Prospek Pengembangan Ternak Lokal Dilihat dari 3 Aspek Genetik, Pakan dan Manajemen

Lalan, muba, ternak----ayam merawang 3 hal: 1. Potensi genetik 2. sumber daya pakan lalan 3. SDM (%TASI YG MENANAM JAGUN DAN MEMELIHARA TERNAK AYAM)

Yang harus dicari Performe pertumbuhan, pertambahan bobot badan khusus ayam merawang Produksi telur pertahun, Gen Resisten(tahan) Flu Burung Kualitas Daging (Karkas, tekstur,wrna kulit) 1. POTENSI GENETIK (KUTIAN, NAMA, TAHUN.) Nisa(2010) menyebutkan, kl d belakang (NISA, 2O10)

2. PAKAN BAHAN PAKAN TERNAK, jagung, dll cari produksi jagung di Indonesia, Sumsel 3. ALOKASI WAKTU KERJA ORANG, misalnya petani jagung atau nelayan

Sumber daya manusia yg terbiasa memelihara ayam sekitar 70%

dagingnya disukai karena rendah kandungan lemaknya. masih banyak masyarakat yang . Sumber daya ternak yang merupakan sumber daya asli (lokal) di Indonesia salah satunya adalah Ayam Merawang. Kekurangannya yaitu. Ayam merawang sebagai ayam pedaging memiliki bobot hidup antara 600-720 gram. Keadaan alam seperti ini menghasilkan iklim yang sangat mendukung bagi kelangsungan hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Bila dibandingkan dengan ayam ras. akibatnya untuk memproduksi daging diperlukan waktu yang lama. namun untuk selera. produktivitasnya memang masih dibawahnya. Juga untuk telur. mempunyai kelebihan antara lain: lebih tahan terhadap stress dan penyakit. sedikit lemat dan enak meskipun harganya relatif lebih mahal.D. Kondisi tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai negara agraris dan maritim yang sangat subur dan juga negara yang kaya akan sumber daya ternak. Ayam Merawang Indonesia merupakan salah satu negara tropis terbesar di dunia. Di samping itu. Posisi Indonesia terletak pada garis khatulistiwa sebagai kumpulan dari ribuan pulaupulau kecil (archipelago). kerangka tubuhnya yang kecil mengakibatkan tubuhnya juga kecil. lambat perkembangbiakannya karena telurnya sedikit dan sifat mengeramnya masih tinggi. masyarakat Indonesia masih lebih memilih ayam kampung karena dagingnya yang liat.

Ayam ini banyak terdapat di Sumatera bagian selatan. Selain mempunyai kelebihan pada performa pertumbuhan ternyata ayam jenis ini memiliki produktivitas yang rendah. Ayam hasil persilangan ini diharapkan mampu memberikan hasil yang lebih baik dalam produksi daging maupun telur. dirasakan perlu dilakukan pengujian performa produksinya. Salah satu ayam yang mempunyai keunggulan dalam produksi telur dan mulai banyak dipelihara oleh masyarakat yang dikenal dengan ayam Arab.memilih telurnya. . Ayam lokal ini selain memiliki performa pertumbuhan yang baik juga memiliki kualitas karkas yang baik pula. Ayam merawang merupakan ayam lokal unggul yang mempunyai produktivitas pertumbuhan yang baik. tetapi sangat menarik perhatian dunia usaha perunggasan Indonesia karena keunggulannya dalam produksi telur. Upaya dalam mencari solusi terhadap pengembangan ayam lokal di Indonesia terus dilakukan oleh pemerintah melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul Sapi Dwiguna dan Ayam (BPTU) Sembawa. terutama di pulau Bangka. Salah satu hasil pengembangan ayam lokal yang dilakukan oleh BPTU Sembawa adalah ayam Sriwijaya Prima 1 (SP-1) yang merupakan F1 hasil persilangan ayam pejantan Fayoumi dan ayam betina Merawang dan Prima Sriwijaya 1 (PS-1) yang merupakan F1 hasil persilangan pejantan ayam Merawang dan betina ayam Fayoumi. harga telur pun relatif lebih stabil tidak berfluktuasi seperti harga telur ayam ras. sehingga kurang baik untuk dijadikan ayam pedaging. sehingga memperlambat dalam pengembangannya. selain itu ayam jenis ini mempunyai bentuk dan warna telur mirip dengan ayam Kampung. Walaupun ayam ini bukan asli ayam lokal Indonesia. Mengetahui keberhasilan persilangan tersebut. namun jenis ayam ini sebenarnya bernama asli Fayoumi yang berasal dari Mesir. bahkan banyak dijual per butir tidak kiloan seperti telur ayam ras. sehingga ayam ini sangat cocok untuk masakan khas daerah di Indonesia. karena daging ayam Merawang berwarna putih/kuning. sehingga sering dipakai untuk campuran jamu pengganti telur ayam Kampung. diantaranya persilangan dan pemuliaan jenis ayam-ayam lokal unggul. tidak alot tapi juga bisa dipakai untuk jenis masakan yang membutuhkan waktu masak yang lama. ayam ini mempunyai kekurangan dalam pertumbuhan.

Selain itu sifat kualitatif seperti pola warna bulu dapat dijadikan salah satu aspek pemuliaan dalam peranannya sebagai penciri yang khas pada ayam hasil persilangan dan juga berguna dalam identifikasi kemurnian ayam induk.Sebagai ayam hasil persilangan yang diharapkan mampu menghasilkan kualitas karkas yang baik maka dirasakan perlu sekali untuk melihat sejauh mana keberhasilan persilangan ini ditinjau dari performa kualitatifnya. .