Soal-Soal Basis Data

I. Multiple Choice 1. Dibawah ini yang merupakan contoh aplikasi penggunaan data base adalah a. Daftar harga elektronik di kasir b. Data absensi elektronik di perusahaan (Jawaban : d) c. Absensi di perpustakaan ITS d. Jawaban A,B.C benar

2. Manakah yang termasuk dalam bagian dari bahasa SQL? a. DBMS b. DDL (Jawaban : b) c. RDBMS d. ODBC

3. Di bawah ini, manakah yang tidak termasuk dalam manipulasi data dalam DML? a. Penyisipan data b. Modifikasi data (Jawaban : c) c. Mendefinisikan data d. Penghapusan data

4. Dalam modifikasi data, misalkan kita ingin mengubah kolom nama menjadi Anita Mariani dalam tabel mahasiswa yang nim-nya 200. Bagaimana perintah SQL yang harus dilakukan? NIM 200 ThMasuk 1999 Nama Nita Mariani

a. UPDATE mahasiswa SET nama = µAnita Mariani¶ WHERE nim = 200 b. UPDATE µmahasiswa¶ SET µnama¶=¶Anita Mariani¶ WHERE µnim¶=¶200¶ (Jawaban : a)

c. UPDATE mahasiswa SET µnama¶=Anita Mariani WHERE µnim¶=200 d. µUPDATE¶ mahasiswa µSET¶ nama=Anita Mariani µWHERE¶ =200

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat basis data adalah. Database Relasional (Jawaban : c) c. DELETE FROM KRSTeori WHERE µkelas¶=A d. Database Multidimensional b.. a. menyerupai diagram pohon. misalkan kia ingin menghapus data KRSTeori yang memiliki kelas-nya = µA¶. Database Jaringan . Dalam penghapusan data. Kebersamaan pemakaian b. DELETE FROM µKRSTeori¶ WHERE µkelas¶=¶A¶ (Jawaban : a) c. Brainware d.komponen di dalam system managemen basis data adalah.5. Yang tidak termasuk Komponen. dengan level lebih rendah berada di bawah level yang lebih tinggi merupakan jenis database? a. DELETE FROM KRSTeori WHERE kelas = A b. Bagaimana perintah SQL yang harus dilakukan? Kelas A A B B A KodeKul SD SD SPBD PT PT NIM 200 201 202 203 204 Nilai 23 65 47 35 89 a. a. Tidak ada jawaban 8. Ketersedian d. µDELETE FROM¶ KRSTeori µWHERE¶ kelas=A 6. Mudah dalam pengoperasian 7.. Database Hierarkis d. Hardware b. Field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan. Software (Jawaban : d) c. Pemusatan control data (Jawaban : d) c.

Semua bisa (Jawaban : c) 13. Oracle Database Center (Jawaban : a) 12.. Kompatibilitas dengan bahasa pemrograman SQL b.. Oracle Database c. Microsoft SQL Server b. a. Microsoft Database Center d. Open Database Center c. Data base relasional b. Selanjutnya setiap kelompok level rendah dapat dimiliki oleh lebih dari satu record parent tergolong jenis data base. Oracle Database Connectivity d. Semua Benar . Pengelompokan data d. DBMS( Database Management System) b. Database berorientasi objek d. Konsep database yang memiliki kelompok level rendah yang dapat memiliki lebih dari satu kelompok yang lebih tinggi. Manakah yang termasuk keuntungan dari Microsoft Access ? a. Open Database Connectivity b. Toleransi Kesalahan (Fault Tolerant) c. Data base multidimensional (Jawaban : d) c. Apakah singkatan dari ODCBC ? a. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan pada semua software data base yang mendukung standar ODBC. Database jaringan 11. Manakah Software di bawah ini yang tidak bisa menyimpan dan menggunakan data dalam Microsoft Access ? a. Pengendalian Terpusat d. Basis data (Jawaban : a) c. Cara untuk mengumpulkan data secara rapi dan terkoordinasi adalah pengertian dari? a. Pembaharuan data 10.9.

Larry Ellison . a. Kurang support untuk koneksi ke bahasa pemrograman b. Switchboard d. Manakah yang tidak termasuk dari keuntungan SQL Server? a. Belum mendukung Windowing Fuction (Jawaban : b) 18. kecuali. Klien dan Peralatan (Jawaban : c) 17. Manakah yang tidak termasuk kelemahan dari MySQL? a. Table b. Bahasa pemrograman adalah Visual Basic fo Application (VBA) d. Konektivitas c. Lambat untuk query yang kompleks d. Hal ini merupakan salah satu keunggulan MySQL yang disebut? a.. Berikut ini merupakan pengembang basis data Oracle pertama kali. a. MySQL dapat mendeteksi kesalahan yang terjadi pada klien. Query c. Performa tinggi (Jawaban : c) 16. James Oracle b. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Microsoft Access. Lokalisasi d. Keamanan b. Column (Jawaban : d) 15. kecuali. Penguncian canggih b.(Jawaban : a) 14. Pengendalian Terpusat c.. Memiliki interface terhadap berbagai aplikasi c.

1983 c. Pada tahun berapakah Oracle pertama kali dikembangkan? a. 1979 d. 1977 (Jawaban : d) II. Oracle hanya mampu membuat 1 server aktif b. Ed Oates (Jawaban : a) 19. 1 standby c. Essay 1.c. Apakah yang dimaksud dengan SQL? Sebutkan bagian-bagiannya beserta penjelasannya? SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa basis data relasional standard. Data Manipulation Language DML digunakan untuk melakukan pengolahan terhadap data yang ada didalam sebuah database. Perbedaan yang mencolok antara Oracle dan SQL Server yaitu? a. Data Definition Language DDL memberikan perintah untuk mendefinisikan dan memodifikasi database dan strukturnya. b. . Oracle dapat membuat 100 server aktif d. Bob Miner d. Oracle dapat membuat 99 server pasif. Bagian-bagian bahasa SQL : a. Oracle dapat membuat 100 server aktif bergantian (Jawaban : c) 20. 1987 b.

menyerupai diagram pohon. 5) Database Berorientasi Objek Model ini menggunakan objek sebagai perangkat lunak yang ditulis dalam potongan kecil yang dapat digunakan kembali sebagai elemen dalam file database. Sebutkan keunggulan ± keunggulan DBMS ( data base management system)? a. Selanjutnya setiap kelompok level rendah dapat dimiliki oleh lebih dari satu record parent. e.2. atau numerik untuk menganalisis data dalam jumlah besar. Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. dengan level lebih rendah berada di bawah level yang lebih tinggi. kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebih terjamin. dimensi. b. Independensi Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi. Performance yang dapat dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar. 3) Database Hierarkis field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan. 4) Database Multidimensial Database Multidimensial (MDA) memodelkan data sebagai fakta. database terbagi menjadi 5 jenis. 2) Database Relasional Database Relasional bekerja dengan menghubungkan data pada file-file yang berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum. c. Sentralisasi data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. Berdasarkan proses pengorganisasian skema datanya. d. Sebutkan dan jelaskan? 1) Database Jaringan Konsep database yang memiliki kelompok level rendah yang dapat memiliki lebih dari satu kelompok yang lebih tinggi. . 3. tujuannya adalah untuk mengambil keputusan.

Kelebihan : y y y y Dapat diandalkan Pengendalian terpusat Penguncian canggih Performa tinggi . Kelebihan : y Kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL) y Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic for Applications (VBA) Kekurangan : y Kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan SQL Server SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. SQL Server bisa disebut juga proses atau aplikasi yang menyediakan layanan basis data. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC.4. Oracle Database. Microsoft Jet Database Engine. SQL Server digunakan untuk menggambarkan model dan implementasi pada database. Jelaskan tentang Microsoft Acces dan SQL server beserta kelebihan serta kekurangannya? Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft Oracle Server.

Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari basis data MySQL dan Oracle? MySQL : A. Belum mendukung Windowing Fuction Oracle A. Dapat membuat 100 server aktif secara bersama-sama 2.y Mudah digunakan Kekurangan : y Microsoft SQL Server hanya mampu membuat 1 Server aktif. Dapat digunakan oleh banyak Operating System 3. Kekurangan 1. Memiliki kecepatan yang menakjubkan bila meangani query yang sederhana 4. Hanya memanfaatkan resource yang default. atau tidak sama sekali. Dapat mendeteksi kesalahan pada klien B. atau yang diberikan saja B. Apabila salah melakukan tuning. Kelebihan 1. maka Oracle akan berjalan Lambat . Kekurangan 1. sedangkan yang lain hanya pasif y Microsoft SQL Server rakus resouce 5. Lambat untuk query yang kompleks 3. Kelebihan 1. Kurang support untuk koneksi ke bahasa pemrograman 2. Memiliki lapisan sekuritas yang kuat 5. Dapat digunakan secara Cuma-Cuma karena berada dibawah lisensi GPL 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful