Oleh : Alif Gilang Perkasa (1102007021

)

Infeksi saluran kemih Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang melibatkan struktur mulai tempat dibentuknya urin (glomerulus) sampai dengan muara saluran urin yang disertai gejala sehingga muncul tanda adanya infeksi .

Keterkaitan Antara Berbagai Faktor Penyakit ISK Pejamu (lansia) Lingkungan (panti werdha) Agen .

Menua Berkurangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap jejas (infeksi) .

Diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta. .Panti Werdha Institusi hunian bersama para usia lanjut yang secara fisik dan kesehatan masih mandiri akan tetapi mempunya keterbatasan sosial-ekonomi.

A baru terjatuh. kaki kiri terkilir. y Ny. A juga merasa nafsu makanya menurun.Presentasi Kasus Identitas Pasien Nama : Ny. A Umur : 90 tahun Asal : Bogor Riwayat Medis Keluhan utama : y Panas dingin dan pegal-pegal di daerah pinggang. y Susah menahan kencing sehingga terkadang suka y mengompol dan juga suka terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil . y Ny.

A sebagai hal biasa pada orang tua. . A menyatakan malas merawat dirinya lagi seperti mandi. y Keluhan lain dianggap Ny. karena kamar mandi di panti werdha yang kurang bersih dan sering tidak ada air di kamar mandi. A mengaku hanya minum bodrex/paramex ketika tidak enak badan. A terkadang merasa sedih karena tidak mendapatkan perhatian dari orang-orang terdekatnya Riwayat Pengobatan : y Ny. y Ny.Presentasi Kasus Keluhan lain : y Ny.

nutrisi. terdapatnya proses patologik) Faktor Lingkungan (Panti werdha) Kuman (organisme patogen) . imunitas tubuh.Diskusi Faktor-faktor ISK Faktor pejamu (jenis kelamin. perubahan fisiologis.

Jenis Kelamin Prevalensi infeksi saluran kemih 42. A adalah wanita sehingga memiliki kans lebih tinggi terinfeksi ISK . Ny.7% pada pria dari populasi usia lanjut yang datang ke RSCM(Darmojo R Boedhi).1% pada wanita dan 27.

Nutrisi Beberapa hal yang mempengaruhi nutrisi usila di panti tresna werdha: ySuasana panti yInteraksi yang baik antar penghuni dan penghuni dengan petugas yKeadaan lingkungan yang baik dan bersih ySuasana tempat makan yang tenang yPelayanan penyajian makanan yang baik dan Terorganisir yBerkurangnya fungsi indra pengecapan dan penciuman. ydepresi .

menyebabkan kulit lebih mudah menjadi port d entri bagi patogen. Ny. y Proses penuaan pada kulit.Imunitas tubuh y Status nutrisi yang menurun mengakibatkan daya tahan tubuh yang berkurang. A jarang menyiram atau membersihkan diri setelah BAK. .

Perubahan Fisiologis Menua Perubahan Fisiologis Pengosongan kandung kemih yang tidak sempurna Urin tertinggal di kandung kemih Urin media yang baik bagi kuman .

Terdapatnya proses patologik Status fungsional rendah (Pasca Stroke.kemampuan gerak ekstremitas yang kurang. ketidak seimbangan postural) Mobilisasi terganggu (aktifitas BAK dan BAB.termasuk perawatan daerah genitalia) Resiko Isk . Aktifitas perawatan diri.

y Sebagian penghuni panti tidur di luar.Lingkungan (panti werdha) y lingkungan panti yang kurang terawat. y tidak adanya tempat makan bersama bagi seluruh anggota panti. y Pelayanan kesehatan yang kurang di panti tresna werdha. y Kamar tidur yang di gunakan dengan kapasitas berlebih. .

.Organisme Patogen y Perubahan terhadap fisiologis karena proses menua juga berperan dalam meningkatnya organisme patogen.

3. faktor lingkungan dan faktor kuman memegang peranan penting pada timbulnya infeksi saluran kemih di panti werdha.Kesimpulan 1. Faktor penderita. .Pengetahuan terhadap faktor faktor resiko dibutuhkan agar dilakukan tindakan pencegahan terhadap insidensi infeksi saluran kemih pada usia lanjut di panti werdha. 2. Kita harus memahami 2 prinsip utama yang harus dipenuhi guna melaksanakan pelayanan kesehatan pada usia lanjut yaitu pendekatan holistik serta tata kerja dan tatalaksana secara tim.

SEKIAN TERIMAKASIH .