PENULISAN ILMIAH

KARYA

Suharmono K.

PENULISAN ILMIAH

KARYA

Suharmono K.

‡ EMPAT KETERAMPILAN BEBAHASA ‡ MENYIMAK ‡ WICARA ‡ MEMBACA ‡ MENULIS

Ket Berb reseptif Menymk Memb produktif Wcr Mnls

Karya ilmiah adalah suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan

KARYA ILMIAH Subresmi Resmi .

‡ Karya ilmiah subresmi ialah karya ilmiah yang model penulisannya tidak ditentukan secara lengkap ‡ Karya ilmiah resmi ialah karya ilmiah yang model penulisan dan urut-urutannya sudah ditentukan secara lengkap .

‡ KARYA ILMIAH SUBRESMI Makalah Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif .

Langkah: ‡ Menentukan topik ‡ Menentukan masalah ‡ Menentukan tujuan .

Topik berbeda dengan tema ‡ Tema adalah pikiran atau gagasan sentral yang mendasari sebuah karya ilmiah ‡ Topik adalah hal pokok yang diungkapkan atau dituliskan dalam karangan -Tema memayungi topik- .

buku) SUMBER LISAN (radio. majalah. televisi. lingkungan) .SUMBER TOPIK SUMBER TERTULIS (surat kabar. teman.

Alternatif untuk menemukan topik: ‡ Brainstorming: proses berfikir untuk mengugkapkan semua ide yang terlintas di benak penulis ‡ Perenungan ‡5W1H .

PEMBATASAN TOPIK KorupsI Diberantas dicegah dihentikan sejak dini sejak awal sejak munculnya gejala korupsi pembelajaran budi pekerti pembelajaran anti korupsi kantin kejujuran di pasar di sekolah di supermaket .

JUDUL MAKALAH Dapat memiliki daya tarik bagi pembaca Sesuai dengan topik Berbentuk frasa Lugas .

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Topik : Korupsi dapat dicegah sejak dini melalui kantin kejujuran di sekolah-sekolah Judul : Kantin Kejujuran Upaya Mencegah Korupsi Sejak Dini A. Pembahasan Akibat Korupsi Bagi Negara dan Bangsa Kantin Kejujuran Upaya untuk Mencegah Korupsi Pengelolaan Kantin Kejujuran Kelebihan Kantin Kejujuran Kelemahan Kantin Kejujuran Upaya Untuk Mengatasi Ketidakjujuran Penyadaran oleh teman dekat Penyadaran Melalui Guru Agama Melalui Slogan-Slogan/Imbauan yang Dipasang di Dinding kantin C. Simpulan DARTAR PUSTAKA . Pendahuluan B.

PENDAHULUAN BERISI latar belakang pemilihan topik masalah tujuan .

BAGIAN PEMBAHASAN Merupakan bagian utama. atau bagian isi Memuat analisis/ uraian pokok masalah (dapat melalui teknik deduktif atau induktif) .

BAGIAN PENUTUP ‡ Berisi simpulan dan saran ‡ Simpulan berisi hasil pembahasan sesuai permasalahan dan tujuan ‡ Simpulan merupakan jawaban dari permasalahan ‡ Saran berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam makalah .

antologi. 2000:184). . surat kabar. majalah. hasil penelitian.KUTIPAN Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat seorang pengarang. dan penerbitan lain(Prabawa. atau jurnal. atau ucapan orang terkenal yang terdapat dalam buku.

Sebagai bahan bukti untuk bandingan dengan pendapat penulis 4. Sebagai barang bukti untuk menunjang pendapat penulis 2.‡ TUJUAN PEMBUATAN KUTIPAN 1. Sebagai bahan bukti yang disanggah penulis . Seagai bahan bukti untuk membedakan dengan pendapat penulis 3.

langsung ‡ Kutipan tidak langsung .

‡ Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang hanya mengambil inti sarinya saja.‡ Kutipan langsung adalah kutipan yang langsung mengambil dari sumber asli. tanpa mengubah bahasanya. sedang bahasa yang dituangkan dalam kutipan memakai bahasanya sendiri .

. ´Membaca Ayat-Ayat Cinta ini membuat anganangan kita melayang-layang ke negeri seribu menara dan merasakan ¶pelangi· akhlak yang menghiasi pesona-pesonanya.· ‡ Kutipan tidak langsung Ratih Sang (El-Shirazy) menyatakan bahwa anganangannya diawa melayang-layang ke negeri seribu menara dan merasakan berbagai akhlak dengan pesona-pesonanya setelah membaca Ayat-Ayat Cinta. 2008) menyatakan.‡ Kutipan langsung Ratih Sang (dalam El-Shirazy.

dan jarak dari margin kiri dan margin kanan tujuh ke tukan.Kutipan langsung lebih empat puluh kata ditulis tanpa tanda kutip dan terpisah dari kata yang mendahului. . Penulisan berjarak satu spasi.

nama pengarang ditempatkan di luar tanda kurung Contoh: Menurut Sugito (2009:225) apabila ujian nasional ditiadakan.Kutipan tidak langsung apabila keterangan kutipan mendahului teks. sulit mengukur mutu standar pendidikan nasional .

Apabila keterangan kutipan diletakkan sesudah teks. Contoh: Apabila ujian nasional ditiadakan. sulit mengatur mutu standar nasional (Sugito. 2009: 225). . nama pengarang diletakkan dalam tanda kurung.

....... 2008: 120) ......Kutipan langsung yang ditulis dua orang pengarang dihubungkan dengan kata dan.................... ‡ Nasution dan Tarigan (2008: 120) .. (Nasution dan Tarigan.................... ‡ ..........

‡ ................... (2001: 25) menya-takan bahwa . disingkat dkk. 2001:25) ...............Kutipan tidak langsung yang ditulis oleh tiga orang atau lebih cukup ditulis nama akhir pengarang pertama diikuti kata dan kawan-kawan... (Wibisono dkk..... Contoh: Wibisono dkk..............

...‡ Kutipan tidak langsung bila kutipan bersumber dari kutipan lain ditulis sebagai berikut. ....... ‡ Mawardi (dalam Sutrisno.. Atau ‡ .......................... 2009: 260)......... 2009:260) menyatakan bahwa ....................................... (Mawardi dalam Sutrisno......

artikel-artikel.DAFTAR RUJUKAN/DAFTAR PUSTAKA Daftar Pustaka atau Daftar Rujukan adalah daftar yang berisi identitas buku-buku. 2000: 196). . dan bahan penerbitan lainnya yang mempunyai relevansi dengan tulisan yang dikerjakan (Prayitno dkk..

ISI D PUSTAKA/D RUJUKAN ‡ Nama pengarang (tnp gelar akd) ‡ Tahun Terbit ‡ Judul ‡ Tempat terbit ‡ Nama penerbit .

LangkahLangkah Penulisan Ilmiah: Dalam Menulis Artikel Ilmiah untuk Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang.Suparno. . 2000.

brdasar huruf awal pengarang ‡ Jarak antar baris dalam satu rujukan satu spasi ‡ Jarak antar rujukan dua spasi ‡ Baris pertama dimulai dari margin kiri.PRINSIP PENYUSUNAN D RUJUKAN ‡ Urutan disusun alfabet. baris berikutnya 3-7 ketukan .

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ PENULISAN NAMA Nama pngarang bila lebih satu kata. diikuti kata dkk. dipisahkan tanda koma Nama Tionghoa tidak dibalik. bagian akhir diletakkan di depan. karena unsur pertama nama Tionghoa berupa nama keluarga Jika pengarang dua orang. Jika nama editor yang ditulis setelah nama diberi keterangan (Ed) dalam tanda kurung . cukup pengarang pertama yang ditulis. keduanya ditulis dihubungkan kata dan Jika pengarang tiga orang atau lebih.

‡ Tahun Terbit ‡ Jika beberapa rujukan berasal dari buku yang berbeda. Jakarta: Penyear Ilmu. ditulis pengarang yang sama. ‡ Contoh: ‡ Arifin. ‡ Arifin. 1990a. Zainal. Jakarta: Dinamika Swadaya. tahun terbit sama. Zainal. diberi ciri pembeda huruf sesuai abjad. 1990b. Surat-Menyurat Resmi. urutannya didasarkan abjad huruf pertama judul buku. Pedoman urat-Menyurat Indonesia. .

judul buku diberi garis bawah. Surya. Judul artikel atau makalah ditulis di antara tanda petik. .JUDUL ‡ Judul buku dicetak miring. Apabila ditulis tangan atau diketik dengan mesin ketik manual. ‡ Contoh penulisan judul artikel: ‡ Utomo. 4. ditulis setelah tahun terbit. Andi. hal. ´Pandemi Virus Flu Burung H5N1µ. 18 Januari 2009. diakhiri tanda titik. sebagai ganti cetak miring.

RUJUKAN DARI INTERNET ‡ Rujukan dr internet berupa karya individual nm penulis ditulis sprti rujukan bhn cetak.ecs. 19901995. diakhiri alamat sumber rujukan disertai keterangan waktu diakses di antara tanda kurung. The Calm before the Storm. (http:/journal. 2008. S. W. A.soton. & Hall. rujukan diberi keterangan (online). L. (Online). Setelah judul.uk/survey/survey html. diakses 27 November 2009). Survey of STM Onlines Journals. ‡ Contoh: ‡ Hithcock. Carr.ac. .

