P AP U A NU GI N I

Tugas Sejarah Australia dan Oceania
Kurnia Yunita Rahayu No: 4415107001 Universitas Negeri Jakarta

Letak Geografis
Papua Nugini terletak di wilayah Timur Laut Australia dengan luas keseluruhan mencapai 461.693 km2. Mencakup kepulauan Bumarck, kepulauan Gaugainville dan Bura, kelompok pulau-pulau Woordlock dan D’Entrescasteaux, dan kepulauan Lovisiade. Pulau-pulau terbesar seperti New Britain, New Ireland dan Manus merupakan bagian dari kepulauan Bumarck. Wilayah yang disebut Papua adalah 1/3 wilayah daratan Papua Nugini sebelah selatan dengan kepulauan-kepulauan tersebut diatas, sedangkan Nugini ( New Guinea) adalah 2/3 wilayah daratan Papua Nugini sebelah utara daratan yang mencakup 85% keseluruhan wilayah Papua Nugini. Pulau Papua sendiri adalah salah satu benua pertama setelah Afrika dan Eurasia yang dihuni oleh manusia modern sekitar 50.000 tahun yang lalu, dengan migrasi pertama pada waktu yang kurang lebih sama dengan yang di Australia.

Latar Belakang Sejarah
Don Jorge de Meneses pada pelayarannya dari Semenanjung Malaka menuju kepulauan penghasilan rempah (1526-1529), untuk pertama kalinya bertemu dengan orang-orang Wayo yang berasal dari sebelah barat provinsi Papua saat ini. Papua sendiri adalah sebuah

Papua Nugini - Tugas Sejarah Australia dan Oceania

1

Yunigo Ortiz de Rates. Pada tahun 1846. 1962 dan yang paling penting ketika diadakannya pemilihan umum untuk House of Assembly. Pada tahun 1545. Namun kerajaan Inggris tidak menunjukkan minatnya pada daerah ini. Dengan tindakan ini. Kemudian pada tahun 1606. dan kemudian Captain Borsby pada tahun 1873 mendirikan Port Moresby untuk mengukuhkannya. Dengan begitu tim peninjau PBB diberikan kesempatan untuk mengunjungi New Guinea. namun pada kenyataannya tidak ada undang-undang yang dibuat tentang Papua Nugini. De Meneses sendiri dianggap sebagai penemu pulau ini. 1959. Australia mengharapkan dukungan dari Inggris sepenuhnya dalam wujud undang-undang. 1953. Sidang Umum PBB pada tanggal 3 Desember 1946 menyetujui satu Ship Agreement for the Administration of New Guinea. seorang penjelajah Spanyol yang menemukan pulau ini dalam rangka pelayarannya pulang ke Mexico dari Maluku.Tugas Sejarah Australia dan Oceania 2 . memberikan nama New Guinea bagi pulau ini. Yurigo Ortis de Retes di tahun yang sama berhasil menyusuri pantai utara New Guinea. Pada tahun 1883. De Torres ketika sedang meneliti pantai Timur dan Timur Laut menemukan pulau-pulau yang terletak di sebelah timur Papua. parlemen Papua Nugini pada tahun 1972. Kunjungan tim PBB berlangsung pada tahun 1950. Pemberian nama itu didasarkan atas keserupaan penduduk Guinea di benua Afrika dengan penduduk lokal Papua Nugini. kemudian dijadikan sebagai nama pulau tempat mereka berasal. Sebelumnya pada tahun 1542.istilah dalam bahasa Melayu yang berarti orang-orang berkulit hitam dan berambut keriting. Papua Nugini . Chester menuju Port Moresby untuk mengambil alih daerah ini atas nama Ratu Victoria. telah ada dua orang pelaut Portugis bernama Abreu dan Fransisco Serram melaporkan bahwa mereka telah melihat pantai New Guinea. 1956. hasrat keras Australia untuk menguasai daerah Papua mulai diwujudkan dengan mengirimkan Henry N. Letnan Yule menyatakan bahwa pulau ini adalah bagian dari kerajaan Inggris.

Pengadilan dan Pemerintahan. Papua Nugini . Dengan undang-undang tersebut memberikan wewenang untuk membentuk Dewan Perwakilan Rakyat untuk daerah Papua New Guinea yang kemudian didirikan pada tanggal 26 Nopember 1951 terdiri dari 28 anggota.Pada tahun 1945. diresmikan undang-undang tentang Papua dan Nugini (the Papua and New Guinea Act) untuk mengukuhkan penetapan New Guinea di bawah kendali Sistem Internasional dan New Guinea berada dalam satu kekuasaan administrasi dengan Papua dalam The Territory of Papua and New Guinea. The Papua New Guinea Act 1972 mengubah adanya pembatasan jumlah minister pada House of Assembly yang semula ditetapkan hanya 17 orang.Tugas Sejarah Australia dan Oceania 3 . Pada tahun 1973 terdapat amandemen yang menghasilkan satu keputusan yang menyatakan bahwa Papua Nugini menerima pertanggungjawaban bidang public service mengenai perundang-undangan Audl oh Papua New Guinea Accouch dan memungkinkan untuk meratifikasi perjanjian perbatasan antara Australia dan Indonesia yang ditandatangani pada tahun 1973. disahkan undang-undang tentang Papua Nugini (Papua New Guinea Act) yang menetapkan jumlah anggota House Assembly hasil Pemilihan Umum menjadi 100 orang. Pada tahun 1972. Kemudian pada tahun 1971. Ketentuan tersebut berlaku efektif pada saat pemilu pada tahun 1972 yang dilaksakan pada bulan Februari Maret 1972.