P. 1
Robot Pemadam API Lilin Berbasis Mikrokontroler Oleh Riandy m.nur(5223090187)

Robot Pemadam API Lilin Berbasis Mikrokontroler Oleh Riandy m.nur(5223090187)

|Views: 369|Likes:
Published by Biru Laut

More info:

Published by: Biru Laut on Dec 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2014

pdf

text

original

1

ROBOT PEMADAM API LILIN BERBASIS MIKROKONTROLER RIANDY.M.NUR 5223090187

(Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika)
This paper present “Robot fire extinguisher microcontroller based” final project,Jakarta, electrical Engineering Department, faculty of Engineering,state of Jakarta 2010. This paper created with the aim to cread and research an robots system used microcontroller.Robots can avoid barriel wall, searching fire focus and extinguish, in the lybrinth mode. Final execution of the research conducted at the laboratory department of Electrical Engineering, Faculty of Engineeering, State University of Jakarta in the second semester (092) starting from January until May, the academic years 2009-2010 using laboratory experiments. Research tools have been throught some process of designing them by doing the mechanical design, electronic design and design of programming on appliance, then made a series of voltage measurements have been made. The design of mechanical, robotic mechanical materials made of acrylic with a size of lengt = 290mm x width = 150mm x height = 130mm with a weight of 4,85 kilograms. From result of test, obtained that Fire Extingusher Robot Microcontroller based has succeded made and tested, can avoid bariell wall, searching fire focus and extinguisher.

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

1

Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Dengan pengertian tersebut, sangat erat hubungannya antara robot dengan otomasi. Robot adalah mesin yang bekerja secara mekanis dan dikendalikan oleh computer, sehingga robot mampu melakukan gerak-gerak tertentu secara otomatis dan dapat melakukan banyak hal. Dari banyak fungsi sebuah robot, beberapa diantaranya adalah : 1. Mempermudah proses produksi dalam dunia Industri. 2. Alat bantu pada bidang kedokteran. 3. Sebagai mainan dan hobi. 4. Dan masih banyak fungsi lainnya dari sebuah robot. Mikrokontroler Mikrokontroler adalah Complete Chip Computer yang memiliki kemampuan untuk deprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi control.
2

Gambar konfigurasi PIN ATmega32 Mikrokontroler AVR ( Alf and Vegard’s Risc Proccesor ) memiliki arsitektur RISC ( Reduce Intructoin Set Computer ) 8 bit, ATMEL adalah salah-satu vendor yang bergerak di bidang mikroelektronika, dan telah dikembangkan mikrokontroler keluarga AVR sekitar tahun 1997.

Mikrokontroler AVR ATmaga32 AT mega memilki teknologi RISC (Reduce Intructoin Set Computer ) dengan kecepatan maksimal 16MHz membuat proses kerja ATmega32 lebih cepat dibandingkan dengan varian MCS51.

D3ELKA Desember 2010 : 1-8

2

RANGKAIAN SENSOR Rangkain sensor yang penulis gunakan adalah rangkaian umum yang banyak didapati dipasaran dan memiliki harga bervariasi. Berikut ini beberapa rangkaian sensor yang penulis gunakan pada aplikasi Robot Pemadam Api Lilin. Sensor Jarak ( Range Sensor ) Pada aplikasi Robot Pemadan Api Lilin ini penulis menggunakan jenis sensor jarak yang cukup terjangkau, yaitu penggabungan antara 2 ( dua ) jenis Dioda yang berbea fungsinya yaitu InfraRED dan Photo Dioda. .

Photo Dioda Photo dioda berbanding terbalik dengan InfraRED, Photo Dioda apabila terkena cahaya, nilai hambatan reverse Photo Dioda akan mengecil, sehingga semakin kuat cahaya yang mengenai sambungan P-N maka arus reverse Photo Dioda akan semakin besar

Gambar Fisik Photo Dioda

Infra RED InfraRED yaitu jenis dioda pemancar cahaya yang mampu mengeluarkan emisi cahaya yang tak terlihat mata manusia. InfraRED mampu memancarkan cahaya lurus dan akan memantul jika mengenai halangan pantul cahaya dengan jarak sekitar 10cm sampai dengan 15cm.
3

Sensor Api Sensor api yang penulis gunakan sama dengan Photo Dioda untuk membaca intensitas cahaya api lilin, sehingga Photo Dioda mampu berperan sebagai Receiver cahaya lilin yang nantinya akan di simulasikan sebagai titik api.

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

3

Komparator Komparator merupakan suatu rangkaian elektronika yang banyak digunakan sebagai peng-kondisi beda tegangan yang masuk dari sebuah sensor ke dalam rangkaian Komparator itu sendiri, fungsinya adalah untuk mengkondisikan keadaan on/off sinyal yang dikeluarkan dari rangkaian Komparator tersebut.

Gambar konfogurasi PIN LM 393

IC Driver Motor ( L293D )

IC L293 digunakan sebagai penggerak menggantikan fungsi dari relay. Outputnya dapat digunakan untuk motor dc, motor stepper, dan cocok digunakan pada

LM393 LM393 merupakan IC yang terdiri dari dua buah pembandingan tegangan yang ada didalam 1 ( satu ) paket kemasan, LM393 dibuat dalam 1 ( satu ) kemasan Dual In Line 8 pin yang berkerja pada tegangan catu tunggal. Tegangan catu yang diberikan pun bervariasi dari +2V sampai +37V sehingga sangat mudah diaplikasikan pada rangkaian yang menggunakan tegangan kerja TTL ( Transistor Transistor Logic ) yaitu +5V.
4

beban yang menggunakan arus dan tegangan yang tinggi. Maksimum arus 600mA dan beroperasi pada tegangan +4,5Vdd dan +36Vcc.

Gambar konfigurasi PIN IC L293D

IC L293D dapat mengendalikan 2 ( dua ) motor dc secara bersamaan dengan table sebagai berikut :

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

4

Jalur 1, 9 2, 7 3, 6 4, 5, 12, 13 8 10, 15 11, 14 16

Keterangan Pengatur Kecepatan putaran motor dc 1 dan 2 Sepasang jalur penentu arah putaran motor dc 1(M1) Sepasang jalur yang terhubung dengan kutub motor dc 1
Gambar Motor DC Gear Box

Ground Teangan kerja M1 dan M2 Sepasang jalur penentu arah putaran motor dc 2 (M2) Sepasang jalur yang terhubung dengan kutub motor dc 2 Tegangan kerja IC L293D
Robot pemadam api lilin yang kami buat merupakan robot yang dapat menghindari halangan dan dapat mendeteksi adanya api lilin dalam ruangan labirin, dan setelah api lilin ditemukan maka robot akan memadamkan api lilin tersebut. Motor DC Gear Box Robot api lilin ini memiliki delapan unit sensor jarak yang berfungsi untuk menghindari Motor DC adalah motor arus searah halangan dinding labirin dan dua unit sensor api untuk mendeteksi keberadaan titik api. DESKRIPSI ALAT

yang mangubah energy listrik menjadi energy mekanik. Bentuk fisik dari motor DC Gear Box:
5

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

5

PEMBUATAN PROGRAM

Compiler BASCOM-AVR pada dasarnya merupakan perangkat lunak pemprograman mikrokontroler keluarga AVR berbasis bahasa BASIC. BASCOM-AVR yaitu : Compiler berextensi .bas, IDE dan program simulator. Dalam program BASCOM-AVR terdapat sebuah pemproses yang akan memerintahkan setiap pergerakan aksi robot dengan pemprograman bahasa BASIC.

Tujuh langkah input program yang mewakili perintah-perintah dasar

pemrograman Robot Pemadam Api Lilin, digunakan untuk dapat menjalankan Robot Pemadam Api Lilin dengan keluaran yang telah dibuktikan dilabirin untuk

membuktikan keberhasilan penelitian ini.

Hasil dan Pebahasan
PENGUJIAN

Tahap pengujian system Robot Pemadam Api Lilin dapat dilakukan dengan cara pengujian malalui program. Pengujian betujuan agar dapat diketahui apakah system robot yang dibuat telah melakukan fungsinya dengan benar dan sesuai dengan apa yang telah deprogram. 1. Robot bergerak menghindari halangan. Pada pengujian, robot mampu berjalan menghindari halangan. Untuk itu peranan sensor jarak pada robot akan sangat menentukan pergerakan robot tersebut. Karena

Keberhasilan penelitian ini diukur dari hasil menjalankan Robot Pemadam Api Lilin dengan benar tanpa ada satupun kesalahan, melalui program yang dibuat dengan menggunakan BASCOM-AVR.

Penelitian ini berhasil jika dan hanya jika program dapat menjalankan Robor

Pemadam Api Lilin dengan benar tanpa ada kesalahan.

6

sensor jarak pada robot berfungsi mendeteksi apakah jalan robot

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontorler ( Riandy.m.nur )

menghalangi atau tidak.

6

2. Robot berhenti dan mematikan api ketika menemukan api lilin.

2. Sensor jarak dapat membaca halangan dinding labirin dengan baik.

Pada pengujian ini, robot dapat membaca adanya titik api lilin, kemudian robot berhenti dan melakukan pemadaman menggunakan kipas, untuk itu peranan sensor api sangat penting sekali untuk membaca titik api lilin

3. Sensor api dapat mendeteksi keberadaan titik api dan memadamkannya.

SARAN Dari hasil pembuatan alat dan uji cobayang dilakukan pada Robot pemadam api KESIMPULAN Dapat ditarik kesinpulan dari percobaan diatas : 1. Robot pemadam api lilin dapat mampu berjalan daan dapat menghindari halangan lilin,ternyata robot masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mamilik beberapa saran sebagai berikut : 1. Robot pemadam api lilin harap lebih dikembangkan lagi dalam hal pemprogramannya. 2. Memberikan sensor yang tepat agar robot dapat mengaplikasikan sesuai dengan keinginan kita.

7

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

7

DAFTAR PUSTAKA 1. Agfianto Eko Putra. itu? Apakah 5. Texas Instruments Incorporated. L293/L293D QUADRUPLE HALFH DRIVERS, Datasheet. [2002]

mikrokontroler

http://agfi.staff.ugm.ac.id/blog/index. php/2008/11/apakah-mikrokontroler -itu/ [3 nov 2009 ]. 2. Azzahrahtunnisa. Motor dc. http://one.indoskripsi.com/node/2841 .[1991]. 3. Iswanto. (2008). Design dan impelemtasi system embedded MIKROKONTROLLER ATmega8535 dengan bahasa Basic. 4. MALVINO. (1979). ELECTRONIC PRINCIPLES, 2nd EDITION. Hanapi Gunawan. ( 1981 ). Prinsip-prinsip Elektronika edisi kedua.

( Jurnal ini di sunting oleh RIANDY.M.NUR mahasiswa jurusan D3 teknik elektronika, No.Reg : 5223090187 )

8

Robot Pemadam Api Lilin Berbasis mikrokontroler ( Riandy.m.nur )

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->