P. 1
Apa Pentingnya Belajar Filsafat Ilmu Bagi an Ipteks

Apa Pentingnya Belajar Filsafat Ilmu Bagi an Ipteks

|Views: 91|Likes:
Published by luvdhyw

More info:

Published by: luvdhyw on Dec 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

y y y y

Apa pentingnya belajar filsafat ilmu bagi pengembangan Ipteks; Bagaimana tradisi berpikir kritis dapat menjadi sarana dalam pencarian kebenaran ilmiah? Apa hubungan antara filsafat dan ilmu? Apa beda pengetahuan ilmiah dengan pengetahuan biasa?

Filsafat ilmu merupakan salah satu bidang keilmuan yang berperan sebagai landasan berpikir dalam mengetahui jenis kelamin keilmuannya. Antara ilmu dan filsafat umumnya di artikan sebagai sesuatu hal yang radikal dan menyeluruh, suatu cara untuk memahami sesuatu secara mendalam. Karena filsafat merupakan suatu yang mendasari lahirnya keilmuan. Pengetahuan ilmiah harus dicari kebenarannya. Bukan disepakati. Oleh karena itu, filsafat berperan dalam metode skeptis yang merupakan metode kritis dengan kecurigaan karena filsafat Ilmu menganut suatu sikap dan metode yang selalu bertanya terhadap segala sesuatu. Pada dasarnya, hubungan antara ilmu dan filsafat dapat ditelusuri dari awal terbentuknya ilmu itu sendiri dan pengertian ilmu. Ilmu, seperti diketahui merupakan sekumpulan yang mempunyai ciri ciri tertentu yang membedakan ilmu sebagai sebuah pengetahuan ilmiah dengan pengetahuan pengetahuan yang lainnya. Sebuah pengetahuan ilmiah dapat dibedakan dari pengetahuan biasa, kerena dalam pengetahuan ilmiah terdapat syarat-syarat khusus seperti; Radikal atau mengakar, melihat dari sisi yang berbeda, Holistik atau melihat sesuatu secara menyeluruh, Komprehensif, membandingkan dengan teori sebelumnya, Tentatif atau bersifat temporari, Spekulatif dan logis menurut rasionalitas dan pengalaman empiris.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->