P. 1
Prosa Narasi

Prosa Narasi

3.0

|Views: 1,525|Likes:
Published by haryantozein

More info:

Published by: haryantozein on Dec 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM

Assalamu alaikum

Prosa Narasi Oleh :  Asep Nurzaman  Nurmayasari  Aan Anita  Rudin Nuryadi .

khususnya untuk jenis prosa narasi. sehigga banyak sekali peminat Sastra.Sastra telah menjadi bagian pembeljaran siswa khususnya siswa SMA. namun pada pendidikan sekarang pembelajaran sastratelah dikenalkan kepada semua golongan. .

Untuk meng efektipkan waktu marilah kita masuk kepada pembahasan .

Pengertian Prosa  Menurut Abrams (nurgiantoro. Menurut Foster. Hal itu disebabkan fiksi merupakan karya naratif yang isinya tidak menyaran pada kebenaran sajarah. teks naratif atau wacana naratif. (2007:91). juga memberikan pengertian sebagai sebuah cerita urutan kejadian yang sederhana  . Istilah fiksi dalam pengertian ini berarti cerita rekaan (disingkat: Cerkan ) atau cerita khayalan. Abrams (nurgiantoro. 2007:2) Prosa dalam pengertian kesustraan disebut fiksi.

Sekarang kita masuk ke dalam jenisjenis-jenis Prosa Narasi .

. bahwa cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk. bahkan dalam perkembangan novel dianggap bersinonim dengan fiksi. 2007:10) sastrawan amerika yang ke-6 itu kemengatakan.  Menurut Edgar Allan Poe (Nurgiantoro. kira-kira berkisar antara kirasetengah sampai 2 jam.Novel dan cerpen merupakan dua bentuk karya sastra yang sekaligus disebut fiksi. suatu hal yang kiranya tak mungkin untuk sebuah Novel.

Yang merupakan kelanjutan epik dan romansa abad pertengahan. Menurut Wellek dan Werren (Nurgiantoro. romansa puitis dan etik. 2007:15) Novel bersifat realistis. Novel berkembang dari bentuk Naratif nofiksi. atau sejarah. biografi. misalnya surat. Novel lebih mengacu pada realitas yang lebih tinggi dan psikologiu yang lebih mendalam romansa. . hal itu menunjukan bahwa keduanya berasal dari dua sumber yang berbeda. kronik. Jadi Novel berkembang dari dokumen-dokumen. mengabaikan keptuhan pad detil. dokumendan secara stilistik menekankan pentingnya detil dan bersifat mimesis.

ia lebih merupakan gambaran angan dengan tokoh yang lebih bersifat introver dan subjekti. secara lebih realistis. tokoh yang berangkat dari dari realitas sosial. Roman menurut Frye. tidak berusaha menggambarkan tokoh secara nyata. Dipihak lain Novel lebih berpihak mengambarkan tokoh nyata. .

NAH SEKARANG KITA MENUJU KE UNSURUNSURUNSUR PROSA NARASI YUUUU AKH «««««! .

Unsur intrinsik          Tema Judul Alur Latar atau seting Tokoh Watak Amanat Sudut pandang Plot .

Unsur ekstrinsik  Pengarang  Latar belakang pengarang .

Apakah anda sudah puas ? Apabila ada masalah silahkan tanyakan kepada penyaji .! ..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->