Bismillahirrahmannirrahim Kalimat kuntum khairo ummatin Uchrijat linnasi ta muruna bil ma rufi wa tanhauna anil munkar wa tu minuna billah

, terdapat dalam surat Ali Imran, ayat: 110. Para ahli tafsir, memahami ayat ini adalah membahas kelebihan/keutaman umat Islam dari umat lainnya (Yahudi, Nasrani dan lainnya). Ayat itu berbunyi:

(110 :

)

Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyeru kepada yang ma ruf dan mencegah kepada yang munkar, dan beriman kepada Allah SWT . (QS. Ali Imran, ayat: 110)

Tafsir Syeikh Tohir Bin Asyur:

Ayat ini menjelaskan keutamaan umat Islam dari umat lainnya. Dalam hal ini, syeikh Thohir Bin Asyur mengutarakan dua opsi:

Opsi Pertama: Yang dimaksud : khairu Ummatin (Umat terbaik) Adalah semua sahabat yang hidup di masa Nabi Muhammad SAW, dan bukan golongan lainya. Sebagaimana ditegaskan oleh sahabat Umar Bin Khatab dan Sahabat Ibnu Abbas(hal. 48)

Hal itu, karena tidak diragukan lagi, para sahabat Nabi adalah umat yang

Syeikh Thohir Bin Asyur menyimpulkan: Bahwa opsi pertama(Jaman sahabat Nabi) adalah masa Awal ditemukannya atau dimulainya khairo Ummatin (Umat terbaik). karena setelah kalimat khairo ummati . Opsi Kedua: Yang dimaksud khairo ummatin(Umat terbaik) Adalah semua orang Muslim dari golongan umat Nabi Muhammad. Dikuatkan pula oleh Sabda Nabi Muhammad Saw: Sebaik-baiknya umat adalah para sahabat yang hidup di masa Nabi Muhammad SAW (hal. 49) . Dengan nilai lebih keutamaan mereka yang mau ber-amar makruf nahi munkar (hal . Dan petunjuk yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW adalah tak tertandingi oleh petunjuk para Nabi sebelumnya(hal. berikutnya tertulis Ta Muruna bil ma rufi wa tan Tanhauna Anil munkar Wa Tu minuna Billah (Kamu semua diperintah menyeru kepada yang ma ruf dan mencegah kepada yang munkar. 48-49) Kesimpulan: Apa yang dikatakan para sahabat Nabi dalam opsi pertama tadi. Apalagi Rasul mereka Muhammad SAW adalah Rasul yang paling mulia dibanding dengan para Rasul lainnya. dan digabungkan dengan opsi kedua. 48). Akan tetapi. dan beriman kepada Allah SWT) Jadi siapapun orang beriman yang mau melaksanakan dakwah. (hal.termulia(khairo ummatin) hidup bersama Nabi. hal itu juga terus terjadinya kontinuitas keutamaan kepada seluruh manusia umat Nabi Muhammad SAW setelah wafatnya/usainya masa kehidupan para sahabat Nabi Muhammad SAW.48). maka ia tergolongan bagian dari Khairo ummatin(umat terbaik) (hal. Dari dua opsi itu. 49) Pendapat itu dengan landasan.

bekerja sama dengan. diwajibkannya dakwah hanya sebatas kemampuan masing-masing. 49) Namun perlu diingat. dalam konteks dakwah ini. Tahun terbit: Tanpa Tahun .Sehingga semua umat Nabi Muhammad Adalah tergolong dari Khairo Ummatin ( umat terbaik) Selagi mereka mau beriman dan melaksanakan dakwah Islam (h. Cetakan: Pertama. wa al-tauji wa al-I lan. minimalnya berdakwah atau mengajak kepada kebaikan terhadap orang-orang yang dikenal disekitarnya(hal. Penerbit: ad-Dar al-Tunisiyah lilnasr. Volume: 3 Penulis: Syeikh Tohir bin Asyur. al-dar al-jamahiriyah linnasri. 49) ================================ Keterangan: Tafsir ayat ini diambil dari Kitab Tafisr al-Tahrir wa al-Tanwir.