REMAJA BERKUALITAS

DI SAMPAIKAN OLEH USTADZ YUSRI HERMAN

SMP IT ITTIHADUL MUWAHIDIN

.Masa Remaja Para ahli mengatakan bahwa rentang usia remaja adalah 13 ± 19 tahun. Keadaan ini disebabkan pengaruh perkembangan dan pertumbuhan. perkembangan intelektual dan ada perhatian dan dorongan nafsu terhadap lawan jenis. penuh dengan kegelisahan dan kebinggungan. Masa remaja adalah masa pancaroba. Misalnya : perubahan pergaulan sosial.

SEBAB DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA .KENAKALAN REMAJA.

Individu mempunyai cacat tubuh c. sebab sebab yang terdapat di dalam diri individu a. Perkembangan kepribadian yang terganggu b. Pengertian dan Penyebab Kenakalan Remaja Kenakalan remaja (juvenile delinquency) berarti suatu penyimpangan tingkah laku yang dilakukan oleh remaja hingga menganggu ketentraman diri sendiri dan orang lain. SEBAB SEBAB JUVENILE DELIQUENCY Pertama. Individu yang mudah terpengaruh .1.

Kondisi keluarga yang tidak mendukung perkembangan kepribadian anak yang baik c. Kurangnya kasih sayang yang dialami anak e. sebab sebab yang terdapat di luar diri individu a. Lingkungan pergaulan yang kurang baik b. Karena kecemburuan sosial atau frustasi terhadap keadaan sekitar . Pengaruh media massa d.Kedua.

remaja bersifat pemalu. terlalu perasa. Pseudo social deliquent. suatu sikap yang suka melawan kekuasaan seseorang . suka menyendiri. rasa bermusuhan dan pendendam. b. gelisah dan mengalami rendah diri. Jenis jenis Kenakalan Remaja Wright membagi kenakalan remaja dalam beberapa keadaan a. setia dan kesetiakawanan yang baik. remaja yang mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap kelompok sehingga sikapnya tampak patuh. .2. Unsocialized deliquent. c. Neurotic delinquency.

membina lingkungan sosial yang sehat dalam arti normatif dan responsif Ketiga. baik yang tercetak maupun yang tersiar melalui elektronik . Keempat. majalah dan poster poster.3. menyehatkan kembali materi dan penyajian dalam media massa. Membina dan meningkatkan kualitas keluarga sehingga kedua orang tua berkesempatan membina dan mengembangkan kepribadian dan akhlak anak dengan baik dan membahagiakan. Kedua.Langkah langkah Konstruktif Penanganan Pertama . . buku. tingkatkan pendidikan keagamaan dalam masyarakat juga kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

maka kenakalan remaja merupakan akibat yang tidak dapat dihindarkan lagi. Jika dalam pertumbuhan dan perkembangan remaja kurang mendapat pendidikan dan pengarahan yang penuh tangung jawab dari kedua orang tua mereka.Kenakalan remaja bukanlah suatu atau keadaan yang berdiri sendiri tetapi merupakan perpaduan dari beberapa kondisi yang dialami anak remaja. .

.Kedisiplinan merupakan salah satu unsur dalam kepribadian seseorang yang telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Kesadaran yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang akan membantu tegak teguhnya perasaan kedisiplinan dalam kehidupan seseorang. Pengaruh pendidikan dan percontohan orang tua dalam kehidupan keluarga. akan mengembangkan kedisiplinan dalam kehidupan anak yang kelak akan sangat permanfaat.

berusaha mengembangkan sikap yang diterima lingkungan sampai akhirnya dapat memiliki nilai nilai pada diri sendiri. melatih anak untuk lebih mandiri. Mengajarkan anak disiplin sejak dini. .Kapan saat tepat mengajarkan disiplin ? Disiplin pada hakekatnya merupakan pembentukan ketekunan dan nilai hidup. Kohlberg menceritakan bahwa pembentukan disiplin berlangsung dengan diawali dari rasa takut terhadap hukuman. Disiplin erat kaitannya dengan kemandirian. Kemandirian yang dihasilkan dari kehadiran dan bimbingan orangtua akan menghasilkan kepribadian yang utuh.

Disiplin dan ketaatan merupakan asas kekuatan pada umat Islam.Disiplin dan pengorbanan Pada masa Kepemimpinan Rasulullah dalam menegakkan perjuangan Islam disamping menekankan pengorbanan juga ditunjang dengan disiplin yang tinggi. Khuram Murad menyatakan sesungguhnya pengorbanan akan menyuburkan kualiti rohani yang positif bagi manusia. Dalam perjuangan Islam. perjuangan itu memperteguhkan kesetiaan dan keimanan kepada Allah. lebih besar pengorbanan akan membawa lebih teguh dan mendalam pula keimanan. yaitu lebih kuat teguh keimanan. Asas disiplin yang tinggi yang ditekankan ialah ketaatan dan kepatuhan terhadap arahan yang diberikan . walaupun penuh dengan resiko. Di contohkan pada saidina Ali bin Abi Thalib sanggup menggantikan baginda dan di tempat baginda pada malam penghijrahan Rasul ke Madinah. . Menyentuh tentang kepentingan pengorbanan dalam Islam. Di samping itu pengorbanan dan komitmen itu merupakan interaksi dua hal.

mempertahankan... KEDISIPLINAN & PENGORBANAN Merupakan saudara kembar yang mempengaruhi perjuangan........ dan memperluaskan Islam .Nyatalah..... Yang telah diperlihatkan oleh Rasulullah SAW dan generasi awal dalam membawa.

. insya Allah akan dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya dan terjauh dari sikap dan tindakan yang keliru tidak sesuai tuntunan agama Islam.... Seperti yang Rasulullah SAW contohkan dalam membina generasi penerus.. Remaja Islam alangkah tepatnya jika dibekali dengan tuntunan agama tauhid yang luhur serta kedisiplinan yang tinggi : ibadah. aqidah... agar di manapun ia dan apapun kegiatannya .......SEHINGGA. . dan ajaran akhlaknya...

Bagaimana Rosulullah SAW menyiapkan Generasi Penerus ? .

Membina para pemuda untuk senantiasa mengintropeksi diri dan memperbaiki amalnya. 3. Menyeru pemuda supaya mengambil dan memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan yang ada guna membentuk pribadi menjadi baik dan kokoh dari aspek rohani. 6. jasmani mental. 4. Memelihara jiwa pemuda dari penyelewengan dan penyimpangan. . Membina pemuda untuk selalu istiqomah dan menjauhkan mereka dari hal yang sia-sia dan mendorong supaya terus bertawakal kepada Allah. 5. Rasulullah berwasiat agar menjaga para pemuda dan menjelaskan kelebihan mereka atas orang orang tua. akal dan akhlak.6 poin yang diajarkan Rasulullah dalam mempersiapkan dan membina generasi muda : 1. 2. Mempersiapkan pemuda untuk konsisten dalam ketaatan kepada Allah Ta ala beribadah kepadaNya dan menjauhi laranganNya .

. Dengan pembentukan ini para pemuda akaln lebih mampu untuk menghadapi berbagai tantangan....... Tujuan dari pembinaan dan persiapan ini adalah agar pemuda terbentuk sebagai pribadi yang sempurna.... mental. baik aspek rohani... . jasmani dan jiwa... lebih kuat untuk melaksanakan tanggung jawab dan lebih kokoh dalam berpegang teguh dengan dasar dasar Islam...Jadi Tidak Diragukan Lagi. akhlak... Serta seluruh aspek yang menyempurnakan kepribadian mereka ...

JAZAKUMULLAH .