GERBANG LOGIKA (LOGIC GATE

)
Ada beberapa operasi-operasi dasar pada suatu rangkaian logika dan untuk menunjukkan suatu perilaku dari operasi-operasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan menggunakan suatu tabel kebenaran. Tabel kebenaran berisi statemen-statemen yang hanya berisi:
y

Benar yang dilambangkan dengan huruf ³T´ kependekan dari ³True´ atau bisa juga dilambangkan dengan angka 1. Atau
y

Salah yang dilambangkan dengan huruf ³F´ kependekan dari ³False´ atau bisa juga dilambangkan dengan angka 0.

Gerbang-gerbang logika yang khususnya dipakai di dalam sistem digital, dibuat dalam bentuk IC (Integrated Circuit) yang terdiri atas transistor-transistor, diode dan komponen-komponen lainnya. Gerbang-gerbang logika ini mempunyai bentuk-bentuk tertentu yang dapat melakukan operasi-operasi INVERS, AND, OR serta NAND, NOR, dan XOR (Exclusive OR). NAND merupakan gabungan AND dan INVERS sedangkan NOR merupakan gabungan OR dan INVERS.

NOT GATE (INVERTER)
Gerbang NOT atau juga bisa disebut dengan pembalik (inverter) yang mana logika tegangan outputnya adalah kebalikan dari logika tegangan inputnya. Gerbang NOT hanya mempunyai satu masukkan dan satu keluaran. Gerbang NOT di ilustrasikan oleh gambar dibawah ini.

Relay dan kontaktornya (S2) digunakan sebagai inverter/gerbang NOT. Proses pembalikan merupakan hal yang sederhana. y Jika saklar (S1) ditutup maka arus dari baterai (VS1) mengalir melewati relay sehingga timbul medan magnet pada koil relay ( Logika High) dan kontaktor (S2) terbuka yang menyebabkan arus dari baterai (VS) terputus dan lampu padam (Logika Low). y Jika saklar (S1) dibuka maka arus dari baterai (VS1) terputus sehingga tidak ada medan magnet pada koil relay ( Logika low) dan kontaktor (S2) tertutup yang menyebabkan arus dari baterai (VS) mengalir dan lampu nyala (Logika high). Jika masukkan gerbang NOT di beri tegangan tertentu (logika 1) maka keluarannya memiliki tegangan yang bernilai nol (logika 0) dan sebaliknya jika masukan gerbang NOT di beri tegangan nol (logika 0) maka keluarannya memiliki . dari tabel kebenaran diatas. sumber tegangan (VS1) dan saklar (S1) digunakan sebagai masukan.Pada gambar diatas. Gerbang NOT disimbolkan seperti pada gambar dibawah ini. keluaran selalu kebalikan dari masukkannya. dan Lampu digunakan sebagai keluarannya.

tegangan dengan harga tertentu (logika 1). Kondisi logika dari keluaran gerbang ini akan sama dengan kondisi logika dari masukkanya. Gerbang AND Gerbang AND adalah gerbang yang memberikan nilai keluaran berlogika 1 jika semua nilai masukkanya berlogika 1. A yang di inversikan dua kali (A) sama dengan A BUFFER Buffer adalah gerbang logika yang digunakan untuk menyangga kondisi logika. Tanda strip di atas A berarti komplemen A. Tabel ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai hubungan antara input dan output dari suatu rangkaian logika digital. Pada umumnya gerbang AND mempunyai input 2 atau lebih dan hanya mempunyai 1 output.B y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari AND GATE Dalam sistem digital. Simbol gerbang logika ini ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Dengan memberikan 2 buah masukkan . Masukkan A dibalik menjadi A (bukan A) kemudian jika A dibalik lagi menjadi A (bukan bukan A). setiap fungsi logika memiliki apa yang disebut tabel kebenaran. Berdasarkan aljabar Boolean gerbang AND dinyatakan dengan pesamaan : Y=A.

(INPUT A dan INPUT B) maka akan diperoleh 4 kombinasi variabel masukkan seperti pada tabel kebenaran dibawah ini. y Gerbang AND Dengan Menggunakan Dioda Selain dengan menggunakan saklar Gerbang AND dapat digambarkan dengan sebuah rangkaian listrik yang menggunakan 2 buah diode seperti pada gambar dibawah ini. Lampu (Y) hanya akan menyala apabila kedua saklar sebagai masukkan (A dan B) tertutup. Semua kombinasi untuk saklar A dan B ditunjukkan oleh tabel kebenaran dibawah ini. . y Gerbang AND Dengan Menggunakan Saklar Untuk memberikan pemahaman konsep tentang gerbang logika AND GATE dapat diilustrasikan dengan sebuah rangkaian listrik yang menggunakan SAKLAR dan LAMPU.

Dan sebaliknya jika A dan B tidak terhubung ke ground (A = 1. .Berdasarkan gambar diatas. jika A dan atau B terhubung dengan Ground (Logika 0) maka arus listrik akan mengalir dari sumber arus (VCC) melalui resistor (R) menuju ke diode. Karena diode mengalirkan arus listrik. dengan demikian pada output (Y) memiliki nilai tegangan VCC (logika 1) y Timming Diagram AND GATE OR GATE Gerbang OR adalah gerbang yang memberikan nilai keluaran berlogika 1 jika salah satu nilai masukkanya berlogika 1. B = 1) maka seolah-olah disini tidak ada diode. maka output (Y) akan terhubung ke ground sehingga output (Y) memiliki nilai tegangan sebesar 0 volt (Logika 0).

Berdasarkan aljabar Boolean gerbang OR dinyatakan dengan pesamaan : Y=A+B y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari OR GATE OR GATE dengan 2 buah masukkan (INPUT A dan INPUT B) maka akan diperoleh 4 kombinasi variabel masukkan dan tabel kebenaran seperti pada tabel dibawah ini. Gerbang OR gate dapat diilustrasikan dengan sebuah rangkaian listrik yang menggunakan SAKLAR dan LAMPU. gerbang OR juga mempunyai input 2 atau lebih dan hanya mempunyai 1 output. y Gerbang OR Dengan Menggunakan Saklar Seperti pada gerbang logika AND GATE. Lampu (Y) akan menyala apabila salah satu atau kedua saklar sebagai masukkan (A dan atau B) tertutup. .Sama halnya dengan gerbang AND.

y Gerbang AND Dengan Menggunakan Dioda Selain dengan menggunakan saklar Gerbang OR dapat digambarkan dengan sebuah rangkaian listrik yang menggunakan 2 buah diode seperti pada gambar dibawah ini. Berdasarkan gambar diatas. jika A dan B terhubung dengan Ground (Logika 0) maka output (Y) memiliki nilai tegangan sebesar 0 volt (Logika 0) karena pada A dan B tidak terdapat tegangan. .Semua kombinasi untuk saklar A dan B ditunjukkan oleh tabel kebenaran dibawah ini.

Berdasarkan aljabar Boolean gerbang NAND dinyatakan dengan pesamaan : . B = 1) maka seolah-olah disini tidak ada diode. dengan demikian pada output (Y) memiliki nilai tegangan VCC (logika 1) y Timming Diagram AND GATE NAND GATE Gerbang NAND adalah merupakan gabungan dari AND GATE dan NOT GATE atau gerbang AND yang bagian outputnya dipasang inverter. Gelembung tersebut dikatakan sebagai gelembung pembalik (invert bubble). Gelembung pembalik ini memberikan suatu metode yang disederhanakan untuk menyatakan gerbang NOT yang dipaparkan pada diagram bagian diatas. Dari gambar symbol logika NAND GATE diatas. bahwa symbol NAND merupakan suatu symbol AND dengan gelembung kecil pada bagian keluarannya.Sekarang jika A dan B tidak terhubung ke ground (A = 1.

Tabel kebenaran dari NAND Gate diilustrasikan pada kolom yang dihitamkan sedangkan tabel kebenaran untuk gerbang AND juga diberikan untuk menunjukkan bagaimana setiap keluaran dibalik untuk memberikan keluaran NAND.y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari NAND GATE Tabel kebenaran ditunjukkan pada tabel dibawah ini. . Dari tabel kebenaran diatas. dapat disimpulkan bahwa Output dari gerbang NAND akan menghasilkan Logika ³0´ jika semua inputnya adalah ³1´ NOR GATE Gerbang NOR adalah merupakan gabungan dari OR GATE dan NOT GATE atau gerbang OR yang bagian outputnya dipasang inverter.

Dari tabel kebenaran diatas. dapat disimpulkan bahwa Output dari gerbang NOR akan menghasilkan Logika ³1´ jika semua inputnya adalah ³0´ EXOR GATE EXOR GATE atau dibaca Excusive OR gate disebut sebagai gerbang ³setiap tapi tidak semua´. bahwa symbol NOR merupakan suatu symbol OR dengan gelembung kecil pada bagian keluarannya. Berdasarkan aljabar Boolean gerbang NOR dinyatakan dengan pesamaan : y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari NOR GATE Tabel kebenaran ditunjukkan pada tabel dibawah ini.Dri gambar symbol logika NOR GATE diatas. Tabel kebenaran dari NOR Gate diilustrasikan pada kolom yang dihitamkan sedangkan tabel kebenaran untuk gerbang OR juga diberikan untuk menunjukkan bagaimana setiap keluaran dibalik untuk memberikan keluaran NOR. . Gerbang EXOR mempunyai ketentuan bahwa Outputnya akan mempunyai logika ³1´ jika inputnya yang berlogika ³1´ berjumlah ganjil.

Rangkaian logika seperti yang digambarkan diatas. EXOR GATE disusun dengan menggunakan gerbang AND. gerbang OR dan inverter.Dari gambar symbol logika diatas. Dari gambar symbol logika diatas. XOR GATE disusun dengan menggunakan gerbang AND. akan membentuk fungsi logika XOR yang dinyatakan dengan pesamaan : . EXNOR GATE EXNOR GATE atau dibaca Excusive NOR gate adalah kebalikan dari gerbang EXOR. gerbang OR dan inverter. akan membentuk fungsi logika EXOR yang dinyatakan dengan pesamaan : y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari EXOR GATE Tabel kebenaran EXOR gate ditunjukkan seperti gambar dibawah ini. Rangkaian logika seperti yang digambarkan diatas. Gerbang EXNOR mempunyai ketentuan bahwa Outputnya akan mempunyai logika ³1´ jika inputnya yang berlogika ³0´ berjumlah ganjil.

download materi versi .y Truth Table (Tabel kebenaran) Dari EXNOR GATE Tabel kebenaran EXNOR gate ditunjukkan seperti gambar dibawah ini. Kapasitor dilambangkan dengan huruf ³C´ dengan satuan Farad (F ) STRUKTUR KAPASITOR . 02 Mei 2010 CAPASITOR DEFINISI Kapasitor adalah komponen pasif elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik di dalam medan listrik dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.PDF [Klik disini] Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz Diposkan oleh Danang Erwanto di 20.56 Link ke posting ini Label: digital 0 komentar Minggu.

fenomena kapasitor ini terjadi pada saat terkumpulnya muatan-muatan positif dan negative di awan. PRINSIP KERJA KAPASITOR y y y Jika kedua elektroda diberi tegangan listrik.Struktur sebuah kapasitor terbuat dari dua buah plat metal (elektroda) yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik. Muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung kutub negative dan sebaliknya muatan negative tidak bisa menuju ke ujung kutub positif. KEGUNAAN KAPASITOR Kapasitor dapat digunakan untuk : . Di alam bebas. Muatan elektrik ini tersimpan tersimpan selama tidak ada konduksi pada ujung-ujung kakinya. mika. udara vakum. Dielektrika umumnya dapat terbuat dari bahan kertas. Bahan dielektrik adalah bahan isolator yang diselipkan diantara keping isolator. polyester. dan lain-lain. karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non -konduktif. maka muatan -muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki elektrodanya dan pada saat yang sama muatan-muatan negative terkumpul pada elektroda yang satunya lagi. tantalium. keramik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful