BAB VIII KEDISIPLINAN

1. Jelaskan dan berikan definisi kedisiplinan itu! Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma social yang berlaku. Kedisiplinan merupakan fungsi terpenting dari MSDM, karena semakin baik disiplin karyawan, maka semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapainya, tanpa disiplin karyawan, sulit bagi prusahaan untuk mencapai hasil yang optimal. 2. Sebutkan serta jelaskan satu persatu indikator-indikator kedisiplinan! Indikator-indikator kedisiplinan : 1) Tujuan dan kemampuan, ikut mambantu tingkat kedisiplinan karyawan, artinya tujuan yang ingin dicapai perusahaan harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh karyawannya. 2) Teladan pimpinan, keteladanan pimpinan sangat berpengaruh dengan kedisiplinan, sikap pimpinan akan dijadikan panutan serta teladan yang baik bagi setiap karyawannya. 3) Balas jasa, ikut mempengaruhi kedisiplinan, balas jasa akan memberikan kepuasan dan kecintaan karyawan terhadap perusahaan, sehingga pekerjaan karyawan akan semakin baik begitu pula dengan kedisiplinannya. 4) Keadilan ikut mendorong terwujunya kedisiplinan karyawan, karena ego dan sifat manusia yang selalu merasa dirinya penting dan minta diperlakukan sama dengan manusia yang lain. 5) Waskat(pengawasan melekat) adalah tindakan nyata dan paling efektif dalam mewujudkan kedisiplinan karyawan perusahaan, berarti dengan adanya waskat pimpinan secara aktif ikut langsung memantau karyawannya. 6) Sanksi hukum, dengan adanya sanksi hukum, maka semakin disiplin karyawan, karena setiap karyawan akan takut melanggar peraturanperaturan karena takut diberikan sanksi. 7) Ketegasan, sikap tegas pimpinan menegur dan menghukum karyawan yang indisipliner akan mewujudkan kedisiplinan yang baik pada perusahaan tersebut. 8) Hubungan kemanusiaan, hubungan yang harmonis antar karyawan akan dengan sendirinya meningkatkan rasa disiplin karyawan, baik antara manajer ke karyawan, maupun karyawan ke ke sesame karyawan.

Sebutkan serta jelaskan satu persatu hal-hal yang menimbulkan persaingan dan konflik! Hal-hal yang menimbulkan persaingan dan konflik : . sanksi hukuman dengan adanya sanksi hukum. konfrontasi. waskat. 5. Kepuasan kerja. dan ketegasan sikap tegas pimpinan menegur dan menghukum karyawan yang indisipliner akan mewujudkan kedisiplinan yang baik pada perusahaan tersebut. konflik ini akan menimbulkan ketegangan. stress dan frustasi. waskat adalah tindakan nyata dan paling efektif dalam mewujudkan kedisiplinan karyawan perusahaan. Konflik adalah persaingan yang kurang sehat berdasarkan ambisi dan emosi dalam memperoleh kemenangan. Uraikan pengertian dari : tujuan dan kemampuan. balas jasa. Apa saja pokok bahasan utama pada fungsi kedisiplinan itu! Pokok bahasan utama fungsi kedisplinan : A. maka semakin disiplin karyawan. 4. berarti dengan adanya waskat pimpinan secara aktif ikut langsung memantau karyawannya. keadilan adalah sikap yang menyamaratakan setiap karyawan dengan karyawan lain. Persaingan dan konflik. karena setiap karyawan akan takut melanggar peraturan-peraturan karena takut diberikan sanksi. Indikator2 kedisiplinan. Teladan pimpinan adalah sikap dan tingkah langku pimpinan dijadikan teladan serta panutan bagi karyawannya sehingga menigkatkan disiplin karyawan. balas jasa adalah kompensasi yang diberikan kepada karyawan atas kerja keras atau prestasi yang dicapai karyawan tersebut. perkelahian. persaingan dimotivasi oleh ambisi untuk memperoleh pengakuan. D. B.3. C. frustasi. sanksi hukuman dan ketegasan yang dikaitkan dengan tingkat disiplin karyawan ! Tujuan dan kemampuan artinya tujuan yang ingin dicapai perusahaan harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh karyawannya. Jelaskan pengertian persaingan dan konflik itu! Persaingan adalah kegiatan yang berdasarkan atas sikap rasional dan emosi dalam mencapai prestasi kerja. bila tak dapat diselesaikan. diberikan keadilan dan kelayakan baik itu pemenuhan kebutuhan maupun kepuasan karyawan sehingga dapat menigkatkan kedisplinan. teladan pimpinan. penghargaan atau status social yang terbaik. 6. Pentingnya kedisiplinan. keadilan.

