MAKALAH KONSTITUSI YANG MENGATUR HAK WARGA NEGARA

Disusun guna memenuhi tugas matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Disusun oleh : TAMBAK SIHNO. P K4409054

PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

Surakarta. Semoga makalah ini berguna bagi berbagai pihak dan penulis pada khususnya. Desember 2010 Tambak Sihno. Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih mengalami kekurangan. Oleh karena itu pennulis mengucap[kan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbagai pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya sehinga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini tepat pada waktunya. Penyusunan tugas ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu saran dan kritik penulis harapkan demi lebih baiknya makalah ini. Dan semoga tidak menimbulkan masalah dan menyulut konflik dari pihak manapun. P .

..........................................................................................................................................1 Rumusan Masalah.........................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR.............................................18 ......................8 BAB III : PENUTUP.....2 Tujuan Masalah...............................3 konstitusi .............................................................................................................................................................................................................................3 hak warga negara Indonesia..................................................................................................................................................................................................................1 Latar belakang................................................................................................................................18 Kesimpulan...................................i DAFTAR ISI.........ii BAB I : PENDAHULUAN..........................................................2 BAB II : PEMBAHASAN.............................................................................................................................7 Konstitusi yang mengatur hak warga negara di Indonesia.....

atau bahkan jauh kekurangan. Oleh karena itu masih banyak warga negaranya ynag masih hidup di bawah garis kemiskinan dan menurut saya belum mendapat haknya secara penuh. semakin mengurangi hak warga Negara atas kesetaraan di mata hukum. LATAR BELAKANG Indonesia. Sementara itu hukum di Indonesia yang seperti pisau . Dan sebagai landasan hukum yang jelas yang mengatur hak warga Negara lndonesia. Namun dengan berbagai sebab hak warga Negara masih belum dapat terpenuhi di berbagai bidang. Misalnya. Apakah itu kostitusi ? . karena budaya korupsi yang mereka lakukan karena ketamakan mereka sendiri dan warisan masa lalu. Hak warga Negara selama ini masih belum di dapatkan secara layak. sebuah Negara yang berada di kawasan asia tenggara yang saat ini statusnya masih Negara berkembang. Yaitu siapa yang bersalah harus menerima hukuman sesuai aturan yang berlaku. namun pembangunan di beberapa daerah masih kurang atau bahkan masih banyak daerah di Indonesia yang minim fasilitas B. rakyat harus membayar berbagai pajak yang dibebankan kepada mereka. Bagamana tidak.BAB I PENDAHULUAN A. pemerintahan Suharto yang belum lepas dari benak kita entah disadari atau tidak telah menjadikan budaya di kalangan politisi kita. tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Undang – Undang dasar 1945 sebagai konstitusi dan mengatur hak warga Negara adalah sah dan jelas. Namun jangan saling menyalahkan. Seperti kasus gayus yang menggelapkan pajak sehingga hak warga negara atas pajak menjadi terkurangi atau bahkan hilang sama sekali. RUMUSAN MASALAH i. Pemerintah yang masih terlibat berbagai kasus seperti korupsi dan birokrasi yang ruwet merupakan salah satu faktor kenapa hak warga Negara bias terganggu.

iii.ii. ii. iii. Pengertian hak warga Negara Konstitusi yang mengatur hak warga Negara di Indonesia C. Mengetahui makna dari kata konstitusi Mengetahui arti hak sebagai warga Negara Mengetahui landasan hukum tentang hak warga Negara . TUJUAN MASALAH i.

undangan. negara. KONSTITUSI Konstitusi pada umumnya bersifat kodifikasi yaitu sebuah dokumen yang berisian aturanaturan untuk menjalankan suatu organisasi pemerintahan negara. Konstitusi bagi organisasi pemerintahan negara yang dimaksud terdapat beragam bentuk dan kompleksitas strukturnya. kebijakan dan distibusi maupun alokasi. namun menurut para ahli ilmu hukum maupun ilmu politik konstitusi harus diterjemahkan termasuk kesepakatan politik. pengertian konstitusi menurut para ahli .constituere) dalam bahasa prancis yaitu “constiture” dalam bahsa jerman “vertassung” dalam ketatanegaraan RI diartikan sama dengan Undang – undang dasar. Konstitusi adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakata negara A. terdapat konstitusi politik atau hukum akan tetapi mengandung pula arti konstitusi ekonomi Dewasa ini. Konstitusi / UUD dapat diartikan peraturan dasar dan yang memuat ketentuan – ketentuan pokok dan menjadi satu sumber perundang. pengambilan keputusan. namun dalam pengertian ini. konstitusi harus diartikan dalam artian tidak semuanya berupa dokumen tertulis (formal). kekuasaan.BAB II PEMBAHASAN A. istilah konstitusi sering di identikkan dengan suatu kodifikasi atas dokumen yang tertulis dan di Inggris memiliki konstitusi tidak dalam bentuk kodifikasi akan tetapi berdasarkan pada yurisprudensi dalam ketatanegaraan negara Inggris dan mana pula juga Konstitusi Istilah konstitusi berasal dari bahasa inggris yaitu “Constitution” dan berasal dari bahasa belanda “constitue” dalam bahasa latin (contitutio.

partai politik dsb d) L. konstitusi memuat baik peraturan tertulis maupun peraturan tak tertulis e) Koernimanto soetopawiro. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama. b) Herman heller. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis tettapi juga sosiologis dan politis c) Lasalle. o Konstitusi sebagai bentuk negara o Konstitusi sebagai faktor integrasi o Konstitusi sebagai sistem tertutup dari norma hukum yang tertinggi didalam negara ii Konstitusi dalam arti relatif dibagi menjadi 2 pengertian yaitu konstitusi sebagai tuntyutan dari golongan borjuis agar haknya dapat dijamin oleh penguasa dan konstitusi sebagai sebuah konstitusi dalam arti formil (konstitrusi dapat berupa terttulis) dan konstitusi dalam arti materiil (konstitusi yang dilihat dari segi isinya) iii iv konstitusi dalam arti positif adalah sebagai sebuah keputusan konstitusi dalam arti ideal yaitu konstitusi yang memuat adanya politik yang tertinggi sehingga mampu merubah tatanan kehidupan kenegaraan jaminan atas hak asasi serta perlindungannya B. o Konstitusi sebagai kesatuan organisasi yang mencakup hukum dan semua organisasi yang ada didalam negara. f) Carl schmitt membagi konstitusi dalam 4 pengertian yaitu: i Konstitusi dalam arti absolut mempunyai 4 sub pengertian yaitu.a) K. Wheare. tujuan konstitusi yaitu: . istilah konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarati bewrsama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri.j Van Apeldoorn. konstitusi adalah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat didalam masyarakat seperti golongan yang mempunyai kedudukan nyata didalam masyarakat misalnya kepala negara angkatan perang. C. konstitusi mempunyai arti luas daripada uud. konstitusi adalah keseluruhan sistem ketaatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang mmbentuk mengatur /memerintah dalam pemerintahan suatu negara.

bangunan negara dan tata negara.a) Membatasi kekuasaan penguasa agar tidak bertindak sewenang – wenang maksudnya tanpa membatasi kekuasaan penguasa. c) Nilai semantik adalah suatu konstitusi yang berlaku hanya untuk kepentingan penguasa saja. tetapi juga nyata berlaku dalam masyarakat dalam arti berlaku efgektif dan dilaksanakan secara murni dan konsekuen. . penguasa menggunakan konstitusi sebagai alat untuk melaksanakan kekuasaan politik. Ketidak sempurnaan itu disebabkan pasal – pasal tertentu tidak berlaku / tidsak seluruh pasal – pasal yang terdapat dalam UUD itu berlaku bagi seluruh wilayah negara. Konstitusi tidak tertulis / konvensi(nondokumentary constitution) adalah berupa kebiasaan ketatanegaraan yang sering timbul. 2) Tidak bertentangan dengan UUD 1945 3) Memperhatikan pelaksanaan UUD 1945. 3) Pedoman penyelengaraan negara maksudnya tanpa adanya pedoman konstitusi negara kita tidak akan berdiri dengan kokoh. Strong konstitusi terdiri dari: Konstitusi tertulis (dokumentary constiutution / writen constitution) adalah aturan – aturan pokok dasar negara . Dalam memobilisasi kekuasaan. Macam – macam konstitusi a) Menurut CF. tetrapi tidak sempurna. D. C. demikian juga aturan dasar lainnya yang mengatur perikehidupan suatu bangsa didalam ¬persekutuan hukum negara. Adapun syarat – syarat konvensi adalah: 1) Diakui dan dipergunakan berulang – ulang dalam praktik penyelenggaraan negara. Nilai konstitusi a) Nilai normatif adalah suatu konstitusi yang resmi diterima oleh suatu bangsa dan bagi mereka konstitusi itu tidak hanya berlaku dalam arti hukum (legal). b) Nilai nominal adalah suatu konstitusi yang menurut hukum berlaku. konstitusi tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja kekuasaan penguasa akan merajalela Dan bisa merugikan rakyat banyak b) Melindungi Ham maksudnya setiap penguasa berhak menghormati Ham orang lain dan hak memperoleh perlindungan hukum dalam hal melaksanakan haknya.

konstitusi memuat tentang: Organisasi negara HAM Prosedur penyelesaian masalah pelanggaran hukum Cara perubahan konstitusi. hubungan rakyat dengan pemerintah. b) Konstitusi sosial adalah konstitusi yang mengandung cita – cita sosial bangsa.b) secara teoritis konstitusi dibedakan menjadi: a) konstitusi politik adalah berisi tentang norma. konstitusi berisi tentang: 1) Pernyataan ideologis 2) Pembagian kekuasaan negara 3) Jaminan HAM (hak asasi manusia) 4) Perubahan konstitusi 5) Larangan perubahan konstitusi E. rumusan filosofis negara. 2) Rigid / kaku apabila konstitusi / undang undang dasar jika sulit untuk diubah. Kedudukan konstitusi (UUD Dengan adanya UUD baik penguasa dapat mengetahui aturan / ketentuan pokok mendasar mengenai ketatanegaraan . dan sistem politik yang ingin dikembangkan bangsa itu. d) unsur /substansi sebuah konstitusi yaitu: i Menurut sri sumantri konstitusi berisi 3 hal pokok yaitu: 1) Jaminan terhadap Ham dan warga negara 2) Susunan ketatanegaraan yang bersdifat fundamental 3) Pembagian dan poembatasan tugas ketatanegaraan ii Menurut Miriam budiarjo. Sebagai hukum dasar Sebagai hukum yang tertinggi G. c) Menurut koerniatmanto soetopawiro.norma dalam penyelenggaraan negara. Melinmdungi asas demokrasi Menciptakan kedaulatan tertinggi yang berada ditangan rakyat Untuk melaksanakan dasar negara Menentukan suatu hukum yang bersifat adil F. c) bedasarkan sifat dari konstitusi yaitu: 1) Flexible / luwes apabila konstitusi / undang undang dasar memungkinkan untuk berubah sesuai dengan perkembangan. perubahan konstitusi / UUD . hubuyngan antar lembaga negara. Syarat terjadinya konstitusi Agar suatu bentuk pemerintahan dapat dijalankan secara demokrasi dengan memperhatikan kepentingan rakyat. sistem sosial. sistem ekonomi.

Dasar negara sebagai pedoaman penyelenggaraan negara secara tertulis termuat dalam konstitusi suatu negara I. UUD/konstitusi berubah secara berangsur – angsur yang dapat menimbulkan suatu UUD. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. Contoh Hak Warga Negara Indonesia 1. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3. pemerintahan baru terbentuk sebagai hasil revolusi ini yang kadang – kadang membuat sesuatu UUD yang kemudian mendapat persetujuan rakyat. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran . Setiap warga negara bebas untuk memilih. Secara evolusi. Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. cita – cita dan tujuan negara yang tertuang dalam pembukaan UUD suatu negara. keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi yaitu: keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi nampak pada gagasan dasar. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4. Uud memiliki sifat mengikat oleh karenanya makin elastik sifatnya aturan itui makin baik. konstitusi menyangkut cara suatu pemeritahan diselenggarakan B HAK WARGA NEGARA INDONESIA Berikut ini adalah beberapa contoh hak kita sebagai rakyat Indonesia.Secara revolusi. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. secara otomatis UUD yang sama tidak berlaku lagi. H. Setiap warga negara memiliki hak yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Keterkaitan konstitusi dengan UUD yaitu: Konstitusi adalah hukum dasar tertulis dan tidak ter tulis sedangkan UUD adalah hukum dasar tertulis.

Pasal 23A Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undangundang.. (2) Rancangan undangundang anggaran pendapatan dan belanja negara diajukan oleh Presiden untuk dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah. Pemerintah menjalankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun yang lalu. (3) Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang diusulkan oleh Presiden. KONSTITUSI YANG MENGATUR HAK WARGA NEGARA Berikut ini contoh undang. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku D. Pasal 23B Macam dan harga mata uang ditetapkan dengan undangundang.6.undang yang mengatur hak warga Negara Indonesia BAB VIII HAL KEUANGAN Pasal 23 (1) Anggaran pendapatan dan belanja negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undangundang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar besarnya kemakmuran rakyat. . Pasal 23C Halhal lain mengenai keuangan negara diatur dengan undangundang. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat.

WARGA NEGARA DAN PENDUDUK Pasal 26 (1) Yang menjadi warga negara ialah orangorang bangsa Indonesia asli dan orangorang bangsa lain yang disahkan dengan undangundang sebagai warga negara. Pasal 28 Kemerdekaan berserikat dan berkumpul. (3) Halhal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang undang.Pasal 23D Negara memiliki suatu bank sentral yang susunan. (3) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. dan independensinya diatur dengan undang undang. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undangundang. tanggung jawab. Pasal 27 (1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. BAB XA HAK ASASI MANUSIA Pasal 28A Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup . kewenangan. kedudukan. (2) Tiaptiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. (2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.

(2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja (3) Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam Pemerintahan (4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. seni dan budaya. (2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat. serta berhak kembali. demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup. (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat. Pasal 28B (1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah. berkumpul. (2) Setiap orang atas kebebasan meyakini kepercayaan. bangsa dan negaranya. dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi Pasal 28C (1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. dan mengeluarkan pendapat. . memilih pendidikan dan pengajaran. memilih pekerjaan. memilih kewarganegaraan.dan kehidupannya. menyatakan pikiran dan sikap. memilih tempat tinggal diwilayah negara dan meninggalkannya. Pasal 28D (1) Setiap orang berhak atas pengakuan. Pasal 28E (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya. sesuai dengan hati nuraninya. dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum. tumbuh. berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi. perlindungan. jaminan.

hak beragama.Pasal 28F Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi. menyimpan. memiliki. (2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain. dan harta benda yang dibawah kekuasaannya. dan medapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. serta berhak untuk mencari. bertempat tinggal. (2) Setiap orang mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan. dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apa pun. (2) Setiap orang berhak bebas atas perlakuan yang bersifat diskriminatif atas . memperoleh. Pasal 28I (1) Hak untuk hidup. keluarga. hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum. martabat. hak untuk tidak diperbudak. Pasal 28H (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin. kehormatan. mengolah. hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani. hak untuk tidak disiksa. (4) Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenangwenang oleh siapa pun. (3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia Pasal 28G (1) Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi.

(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. (5) Untuk menegakan dan melindungi hak assi manusia sesuai dengan prinsip negara hukum yang demokratis. Pasal 28J (1) Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat. berbangsa. terutama pemerintah. pemajuan. keamanan. BAB XIII PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Pasal 31 (1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. (4) Perlindungan. setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undangundang dengan maksud sematamata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral. (3) Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban. dan dituangkan dalam peraturan perundanganundangan.dasar apa pun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu. . dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis. dan bernegara. maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin. nilainilai agama. diatur. BAB XI AGAMA Pasal 29 (1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. (2) Negara menjamin kemerdekaan tiaptiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. (2) Dalam menjalankan hak dan kebebasannya. penegakan. dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara.

(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurangkurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari aggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. efisiensi berkeadilan. . (3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesarbesar kemakmuran rakyat. (5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dengan menjunjung tinggi nilainilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. BAB XIV PEREKONOMIAN NASIONAL DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL Pasal 33 (1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. (4) Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan. berkelanjutan. yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pasal 32 (1) Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dalam mengembangkan nilainilai budayanya. berwawasan lingkungan. (2) Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. (2) Cabangcabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. kemandirian. yang diatur dengan undangundang.(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional.

(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undangundang.(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undangundang. (3) Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. (2) Negara mengembangkan sistim jaminan sosial bagi seluruah rakyat dan martabat kemanusiaan. memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan . Pasal 34 (1) Fakir miskin dan anakanak terlantar dipelihara oleh negara.

Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum. bebas untuk memilih.constituere) dalam bahasa prancis yaitu “constiture” dalam bahsa jerman “vertassung” dalam ketatanegaraan RI diartikan sama dengan Undang – undang dasar. Hak – hak tersebut diantaranya . Konstitusi adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakata negara Sedangkan hak yang dimiliki warga Negara Indonesia yaitu seperangkat kebebasan yang dimiliki oleh semua warga Negara Indonesia. Konstitusi / UUD dapat diartikan peraturan dasar dan yang memuat ketentuan – ketentuan pokok dan menjadi satu sumber perundang. KESIMPULAN Konsitusi yaitu dokumen tertulis yang berisi auran – aturan untuk menyelenggarakan pemerintahan suatu Negara. Dan semua hak sebagai warga Negara Indonesia elah di atur dalam Undang – undang dasar Negara republic Indonesia sebagai dasar konstitusi Negara Indonesia. berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran. memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan. Namun jangan mengartikan konstitusi hanya dokumen tertulis saja. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.BAB III PENUTUP A. . Istilah konstitusi berasal dari bahasa inggris yaitu “Constitution” dan berasal dari bahasa belanda “constitue” dalam bahasa latin (contitutio.undangan. juga di ditu terdapat kesepakaatan – kesepakatan politik yang idak tertulis juga. pekerjaan dan penghidupan yang layak. berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh.