JENIS-JENISI KAN AIR PAYAU

1.IKAN BANDENG

Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos, merupakan ikan campuran antara air asin dan air tawar atau payau. Ikan ini dapat hidup sampai ke pinggiran dan tengah laut dan secara kontinyu akan kembali ke perairan dangkal atau tepi pantai untuk bertelur. Ikan banding lebih menyenangi perairan dangkal dengan banyak tanaman bakau di sekitarnya. Karena akar tanaman bakau akan melindungi telur dan bayi ikan banding dari pemangsa seperti ikan lain yang berukuran lebih besar. Bayi bandeng atau yang dekenal dengan nama “nener” banyak ditangkap oleh para nelayan untuk dijadikan benih di tambak. Memang bandeng sekarang sudah banyak di pelihara di tambak – tambak. Pengambilan benih bandeng atau nener di alam liar masih merupakan pola pembibitan yang sudah kadaluarsa. Sekarang bibit bandeng atau nener banyak di produksi oleh para pembibit atau hatchery untuk di jual ke pengelola tambak. Dengan teknik pembibitan ynag modern bibit bandeng dapat dihasilkan dengan jumlah yang luar biasa banyak. Untuk memancing bandeng memang diperlukan teknik khusus, kebanyakan para pemancing yang mencari target sasaran ikan bandeng akan mencoba peruntungannya di tambak – tambak milik petani, meski bisa juga memancing bandeng di perairan dangkal di dekat hutan bakau. Bandeng merupakan ikan yang termasuk omnivore atau pemakan segala. Makanannya yang utama adalah lumut dan plankton. Maka untuk memancing bandeng di alam liar cukup sulit, namun jika anda mencoba memancing bandeng yang

berada di tambak, mungkin akan sedikit mudah , karena ikan bandeng jenis ini sudah pernah merasakan makanan buatan seperti pelet dan pur. Untuk memancing ikan bandeng di tambak anda bisa meramu pakan umpan seperti pakan ikan mas, coba lihat artikel kami tentang pakan ikan mas. Ikan bandeng meski merupakan ikan liar namun setelah mendapatkan menu tambahan seperti pelet dan pur akan berubah pola makannya. Penggunaan umpan ikan mas yang berbau tajam dan menusuk akan membantu anda memancing ikan bandeng. Ikan bandeng termasuk ikan yang menyambar umpannya secara langsung, maka dibutuhkan mata kail yang sesuai dengan mulut ikan. Gunakan pelampung dengan kedalaman kira – kira 10 cm dari dasar tambak, sekali pelampung bergoyang tanda disambar ikan anda harus sesegera mungkin menarik joran anda.

Ordo: Decapoda .

Upaordo: Pleocyemata .

Infraordo: Brachyura .

sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. Raninoida). Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai. dari ketam kacang. Di hampir semua jenis kepiting. tersusun dari kitin.Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura. Kepiting beraneka ragam ukurannya. dan bagian depan dari carapace tidak membentuk sebuah rostrum yang panjang Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih ("phyllobranchiate"). namun dengan struktur yang berbeda 3. dan dipersenjatai dengan sepasang capit. kecuali beberapa saja (misalnya.UDANG Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia . Ketam adalah nama lain bagi kepiting. yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras. Bagian mulut kepiting ditutupi oleh maxilliped yang rata. dengan rentangan kaki hingga Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki. Ada pula kepiting air tawar dan darat. mirip dengan insang udang. khususnya di wilayah-wilayah tropis. sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau). yang lebarnya hanya beberapa milimeter. perutnya terlipat di bawah cephalothorax. hingga kepiting laba-laba Jepang.

Filum: Arthropoda .

Upafilum: Crustacea .

Kelas: Malacostraca .

Ordo: Decapoda .

Upaordo: Pleocyemata .

Infraordo: Caridea .

Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). Di alam liar. Dalam bahasa Banjar disebut hundang. JENIS-JENISI KAN AIR PAYAU . Di sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa. Mysis memakan ganggang dan zooplankton. Nauplius kemudian bermetamorfosis memasuki fase ke dua yaitu zoea (jamak zoeae). Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut. maupun air asin pada kedalaman bervariasi. Zoea memakan ganggang liar. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar.000 hingga 1 juta telur. atau danau. postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari. dan disebut sebagai benur. Betina mampu menelurkan 50. keduanya berasal dari kelas Malacostraca sebagai udang sejati. yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah. Pada tahap ini. udang budidaya siap untuk diperdagangkan. yaitu Stomatopoda dan Mysidaceae. Setelah tiga sampai empat hari kemudian mereka bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa. Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama "udang". walaupun mereka berasal dari Notostraca. air payau. Misalnya mantis shrimp dan mysid shrimp.Udang adalah binatang yang hidup di perairan. kelompok yang tidak berhubungan. Setelah beberapa hari bermetamorfosis lagi menjadi mysis (jamak myses). khususnya sungai. dan sering disebut udang. tetapi berasal dari ordo berbeda. Udang menjadi dewasa dan bertelur hanya di habitat air laut. laut. yang akan menetas setelah 24 jam menjadi larva (nauplius). Triops longicaudatus dan Triops cancriformis juga merupakan hewan populer di air tawar. Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

yaitu Stomatopoda dan Mysidaceae. air payau. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). keduanya berasal dari kelas Malacostraca sebagai udang sejati. dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. maupun air asin pada kedalaman bervariasi. Triops longicaudatus dan Triops cancriformis juga merupakan hewan populer di air tawar.000 hingga 1 juta telur. Dalam bahasa Banjar disebut hundang. walaupun mereka berasal dari Notostraca.1. dan sering disebut udang. Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. Mysis memakan ganggang dan zooplankton. Nauplius kemudian bermetamorfosis memasuki fase ke dua yaitu zoea (jamak zoeae). Betina mampu menelurkan 50. dan disebut sebagai benur. Pada tahap ini.UDANG Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Upafilum: Kelas: Ordo: Upaordo: Infraordo: Animalia Arthropoda Crustacea Malacostraca Decapoda Pleocyemata Caridea Udang adalah binatang yang hidup di perairan. kelompok yang tidak berhubungan. postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari. yang akan menetas setelah 24 jam menjadi larva (nauplius). Setelah tiga sampai empat hari kemudian mereka bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa. tetapi berasal dari ordo berbeda. khususnya sungai. udang budidaya siap untuk diperdagangkan. laut. Udang menjadi dewasa dan bertelur hanya di habitat air laut. atau danau. Di alam liar. yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah. Di . Zoea memakan ganggang liar. Setelah beberapa hari bermetamorfosis lagi menjadi mysis (jamak myses). Misalnya mantis shrimp dan mysid shrimp. Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama "udang". Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar.

namun jika anda mencoba memancing bandeng yang berada di tambak. Dengan teknik pembibitan ynag modern bibit bandeng dapat dihasilkan dengan jumlah yang luar biasa banyak. merupakan ikan campuran antara air asin dan air tawar atau payau. Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut. Karena akar tanaman bakau akan melindungi telur dan bayi ikan banding dari pemangsa seperti ikan lain yang berukuran lebih besar. Maka untuk memancing bandeng di alam liar cukup sulit. kebanyakan para pemancing yang mencari target sasaran ikan bandeng akan mencoba peruntungannya di tambak – tambak milik petani. Makanannya yang utama adalah lumut dan plankton. Ikan bandeng . karena ikan bandeng jenis ini sudah pernah merasakan makanan buatan seperti pelet dan pur. Bayi bandeng atau yang dekenal dengan nama “nener” banyak ditangkap oleh para nelayan untuk dijadikan benih di tambak. Bandeng merupakan ikan yang termasuk omnivore atau pemakan segala. Ikan ini dapat hidup sampai ke pinggiran dan tengah laut dan secara kontinyu akan kembali ke perairan dangkal atau tepi pantai untuk bertelur. Sekarang bibit bandeng atau nener banyak di produksi oleh para pembibit atau hatchery untuk di jual ke pengelola tambak. Untuk memancing ikan bandeng di tambak anda bisa meramu pakan umpan seperti pakan ikan mas. mungkin akan sedikit mudah . Pengambilan benih bandeng atau nener di alam liar masih merupakan pola pembibitan yang sudah kadaluarsa. Ikan banding lebih menyenangi perairan dangkal dengan banyak tanaman bakau di sekitarnya.sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa. coba lihat artikel kami tentang pakan ikan mas. Untuk memancing bandeng memang diperlukan teknik khusus. 2 IKAN BANDENG Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos. Memang bandeng sekarang sudah banyak di pelihara di tambak – tambak. meski bisa juga memancing bandeng di perairan dangkal di dekat hutan bakau.

KEPITING Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum: Upafilum: Kelas: Ordo: Upaordo: Infraordo: Animalia Arthropoda Crustacea Malacostraca Decapoda Pleocyemata Brachyura Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura. tersusun dari kitin. . maka dibutuhkan mata kail yang sesuai dengan mulut ikan. 3. Ikan bandeng termasuk ikan yang menyambar umpannya secara langsung. yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras. Ketam adalah nama lain bagi kepiting. dan dipersenjatai dengan sepasang capit. sekali pelampung bergoyang tanda disambar ikan anda harus sesegera mungkin menarik joran anda.meski merupakan ikan liar namun setelah mendapatkan menu tambahan seperti pelet dan pur akan berubah pola makannya. Penggunaan umpan ikan mas yang berbau tajam dan menusuk akan membantu anda memancing ikan bandeng. Gunakan pelampung dengan kedalaman kira – kira 10 cm dari dasar tambak.

hingga kepiting laba-laba Jepang. sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau).Ada pula kepiting air tawar dan darat. dengan rentangan kaki hingga Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki. kecuali beberapa saja (misalnya. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai. yang lebarnya hanya beberapa milimeter. Kepiting beraneka ragam ukurannya. perutnya terlipat di bawah cephalothorax. namun dengan struktur yang berbeda . mirip dengan insang udang. sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. khususnya di wilayah-wilayah tropis. Raninoida). Di hampir semua jenis kepiting. Bagian mulut kepiting ditutupi oleh maxilliped yang rata. dari ketam kacang. dan bagian depan dari carapace tidak membentuk sebuah rostrum yang panjang Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih ("phyllobranchiate").

tersusun dari kitin. Ketam adalah nama lain bagi kepiting. dan dipersenjatai dengan sepasang capit.KEPITING Klasifikasi ilmiah Arthropod Animalia aKerajaan : Upafilu Crustacea m:Filum: Kelas: Ordo: Upaordo: Infraordo: Malacostraca Decapoda Pleocyemata Brachyura Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura. yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras.JENIS-JENISI KAN AIR PAYAU 1. .

Kepiting beraneka ragam ukurannya. Udang dapat ditemukan di hampir semua "genangan" air yang berukuran besar baik air tawar. kecuali beberapa saja (misalnya. Raninoida). dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. sepasang kaki yang pertama dimodifikasi menjadi sepasang capit dan tidak digunakan untuk bergerak. air payau. yang lebarnya hanya beberapa milimeter. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai. Dalam bahasa Banjar disebut hundang. khususnya sungai. Di hampir semua jenis kepiting. namun dengan struktur yang berbeda 2. dengan rentangan kaki hingga Kepiting sejati mempunyai lima pasang kaki. hingga kepiting laba-laba Jepang. khususnya di wilayah-wilayah tropis. dan bagian depan dari carapace tidak membentuk sebuah rostrum yang panjang Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih ("phyllobranchiate"). maupun air asin pada kedalaman bervariasi. laut. mirip dengan insang udang.UDANG Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Filum:Ani Arthropoda malia Upafilum: Crustacea Kelas: Malacostraca Ordo: Decapoda Upaordo: Pleocyemata Infraordo: Caridea Udang adalah binatang yang hidup di perairan. dari ketam kacang. perutnya terlipat di bawah cephalothorax. .Ada pula kepiting air tawar dan darat. Bagian mulut kepiting ditutupi oleh maxilliped yang rata. Udang biasa dijadikan makanan laut (seafood). atau danau. sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau).

Nauplius kemudian bermetamorfosis memasuki fase ke dua yaitu zoea (jamak zoeae). Setelah tiga sampai empat hari kemudian mereka bermetamorfosis terakhir kali memasuki tahap pascalarva: udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa. Pada tahap ini. Memang bandeng sekarang sudah banyak . Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. Di alam liar. Ikan ini dapat hidup sampai ke pinggiran dan tengah laut dan secara kontinyu akan kembali ke perairan dangkal atau tepi pantai untuk bertelur. Misalnya mantis shrimp dan mysid shrimp. Udang menjadi dewasa dan bertelur hanya di habitat air laut. walaupun mereka berasal dari Notostraca. 3. Bayi bandeng atau yang dekenal dengan nama “nener” banyak ditangkap oleh para nelayan untuk dijadikan benih di tambak. Mysis memakan ganggang dan zooplankton. IKAN BANDENG Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos. Di sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa. merupakan ikan campuran antara air asin dan air tawar atau payau. yaitu Stomatopoda dan Mysidaceae. Setelah beberapa hari bermetamorfosis lagi menjadi mysis (jamak myses). kelompok yang tidak berhubungan.000 hingga 1 juta telur. Triops longicaudatus dan Triops cancriformis juga merupakan hewan populer di air tawar. Betina mampu menelurkan 50. dan disebut sebagai benur. udang budidaya siap untuk diperdagangkan. keduanya berasal dari kelas Malacostraca sebagai udang sejati. Karena akar tanaman bakau akan melindungi telur dan bayi ikan banding dari pemangsa seperti ikan lain yang berukuran lebih besar. Zoea memakan ganggang liar. yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah. yang akan menetas setelah 24 jam menjadi larva (nauplius). postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari. dan sering disebut udang. Ikan banding lebih menyenangi perairan dangkal dengan banyak tanaman bakau di sekitarnya. Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut. tetapi berasal dari ordo berbeda.Banyak crustaceae yang dikenal dengan nama "udang".

maka dibutuhkan mata kail yang sesuai dengan mulut ikan. sekali pelampung bergoyang tanda disambar ikan anda harus sesegera mungkin menarik joran anda. Maka untuk memancing bandeng di alam liar cukup sulit. mungkin akan sedikit mudah . Untuk memancing bandeng memang diperlukan teknik khusus. Penggunaan umpan ikan mas yang berbau tajam dan menusuk akan membantu anda memancing ikan bandeng. Dengan teknik pembibitan ynag modern bibit bandeng dapat dihasilkan dengan jumlah yang luar biasa banyak. Untuk memancing ikan bandeng di tambak anda bisa meramu pakan umpan seperti pakan ikan mas. Pengambilan benih bandeng atau nener di alam liar masih merupakan pola pembibitan yang sudah kadaluarsa. Ikan bandeng termasuk ikan yang menyambar umpannya secara langsung. Makanannya yang utama adalah lumut dan plankton. karena ikan bandeng jenis ini sudah pernah merasakan makanan buatan seperti pelet dan pur. coba lihat artikel kami tentang pakan ikan mas. Gunakan pelampung dengan kedalaman kira – kira 10 cm dari dasar tambak.di pelihara di tambak – tambak. Ikan bandeng meski merupakan ikan liar namun setelah mendapatkan menu tambahan seperti pelet dan pur akan berubah pola makannya. Sekarang bibit bandeng atau nener banyak di produksi oleh para pembibit atau hatchery untuk di jual ke pengelola tambak. . meski bisa juga memancing bandeng di perairan dangkal di dekat hutan bakau. Bandeng merupakan ikan yang termasuk omnivore atau pemakan segala. namun jika anda mencoba memancing bandeng yang berada di tambak. kebanyakan para pemancing yang mencari target sasaran ikan bandeng akan mencoba peruntungannya di tambak – tambak milik petani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful