P. 1
IP Publik

IP Publik

|Views: 91|Likes:
Published by Yanz2001

More info:

Published by: Yanz2001 on Dec 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2010

pdf

text

original

IP Publik Dan Cara Mendapatkannya

IP Publik adalah IP yang digunakan dan dikenal oleh jaringan internet. IP Publik diatur secara Internasional oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority), di mana untuk wilayah Asia pasifik didelegasikan ke APNIC (Asia-Pacific Network Information Centre). Di Indonesia ada sekitar 38 Perusahaan/lembaga yang terdaftar (member) langusng ke APNIC, bisa dilihat di APNIC. Ada beberapa kelompok member yaitu : Very Large, Extra Large, large, Medium, Small, Very Small, Accociate yang dikategorikan berdasarkan Block IP yang dibeli (sewa). Misal PT Telkom dan Indosat masuk dalam kategori Very large . Untuk wilayah Indonesia, Ketika kita berlangganan internet Dedicated ke ISP (penyedia layanan Internet) yang menjadi member APNIC baik secara langsung atau tidak, umumnya kita akan mendapatkan IP Publik. Jumlah IP yang kita dapatkan akan tergantung dari kebijakan masing-masing ISP. Namun IP ini adalah IP Publik yang dipinjamkan kepada kita selama kita menggunakan jasa mereka. Cara yang lain adalah kita membeli (sewa) IP Public misalnya melalui APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), namun kita perlu bayar sewa IP berdasarkan jumlah IP (block) yang akan digunakan. Namun supaya IP bisa diakses, kita tetap memerlukan penyedia layanan Internet dedicated (leased line). Selain itu kita perlu melalukan konfigurasi jaringan kita dengan IP Transit supaya IP Public kita bisa diakses/dikanali. IP Publik ini akan bersifat permanen selama kita menyewa IP. Cara melihat IP Publik kita yang paling sederhana adalah menggunakan Tool Online yang bisa digunakan secara bebas seperti :
http:// whatismyip.com http:// whatismyipaddress

Jika IP yang terlihat dari Web tadi terseting di Router atau PC kita, bisa dipastikan PC atau Router kita mempunyai IP Publik. Jika tidak, dimungkinkan IP Publik terdapat di Router diatas Router kita (Router ISP).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->