P. 1
bajak singkal

bajak singkal

|Views: 1,106|Likes:
Published by Zana Fauzillah

More info:

Published by: Zana Fauzillah on Dec 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

A. 1.

Bajak Singkal Pendahuluan Bajak singkal merupakan peralatan pertanian untuk pengolahan tanah yang

digandengkan dengan sumber tenaga penggerak/penarik seperti tenaga penarik sapi, kerbau atau traktor pertanian. Bajak singkal berfungsi untuk memotong, membalikkan, pemecahan tanah serta pembenaman sisa-sisa tanaman kedalam tanah, dan digunakan untuk tahapan kegiatan pengolahan tanah pertama. Bajak singkal dirancang dalam beberapa bentuk untuk tujuan agar diperoleh kesesuaian antara kondisi tanah dengan tujuan pembajakan. Aneka ragam rancangan yang dijumpai selain pada bentuk mata bajak, juga di bagian perlengkapannya. Bajak singkal merupakan salah satu di antara alat pertanian tertua dan umumnya dianggap sebagai alat yang paling penting. Pembajakan menyerap tenaga traksi lebih besar dibanding semua pengerjaan lapang lainnya. Meskipun pengkajian terhadap hasil panen telah memberi petunjuk bahwa pada keadaan tertentu pada beberapa tanaman budidaya tertentu tidak terlihat adanya keuntungan dari dilakukannya pembajakan, bajak singkal masih sejauh ini merupakan alat yang paling banyak digunakan untuk olah tanah pertama pada penyiapan persemaian. 

Bagian-bagian bajak singkal:
y

Mata bajak atau pisau bajak adalah bagian bajak singkal yang berfungsi untuk memotong tanah dan mengarahkan lempengan tanah hasil pemotongan ke bagian daun singkal.

y

Daun singkal adalah bagian yang menerima lempengan tanah dan membalik serta memecahkan lempengan tanah tersebut.

y

Pelurus samping, berfungsi menahan tekanan samping dari lempengan tanah pada bajak singkal dan menjaga kestabilan jalannya bajak singkal sewaktu proses pembajakan.

y

Rangka bajak singkal berfungsi menyatukan bagian-bagian bajak dan penyambung ke sumber penggerak.

Bajak Besar Semi Gendong Bajak gendong biasanya mempunyai 2 sampai 5 mata 30 cm. lebih murah serta menyumbang lebih banyak beban tegak pada roda belakang traktor (sehingga memperbagus kemampuan traksi). Susunan seperti itu memungkinkan kemampuan belok yang bagus dan kemampuan mengikut traktor pada arah lengkung pada saat membajak mengikuti garis tinggi. y Pengatur kedalaman pengolahan tanah. b. Silinder jarak jauh untuk pengangkatan roda belakang ditambah dengan sistem angkat integral untuk penggandengan traktor memungkinkan dilakukannya . 36 cm. dan dihubungkan dengan lengan stasioner pada rakitan penggandengan dengan cara sedemikian sehingga bagian belakang bajak akan mengikuti lintasan traktor pada saat berbelok. Bajak semi gendong lebih ringkas dan lebih mudah berbelokbelok dibanding bajak gandengan. 2. berbentuk batang kendali merupakan bagian dari bajak singkal yang berfungsi mengatur daun singkal sehingga dapat mengatur lebar hasil pembajakan dan mengatur arah lemparan tanah pada arah yang berlawanan. Dengan bertambahnya ukuran traktor. ukuran bajak gendong juga naik sampai tingkatan tertentu. namun besarnya bajak terbatasi oleh karena adanya beban gantung belakang yang terlalu berat oleh adanya bajak besar akan menyebabkan ketidakstabilan pada traktor pada waktu berjalan. Jenis Bajak Singkal a. atau 41 cm. y Poros silang. untuk mengontrol kedalaman hasil pembajakan tanah. Bajak Singkal Gendong Bajak singkal gendong untuk traktor ukuran kecil dan menengah telah terkenal sejak ditemukannya cara penggandengan terpadu yang dapat dikendalikan secara hidrolika. Pengatur kedalaman berbentuk ulir pengatur atau roda pengatur.y Penggandeng adalah bagian dari bajak singkal yang menggandengkan bajak dengan traktor pertanian. atau 46 cm. Bajak semi gendong dan bajak gandengan biasanya memiliki 4 ± 8 mata 36 cm. Roda belakang bajak semi gendong dikemudikan secara otomatis. 41 cm.

Bajak gendong biasanya memiliki roda alur belakang yang terbuat dari besi untuk menyerap sebagian gaya dorong samping mata bajak. Beberapa juga memiliki roda penara depan yang arahnya dapat diputar bebas dan dijalankan dalam alur bekas pembajakan sebelumnya. Jenis Bajak berdasarkan arah lemparan lempengan tanah Berdasarkan arah lemparan lempengan tanah. Roda penara kadang-kadang dipakai terutama untuk bajak gendong yang besar. Namun kelemahannya adalah konstruksinya lebih berat dan lebih rumit. 3. 2. yakni : 1. arah pelemparan atau pembalikan tanahnya dapat diatur dua arah yaitu ke kiri maupun ke arah kanan. Penggunaan bajak singkal dua arah mempunyai beberapa kelebihan akan menghasilkan pembalikan tanah yang seragam untuk seluruh petak tanah yang diolah. . Lemparan atau pembalikan tanahnya biasanya dilakukan ke arah kanan. Bajak singkal dua arah adalah jenis bajak singkal dimana pada waktu mengerjakan pengolahan tanah. praktis untuk pengolahan tanah sistem kontur dari hasil kerjanya tidak akan berbentuk alur mati (deadfurrow) ataupun alur punggung (back-furrow). perlu keterampilan yang lebih baik dari pengemudinya. untuk ukuran bajak yang besar perlu dilengkapi sistem hidrolis untuk pemutaran mata bajaknya. Jenis bajak ini mempunyai mata bajak yang kedudukannya dirancang untuk dapat diputar ke kanan ataupun ke kiri dengan cepat. Bajak semi gendong sering memiliki roda penara berban karet yang dijalankan pada tanah yang tak terbajak dekat belakang bajak. bajak singkal dibedakan menjadi dua tipe.penaikan atau penurunan ujung depan atau belakang bajak pada saat menurunkan ke tanah atau mengangkatnya. sehingga pembajakan dapat teratur dan rata. sesuai dengan arah pelemparan ataupun pembalikan tanah yang dikehendaki. Bajak singkal satu arah adalah jenis bajak singkal dimana pada waktu mengerjakan pengolahan tanah akan melempar dan membalik tanah hanya dalam satu arah.

Kejen biasanya dibuat dari baja padat C-1095 dan dikeraskan dengan perlakuan panas untuk memperoleh ketahanan aus. karena kandungan karbonnya yang rendah.13 %). . misalnya pada tanah pasir. Fungsi utama mata bajak tersebut adalah untuk memotong tanah. mata bajak singkal berupa baji tiga sisi. serta membaliknya untuk menutupi sampahan. Bahan tersebut memiliki ketahanan aus yang lebih besar dibanding baja namun getas. sehingga akan tetap lunak dan kuat dan menghasilkan ketahanan bentur.05 % karbon) dan lapis bagian tengahnya berupa baja karbon rendah (misalnya C-1010 yang memiliki kadar karbon 0. sehingga mudah patah jika berhadapan dengan ganjalan barang keras yang mungkin terdapat dalam tanah.90 ± 1. denga lapis luarnya berupa baja berkarbon tinggi (biasanya C-1095 yang mempunyai 0. tidak terpengaruhi oleh perlakuan panas tersebut. kejen dan tumit yang dapat dilepas kadang dibuat dari besi tuang dingin. meremukkan.08 ± 0. sedangkan bagian atas kejen dan singkal berkedudukan sebagai sisi lengkungnya. Setelah perlakuan panas. Perwatakan yang sama dapat dicapai dengan pemberian karbon pada baja berkarbon rendah pada kedua sisi permukaannya. Bagian tengah.4. Bahan Singkal dan Kejen Ketahanan aus pada tanah yang mengikis dan kemampuan bilas pada tanah lekat semacam tanah lempung atau tanah geluh lempungan adalah 2 masalah penting yang mempengaruhi pemilihan bahan mata bajak. Singkal biasanya dibuat dari baja yang lunak di bagian tengahnya. lapis luar akan sedikit getas namun sangat keras. Bahan tersebut berupa baja lapis tiga. Mata Bajak Pada intinya. Untuk kondisi yang sangat mengikis. sehingga menghasilkan permukaan halus yang tahan aus dan bisa terbilas pada kebanyak jenis tanah. Ukuran mata singkal ialah lebar pemotongan alur terancangnya. 5. dengan tamping dan bidang mendatar sisi pemotong kejen sebagai sisi datarnya.

2. banyak bentuk singkal berbeda yang telah dibuat. Jointer stasioner berupa mata bajak kecil yang biasanya digunakan sebagai tambahan untuk penggunaan kolter gelinding (gb.3c) akan membentuki alur dangkal dan sempit di depan tumit bajak. dengan lempeng kolternya terletak pada bidang yang berjarak 13 ± 19 mm di arah kiri tumit (untuk mata bajak berarah kanan). Kolter rata digunakan pada lapang keras atau yang relatif bersih. jenis umum bajak ialah mata bajak serbaguna. Beberapa singkal pada intinya berupa irisan berbentuk tabung. serta berbagai piranti lain kadang dipakai untuk memperbagus penutupan sampah 7. Fungsi jointer adalah untuk menyingkirkan sampah dan akaran dari jalur tersebut ke arah alur utama dengan cara sedemikian sehingga bisa terkerjai secara sempurna oleh mata bajak. Perpanjangan singkal.6.3d) kadangkala digunakan untuk menggantikan fungsi gabungan kolter dan jointer stasioner. bajak olah dalam. yang berupa piringan cekung yang dipaasang denga sudut tertentu terhadap arah gerak (gb. bajak tanah hitam. 2. sikut gulma guna merebahkan tanaman tinggi yang berada di depan mata bajak. dan yang lainnya lagi berupa pengubahan dari bentuk-bentuk geometri tersebut. beberapa lainnya agak condong ke bentuk spiral atau pilinan. namun tak dapat menembus permukaan tanah yang keras. Macam-macam Singkal Oleh karena jenis tanah dan kondisi pembajakan sangat berbeda-beda. digunakan kolter (coulter) gelinding piringan. Dari tinjauan fungsinya. dan bajak iga-iga . Perlengkapan Bajak Singkal Untuk membantu pemotongan tanah dan untuk pemotongan pada tanah yang bersampah. Kolter bertakik dan kolter bergerigi tepi bagus dipergunakan pada lapang yang bersampah berat. Kolter biasanya dipasangkan pada porosnya langsung di atas atau agak ke depan titik ujung kejen. bajak tanah rumput. bajak tunggul. Jointer piringan. yang tanpa perlengkapan tambahan tersebut mungkin bisa tertumpuk di atas tumit atau rangka sehingga menyebabkan penggumpalan. Kolter berdiameter besar akan memotong tanah bersampah berat lebih bagus dibanding kolter kecil.

dengan tanah yang relatif gembur tepat di bawah permukaan yang padat. Permukaan yang padat. Tanah keras memadat. sehingga akan menutup bahan tumbuhan secara menyeluruh. Tanah keras. tanpa pola reaksi tanah yang tertentu 2. y Reaksi Tanah terhadap Singkal Kisaran kondisi tanah yang lebar yang harus dihadapi pada olah tanah mempengaruhi reaksi tanah pada permukaan singkal. Karena pengerasan muka oleh adanya akaran. Bajak tanah hitam memiliki luas singkal yang relatif kecil.Bajak tanah rumput memiliki singkal yang panjang dan rendah. Nichols dan Reed mengelompokkan berbagai kondisi tanah dan memaparkan reaksinya sebagai berikut: 1. Menyatakan Bentuk Singkal Beberapa cara pencirian bentuk singkal diperlukan guna pembandingan dan analisis kinerja mata bajak yang berbeda dan untuk tujuan pembuatan di pabrik. Keadaan ini agak tidak biasa. Bajak tunggul memiliki singkal yang relatif pendek dan lebar yang melengkung agak tajam pada bagian dekat puncak. bidang geser normal biasanya tak teramati. Tanah seperti ini akan pecah menjadi bongkah yang tak beraturan di depan bajak. Tipe yang kurang umum ialah bajak iga-iga. Bajak serba guna bentuk khusus telah dibuat untuk membajak secara efisien pada kecepatan tinggi. Bajak serbaguna terletak di antara kedua sepaling tersebut dan cocok untuk kisaran kondisi yang luas. Bongkahan lapis permukaan akan pecah tak beraturan dan terangkat seperti papan . menghasilkan tingkat penghancuran yang lebih besar dibanding tipe lainnya. Namun reaksi tanah normal terjadi dibawah permukaan keras tersebut 3. memiliki lengkungan yang bertahap (spiral) yang secara lengkap membalik tanah dengan pemecahan minimum. dan bentuknya cenderung memudahkan pembersihan permukaan pada tanah hitam yang berat di Texas. yang sebagian singkalnya dipotong dan kadang digunakan pada tanah yang sangat lekat 8.

dan berada dalam kisaran lengas yang sesuai untuk pembajakan yang bagus. Kecuali karena pertambahan volume akibat penghancuran. Tanah yang baru saja dibajak. tidak terdapat perubahan matra yang jelas pada tanah yang melintasi sebuah bajak yang berfungsi dengan benar. dan rerata kecepatan gerakan tanah melintasi singkal diperkirakan mendekati kecepatan bajak.4. gerakan tanah di atas singkal adalah disebabkan tahanan tanah terhadap bajak. Pada kondisi ini tanah tak memiliki cukup ketegaran dan ketahanan terhadap tekanan sehingga bajak tak dapat berfungsi dengan bagus 5. akan menyebabkan tanah terdorong ke satu sisi bukannya terangkat ke atas lalu terbalikkan 6. Tanah semacam ini berlaku agak mirip dengan tanah yang baru dibajak. Adhesi tanah terhadap singkal membentuk tekanan terhadap mata bajak. terutama sebagai akibat pengaruh alami. Pada kondisi tanah normal. Kondisi tanah normal. Tanah dorong. Tentu saja terdapat perubahan arah yang berakibat timbulnya gaya percepatan . Tanah tersebut telah terdiamkan beberapa lama dan mencapai kondisi padat. yang oleh karena tak cukup ketegaran dalam potongan tanah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->