MAKALAH ALAT KEDOKTERAN YANG TERBUAT DARI BAHAN PLASTIK

Sekarang kita berada di era modernisasi. Kami berharap makalah ini dapat membantu kita agar lebih kompeten dalam belajar dan memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran tentang pengetahuan kita terhadap alat-alat kedokteran untuk kedepannya. . Makalah ini terdiri dari beberapa pembahasan penting yang berhubungan dengan alat kedokteran dari bahan plastik. mohon dapat disampaikan dengan baik sebagai saran yang bersifat membangun agar dimasa yang akan datang dapat menjadi yang lebih baik. yaitu era yang penuh dengan peradaban teknologi maju atau yg sering kita sebut dengan kemajuan alat yang terbuat dari logam dan dan bernuansa elektronik. Terakhir.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kita panjatkan kepada ALLAH. kami dapat menyelesaikan makalah ini. maka disini kami akan menjelakan bebrapa alat kedokteran yang bukan terbuat dari logam atau terbuat dari bahan platik.Tuhan Yang Maha Esa. Berkat limpahan karunian-Nya. Oleh karena itu. terima kasih kami sampaikan kepada dosen pengasuh mata kuliah yang telah memberi bimbingan dalam penyusunan makalah ini. apabila terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini.

speculum dan lain-lain. Peralatan yang terbuat dari plastik. mengobati atau mengatasi penyakit para pasien. baju. misalnya mangkok. misalnya kain kasa. Peralatan yang terbuat dari kaca. misalnya kanule rectum. 2. sarung tangan. cangkir.1. Alat kedokteran juga merupakan salah satu benda / barang yang wajib yang harus dimiliki oleh seorag dokter atau rumah sakit dan semua yang berkaitan dengan dunia kesehatan. drain dan lain-lain. Peralatan yang terbuat dari karet. Peralatan yang terbuat dari logam. misalnya. baskom dan lainlain. Peralatan yang terbuat dari porselin. Peralatan yang terbuat dari tenunan. Pembagian Alat kedokteran Alat-alat kedokteran juga dibagi menjadi beberapa bagian 1. pipa penduga lambung. 3. kateter. misalnya semprit (spuit). misalnya pinset. gunting. misalnya slang i8nfus dan lain-lain. Peralatan yang terbuat dari ebonit. sebelum memeriksa atau mengbati pasien 2. 6. sprei. 5. tampon. Pengertian Alat Kedokteran Alat kedokteran adaalah suatu alat yg dipakai dalam dunia kesehatan. kanule trachea dan lainlain. sarung bantal dan lain-lain. 7. Peralatan yang terbuat dari email. piring dan lain-lain. 8. . tabung kimia dan lain-lain. yang dipakai oleh para dokter-dokter yang ahli dalam bidang nya masing untuk membantu. doek operasi. misalnya bengkok (nierbekken). 4.

Contoh – Contoh Alat Kedokteran Dari Bahan Plastik dan kegunaannya a.1. yang mengalami sesak nafa secara normal. . akan mengalami kesulitan dalam pernapasan. Maka dilakukan bantuan melalui selang oksigen ( alat Bantu Pernapasan ). Ketidak stabilan pernapasan secara normal.3. Gambar. karena masih kesulitan untuk mengeluar dan memasukan oksigen melalui rongga hidunggt. Selang Oksigen Selang Oksigen adalah selang yang digunakan untuk memberikan nafas buatan kepada pasien. Alat ini berguna pada pasien yang msih bernafas spontan atau saat dilakukan ventilasi dengan sungkup dan bagging dimana tanpa disadari penolong menekan dagu ke bawah sehingga jalan nafas tersumbat. Alat ini juga membantu saat dilakukan penghisapan lender (suction) dan mencegah pasien menggigit pipa endotrakeal (ETT). Guedel b. Guedel Guedel adalah alat bantu jalan nafas untuk menahan pangkal lidah dari dinding belakang faring.

Gambar.2. cara pemasangan selng oksigen pada pasien c.2 selang oksigen Gambar. .1. Spuit Spuit adalah sebuah alat yang digunakan oleh dokter untuk memasukan / menyuntikan cairan injeksi kedalam tubuh manusia ( pasien ) untuk membantu menambah daya tahan / kekebalan tubuh dari pasieb.

Gambar. pada pasien yang tidak mampu mengeluarkannya sendiri.4. Gambar.3. sehingga memungkinkan terjadinya proses pertukaran gas yang kuat dengan cara mengeluarkan secret dari jalan nafas. selang suction ( penghisap lendir ) . Selang Suction Selang Suction (Pengisap Lendir) berfungsi untuk mempertahankan jalan napas.spuit atau suntikan d.

sterilisasi uap tekanan tinggi metode sterilisasi yang efektif untuk mensterilkan instrumen dan alat. Pengambilan sediaan endometrium ( endometrial biopsy ) Gambar. Metode sterilisasi panas Penguapan bertekanan tinggi yang menggunakan autoklaf atau pemanasan kering dengan oven. Prosedur terapi pada abortus inkompletus 3.e.(Gruendemann dan Mangun : 2001 ) sterilisasi panas kering (oven ). MACAM –MACAM METODE STERILISASI a.alat lain yang digunakan pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan.4. 4. kasus abortus provokatus 2. Aspirasi Vakum Manual Aspirasi vakum atau ‘suction aspiration’ adalah tehnik aspirasi untuk mengeluarkan isi uterus melalui servik. Tehnik ini biasanya digunakan pada: 1. .

Sterilisasi dengan cara penguapan Penguapan adalah sterilan yang efektif karena 2 alasan yaitu : Pertama.digunakan pada benda-benda gelas atau logam. membutuhkan peralatan yang butuh perawatan serius.Kedua.membutuhkan listrik terus-menerus. (3)Sterilisasi dengan cara panas kering .. kelebihan : paling efektif. kaca dan karet. suhu dan tekanan tertentu. 5. obat-obatan dan lain-lain. kurang efektif di daerah terpencil. bahan plastik tidak tahan suhutinggi. b. Misalnya peralatan dari logam.karena akan melelehkan bahan lainnya..waktu sterilisasi lebih pendek daripada panas kering atau siklus kimia.uap adalah sterilan yang efektif karena lapisan luar mikroorganisme bersifat protektif dan resistan gapat dilemahkan oleh uap.uap pekat adalah sebuah kendaraan energi termal yang sangat efektif.sehingga terjadi koagulasi pada bagian mikroorganisme yang sensitif. CARA STERILISASI Sterilasi ialah Melaksanakan pemeliharaan peralatan perawatan dan kedokteran dengan cara membersihkan. (2)Sterilisasi dengan cara stoom Mensterikan peralatan dengan uap panas didalam autoclave dengan waktu. kekurangan : membutuhkan sumber panas yang  terus-menerus. mendesinfeksi atau mensterilkan serta menyimpannya (1)Sterilisasi dengan cara rebus Mensterikan peralatan dengan cara merebus didalam air sampai mendidih (1000C) dan ditunggu antara 15 sampai 20 menit. Misalnya alat tenun.

peralatan dari kaca dan obat tertentu. uap formalin. dan lain-lain.Mensterikan peralatan dengan oven dengan uap panas tinggi. Setelah air mendidih sekurang=-kurangnya 15 menit baru diangkat. selanjutnya disabuni dan dibilas. (4)Sterilisasi dengan cara menggunakan bahan kimia Mensterikan peralatan dengan menggunakan bahan kimia seperti alkohol.Guedel disabuni satuper satu. 6. kateter. diangkat atau dipindahkan dengan korentang steril ketempat penyiumpanan yang steril. Khusus Guedel yang telah dipergunakan pada pasien berpenyakit menular. . peralatan kemudian direndam didalam larutan desinfektan sekurang-kurangnya dua jam. sublimat. Misalnya sarung tangan. khususnya untuk peralatan yang cepat rusak bila kene panas.Setelah selesai. 2. Setelah air didalam sterilisator mendidih. di\bereskan dan dikembalikan ketempat semula. peralatan dibersihkan. Selanjutnya disterilkan dengan cara merebus didalam sterilisator yang telah diisi air secukupnya. kemudian dibilas. Cara Perawatan 1. harus direndam sekurang-kurangnya 24 jam. Misalnya peralatan logam yang tajam. kemudian direndam didalam larutan desinfektan sekurang-kurangnya dua jam. Selang Oksigen Untuk perawatan pada selang oksigen Bagian didalamnya dibersihkan dengan menyemprotkan air dari spuit atau air mengalir sambil dipijit-pijit sampai bersih.Guedel yang telah disterilkan. Guedel Guedel yang sudah dipergunakan. dibilas air (sebaiknya dibawah air mengalir) untuk menghilangkan kotoran yang melekat. dimasak sampai mendidih. Setelah bersih.

kemudian masing-masing alat dibungkus dengan kain kasa.Setelah selesai. peralatan dimasukkan dan dibiarkan antara lima samapai sepuluh menit. dibereskan dan dikembalikan ke tempat semula . pengisapnya dikeluarkan dan jarumnya dilepas. baru diangkat dengan korentang steril. Selang Suction Perawatan selang suction tidak jauh berbeda dengan spuit. peralatan dibersihkan. Setelah itu peralatan disimpan ditempat yang steril. dengan cara membungkus selang suction dengan kain kasa. Aspirasi Vakum Manual Peralatan dibersihkan dan jika ada bekas-bekas plastic dihilangkan dengan kapas bersih. dan setelah itu baru dimasukkan kedalam sterilisator yang sudah berisi air dan diltakkan berdampingan. dibereskan dan dikembalikan ke tempat semula 3. dan setelah itu baru dimasukkan kedalam sterilisator yang sudah berisi air dan diletakkan berdampingan. baru diangkat dengan korentang steril. Spuit Cara perawatan khusus spuit. 4. Setelah itu peralatan disimpan ditempat yang steril. (5)Setelah selesai. peralatan kemudian direndam didalam larutan desinfektan sekurang-kurangnya dua jam. peralatan dibersihkan. selanjutnya disabuni dan dibilas. Setelah bersih.peralatan dimasukkan dan dibiarkan antara lima samapai sepuluh menit. 5.Bagian didalamnya dibersihkan dengan menyemprotkan air dari spuit atau air mengalir. Setelah air didalam sterilisator mendidih.