Penulisan rujukan dr internet berupa artikel dr jurnal. nama jurnal dicetak miring. 3 No. diikuti tahun.id. diberi keterangan (online) dalam tanda kurung. (Online). diakhiri alamat sumber rujukan. 4 (http//www. ‡ Contoh: ‡ Basuki. Vol.malang. 2008.ac. diakses 28 November 2009) . diberi keterangan waktu pengaksesan dalam tanda kurung. nama penulis ditulis seperti rujukan bahan cetak (buku). ´Dampak Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesiaµ. diikuti volume dan nomor. Jurnal Ilmu Pendidikan. Sulistyo. judul artikel.

Artikel ilmiah biasanya dimuat dalam majalah ilmiah atau jurnal. .ARTIKEL ILMIAH Penulisan artikel ilmiah pada prinsipnya sama dengan penulisan makalah.

‡ (2) Perencanaan naskah. ‡ (3) Pengembangan paragraf.‡ Ada lima langkah dalam menulis artikel ilmiah ‡ (1) Pengembangan gagasan. ‡ (4) penulisan draf. ‡ (5) Finalisasi .

‡ Atau hasil penelitian: ‡ ´Pengaruh Situasi Keluarga Terhadap Prestasi Siswaµ.Pengembangan gagasan dalam artikel ilmiah adalah pengemb ggsn dlm berpikir ilmiah. . Gagasan dlm berpikir ilmiah dpt berupa hsl berpikir konseptual ‡ misalnya: ‡ ´Pembelajaran Anti Korupsi Melalui Kantin Kejujuranµ.

‡ Bagian-bagian sistematika artikel ilmiah seperti berikut. ‡ Judul ‡ Nama Penulis ‡ Abstrak ‡ Kata kunci ‡ Pendahuluan ‡ Isi ‡ Penutup ‡ Daftar Pustaka .

‡ Judul dan anak judul (kalau ada) ditulis dengan huruf kapital semua pada baris paling atas. ‡ Judul dengan anak judul (kalau ada) dipisahkan tanda titik dua. ‡ Judul jangan terlalu panjang. dengan jarak dari atas kurang lebih 3 cm.‡ Judul ‡ Judul artikel harus diusahakan menarik pembaca. . informatif ‡ Judul hendaknya memberi gambaran yang jelas tentang materi dan ruang lingkup masalah yangakan dibahas.

di bawah judul. ‡ Apabila artikel ilmiah ditulis dua orang. ‡ Nama lembaga dapat ditulis di bawah nama penulis. nama penulis ditulis sejajar. . tanpa mencantumkan gelar akademik. atau ditempatkan di bagian bawah sebagai catatan kaki.Nama Penulis ‡ Nama penulis ditulis di bawah judul.

Abstrak hendaknya ditulis dalam 50 sampai 200 kata. . abstrak sebaiknya ditulis dalam bahasa Indonesia. berisi tentang topik. dan hasil penelitian. ‡ apabila artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. ‡ Abstrak ditulis dalam satu paragraf. dan apabila artikel ditulis dalam bahasa Inggris.‡ Abstrak ‡ Abstrak adalah seperangkat pernyataan yang ditulis secara ringkas dan padat bagianbagian penting dari artikel yang ditulis. tujuan. masalah. abstrak sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris.

‡ Kata Kunci ‡ Kata kunci ialah kata pokok yang menggambarkan wilayah yang diteliti. . Jumlah kata kunci antara 3 sampai lima kata. menggambarkan ranah wilayah yang dibahas. Kata kunci tidak harus diambil dari kata-kata yang tercantum dalam judul karya ilmiah.

isi. penutup. daftar pustaka sama dengan penulisan pada makalah .Pendahuluan. kutipan.

tesis.KARYA ILMIAH RESMI Karya ilmiah resmi mempunyai sistematika yang lebih rinci dibandingkan karya ilmiah subresmi. Yang termasuk karya ilmiah resmi ialah laporan penelitian termasuk skripsi. disertasi. . buku teks.

dan Penutup. Namun tiap-tiap bagian itu dirinci lagi lebih detil. .‡ Karya ilmiah resmi secara umum mempunyai sistematika seperti karya ilmiah subresmi. Isi. yaitu Pembuka.

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ PENDAHULUAN Halaman judul Halaman pengesahan Halaman persembahan dan moto Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Tabel/Bagan/Gambar Daftar Singkatan Abstrak .

‡ BAGIAN ISI ‡ Bab Pendahuluan ‡ ‡ ‡ ‡ Latar Belakang Rumusan masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian ‡ Landasan Teori ‡ Metode Penelitian ‡ ‡ ‡ ‡ Pendekatan Penelitian Sumber data dan Data Penelitian Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisis Data ‡ Hasil dan Pembahasan ‡ Simpulan .

BAGIAN PENUTUP ‡ Daftar Pustaka ‡ Lampiran .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful