SISTEM INFORMASI JEMAAT GEREJA

PENGANTAR Sistem informasi jemaat gereja adalah sebuah aplikasi computer yang fungsi utamanya adalah untuk mengelola database jemaat pada sebuah gereja. Tujuan dari pembuatan system ini adalah menjawab kesulitan yang seringkali dialami oleh pengelola gereja dalam melakukan inventarisasi jemaat. System ini dirancang sedemikian rupa sehingga sangat membantu pihak gereja dalam mengelola administrasi keanggotaan jemaatnya. Selain dilengkapi fitur-fitur handal system ini juga dibuat dengan antarmuka sederhana, sehingga pengguna dengan latar belakang pengetahuan computer minimal tetap bisa menggunakan system ini dengan baik. Laporan dan penyajian data yang dinamis mampu memberikan kemudahan dalam mengelola database dan menyajikan laporan-laporan dengan sangat mudah dan informatif. Akhirnya semoga system ini dapat membantu pihak gereja dan memberikan manfaat yang sebesar besarnya, tak lupa pula kami ucapkan terimakasih telah menggunakan versi resmi dari system ini.

Pustaka Digital 2010

1

Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja

CDROM dilengkapi dengan fungsi autorun. INSTALASI PROGRAM Software Gereja ini terdistribusi melalui CDROM yang berisi file installer. tunggu beberapa saat akan muncul jendela seperti gambar 1.I. Jika fungsi autorun tidak berhasil berjalan pada system.EXE Gambar 1 2. Masukkan CD kedalam media (CDROM). Secara default. maka jalankan file yang disertakan dalam CD tersebut dengan nama SETUP. Klik Next Gambar 2 2 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . langkah untuk instalasi dijelaskan sebagai berikut : 1.

Kemudian Klik Next Gambar 3. Tentukan pilihan pada type Typical . Baca EULA (End User License Agreement) Pilih pada “I Accept the terms in the term Agreement) Klik Next Gambar 4. 3 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja .3. 4. 5. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai Gambar 4.

Aplikasi ini dilengkapi dengan user dan password untuk tujuan keamanan. Klik Finish. Untuk menemukan user dan password secara default. 4 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . Baca Petunjuk. Sistem Informasi Database Gereja telah berhasil diinstalasi pada computer anda.TXT. Gambar 5 7. sehingga pengguna yang tidak berhak tidak dapat masuk ke dalam system dan menggunakan aplikasi.6. pada README.

Laporan a. 2. Laporan Data Jemaat Laporan yang disediakan untuk mencetak data-data jemaat melalui format yang telah ditentukan b. DAFTA MENU YANG DISEDIAKAN Sebelum mulai menggunakan aplikasi ini. b. maka gunakan menu ini. Data Rayon Form untuk input data daftar rayon yang dinaungi oleh gereja yang bersangkutan. sehingga baik pengguna aplikasi maupun jemaat tidak dibingungkan dengan format 5 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . atau kita hanya membutuhkan laporan nama jemaat dan berapa penghasilannya tanpa disertai dengan data-data lainnya. Input a. ada baiknya kita melihat menu apa saja yang disediakan sebagai pedoman kita untuk menggunakan semua fitur yang disediakan. Data Jemaat Form yang disediakan untuk memasukkan data-data pribadi jemaat maupun anggota keluarga jemaat dalam satu keluarga. laporan ini dapat mencetak hanya beberapa data yang kita inginkan atau serangkaian data yang kita harapkan muncul dalam laporan. c. Misalkan kita hanya membutuhkan nama jemaat dan umur. Rekap Data Jemaat Pencetakan data jemaat dengan format sesuai keinginan kita.II. Cetak Form Sensus Untuk kemudahan sensus jemaat perlu kiranya membuat formulir pendataan yang seragam. Cari data Jemaat Form ini digunakan untuk mencari data jemaat dengan berbagai format pencarian yang cukup lengkap c. Berikut adalah susunan menu dan fungsi yang disediakan oleh aplikasi ini : 1.

Pembuat Program Cukup Jelas 6 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . Gunakan menu ini untuk mencetak formulir sensus. Untuk lebih amannya simpan data backup ke media lain secara terpisah.3. Tentang Program Cukup Jelas b. hubungi customer care dimana anda mendapatkan aplikasi ini. lakukan registrasi program. Tambah Pemakai Program Menu ini digunakan untuk menambah pemakai yang berhak mengakses system. Kembalikan Data Cadangan Data cadangan hasil dapat dikembalikan lagi ke dalam system menggunakan menu ini. e. b. gunakan menu ini untuk mengganti password anda. untuk menggunakan secara penuh. Registrasi Program Aplikasi ini didistribusikan dalam keadaan belum teraktifasi. Buat Cadangan Data Untuk mencegah kehilangan data secara permanen akibat virus maupun kerusakan computer. c. Lain lain a. 4. Ganti Password Pemakai Jika anda tidak ingin password selalu sama. yang beraneka ragam. fungsi ini lebih dikhususkan untuk administrator yang mengerti alur program f. gunakan menu ini untuk melakukan backup data. Browser File Digunakan untuk melihat isi file secara seutuhnya. Perawatan a. d.

Tombol Fungsi Input Fungsi ini digunakan untuk operasional data. MENGENAL TOMBOL DAN FUNGSI 1. tersedia 4 fungsi. Tombol More Titik berjajar tiga.III. klik untuk melihat apa yang ada di dalamnya. 3. Bisa jadi akan memunculkan kalender jika terletak di sebelah text pengisian kalender. atau daftar nama bila terletak disebelah text pengisian nama. yaitu : • Top : menuju awal data • Prev : menuju 1 data sebelumnya • Next : menuju 1 data setelahnya • Bottom : menuju akhir data 7 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . Tombol Navigasi Ini adalah tombol untuk mengarahkan pointer data. melambangkan tombol ini mempunyai fungsi tersimpan. terdapat 4 fungsi utama • Baru : Untuk menambah data baru • Simpan : Menyimpan hasil perubahan data • Batal : Membatalkan perubahan terakhir • Hapus : Menghapus Data 2.

jika di cek artinya setuju. bisa berisi angka ataupun alphabet. jika dibiarkan kosong artinya tidak setuju. maka akan muncul daftar yang ada. 5. Fungsi Check Box Fungsi check box adalah menandakan persetujuan sebuah persyaratan. 6. Command Button Melalui tombol ini tersembunyi fungsi-fungsi seperti pada label yang menyertainya. Klik pada box ini.4. 8 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . 7. pilih dari daftar tersebut nilai yang sesuai keinginan anda. Text Box Fungsi ini berisi text data sesuatu. Combo Box Fungsi ini untuk mengisi maupun memilih data dari sebuah daftar yang telah disediakan.

Tersedia juga shortcut di dalam desktop dengan nama jemaat. 2. MEMULAI MENGGUNAKAN APLIKASI 1. masukkan user name dan password untuk bisa masuk ke dalam system. LOGIN KE DALAM APLIKASI Aplikasi ini dilengkapi dengan user name dan password. Windows XP) untuk windows versi lain menyesuaikan.IV.exe Gambar 6. Secara default user name diberikan nama “Admin” dengan Password bawaan “gereja”. MENEMUKAN DAN MENJALANKAN APLIKASI Secara default. aplikasi akan anda temukan dengan cara klik tombol windows (start) – All Programs – Pustaka Digital – DbChurch – Jemaat.exe (berlaku untuk system operasi Ms. (masukkan dengan tanpa petik) Gambar 7 9 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja .

isikan data sesuai keadaan. klik fungsi simpan. 5. Penting ! Data jemaat hanya boleh diisi dengan data jemaat yang berstatus sebagai kepala keluarga. 2. lakukan input data melalui tombol anggota keluarga (seperti pada langkah 5 diatas) 10 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . 4. untuk data jemaat lain yang statusnya adalah anggota keluarga. INPUT DATA JEMAAT Gambar 8 Langkah-langkah input data : 1.Keluarga akan otomatis terisi urut by default program. klik tombol anggota keluarga. Lengkapi data pada form anggota keluarga. 3. Klik tombol fungsi Baru.3. otomatis akan menjadi tanggungan dari kepala keluarga. No. Setelah dirasa data cukup. Untuk mendaftarkan anggota keluarga dari data jemaat yang bersangkutan.

4. Kriteria Pencarian • Berdasarkan nama : Masukan nama yang ingin dicari pada textbox dibawah NAMA • Berdasarkan Nomer : Masukkan nomer keluarga pada textbox di bawah NOMER • Fungsi Keluarga : Pilih fungsi keluarga yang akan dicari 11 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . PENCARIAN DATA JEMAAT Untuk melakukan pencarian data jemaat gunakan menu ini Gambar 9.

hal ini berhubungan dengan kode yang sudah include di dalam program 12 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . Pastikan kode 000 untuk diisi semua rayon. Gambar 10 Ketentuan dasar input rayon : 1. DATA RAYON Rayon adalah wilayah operasional gereja sebagai sarana mempermudah pengelompokan jemaat. Kode rayon otomatis diberikan saat klik tombol baru 2.5.

kriterianya adalah “nama ayah”. b. LAPORAN DATA JEMAAT Gambar 11 Pencarian data memiliki 2 hal yang berkaitan. click pada combo ini maka akan ditampilkan kriteria apa saja yang tersedia. yaitu kriteria pencarian dan nilai yang dicari. LAPORAN – LAPORAN A. Setelah menentukan criteria pencarian akan ditampilkan textbox untuk mengisi nilai pencarian. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan form ini adalah : a. 13 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja .6. Pada combo box ini. sementara nilai adalah dari dasar yang telah ditentukan tersebut berapa / apa yang ingin dicari. Kriteria adalah berdasar apakah data itu dicari.

untuk mencari data jemaat berdasarkan nama jemaat.Isikan nilai yang akan dicari pada textbox ini. pilih format tertentu seperti yang tersedia pada combo diatas. maka data detail dari jemaat tersebut akan ditampilkan dalam form terpisah. klik OK c. Pada form pencarian ini disediakan beberapa format laporan yang berbeda. Fungsi check ini membatasi pencarian hanya pada jemaat yang berstatus sebagai Kepala Keluarga. g. f. Arahkan pointer kepada nama jemaat yang diinginkan. kemudian klik tombol ini. Pencarian akan dibatasi pada rayon tertentu jika combo box ini dipilih tidak “SEMUA RAYON” d. Jika anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai pilihan di atas. e. kemudian klik Cetak. Meskipun data ditemukan tetapi apabila tidak dicentang maka pada saat proses pencetakan data tidak 14 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . cukup masukkan nama jemaat pada textbox yang terletak pada kiri bawah form seperti terlihat diatas. Penting : Setiap pencetakan hanya akan mencetak data yang di checked pada kolom pilih cetak.

Setelah cukup memilih. Seperti contoh. Untuk membatalkan pilihan. LAPORAN REKAPITULASI JEMAAT Laporan ini ditujukan untuk mencetak data jemaat dengan format tertentu sesuai yang diinginkan. klik tombol 15 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . Klik pada Judul Kolom “PILIH CTK” untuk memilih semua data. pilih field menggunakan klik kiri mouse. nama dan alamat. cukup memilih tiga field seperti yang diinginkan dan laporan hanya akan menyajikan field terpilih. jika kita hanya ingin mencetak field nomer anggota. lepaskan tombol CTRL dan klik tombol klik tombol cetak untuk mencetak dengan item terpilih. B. tekan dan tahan tombol CTRL. sambil terus ditekan. Gambar 12 Untuk memilih field (item) gunakan kombinasi tombol keyboard. atau klik pada check box untuk pilihan tertentu.akan tercetak. maka tidak perlu kiranya mencetak semua data yang tersedia.

data hasil backup masih tetap aman dan dapat kembali diselamatkan. akan lebih baik jika file hasil backup (data. B. PERAWATAN PROGRAM A. Klik tombol akan muncul jendela pilihan direktori data. MENGEMBALIKAN DATA Gambar 14 Langkah mengembalikan data : 1. Secara default aplikasi akan memilih data dengan lokasi “C:\PROGRAM FILES\PUSTAKA DIGITAL\DBCHURCH\DATA\” Selanjutnya klik tombol backup direktori 2. hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga manakala computer tempat aplikasi terinstall mengalami kerusakan. MEMBUAT DATA CADANGAN Gambar 13 Langkah membuat data cadangan : 1. Penting : Setelah terbackup. Klik tombol untuk memilih sumber data backup.zip) disimpan dalam media terpisah.zip yang telah 16 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja .7. akan muncul jendela untuk mencari sumber file data.

pastikan data dikembalikan pada direktori yang seharusnya. klik open. MENAMBAH PEMAKAI 3. maka data yang lama akan ditimpa dengan data hasil backup sebelumnya.dibackup sebelumnya. Pastikan anda mengetahui dimana lokasi file yang diinginkan. Tentukan tujuan restore data. Gambar 15 2. secara default data akan dikembalikan ke direktori “C:\PROGRAM FILES\PUSTAKA DIGITAL\DBCHURCH\” Klik tombol RESTORE DATA. jika berjalan sukses. C. Gambar 16 17 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja .

maka proses penambahan pemakai selesai. Siapkan dan pilih file register yang anda 18 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . 4. Gambar 17 Cukup Jelas E. lakukan registrasi program melalui menu ini. MENGGANTI PASSWORD D. 3. Nama Login adalah nama yang digunakan untuk masuk ke dalam system Nama Pengguna adalah nama sebenarnya dari pemakai Password adalah kata sandi yang akan digunakan untuk masuk ke dalam system Repassword adalah ulangan dari password yang digunakan. 2. pengulangan ini ini dimaksudkan agar yakin benar bahwa password yang diinput sesuai dengan keinginan Userid akan diberikan otomatis oleh system Klik tombol Tambahkan Pengguna. 6. password dan repassword harus sama.1. 5. REGISTER PROGRAM Gambar 18 Untuk mengaktifkan program secara penuh.

maka aplikasi akan teregister dengan penuh. namun apabila dalam pemakaian terdapat pesan kesalahan. Pustaka Digital 2010 19 Petunjuk Pemakaian Aplikasi Database Gereja . silahkan hubungi kami untuk konfirmasi dan layanan update system. Restart aplikasi. PENUTUP Semua fungsi diatas telah diuji untuk mendapatkan aplikasi yang error free.terima. kemudian klik register.