CONTOH KARANGAN NARASI SISWA: Sebuah Pengalaman yang Mengesankan

4 Februari 2010 — admin

i

72 Votes

Ketika bangun pada hari Senin pagi, aku sangat terkejut karena

melihat

jam di kamar telah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Aku langsung bangun dan menuju ke kamar mandi. Sampai di kamar mandi tibatiba aku terpeleset dan hampir saja mencederaiku.

Setelah mandi, aku berpakaian sekolah, sarapan pagi lalu berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku, ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) aku pulang ke rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi aku kembali lagi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor. Tiba-tiba di jalan motorku mogok, setelah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa kudorong motor untuk mencari tempat penjualan bensin eceran. Untunglah tempat penjualan bensin itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan langsung tancap gas menuju ke sekolah.

Dengan leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku. Dengan rambutku yang tak karuan. Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi. Dengan senangnya temanteman pun bermain di kelas sehingga aku pun merasa terganggu. Aku bercerita tentang kejadian-kejadian yang aku alami di sekolah tadi dengan orang tuaku. Upacara hampir saja dimulai. Setelah itu kami disuruh untuk melupakan masalah tersebut. Aku langsung mengerjakan tugas itu. dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Aku merasa kesal dan tanpa basa-basi lagi aku langsung menghajarnya sehingga terjadilah perkelahian. Lima . Sebelum aku mengerjakannya jam pelajaran pun habis lalu aku disuruh menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan tugas itu. teman-teman ribut di kelas karena jam pelajarannya kosong. Setibanya di rumah aku merasa senang karena permasalahan tersebut telah selesai. Rupaya pelajaran tersebut mempunyai pekerjaan rumah (PR) dan aku lupa mengerjakan tugas tersebut lalu dihukum oleh guru untuk membuat tugas itu sebanyak tiga kali. Orang tuaku pun menasehati agar selalu mengerjakan tugas tersebut dan mentaati peraturan tata tertib yang ada di sekolah. Kemudian kami dipanggil wali kelas ke kantor untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kami pun langsung pulang ke rumah. Tiba-tiba datanglah seorang guru untuk memeriksa kerapian murid-muridnya. Ketika upacara dimulai kepala sekolah langsung memberi pengarahan tentang tata tertib sekolah. Pengertian Karangan dan Contoh Karangan Narasi Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. aku langsung masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. ternyata mereka tidak senang dan tidak terima atas teguranku.Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Temanku tadi langsung merobek tugas yang sedang kubuat. akhirnya lonceng pun berbunyi menandakan pulang sekolah. Aku ceritakan masalah tersebut dan kami pun disuruh untuk bermaaf-maafan.

narasi adalah cerita yang dipaparkan berdasarkan plot atau alur. dan . Narasi Secara sederhana. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. narasi dikenal sebagai cerita. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. secara berangsur-angsur cerita akan mereda. (When) Kapan peristiwa-peristiwa berlangsung. dimulai dengan mencari. (Who) Siapa pelaku ceritanya. ada yang singkat. Ketiga unsur berupa kejadian. ataupun cergam. atau kisah pengalaman. cerita dirangkai dengan menggunakan "rumus" 5 W + 1 H. ketiga unsur itu disebut plot atau alur. • Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Sedangkan contoh narasi sugestif adalah novel.jenis karangan yang umum dijumpai dalam keseharian adalah narasi. (Where) Di mana seting/lokasi ceritanya. deskripsi. sedangkan narasi yang berisi fiksi disebut narasi sugestif. dan persuasi. 2. Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca. cerpen. 5. • Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh. • Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Langkah menyusun narasi (terutama yang berbentuk fiksi) cenderung dilakukan melalui proses kreatif. (Why) Mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi. eksposisi. tokoh. 4. 1. Jika ketiga unsur itu bersatu. Jadi. argumentasi. Contoh narasi ekspositoris adalah biografi. Pola narasi secara sederhana berbentuk susunan dengan urutan awal – tengah – akhir. Narasi yang berisi fakta disebut narasi ekspositoris. autobiografi. Ada yang menceritakannya dengan panjang. (What) Apa yang akan diceritakan.Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. dan menggali ide Oleh karena itu. menemukan. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks. ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri. yang dapat disingkat menjadi adik simba. dan konflik merupakan unsur pokok sebuah narasi. cerbung. 3.

Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Soekarno. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949. Ingatlah Ratri. Tapi wajah ayu di hadapanku. membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Soekarno bersama pemimpinpemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara nonblok pada Konfrensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa. Contoh narasi berisi fakta: Ir. Jangan. Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang. Unsur Instrinsik Dan Ekstrinsik Ayat-ayat Cinta Popular html 1 • • oranges jakarta . Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus. akankah kurindui juga? Ada yang berdegup keras di dalam dada. Bowo. jangan biarkan hatimu terbagi.6. Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket. Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada siding BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. namun kuusahakan untuk menepiskannya. Angin dingin yang menerpa. sergah hati kecilku. dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Contoh narasi fiksi: Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. (How) Bagaimana cerita itu dipaparkan.

seperti diungkapkan dalam ayat berikut: . pegertian tanah unsur instrinsik puisi. . Tema : Cinta tanah air. unsur intrinsik. Guru harus membacanya dulu. alamat studio rekaman unsur instrinsik dan ekstrinsik.• • • • • studios facts search indonesia banking CERPEN.. dan maknanya pun bisa membias lebih luas lagi. pengembangan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. contoh soal test pengetahuan umum Secara popular sering dinyatakan bahwa linguistik news under topic Unsur Intrinsik Ayat Ayat Cinta tidak ringkasan unsur intrinsik ekstrinsik ayat ayat cinta ayat. Juga mencoba mencari informasi . unsur intrinsik. mempelajari semua unsui-unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik yang dijalin dalam cerpen tersebut sebaik-baiknya.usu. Sebuah novel biasanya menceritakan tentang dicerna adalah Ayat-ayat Cinta karya View as HTML http://usupress.ac. ekstrinsik stats: Recently Viewed Pages | Most Popular Popular eBooks in Norway on 25-02-2010. seperti yang telah kita ketahui bahwa motivasi . rpp sejarah sma kelas xi ipa unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terkandung dalam novel' beserta unsur unsur intrinsik » unsur instrinsik ayat ayat cinta » nilai nilai ekstrinsik dalam cerpen » unsur ekstrinsik ayat ayat cinta » cerpen dan unsur intrinsik » Popular eBooks in Norway on 28-02-2010.52 Mengingat waktu yang terbatas barangkali cukup dipilih sebuah cerpen yang cukup pendek. . Diposkan oleh Arsyad Indradi di 22. identifikasi senyawa unsur intrinsik dan ekstrinsik.ayat cinta unsur unsur intrinsik ayat ayat cinta ayat. menimbulkan lapis ketiga berupa . latar belakang politik luar negeri indonesia bebas aktifRelated Searches: » unsur intrinsik dan ekstrinsik novel » artikel cerpen unsur instrinsik ekstrinsik » unsur ekstrinsik ayat ayat cinta » kajian estetika dan unsur Popular eBooks in Indonesia on 08-02-2010 unsur intrinsik novel ketika cinta bertasbih. Popular Popular eBooks in Indonesia on 06-03-2010. Yang jelas Dimas Arika Mihardja sudah menyajikan puisinya lengkap dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. fungsi sinopsis buku ayat ayat cinta. Di samping diksinya yang syahdu dan mempesona juga ungkapanungkapannya memiliki ambiguitas yang luas. Manusia yang mampu mengoktimalkan potensi dirinya. Cinta Syauq adalah pengertian ini berdasarkan dari suatu hadits yang menafsirkan Al-Quran yaitu dalam surat Al-Ankabut Ayat 5 yang dikatakan bahwa barang siapa rindu berjumpa Allah pasti waktunya akan tiba.id/files/Bahasa dan Puisi :pergumulan semalam: ayatayat alam karya Dimas Arika Mihardja ini ditinjau dari sisi manapun tetap menarik. Dalam tulisan di atas telah dibahas mengenai macammacam motivasi dan juga fungsi motivasi belajar. apbd sukoharjo 2006. ramalan weton watak sifat jawa unsur ekstrinsik cerpen. Dan tentunya dengan menu yang memikat pembaca untuk menikmatinya. sehingga menjadi pakar dalam disiplin ilmu pengetahuan dijadikan kedudukan yang mulia di sisi Allah. materi pkn kelas xii bab pers. dan . .

a. Sebutkan lima kewajiban yang harus dipenuhi peserta diskusi! 5. Unsur intrinsik ini melihat karya sastra dari unsur formal yang Saya mencoba untuk membantunya dan akhirnya saya dapat Sinopsis dan Unsur Instrinsik Novel Edensor tapi unsur Ekstrinsiknya saya tidak dapat.namun ketika imam sampai pada ayat al-fatihah. Makalah. Salam.n Ershad qq. pasal 3 ayat (30) dijelaskan antara lain. . Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membentuk karya sastra dari dalam karya itu sendiri. Metode Penulisan Puisi. Habiburrahman. Ayat-Ayat Cinta. dan di gambarkan jelas. Dalam kode etik jurnalistik. dan novel adalah pendekatan intrinsik dan ekstrinsik. Depdiknas. KAMMI REAKSI CEPAT. El Shirazy. disaat semua orang sedang khusyuk. Ismail. Taufik. Melalui analisis secara keseluruhan ini akan dapat diungkapkan keutuhan dan kekuatan jalinan cerita dari tema hingga gaya bahasa yang telah Pendekatan yang biasa dipakai dalam mendekati suatu karya sastra-apakah dalam bentuk puisi. dan Wasior bisa disalurkan melalui rekening resmi KRC: Bank Mu'amalat 919. 6. Kurikulum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas. mulai dari pendidikan menengah di MTs Futuhiyyah 1 hingga S2 di The Institute for Populasi dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik dan ekstrinsik novel 'Ketika Cinta Bertasbih' dan 'Ayat-ayat Cinta' karya Habiburahman El Shirazy. Sistem Pendidikan Indonesia. 2005. Puisi terbentuk oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik.. Bantuan untuk korban Merapi. Jakarta: Depdiknas. • Perwatakan tokoh mudah dimengerti. Dan dari segi ekonominya. Disini pula Arai menuai karma masa kecilnya ketika sedang shalat berjamaah. UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK NOVEL. Mentawai. pengarang tergolong menengah ke atas dilihat dari latar petualangan pendidikannya. Buatlah kalimat yang menyatakan opini dan fakta (masing-masing dua)! 4. Setelah itu saya sms teman saya itu (sekitar pukul 9 malam) tapi ternyata tugas itu harus dikumpulkan besok pagi dan tidak mungkin untuk dia .899. 2006. Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama 2. novelnya yang lain yaitu Ayat-ayat Cinta. 2004. novel.2999. Kata-katanya santun dan mudah di pahami. Humas KAMMI Pusat . Bismillah. cerpen. sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang membentuk karya sastra dari luar karya itu.secara garis besar ada dua yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Buatlah contoh surat lamaran pekerjaan . A. Dalam sub bab ini akan dibahas mengenai hal-hal yang dapat Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik? Jelaskan! 3. Sedangkan sampel yang diambil adalah unsur religi novel 'Ketika Cinta Bertasbih' dan html stats. Unsur Intrinsik Sebagai contoh. Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat 1. Menarasikan pengalaman manusia dalambentuk adegan dan latar pada naskah drama . Jakarta: Republika. wartawan Indonesia harus membedakan antara kejadian (fact) dan pendapat (opini) sehingga tidak mencampuradukkan Kajian tentang struktur intrinsik novel Ketika Cinta Bertasbih juga dapat dilakukan secara keseluruhan. • Kertas novel menggunakan kertas quarto yang bagus dan bersih. “…di dalam menyusun suatu berita. Terima kasih. Edo Segara.kekhusyuan sontak berantakan .

Selain itu. yang akan membahas beberapa konsep dasar sastra dan dilanjutkan dengan pembahasan wilayah studi sastra dan wilayah kesusastraan.B. Standar Kompetensi konsep dasar sastra dan : 2. Setelah membahas keempat konsep ini. Menjelaskan maksud ciri-ciri sastra 2. Penguasaan konsep-konsep ini sangat penting artinya bagi pemahaman Anda terhadap konsep-konsep pada pembelajaran berikutnya. Elyusra. berarti keseluruhan konsep dasar sastra yang ditetapkan dalam silabus telah dibahas.BAHAN AJAR 4 Mata kuliah : Teori sastra Kode Mata Kuliah : 212216 Semester / Kelas : I / A. konsep-konsep ini punya hubungan yang erat dengan konsep-konsep sebelumnya.6 Menjelaskan wilayah kesusastraaan I. pahamkanlah konsep-konsep berikut ini. Oleh sebab itu.Pd. Pendahuluan Perkuliahan ini merupakan lanjutan perkuliahan kedua.: 4 Waktu : 3X50 menit Pengampu : Dra.3 Menjelaskan 1.C dan D Pertemuan Minggu ke. . M. Mendefinisikan konsep- studi sastra Kompetensi Dasar maksud kaidah sastra : 2. Menjelaskan wilayah studi sastra 2.

Keempat konsep tersebut adalah sebagai berikut ini. 2) ciri-ciri sastra. 1. ada empat hal lagi yang membantu menciptakan daya tarik suatu cerita rekaan. faktor bahasa juga memegang peranan penting dalam menciptakan daya pikat. Kaidah sastra / daya tarik sastra Sebagaimana dikatakan Herman J. Kreativitas di tandai dengan adanya penemuan baru Data Novel: Siti Nurbaya ( Kasih Tak Sampai ) Pengarang : Marah Rusli Penerbit : Balai Pustaka Tahun Terbit : 1992 Tempat Terbit : Jakarta Tebal : 271 halaman . yakni cerita atau kisah dari tokoh-tokoh yang diceritakan sepanjang cerita yang dimaksud. Waluyo. Materi Konsep-konsep Dasar Sastra dan Studi Sastra Ada empat konsep yang akan dibahas dalam perkuliahan keempat ini. 1. Pada karya cerita fiksi. 3) wilayah studi sastra. (1994: 56-58 ) bahwa kaidah sastra atau daya tarik sastra terdapat pada unsur-unsur karya sastra tersebut. Selain itu. karya sastra yang diciptakan pengarang tidak mungkin menempati perhatian pembaca. kemudian gayanya dan hal-hal yang khas yang dapat menyebabkan karya itu memikat pembaca.II. dan 4) jarak estetika. daya tariknya terletak pada unsur ceritanya. Kreativitas Tanpa kreativitas. 2) tegangan (suspense). Khusus pada cerita fiksi. yaitu: 1) kaidah sastra. dan 4) wilayah kesusastraan. 3) konflik. Uraian keempatnya sebagaimana dikutip dari Waluyo ( 1994:58-60 ) berikut ini. yaitu : 1) kreativitas.

menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh-sungguh ada dan terjadi. yaitu sebagai berikut: <!--[if !supportLists]--> <!--[endif]-->Latar Tempat Latar tempat merujuk pada lokasi terjadinya peristiwa. Latar memberikan pijakan cerita secara konkret dan jelas. Unsur latar dapat dibedakan ke dalam tiga unsur pokok. cara berpikir dan bersikap. perwatakan. <!--[if !supportLists]--> <!--[endif]--> Latar Sosial Latar sosial merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan dosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. rela berkorban demi ayahnya. Latar sosial dapat berupa kebiasaan hidup. Datuk Maringgih. bijak. Samsulbahri : baik. Baginda Sulaiman : Pasrah pada nasib. serakah. Unsur tempat yang dipergunakan mungkin berupa tempat-tempat dengan nama tertentu.Pelaku : Siti Nurbaya. Datuk Maringgih : culas. Jakarta (tempat sekolah Samsulbahri) <!--[if !supportLists]--> <!--[endif]-->Latar Waktu Latar waktu berhubungan dengan "kapan" terjadinya peristiwaperistiwa yang diceritakan. <!--[if !supportLists]-->c) <!--[endif]-->Alur (Plot) Alur adalah urutan peristiwa yang berdasarkan hukum sebab akibat. Hal ini penting untuk memberikan kesan realistis kepada pembaca. Baginda Sulaiman. atau sesuatu yang sengaja ingin disampaikan kepada pembaca. <!--[if !supportLists]-->o <!--[endif]-->IDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK: <!--[if !supportLists]-->a) <!--[endif]-->Tokoh dan Karakter Tokoh Istilah tokoh menunjuk pada orangnya. sedangkan watak. Latar Waktu dalam Novel: pada masa dimana Kota Padang masih terjadi banyak huru hara juga saat dimana moral masih bobrok. Latar tempat dalam Novel: Di kota Padang dan di Stovia. tidak bijak dan terlanjur terburu-buru dalam membuat keputusan. dan Sultan Mahmud. istiadat. biang masalah. Sultan Mahmud : Kurang berpikir panjang. Alur tidak hanya mengemukakan apa yang terjadi. Karakter dan sifat Tokoh-tokoh pada Novel: Siti Nurbaya : baik. Oleh karena itu. moralnya bobrok. dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwaperistiwa yang diceritakan. Kehadiran alur dapat membuat cerita berkesinambungan. rela berkorban demi Siti Nurbaya. keyakinan. Tokoh cerita menempati posisi strategis sebagai pembawa dan penyampai pesan. serta hal-hal lainnya. tradisi. atau karakter menunjuk pada sifat dan sikap para tokoh yang menggambarkan kualitas pribadi seorang tokoh. <!--[if !supportLists]-->b) <!--[endif]-->Latar (Setting) Latar dalam sebuah cerita menunjuk pada pengertian tempat. Secara umum kita mengenal tokoh protagonis dan antagonis. rela mengorbankan anaknya demi membayar hutang. akan tetapi menjelaskan mengapa hal ini terjadi. hubungan waktu. jahat. Samsulbahri. pelaku cerita. amanat. alur biasa disebut juga susunan cerita . kurang bijak. Latar Sosial dalam Novel: Merupakan banyak mengandung unsur adat-istiadat Melayu. pandangan hidup.

dikisahkan dikota Padang sering terjadi huru-hara dan tindak kejahatan akibat ulah Datuk Maringgih dan orang-orangnya.atau jalan cerita.) .pemecahan masalah/ penyelesaian (denouement): setelah membunuh Datuk Maringgih. (Bukti: Siti Nurbaya menangis menghadapi kenyataan bahwa dirinya yang cantik dan muda belia harus menikah dengan Datuk Maringgih yang tua bangka dan berkulit kasar seprti kulit katak.) .) . terlebih karena Siti Nurbaya mengirimkan surat yang menceritakan tentang nasib yang dialami keluarganya.peristiwa-peristiwa mulai bergerak (generating circumtanses): Datuk Maringgih mulai culas. Ia jatuh miskin dan tak sanggup membayar hutang-hutangnya pada Datuk Maringgih. Ayahnya adalah seorang pedagang yang terkemuka di kota Padang. Ada dua cara yang dapat digunakan dalam menyusun bagianbagian cerita. Jakarta. Datuk Maringgih jatuh tersungkur. Urutan peristiwa tersebut meliputi: . yakni sebagai berikut. Sebagian modal usahanya merupakan uang pinjaman dari seorang rentenir bernama Datuk Maringgih. namun sebelum tewas ia sempat membacok kepala Samsulbahri dengan parangnya. (Bukti: Ibunya meninggal saat Siti Nurbaya masih kanak-kanak. ayah yang sangat disayanginya. Samsulbahri yang mengubah namanya menjadi Letnan Mas segera menyerbu kota Padang. Boleh hutang tersebut dapat dianggap lunas. (Bukti: Pada mulanya usaha perdagangan Baginda Sulaiman mendapat kemajuan pesat.mencapai titik puncak (klimaks): Samsulbahri dan Datuk Maringgih saling bunuh. Susunan yang demikian disebut alur maju. Samsulbahri yang telah berpangkat Letnan dikirim untuk melakukan pengamanan. kepada Datuk Maringgih. maka bisa dikatakan itulah titik awal penderitaan hidupnya. Tetapi ajal lebih dulu merenggut sebelum Samsulbahri sempat bertemu dengan orangtuanya dan Siti Nurbaya yang telah mendahuluinya.) . Lebih sedih lagi ketika ia teringat Samsulbahri.mulai melukiskan keadaan (situation): Saat ayah siti Nurbaya masih sukses. asalkan Baginda Sulaiman mau menyerahkan Siti Nurbaya. ia meminta dipertemukan dengan ayahandanya. Sejak saat itu hingga dewasa dan mengerti cinta ia hanya hidup bersama Baginda Sulaiman. Hal itu tidak dikehendaki oleh rentenir seperti Datuk Maringgih. Samsulbahri pun akhirnya tewas tanpa mendapatkan gadis pujaannya Siti Nurbaya. Pengarang menyusun peristiwa-peristiwa secara berurutan mulai dari perkenalan sampai penyelesaian. Pada saat-saat terakhir menjelang ajalnya. (Bukti: Sepuluh tahun kemudian.) <!--[if !supportLists]-->d) <!--[endif]-->Sudut Pandang (Point of View) . Ketika bertemu dengan Datuk Maringgih dalam suatu keributan tanpa berpikir panjang lagi Samsulbahri menembaknya. Maka untuk melampiaskan keserakahannya Datuk Maringgih menyuruh kaki tangannya membakar semua kios milik Baginda Sulaiman. Datuk Maringgih mendesak Baginda Sulaiman yang sudah tak berdaya agar melunasi semua hutangnya. Sungguh berat memang. (Bukti: Samsulbahri alias Letnan Mas segera dilarikan ke rumah sakit. Dan inilah kesempatan yang dinanti-nantikannya. puterinya. Samsulbahri yang berada di Jakata mengetahui peristiwa yang terjadi di desanya. namun demi keselamatan dan kebahagiaan ayahandanya ia mau mengorbankan kehormatan dirinya.keadaan mulai memuncak (rising action): Samsulbahri mengetahui nasib Siti Nurbaya. Dengan demikian hancurlah usaha Baginda Sulaiman. kekasihnya yang sedang sekolah di stovia.

Tema Novel: Tema Novelnya adalah kisah cintayang tak kunjung padam dari sepasang anak manusia yaitu Siti Nurbaya dan Samsulbahri. <!--[if !supportLists]-->e) <!--[endif]-->Gaya Bahasa Gaya bahasa adalah cara khas penyusunan dan penyampaian dalam bentuk tulisan dan lisan. di antaranya sudut pandang orang pertama (gaya bercerita dengan sudut pandang "aku"). gaya merupakan seni pengungkapan seorang pengarang terhadap karyanya. ß Bila asmara melanda jiwa seseorang maka luasnya samudra tak akan mampu menghalangi jalannya cinta.Sudut pandang adalah visi pengarang dalam memandang suatu peristiwa dalam cerita. Tema disebut juga ide cerita.dan penghematan kata. 1. Jadi. Untuk mengetahui sudut pandang. Demikianlah cinta yang murni tak akan padam sampai mati. ß Akhir dari segala kehidupan adalah mati. Keadaan Subjektivitas: pengarang berusaha melakukan inovasi baru. ß Dan kebenaran sesungguhnya di atas segala-galanya. Gaya Bahasa Novel: Gaya Bahasa novel ini adalah Melayu. Yang termasuk unsur ekstrinsik karya sastra antara lain sebagai berikut. dan sudut pandang campuran. Keadaan subjektivitas pengarang yang memiliki sikap. pemilihan diksi. penggunaan majas. Kita dapat memahami tema sebuah cerita jika sudah membaca cerita tersebut secara keseluruhan. kita dapat mengajukan pertanyaan siapakah yang menceritakan kisah tersebut? Ada beberapa macam sudut pandang. <!--[if !supportLists]-->f) <!--[endif]-->Tema Tema adalah persoalan pokok sebuah cerita. <!--[if !supportLists]-->o <!--[endif]-->IDENTIFIKASI UNSUR EKSTRINSIK: Adapun unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra. dan pandangan hidup. Tema dapat berwujud pengamatan pengarang terhadap berbagai peristiwa dalam kehidupan ini. Pandangan hidup . amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang berupa pemecahan atau jalan keluar terhadap persoalan yang ada dalam cerita. Amanat yang terkandung dalam Novel: ß Demi orang-orang yang dicintainya seorang wanita bersedia mengorbankan apa saja meskipun ia tahu pengorbanannya dapat merugikan dirinya sendiri. tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangun cerita sebuah karya. pengarang dapat menyampaikan sesuatu. dengan menggebrak Sastra Indonesia Modern dengan melncurkan novel ini dengan gaya bahasa sendiri. Ruang lingkup dalam tulisan meliputi penggunaan kalimat. <!--[if !supportLists]-->g) <!--[endif]-->Amanat Melalui amanat. ß Menjadi orang tua hendaknya lebih bijaksana. tidak memutuskan suatu persoalan hanya untuk menutupi perasaan malu belaka sehingga mungkin berakibat penyesalan yang tak terhingga. baik hal yang bersifat positif maupun negatif. sudut pandang peninjau (orang ketiga). keyakinan. Lebih-lebih pengorbanan tersebut demi orang tuanya. tetapi mati jangan dijadikan akhir dari persoalan hidup. Dengan kata lain. ß Bagaimanapun juga praktek lintah darat merupakan sumber malapetaka bagi kehidupan keluarga. Sudut Pandang dalam Novel : sudut pandang orang ke-3.

<!--[if !supportLineBreakNewLine]--> <!--[endif]--> Diposkan oleh Trainner . Psikologi pengarang (yang mencakup proses kreatifnya. Pandangan hidup suatu bangsa dan berbagai karya seni yang lainnya. Keadaan di lingkungan pengarang seperti ekonomi. Keadaan yang terjadi: masih terkekang dalam kehidupan adat istiadat yang masih kuno. dan melakukan terobosan dengan mengarang buku novel. jadi Marah Rusli membuat gebrakan dengan memunculkan gaya bahasa Melayu. Psikologi pengarang: merasa terkekang dengan adat istiadat lama. politik. dan gaya bahsanya hanya itu saja. baik dari segi ekonomi.penulis adalah pandangan hidup ke depan dan penuh inovasi baru. 2. <!--[if !supportLineBreakNewLine]--> <!--[endif]--> 3. Dan juga tak terpaut juga terkekang dengan adat istiadat lama. Lalu pengarang berusaha membuat terobosan baru dengan karyanya. <!--[if !supportLineBreakNewLine]--> <!--[endif]--> 4. “Siti Nurbaya”. dan sosial. Pandangan yang terjadi: pada saat itu pandangan karya seni cenderung monoton. politik dan sosialnya.