagina diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan dalam transformasi asam amino. Membantu tubuh mengembangkan daya tahan. Sebagai bahan dasar glutamic acid. Prolin dibuat dari asam Lglutamat dengan prekursor suatu asam amino. Sifat seperti ini adalah sifat asparaginase. tulang rawan dan otot jantung. tendon. Memperkuat persendian.• Prolin Fungsi terpenting prolin tentunya adalah sebagai komponen protein. Hasil uraiannya menjadi asam aspartat dan ammoniak. Bersama lycine dan vitamin C akan membentuk jaringan kolagen yang penting untuk menjaga kecantikan kulit. Sel tumbuhtumbuhan tertentu yang terpapar kondisi lingkungan yang kurang cocok (misalnya kekeringan) akan menghasilkan prolin untuk menjaga keseimbangan osmotik sel. alanina berperan dalam daur alanina. khususnya dalam interaksi dengan atom nonreaktif seperti karbon. bersifat sebagai pengurai asparagin yang diproduksi tubuh. Asparagin yang datang dari luar (dari rebung asparagus misalnya). akibatnya sel kanker berhenti tumbuh. suatu enzim yang aktif melawan tumor/kanker. • Alanin Gugus metil pada alanina sangat tidak reaktif sehingga jarang terlibat langsung dalam fungsi protein (enzim). Karena adanya penguraian.

Peredaran darah . Karena sifat ini.kehilangan kapasitas untuk mensintesis asparagin. maka otomatis asparagin juga dapat merawat ginjal dan sekaligus mencegah timbulnya gangguan ginjal. Melindungi hati dengan membantu mengeluarkan amonia berlebih dari tubuh. Sifat ini dimanfaatkan dalam industri penyedap. Ion glutamat merangsang beberapa tipe saraf yang ada di lidah manusia. Fungsi lain dari asparagin adalah memperlancar keluarnya air seni atau bersifat diuretic. Karena diuretic dan proses pengeluaran tersebut terjadi pada ginjal. meredakan tingkat ammonia dalam darah setelah latihan • Asam Glutamat Merupakan bahan bakar utama sel-sel otak bersama glukosa. Akhirnya sel kanker akan mati cepat atau lambat. Mengurangi ketergantungan alkohol dan menstabilkan kesehatan mental. Membantu fungsi sel dan pembentukan RNA/DNA. 2. sangat dikenal dalam dunia boga Indonesia maupun Asia Timur lainnya sebagai penyedap masakan. • Asam Aspartat Fungsi asam aspartat adalah sebagai pembangkit neurotransmisi di otak dan saraf otot. Membantu perubahan karbohidrat menjadi energi sel. yang dikenal sebagai mononatrium glutamat ( dikenal juga sebagai monosodium glutamat. Membantu mengubah karbohidrat menjadi energy. Garam turunan dari asam glutamat. MSG. semua zat buangan dari dalam tubuh dapat ikut hanyut keluar melalui air seni. Andaikan zat buangan terus menumpuk di injal. membangun daya tahan tubuh melalui immunoglobulin dan antibodi. Aspartat juga berperan dalam daya tahan terhadap kepenatan. vetsin atau micin). bukan tidak mungkin akan mengganggu organ lain dalam tubuh.

1. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu jantung dan pembuluh darah. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah. Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh. pada manusia terdapat juga peredaran limfe (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe. Selain peredaran darah. Alat transportasi pada manusia terutama adalah darah.Arteri Vena Transportasi ialah proses pengedaran berbagai zat yang diperlukan ke seluruh tubuh dan pengambilan zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh. dan pada hewan tingkat tinggi alat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Darah Bagian-bagian darah Sel-sel darah (bagian yg padat) • • • Eritrosit (sel darah merah) Leukosit (sel darah putih) Trombosit (keping darah) sel-darah Plasma Darah (bagian yg cair) • Serum .

urea dikeluarkan melalui ginjal 3. Menjaga kestabilan suhu tubuh. vena. Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah 5. Mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah 2. Menutup luka yang dilakuakn oleh keping-keping darah 7. kuat. dan elastis Aliran darah Berasal dari jantung Denyut terasa Katup Hanya disatu tempat dekat jantung Bila ada luka Darah memancar keluar . Pembuluh Darah Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: arteri. Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah. Jantung jantung-manusia Jantung manusia dan hewan mamalia terbagi menjadi 4 ruangan yaitu: bilik kanan. karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru.• Fibrinogen Fungsi Darah Darah mempunyai fungsi sebagai berikut : 1. Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah. serambi kanan. serambi kiri. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih 6. dan kapiler (yang merupakan pembuluh darah halus) Pembuluh Nadi • • • • • • Tempat Agak ke dalam Dinding Pembuluh Tebal. Pada dasarnya sistem transportasi pada manusia dan hewan adalah sama. 2. 4. 3. bilik kiri.

Peredaran darah ganda pada manusia. 5. Peredaran ini melewati jantung sebanyak 2 kali. tidak elastis Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan) Aliran darah Menuju jantung Denyut tidak terasa Katup Disepanjang pembuluh Bila ada luka Darah Tidak memancar 1. Sistem peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah. • . juga terdapat cairan getah bening. Dinding Pembuluh Tipis. Terbentuknya cairan ini karena darah keluar melalui dinding kapiler dan melalui ruang antarsel kemudian masuk ke pembuluh halus yang dinamakan pembuluh getah bening (limfe). Calcitriol : yaitu hormon yang membantu tubuh menyerap kalsium pada makanan.Pembuluh Vena 1. sehingga penderita biasanya membutuhkan injeksi erythropoetin. 6. Erythropoetin : yaitu hormon yang membantu pembuatan sel darah merah. 5. Penderita gagal ginjal biasanya kekurangan sel darah merah (anemia) yang menyebabkan keletihan serta dapat merusak hati. 2. Hormon pada ginjal? Jawaban : • • Renin : yaitu hormon yang terkait dengan tekanan darah. Tanpa bantuan hormon tersebut. hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup. 4. tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang mana untuk jangka panjang hal tersebut dapat menyebabkan penyakit tulang. Getah Bening Disamping darah sebagai alat transpor. ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat. 3. 3. terdiri peredaran darah kecil (jantung –paru-paru – kembali ke jantung) dan peredaran darah besar (jantung – seluruh tubuh dan kembali ke jantung).