1

MUSEUM BIOLOGI UGM YOGYAKARTA

Museum Biologi di Jl. Sultan Agung, Yogyakarta. Museum ini berdiri sejak tahun 1964, sebagai museum khusus milik Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang berisi koleksi berbagai macam herbarium basah dan kering, berbagai jenis binatang dan kerangkanya, aquarium, dan buku-buku bidang Biologi. Sebagian diantaranya diperagakan dalam bentuk diorama yang memperlihatkan kehidupan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Keberadaan museum ini tidak lepas dari penyediaan sarana pendidikan tentang flora dan fauna diIndonesia, yang diberikan oleh salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia.

Dirintis sejak terbentuknya Museum Zooligicum pada tahun 1964, yang menempati salah satu ruang di Sekip, Sleman, DIY, di dalam Kampus UGM, yang dipimpin oleh Prof. drg. R.G. Indrojono dan koleksi herbarium yang menempati sebagian gedung di Jalan Sultan Agung 2 2 Yogyakarta, yang dipimpin oleh Prof. Ir. Moeso Suryowinoto. Pengelolaan keduanya ditangani oleh Fakultas Biologi, yang pada waktu itu bertempat di nDalem Mangkubumen, Ngasem, Yogyakarta, yang lebih dikenal dengan nama fakultas-fakultas "Kompleks Ngasem". Koleksi hewan dan tumbuhan pada waktu itu berasal dari Seksi Zoologi dan Anatomi Fakultas Kedokteran UGM, dan Seksi Botani Fakultas Pertanian UGM. Atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi, yang pada waktu itu dijabat oleh Ir. Soerjo Sodo Adisewoyo, pada tanggal 20 September 1969, yaitu pada penringatan Dies Natalis Fakultas Biologi, Museum Biologi

serta fosil.2 diresmikan. Koleksi museum tersebut digunakan sebagai sarana studi dosen. Museum tersebut merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum dan Herbarium. Museum Biologi memiliki koleksi spesimen hewan dan tumbuhan dalam bentuk awetan kering. dengan menempatigedung di Jalan Sultan Agung 22 Yogyakarta. awetan basah. dan umum . yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa dari luar negeri. mahasiswa. pelajar.

Ada juga tumbuhan atau buah -buahan yang sudah diawetkan (herbarium). dan sebagainya. hidupnya dimana. kerangka (tulang). tengkorak atau kerangka hewan dan juga manusia. bahkan di beberapa item keterangan yang menyertai lebih lengkap. siklus hidupnya. fosil dan lain-lain yang sebagian besar berasal dari Indonesia. dan beberapa dari luar negeri. Pada koleksi yang dipamerkan dilengkapi dengan keterangan seperti keterangan nama. tentunya yang sudah mati dan sudah diawetkan. seperti misalnya jenis hewan X makanannya apa. Ada beraneka ragam karang laut.3 Museum Biologi UGM ini merupakan museum khusus atau museum pendidikan yang memamerkan benda-benda hayati dan benda-benda lain yang berhubungan dengan lingkungan hidup. baik dengan pengawetan basah (dimasukkan dalam cairan formalin) maupun pengawetan kering. awetan basah. Selain itu ada juga koleksi tulang yang sudah menjadi fosil. . Di Museum ini pengunjung dapat melihat beraneka ragam hewan.752 buah. Koleksi Insecta (kupu-kupu dan kumbang). Benda -benda koleksi dari binatang dan tumbuhan yang ada berjumlah lebih kurang 3. dalam bentuk awetan kering.

4 .

5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful