Perubahan lingkungan menyebabkan makhluk hidup harus melakukan ....... (87/88) A . adaptasi B . migrasi C . seleksi D .

mutasi Kunci : A Penyelesaian : Perubahan lingkungan menyebabkan makhluk hidup harus melakukan adaptasi.

Di dasar laut ikan beradaptasi dengan tekanan air yang tinggi sehingga bentuk tubuhnya seperti ...... (87/88) A . 1 dan 3 B . 2 dan 4 C . 4 saja D . 5 saja Kunci : A Penyelesaian : Di dasar laut ikan beradaptasi dengan tekanan air yang tinggi sehingga bentuk tubuhnya seperti 1 dan 3 bentuk mulutnya dipenuhi gigi yang tajam karena mereka kebanyakan predator (ikan pemangsa ikan lainnya). Perhatikan gambar !

Bentuk kaki burung yang berfungsi sebagai pencengkeram mangsa adalah nomor .......(88/89) A.1 B.2 C.3 D.4 Kunci : D Penyelesaian : Gambar 1 adalah bentuk kaki yang berselaput yang berfungsi untuk berenang Gambar 2 adalah bentuk kaki burung pemakan biji Gambar 3 adalah bentuk kaki untuk mengorek sesuatu di tanah

karena tidak ada yang memakannya Tumbuhan akan terancam punah. sejumlah katak. karena ulat sebagai pemangsa semakin banyak Perhatikan gambar berikut ! Dari gambar di atas. beberapa ekor ular.(89/90) A .Dalam suatu ekosistem sejumlah tumbuhan. ular akan terancam punah Kunci : D Penyelesaian : Jika semua katak dihilangkan akibatnya : Ular akan terancam punah.. mengubah warna tubuh sesuai dengan tempat D . belalang dan ular C ... . meninggalkan ujung ekor C .. karena tidak ada makanan baginya Ulat akan semakin banyak.(89/90) A ...... Apabila semua katak dalam ekosistem itu kita hilangkan. menegakkan sirip punggung sambil diam Kunci : C Penyelesaian : Bunglon beradaptasi dengan mengubah warna kulit sesuai tempatnya. katak dan elang Kunci : B Penyelesaian : (a) tumbuhan merupakan produsen (b) belalang adalah konsumen tingkat pertama (c) katak adalah konsumen tingkat kedua (d) ular adalah konsumen tingkat ketiga (e) elang adalah konsumen tingkat keempat Bunglon beradaptasi dengan .. menghindar ke tempat aman B ..(89/90) A . hewan manakah yang merupakan konsumen tingkat pertama dan ketiga . akibat yang terjadi adalah . ulat akan terancam punah D . dan banyak ular. belalang dan katak B ... ular akan berkembang dengan pesat C . katak dan ular D ... tumbuhan akan tumbuh semakin lebat B .

Peristiwa makan dimakan di atas yang termasuk konsumen tingkat III . ular B .(91/92) A . ikan hiu C ...(92/93) A .. 3 dan 4 Kunci : B Penyelesaian : Adaptasi morfologi : adalah adaptasi yang didasarkan struktur. bintang laut B . . musang C . ayam D . suplir 3. teratai 4.. 1 dan 3 C .. bakteri Kunci : B Penyelesaian : 1.... organisme yang termasuk konsumen tingkat III adalah ... 2 dan 3 D . elang Kunci : A Penyelesaian : Padi : produsen Ayam : konsumen tingkat I Musang : konsumen tingkat II Ular : konsumen tingkat III Elang : konsumen tingkat IV Dari bagan jaring-jaring makanan tersebut. enceng gondok 2.(92/93) A ... 1 dan 2 B . bentuk tubuh.. ikan sedang D ..... padi Adaptasi morfologi tumbuhan yang mempunyai batang berongga adalah ..

lebar.. tipis dan banyak stomata D .. Contoh hewan avertebrata yang melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara memakan kembali bagian kulit yang terkelupas adalah .. bulu yang tebal C .. cacing tanah D . (1) model paruh disesuaikan dengan jenis makanannya agar dapat memegang erat jenis makanannya seperti katak di air dan ikat pada bagian akhir dari paru terdapat bentukkan seperti sisir guna menyaring makanannya dari dalam air atau lumpur.... lebar... kulit yang tebal D . Tumbuhan yang tumbuh di air beradaptasi dengan cara memiliki daun yang bersifat .(93/94) A .... mempunyai banyak stomata serta mempunyai lapisan lilin yang tipis. Ikan yang hidup dekat permukaan air..(92/93) A ... tebal dan banyak stomata C .(93/94) A . lebar.. bulat panjang berotot kuat B .. kecil. beradaptasi dengan tubuh ..(93/94) A .. mempunyai tulang pipih Kunci : D Penyelesaian : Ikan yang hidup dekat permukaan air beradaptasi dengan tubuh tulang pipih... mempunyai lubang hidung untuk kondensasi D . IV dan VI Kunci : C Penyelesaian : Paru bebek.. rayap Kunci : D Penyelesaian : Contoh hewan avertebrata yang melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara memakan kembali bagian kulit yang terkelupas adalah rayap. lebah C .(93/94) A ....Yang mempunyai batang berongga adalah 1 dan 3. II dan IV C . lapisan tanduk Kunci : A Penyelesaian : . bertangkai panjang ujungnya bersinar C . Perhatikan gambar berbagai bentuk paruh burung di bawah ini ! Paruh burung pemakan ikan adalah nomor .. tipis dan banyak stomata B . lebar. Unta beradaptasi dengan lingkungan darat adalah mempunyai ... tebal dan banyak stomata Kunci : A Penyelesaian : Pada tumbuhan air umumnya mempunyai daun yang tipis. III dan IV D .. kupu-kupu B . kantung persediaan air B .. I dan II B .

ikan paus muncul ke permukaan air D ..(95/96) A . Perhatikan tumbuhan di bawah ini ! Tumbuhan di atas beradaptasi secara . Hal ini sangat membantu untuk memudahkan .. jati menggugurkan daunnya. Jenis ikan yang hidup jauh di bawah permukaan air memiliki bentuk tubuh yang ramping.. tetapi unta mampu hidup walaupun tubuhnya kekurangan air sampai 40%...... anatomi B . kaki bebek berselaput D . jati menggugurkan daunnya waktu kemarau Kunci : D Penyelesaian : Adaptasi tingkah laku yaitu adaptasi berdasarkan tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan hidup. pipih. Pernyataan di bawah ini merupakan beberapa adaptasi. ikan paus muncul ke permukaan air. morfologi Kunci : D .(94/95) A . Fasesnya unta kering dan urinenya sangat pekat.... teratai mengapung di permukaan air. gerak ikan dalam air D .. berlendir untuk memudahkan gerak ikan mempertahankan hidupnya. harimau selalu pergi menyembunyikan diri C ..Pada unta terdapat kantung persediaan air umumnya hewan akan mati bila kekurangan air sampai 20%. Pernyataan manakah yang merupakan contoh adaptasi morfologi . licin berlendir. pipih. kuda pergi berlindung waktu panas B . ayam jantan berpial Kunci : C Penyelesaian : Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh atau alat-alat tubuh terhadap lingkungannya. tingkah laku D . mengetahui arah arus dalam air C . Contoh : burung perenang (bebek) pada setiap jari kaki terdapat selaput untuk memudahkan berenang..(95/96) A ...(94/95) A ..... cecak memutuskan ekornya C . mengenal besarnya tekanan dalam air B . yang termasuk adaptasi tingkah laku adalah . fisiologi C . kerbau ke kubangan waktu hari panas. kerbau memamah biak B .... penghisapan oksigen dalam air Kunci : C Penyelesaian : Bentuk tubuh ikan yang ramping.

struktur hidup Kunci : C Penyelesaian : Adaptasi morfologi burung pipit dapat dilihat dari bentuk paruhnya yang pendek dan tebal. Fisiologi atau fungsi alat tubuh.. peredaran darahnya tunggal Kunci : A Penyelesaian : Adaptasi morfologi pada ikan terdapat pada bentuk sirip yang memungkinkan dapat dengan mudah melakukan gerak dalam air.... Adaptasi morfologi burung pipit dapat dilihat dari bentuk paruhnya yang pendek dan tebal..... Anak rayap menjilati dubur induknya B .... bertelur banyak sekali C . lingkungan hidup D . contohnya daun tumbuhan padi bentuknya lebar b.(96/97) A . kerbau memiliki lemak yang tebal untuk menahan panas D . tujuannya untuk disebut adaptasi morfologi. Hal ini merupakan bentuk adaptasi terhadap . makanan B . kulit kerbau gelap sehingga menyerap panas C .(96/97) A . . contohnya tumbuhan padi memiliki rongga udara.. Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang termasuk adaptasi tingkah laku .. mempunyai akar panjang D . alat geraknya berupa sirip B . tubuhnya berlapiskan lendir D . karena .. stomata sedikit di. kerbau membersihkan kotoran yang menempel pada kulitnya Kunci : B Penyelesaian : Berkubang bila cuaca panas merupakan adaptasi tingkah laku kerbau karena kulitnya mudah menyerap panas. Lambung lembu menghasilkan enzim amilase C .. daun lebar berlapis lilin B . Penyesuaian diri ikan terhadap lingkungannya termasuk adaptasi morfologi adalah ...Penyelesaian : Tumbuhan di daerah kering menyesuaikan diri dengan bentuk daun tebal dan kecil. Paus hidup di air bergerak dengan sirip D .(20/21) A . kulit kerbau tebal dan mudah menjadi panas B ..... Hal ini merupakan bentuk adaptasi terhadap makanan. Kaki elang kuat untuk menangkap mangsa Kunci : A Penyelesaian : Adaptasi tingkah laku : penyesuaian diri terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku : rayap. Kerbau melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara berkubang bila cuaca panas.. batang memiliki rongga udara C . tempat hidup C . bunglon........(98/99) A .(97/98) A .permukaan atas daun Kunci : A Penyelesaian : Macam-macam adaptasi pada tumbuhan : a.. Bentuk adaptasi morfologi dari tumbuhan padi adalah .. Morfologi atau bentuk tubuh.

contohnya pohon jati pada musim kemarau menggugurkan daunnya. fisiologi.. b. tumbuhan memiliki akar panjang. . tingkah laku. c. dan sebagainya. adaptasi fisiologi terhadap perubahan kadar oksigen lingkungan D .(20/21) A .. Tubuh beradaptasi dengan membentuk butir darah merah lebih banyak bila berpindah dari dataran rendah ke dataran tinggi karena adanya . Behavioral atau tingkah laku. Jadi perubahan sel darah merah itu karena adaptasi fisiologi terhadap perubahan kadar oksigen. Jadi adaptasi morfologi terdapat pada tumbuhan padi daunnya lebar berlapis lilin.. pembentukan sel darah merah lebih bila berpindah dari dataran rendah ke dataran tinggi karena adanya perubahan kadar oksigen di lingkungan dataran tinggi.. c. penyesuaian tingkah laku terhadap perubahan suhu udara B .. orang yang hidup di daerah salju menyiapkan cadangan makanan dan perapian untuk menjelang musim salju. morfologi. penyesuaian fisiologi terhadap cuaca daerah pegunungan Kunci : C Penyelesaian : Cara adaptasi tubuh manusia terhadap lingkungannya : a. dan orang akan banyak mengeluarkan urine saat perubahan cuaca dari panas ke dingin.. adaptasi morfologi terhadap perubahan suhu udara C . bentuk tubuh orang barat tinggi.stomata banyak.