y Perbedaan pendapat. setiap orang maupun kelompok kadang mempertahankan pendapat yang masing masing mereka anggap benar.Tujuan. kreativitas karyawan. perilaku ataupun sikap seseorang dapat menyinggung perasaan orang lain yang dapat menimbulkan konflik dan persaingan. karena itu perbuatan merugikan harus segera dicegah untuk menghindari pecahnya persaingan dan konflik yang tak diinginkan. tujuan yang sama yang ingin dicapai akan merangsang timbulnya persaingan dan konflik antar individu dan kelompok karyawan. kebutuhan material dan non material yang jumlahnya terbatas akan menimbulkan konflik dan persaingan. mudah tersinggung akan menimbulkan konflik. y Kelemahan : y y y y Kerjasama kurang serasi dan harmonis di antara karyawan Dapat memotivasi dan menimbulkan sikap emosional karyawan Menimbulkan sikap apriori karyawan Meningkatkan asensi dan turn over karyawan . y Perasaan dirugikan. setiap manusia tidak memiliki rasa puas tentang kebutuhan. y Perasaan sensitive. y Kebutuhan. karena salah paham. y Ego manusia. Apakah manfaat dan kelemahan persaingan serta konflik itu? manfaat : y introspeksi diri demi kenajuan y moral kerja atau prestasi kerja akan meningkat y pengembangan diri demi kemajuan karena dorongan persaingan. karena setiap orang menginginkan pemenuhan kebutuhan yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya. y Memotivasi dinamika organisasi. salah paham sering timbul diantara orang yang bekerja bersama-sama. dan tak menerima jika dirugikan. salah persepsi sehingga timbullah persaingan dan konflik. 7. ego manusia yang selalu menginginkan lebih berhasil dari manusia lainnya akan menimbulkan persaingan dan konflik. setiap orang memiliki perasaan yang tak ingin dirugikan. hal inilah yang sering menjadi pemicu adanya konflik dan persaingan yang biasanya memicu terjadinya perpecahan y Salah paham.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan itu? Cara meningkatkan kedisiplinan karyawan yaitu memberika balas jasa berupa kompensasi. frustasi? Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan. maka untuk tercapainya tujuan perusahaan. Bagaimana hubungan persaingan dengan konflik itu? Persaingan sehat harus selalu diciptakan dan dibina serta konflik harus dicegah dan diselesaikan. dan sebaliknya. Coba anda uraikan mengapa kedisiplinan dapat dikatakan kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan? Karena kedisiplinan menjadi tolak ukur kesuksesan MSDM perusahaan. 9. maka kedisplinan menjadi kunci utama. Bagaimana korelasi kedisiplinan dengan kepuasan kerja itu? Korelasi kedisplinan dengan kepuasan kerja mempengaruhi tingkat kedisplinan karyawan artinya. memberikan waskat serta menjadi contah dan tauladan yang baik. persaingan yang kurang sehat dapat menimbulkan konflik. hal ini menunjukkan bahwa fungsi MSDM dalam perusahaan tersebut baik. Sebaliknya jika kepuasan kurang tercapai maka kedisiplinan kerjanya pun relative rendah. 13. bertindak aneh yang dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. jika kepuasan diperoleh dari pekerjaan. stress. maka kedisplinan karyawan baik. stress adalah sikap yang muncul dari rasa ketidak puasan terhadap sesuatu dalam hal ini adalah pekerjaan. 11. apabila kedisplinan baik. karyawan dan masyarakat tak akan tercapai. frustasi adalah keadaan emosional. keadilan dan kelayakan sebagai karyawan.y kerusakan produksi dan kecelakaan kerja semakin meningkat 8. serta tegas kepada karyawan sehingga karyawan merasa terpacu dan maju. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja itu? y balas jasa yang adil dan layak y penempatan yang tepat sesuai dengan keahlian y berat ringannya pekerjaan y suasana dan lingkungan perusahaan . 10. sikap ini mencerminkan moral dan menikmati hasil dari apa yang didaptkan dalam bekerja. sedang konflik yang tak terselesaikan akan menimbulkan perpecahan. 12. sehingga tujuan perusahaan. Jelaskan pengertian kepuasan kerja. ketegangan pikiran dan perilaku yang tak terkendali dari seseorang.

y Nondirective counseling. kuantitas dan kegiatan-kegiatan personalia yang dilakukan dalam satu organisasi. pimpinan langsung mengadakan pengawasan terhadap kinerja karyawannya. frustasi? Kepuasan kerja yaitu sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan. stress. Sebutkan dan jelaskan tipe-tipe konseling itu? y Directive counseling. yaitu proses mendengarkan masalah-masalah emosional karyawan. Jelaskan pengertian kepuasan kerja. y Cooperative counseling. 17. memberitahukan dan memotivasi karyawan untuk melaksanakannya. yaitu suatu proses mendengarkan dengan penuh perhatian dan mendorongnya untuk menjelaskan problem yang menyusahkan mereka. sikap ini mencerminkan moral dan menikmati hasil dari apa yang . 16. Sebutkan Fungsi-fungsi konseling itu? y Pemberian nasihat y Penentraman hati y Komunikasi y Pengenduran ketegangan emosional y Penjernihan pemikiran 15. Mengapa waskat boleh dikatakan merupakan kunci keberhasilan? Waskat dikatakan sebagai kunci keberhsilan karena merupakan tindakan nyata dan langsung dari pimpinan. 18. memutuskan apa yang seharusnya dilakukan. dengan hal ini berarti meningkatkan disiplin karyawan sehingga produktivitas meningkat dengan hasil yang optimal. Jelaskan pengertian audit personalia itu? Audit personalia adalah mengevaluasi kualitas. Apa persyaratan agar waskat dapat efektif dilaksanakan? Persyaratannya adalah pimpinan harus selalu ada ditempat untuk terus memantau kinerja karyawannya. yaitu hubungan timbale balik antara pembimbing dengan karyawan dan mengembangkan pertukaran gagasan secara kooperatif untuk membantu pemecahan problem karyawan. 19.y peralatan yang menunjang pelaksanaan pekerjaan y sikap pimpinan dalam kepamimpinannya y sifat pekerjaan monoton atau tidak 14. memahaminya dan menentukan penyelesaian yang tepat.

mengapa manajer perlu mengetahui factor-faktor pendukung kepuasan kerja? karena manajer merupakan pengambil keputusan perusahaan. Bagaimana hubungan kepuasan karyawan dengan stress itu? Stress karyawan itu timbul akibat kepuasan kerja tidak terwujud dari pekerjaannya. Stress karyawan perlu sedini mungkin diatasi oleh seorang pimpinan. penempatan. Kepuasan kerja kombinasi dalam dan luar pekerjaan adalah kepuasan kerja yang dicerminkan oleh sikap emosional yang seimbang antara balas jasa dengan pelaksanaan pekerjaannya. 20. frustasi yaitu keadaan emosional. 21.didaptkan dalam bekerja. manajerlah yang dapat mengatur dan menjalankan factor tersebut agar bias dilaksanakan dengan baik 24. agar dia dapat membeli kebutuhan kebutuhan dipasar. Faktor-faktor apa saja penyebab stress? y Beban kerja yang sulit dan berlebihan y Tekanan dan sikap pimpinan yang kurang adil dan wajar y Waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai y Konflik antara pribadi. Sebutkan macam-macam kepuasan kerja serta jelaskan satu persatu? Kepuasan kerja dalam pekerjaan yaitu kepuasan kerja yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh pujian atas hasil kerja. ketegangan pikiran dan perilaku yang tak terkendali dari seseorang. stress yaitu sikap yang muncul dari rasa ketidak puasan terhadap sesuatu dalam hal ini adalah pekerjaan. agar hal-hal yang merugikan perusahaan dapat diatasi. peralatan dan suasana kerja yang baik. bertindak aneh yang dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. 22. perlakuan. pimpinan dan kelompk kerja . Kepuasan kerja diluar pekerjaan yaitu kepuasan kerja karyawan yang dinikmati diluar pekerjaan dengan besarnya balas jasa yang akan diterima dari hasil kerjanya. Apa saja yang mendukung terciptanya kepuasan kerja itu? y balas jasa yang adil dan layak y penempatan yang tepat sesuai dengan keahlian y berat ringannya pekerjaan y suasana dan lingkungan perusahaan y peralatan yang menunjang pelaksanaan pekerjaan y sikap pimpinan dalam kepamimpinannya y sifat pekerjaan monoton atau tidak 23.

Sebutkan tipe-tipe konseling itu dan jelaskan satu persatu? y Directive counseling. yaitu hubungan timbale balik antara pembimbing dengan karyawan dan mengembangkan pertukaran gagasan secara kooperatif untuk membantu pemecahan problem karyawan. y Cooperative counseling. Fungsi Informasi & Teknologi : Personnel Data base. serta fungsi peningkatan kinerja. Sistem Informasi Manajemen SDM (HRIS). memberitahukan dan memotivasi karyawan untuk melaksanakannya. obyek yang dapat diaudit adalah sebagai berikut Fungsi Perencanaan : Manpower Planning. y Nondirective counseling. Jelaskan pengertian konseling? Konseling adalah pembahasan suatu masalah dengan seseorang karyawan. Apa saja fungsi-fungsi konseling itu? y Pemberian nasihat y Penentraman hati y Komunikasi y Pengenduran ketegangan emosional y Penjernihan pemikiran 27. dengan maksud pokok untuk membantu karyawan tersebut. Manpower Recruitment. agar dapat mengatasi masalah secara lebih baik.y Balas jasa yang terlalu rendah y Masalah keluarga 25. fungsi pengembangan. yaitu proses mendengarkan masalah-masalah emosional karyawan. 28. memahaminya dan menentukan penyelesaian yang tepat. Development. fungsi penghargaan dan penghukuman. Coaching. Manpower Fulfillment. Masalah apa saja yang di audit dalam manajemen sumber daya manusia? Aspek SDM yang dapat diaudit cukup luas. memutuskan apa yang seharusnya dilakukan. fungsi pemeliharaan. 26. yaitu suatu proses mendengarkan dengan penuh perhatian dan mendorongnya untuk menjelaskan problem yang menyusahkan mereka. Dengan demikian jika dirinci. fungsi informasi. Sourcing Candidate Fungsi Pengembangan : Training. . Mentoring. karena SDM itu sendiri mencakup fungsi perencanaan.

Berlatih Hal ini perlu. jelas dan spesifik. Perkembangan selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan audit. sebab Anda dituntut untuk memprioritaskan aktifitas-aktifitas yang memungkinkan tercapainya targettarget tersebut. kebanyakan masih berkutat dalam hal sistem dan prosedur dimana aspek ini sering disebut sebagai sisi Hard Capabilities Organisasi. Cara ini akan melatih Anda bertindak disiplin. Termination. shingga kita berhasil dalam membentuk kebiasaan-kebiasan dalam rangka kita meraih sukses 30. Punishment. Bagaimana korelasi kepuasan kerja dengan produktivitas karyawan? Korelasi antara kepuasan kerja dengan produktivitas sangat erat. Corporate Social Responsibility. Fungsi Peningkatan kinerja : Performance Management System. 3. Reward. pertama adalah memikirkan apa sebenarnya yang Anda inginkan. yakin kita semua mempunyai banyak sekali keinginan. Bagaimana pengaruh usia karyawan dengan kepuasan kerja itu? . Dalam melatih disiplin kita dituntut untuk konsisten dalam menjalaninya. Audit competency staff SDM Audit kepuasan terhadap fungsi SDM 29. Pastikan setiap hari Anda memiliki suatu target yang realistis. antara lain : Budaya Organisasi. Konsisten. Fungsi Penghargaan dan Penghukuman : Compensation & Benefit. 31. adalah juga mengaudit aspek Soft Organisasi. jika kepuasan karyawan terpenuhi dengan baik maka dengan sendirinya karyawan akan mengeluarkan kemampuannya. Coba anda susun konsep kedisiplinan itu? 1. Dari aspek diatas.Pastikan juga Anda sudah berusaha maksimal dan berhasil merealisasikan target-target tersebut setiap hari. Pay for Performance. dalam hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan itu sendiri. 2.Fungsi Pemerliharaan : Industrial Relation. Putuskan keinginanyang paling memungkinkan Anda wujudkan sebagai target harian. sebab setiap kebiasaan dan pola perilaku yang terbentuk dengan berlatih maka disiplin tidak lagi menjadi beban melinkan menjadi kebisaan kita.

33. terutama dalam hal kedisiplinannya. karena jika kompensasi kurang berjalan dengan efektif. hal ini berkaitan dengan pemenuhan kepuasan karyawan. Apakah ada pengaruh spesifiksi pekerjaan (job specification) terhadap kedisiplinan itu? Jenis jenis pekerjaan ada banyak dan tidak semua karyawan dapat mengerjakan setiap pekerjaan. maka produktivitas serta moral dan sikap karyawan akan menurun. hal ini juga akan menunjang kedisiplinan karyawan dalam bekerja. maka dengan sendirinya karyawan tersebut akan baik pula. kepemimpinan seorang pimpinan menjadi panutan serta teladan bagi bawahannya. karyawan harus mengetahui apa-apa saja yang harus dikerjakannya. secara otomatis juga mengurangi absensi serta turn over. 36. . Bagaiaman hubungan usia karyawan dengan kedisplinan itu? Umur karyawan sangat mempengaruhi kedisiplinan kerja. tuntutan kepuasan kerjanya tinggi sedang karyawan tua tuntutan kepuasan kerjanya relative rendah 32. jika kompensasi diberikan. 34.Umur karyawan sangat mempengaruhi kepuasan kerja. oleh karena itu jika pimpinan memiliki sikap kepemimpinan yang baik. sehingga dikatakan rendah dalam hal disiplin. Karyawan yang masih muda. santai dlam mengerjakan pekerjaan. tuntutan kedisiplinan kerjanya trendah sedang karyawan tua tuntutan kedisiplinan kerjanya relative tinggi karena merasa telah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi thd perusahaan 35. lebih banyak usia muda dihabiskan dalam bentuk santai. oleh karena itulah ada yang disebut dengan spesifikasi kerja. maka karyawan akan disiplin. oleh karenanya itu penguraian pekerjaan sangat penting. Kenapa usia muda tingkat kedisplinannya relative rendah? Karena usia muda masih sangat kurang dalam hal bertanggung jawab pada pekerjaannya. Bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap tingkat kedisiplinan itu? Kepemimpinan sangat mempengaruhi kedisiplinan. Bagaimana pengaruh kompensasi terhadap kedisiplinan karyawan? Kompensasi merupakan salah satu factor penting dalam menunjang kedisiplinan karywan. usia muda adalah usia-usia pemberontak yang sulit untuk diatur dalah peraturan perusahaan. 37. Karyawan yang masih muda. Sejauh mana pengaruh uraian pekerjaan (job description) terhadap tingkat kedisiplinan? Sebelum bekerja.

Apa faedah organization chart dalam meningkatkan kedisiplinan itu? Faedah organization chart dapat menjadi patokan dalam bekerja dan menjadi batasan batasan dalam melakukan pekerjaan. hal ini sama juga dengan job specification dan berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan karyawan. 39. karena dapat merangsang kinerja karyawan sehingga lebih giat dan disiplin dalam bekerja. dengan pemberian pekerjaan berdasarkan kemampuan masing-masing maka tingkat kedisiplinan akan meningkat pula seiring dengan kinerja karyawan. Apa saja alat pemimpin dalam meningkatkan kedisiplinan itu? Alat yang digunakan pemimpin adalah berupa material dan nonmaterial 40. salah satunya adalah disiplin sehingga dapat dikatakan bahwa karyawan tersebut berprestasi. 38. . 41. Karyawan yang bagaimana yang dikatakan mempunyai kedisplinan yang baik? Karyawan yang memiliki kesadaran serta kesediaan dalam bekerja dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Apakah ada pengaruh pengupahan insentif terhadap kedisiplinan itu? Pengupahan insentif sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan. Apa kaitan kedisiplinan karyawan terhadap promosi dan demosi? Kaitan kedisiplinan dengan demosi dan promosi adalah jika karyawan memiliki sikap yang baik.pekerjaan diberikan berdasarkan kemampuan masing-masing karyawan . 42. dari prestasinya itulah karyawan mendapatkan promosi dari karyawan sebagai balas jasa dari prestasi kerjanya. ataupun sebaliknya mendapatkan demosi jika produktivitas karyawan tersebut dibawah standar perusahaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful