Kepada Anggota kelompok Sytase Emergensi ku: Karena satu dan lain hal, maka diberikan tugas pengganti Ujian

. Tugas membuat makalah diagnosis dan tatalaksana kasus. Herdi (Epistaksis) Riko (Fraktur Kompresi) Dewi Rafika (Diare Cair Akut, Dehidrasi Berat) Ima (Krisis Hipertensi) Jusenda (Status Asmatikus) Aulia R (Trauma mata et causa Basa), bahas terutama yg basa kuat Sheila (Konstipasi) Dewi Sri (GERD) Alex (Luka Bakar Derajat III)

Format Isi tidak ada batas jumlah halaman margin halaman:atas-kiri-bawah-kanan, biasa 4-4-3-3 times new roman 12 Spasi 1,5 daftar Pustaka minimal 2 buku Teks dijilid

CONTOH Format Cover Semua BOLD Alignment CENTER DIAGNOSIS DAN TATALAKSANA (ENTER)

gunakan ketentuan di note jarkom ini Tertanda . semakin cepat nilai keluar dan libur aidil adha. Jarkom ini perbaikan dari jarkom SMS.EPISTAKSIS (kasus usahakan ketik satu baris) (Bagian ini Ketik miring) Disusun Untuk (ENTER) Memenuhi Sebagian Syarat Kelulusan (ENTER) Stase Emergency Medicine HERDI I11105012 LOGO UNTAN PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2010 Karena semakin cepat dikumpul.. kita sepakati makalah dikumpul ke riko hari senin pagi jam 10 di rusun. Thanks atas perhatianny. jika ada perbedaan.

ensiklopedia bebas Gambar seorang wanita yang mengalami salah satu gejala konstipasi atau sembelit yang umum yaitu susah buang air besar. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Pengobatan .Ketua Stase Emergensi Konstipasi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

terapi serat. memijat perut. dan pembedahan (walaupun pilihan ini cukup jarang dilakukan). minum air putih sebanyaknya. meminum minuman prebiotik dan probiotik. atau bahkan ketergantungan obat pencahar).5 juta orang pergi ke dokter karena masalah konstipasi.Foto hasil sinar-x seseorang yang sedang mengalami konstipasi atau sembelit. tinja berbentuk cair. maka penderita dilarang: y y y y Menahan buang air besar Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas Makan dalam porsi yang banyak Meminum minuman yang berkafein dan soft drink Penyebab . Sedangkan dengan cara sedikit dipaksa yang biasanya untuk penderita obstipasi. atau membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari dengan membuat jadwal buang air besar yang disebut bowel training. Agar penderita konstipasi dapat cepat sembuh. yaitu dengan mengkonsumsi obat pencahar disebut laksatif (yang kadang-kadang menyebabkan perut terasa melilit berlebihan. Setiap tahunnya kira-kira lebih dari 2. penghisapan tinja atau feses dengan alat khusus. Pengobatan dan peredaan konstipasi secara alami dapat dilakukan dengan pengubahan pola makan menjadi lebih sehat. rajin berolahraga.

dan masih banyak lainnya. menahan rangsangan untuk buang air besar dalam jangka waktu yang lama dan seharusnya segera dikeluarkan dan dibuang. dan terasa berat sehingga malas mengerjakan sesuatu bahkan kadang-kadang sering mengantuk. hormon. dan antasida). Tubuh tidak fit. lesu. kekurangan asupan vitamin C. 2 (konstipasi sedang) dan 3 (konstipasi ringan) dari Bristol Stool Chart yang menunjukkan tingkat konstipasi atau sembelit. pengaruh hormon dalam tubuh. karena usia lanjut.Model tinja atau feses 1 (konstipasi kronis). tidak nyaman. Penyebab umum konstipasi atau sembelit yang berada disekitar kita antara lain karena sedang menjalankan ibadah puasa. menderita panas dalam. analgesik. Tanda dan gejala Gejala dan tanda akan berbeda antara seseorang dengan seseorang yang lain. . kekurangan makanan berserat. Sering berdebar-debar sehingga cepat emosi yang mengakibatkan stres sehingga rentan sakit kepala atau bahkan demam. efek samping akibat meminum obat tertentu (misalnya obat antidiare. sedang dalam masa kehamilan.gaya hidup dan bentuk usus besar setiap orang berbeda-beda. kelainan anatomis pada sistem pencernaan. cepat lelah. kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. karena pola makan. tetapi biasanya gejala dan tanda yang umum ditemukan pada sebagian besar atau kadang-kadang beberapa penderitanya adalah sebagai berikut: y y y Perut terasa begah. Konstipasi atau sembelit adalah keluhan pada sistem pencernaan yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat luas termasuk di sekitar kita. stres dalam pekerjaan. gaya hidup yang buruk. disebakan oleh penyakit. Bahkan diperkirakan sekitar 80% manusia pernah mengalami konstipasi atau sembelit. dan bahkan terasa kaku. aktivitas yang padat. penuh.

Lebih sering buang angin yang berbau lebih busuk daripada biasanya. dan lebih sedikit daripada biasanya. Pada saat buang air besar feses atau tinja sulit dikeluarkan atau dibuang. Yang lainnya Munculnya rasa mulas dan nyeri pada perut bukan suatu tanda dan gejala. eksim. dan terganjal sesuatu disertai sakit akibat bergesekan dengan tinja atau feses yang kering dan keras atau karena mengalami ambeien atau wasir sehingga pada saat duduk terasa tidak nyaman. Mengalami mual bahkan muntah. Tinja sangat keras dan berbentuk bulat-bulat kecil.y y y y y y y Aktivitas sehari-hari terganggu karena menjadi kurang percaya diri. Konstipasi atau sembelit lebih . Frekwensi buang air besar dapat mencapai berminggu-minggu. dan sebagainya. tidak bersemangat. maka toksin itu menyebar ke seluruh tubuh. gejala pada penderitanya tidak terlalu berbeda hanya saja sedikit lebih parah yaitu: y y y y y y y Perut terlihat seperti sedang hamil dan terasa sangat mulas. flek hitam. dan meningkatnya waktu buang air besar (biasanya buang air besar menjadi 3 hari sekali atau lebih). tidak plong. lebih panas. Sering kurang percaya diri dan kadang-kadang ingin menyendiri. Bagian anus atau dubur terasa penuh. Tubuh sering terasa panas. terasa seperti ada yang mengganjal. berbunyi saat air diserap usus. Penyebabnya karena racun atau toksin yang berasal dari tinja menumpuk di usus besar dan membebani kinerja hati. Sedangkan untuk konstipasi yang kronis atau obstipasi. Gejala akibat penyebaran toksin inilah yang dapat langsung terlihat pada kulit penderita. dan gerakannya lebih lambat daripada biasanya. jerawat. lemas dan berat. Usus kurang elastis (biasanya karena mengalami kehamilan atau usia lanjut). Tetap merasa lapar tapi ketika makan akan lebih cepat kenyang (apalagi ketika hamil perut akan terasa mulas) karena ruang dalam perut berkurang. begitupula mulas dan nyeri yang tak tentu juga tidak menuju ke suatu gejala penyakit. dan berwarna lebih gelap daripada biasanya. Apabila si penderita memilliki daya tahan tubuh yang lemah maka gangguan tersebut akan semakin tampak. Gangguan kulit Gangguan kulit biasanya jarang ditemukan pada penderita konstipasi biasa dan lebih rentan menyerang penderita obstipasi. Biasanya gangguan-gangguan ini hanya dapat hilang bila si penderita sudah sembuh dari konstipasi atau obstipasi. Karena kinerja hati terbebani. dan kadang-kadang harus mengejan ataupun menekan-nekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan dan membuang tinja (bahkan sampai mengalami ambeien). Menurunnya frekwensi buang air besar. dan tubuh terasa terbebani yang mengakibatkan kualitas dan produktivitas kerja menurun. Gangguan yang dapat terjadi misalnya kulit kusam. tubuh berkeringat dingin. Tinja atau feses lebih keras.

atau . Kurang serat. seperti kelenjar tiroid yang tidak aktif. gangguan hormonal. penyakit tiroid. yaitu kondisi bawaan yang disebabkan adanya saraf usus besar yang hilang. Penggunaan obat pencahar yang terlalu sering atau berlebihan. Kurang aktivitas fisik. Wasir. rumah. anak-anak mengalami konstipasi karena takut atau tak ingin menggunakan toilet. biasanya. Tidak peduli pada sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh perut. Sedang tidak enak badan. Anda juga merasa BAB Anda tidak puas. Gangguan pada usus besar atau dubur. Obat-obatan tertentu.wikipedia. belum terbiasa dengan suatu bumbu makanan (biasanya pedas). tidak mempedulikan desakan untuk BAB karena sedang bermain. seperti kehamilan. Tetapi. terutama pada manula. "Mengapa saya mengalami konstipasi?" Pertanyaan ini mungkin hinggap di pikiran Anda. diketahui beberapa kasus konstipasi yang berhubungan kanker usus besar. Perubahan gaya hidup atau rutinitas. Walau demikian. Pada anak-anak. Cedera sumsum tulang belakang yang dapat mempengaruhi saraf-saraf yang berhubungan dengan usus. atau Parkinson's. [1] http://id. Anda mengalami konstipasi apabila ada pergerakan tidak nyaman di perut serta buang besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu dengan buangan yang keras dan kering. penuaan. diabetes.sering terjadi pada anak-anak (karena sistem pencernaan pada anak-anak belum terlalu sempurna) dan orang tua (karena kinerja sistem pencernaan pada orang tua menurun). Setelahnya.org/wiki/Konstipasi Konstipasi Konstipasi adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum. Sementara itu. konstipasi pada anak-anak bisa menjadi penanda penyakit Hirschsprung. seperti stroke. atau perjalanan ke luar kota. bahkan sering menunda desakan untuk BAB. Penyakit tertentu. y y y y y y y y y y y y y y y Jumlah asupan air yang kurang atau dehidrasi. Konstipasi umumnya tidak mengindikasikan suatu kondisi yang serius. Ketika BAB. konstipasi dapat mengarah kepada soiling (enuresis dan encopresis). Gangguan hormonal. Irritable bowel syndrome. seperti pereda rasa sakit atau penurun tekanan darah. atau lingkungan baru. serta karena ada tekanan di sekolah. dan lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Tubuh kekurangan garam karena muntah atau diare. Anda juga merasa dubur "tidak bekerja sama". Jawabannya mungkin ada di daftar berikut ini.

dan makanan kalengan harus Anda hindari bila Anda ingin mengatasi konstipasi Anda. karena Anda bisa mengakalinya dengan jus buah atau sirup madu. Keempat.hdindonesia. walaupun Anda sudah mengubah gaya hidup Anda. sehat. patuhlah pada jam makan Anda. Cukup dengan mencampurkan satu sendok HD Clover Honey ke dalam segelas air putih. Perubahan gaya hidup akan berperan besar dalam mengatasi masalah pencernaan ini.penyakit autoimun. Bila saat ini Anda acuhkan. Pertama. Aktivitas fisik yang kurang merupakan salah satu penyebab konstipasi. Atasi dengan Mengubah Gaya Hidup Biasanya konstipasi hanya bersifat sementara.2 Bayi yang disusui ASI mungkin mengalami BAB setiap selesai disusui atau . perbaiki diet Anda dengan menambahkan makanan kaya serat ke dalam menu harian Anda atau anak Anda. seperti bersepeda. 2010 Konstipasi 1/15/2007 Apakah Konstipasi Itu? Konstipasi adalah kondisi di mana feses memiliki konsistensi keras dan sulit dikeluarkan. maka Anda akan mendapatkan asupan cairan yang enak. berolahraga. responsif terhadap sinyal dari perut. daging.com/info-kesehatan/konstipasi Browse: Home / Guidelines / Konstipasi Konstipasi By admin2 on January 11. serta oatmeal adalah makanan yang dianjurkan bagi Anda. dan berlari akan memicu perubahan positif pada konstipasi Anda. Kegiatan sederhana. Tidak selalu air putih. perbanyak asupan air minum Anda. Berolahraga akan membantu merangsang aktivitas usus sehingga akan memperlancar proses BAB Anda. Pada anak normal. dan baik untuk pencernaan Anda dan keluarga. sementara keju.1. konsistensi feses dan frekuensi BAB dapat berbeda-beda. Ketiga. Anda patut khawatir bila konstipasi Anda atau anak Anda bertahan hingga 2 minggu atau lebih. buah dan sayur segar. Jangan acuhkan keinginan untuk BAB.1 Masalah ini umum ditemui pada anak-anak. Buang air besar mungkin disertai rasa sakit dan menjadi lebih jarang dari biasa. lempar-tangkap bola. maka nantinya Anda akan sulit untuk melakukannya http://www. Biji-bijian. Kedua. Selain itu.

2. Toilet training pada anak yang belum siap secara emosional dapat mengakibatkan anak memberontak dengan menahan keinginan BAB. Hal ini seperti lingkaran setan karena mengedan untuk mengeluarkan feses yang keras dapat menyebabkan terjadinya fissure. dan penggunaan obat yang sesuai jika diperlukan. serta rendah serat (sayuran.hanya sekali dalam 7-10 hari. misalnya pada anak dengan riwayat feses yang lebih padat dari normal pada minggu-minggu awal setelah lahir. makananmakanan manis). Mengedan untuk mengeluarkan feses yang keras dapat menyebabkan robekan kecil pada lapisan mukosa anus (anal fissure) dan perdarahan Konstipasi meningkatkan risiko infeksi saluran kemih Konstipasi dapat disebabkan oleh:1. ia dapat kehilangan kemampuan merasakan kebutuhan ke toilet untuk BAB sehingga menyebabkan anak BAB di celananya. fenobarbital (obat kejang). Nutrisi yang buruk. tunggu beberapa bulan sebelum memulainya kembali. Beberapa obat dapat menyebabkan konstipasi.3 y y y y y y y y Sakit perut.2. perbaikan kebiasaan BAB. misalnya robekan pada lapisan mukosa anus (anal fissure). Jika anak mengalami konstipasi yang cukup berat. Umumnya dengan nutrisi yang baik. dan obat batuk yang mengandung kodein. masalah ini dapat ditangani. . misalnya tidak tersedianya cukup waktu untuk BAB dengan tuntas. buah-buahan. whole grains). Gejala dan Tanda Konstipasi dapat menyebabkan gejala berikut:1. Kurangnya asupan cairan. Penanganan konstipasi hanya diperlukan jika pola BAB atau konsistensi feses menyebabkan masalah pada anak. Bayi yang disusui formula dan anak yang lebih besar mungkin mengalami BAB setiap 2-3 hari. misalnya yang tinggi lemak hewani dan gula (pencuci mulut. Kurangnya aktivitas fisik. misalnya antasid.3 y y y y y y y y y Kecenderungan alami gerakan usus yang lebih lambat. Dengan demikian frekuensi BAB yang lebih jarang atau konsistensi feses yang sedikit lebih padat dari biasa tidak selalu harus ditangani sebagai konstipasi. Kebiasaan BAB yang tidak baik. Kadang konstipasi dapat terjadi karena penganiayaan seksual (sexual abuse). dan nyeri yang disebabkan fissure menyebabkan anak menahan kebutuhan BAB yang memperparah konstipasi. Toilet training yang dipaksakan. Adanya kondisi anus yang menyebabkan nyeri. Jika anak belum siap untuk menjalani toilet training. obat pereda nyeri. BAB mungkin disertai rasa sakit Turun atau hilangnya napsu makan Rewel Mual atau muntah Turunnya berat badan Noda feses di celana dalam anak yang menandakan banyaknya feses yang tertahan di rektum (bagian usus besar terdekat dengan anus). Hal ini disebut encopresis atau fecal incontinence.

Berikan minimal 3 sajian sayuran setiap hari. Anak juga harus belajar untuk tidak menahan keinginan BAB. kaliber feses yang kecil. wheat. dan oatmeal. whole grain.Konstipasi dapat merupakan akibat dari beberapa penyakit seperti tidak adanya saraf normal di sebagian usus (Hirschprung disease).3 Berikan minimal 2 sajian buah setiap hari. Memperbanyak jumlah serat dalam makanan anak dapat mencegah konstipasi. Hindari sereal seperti corn flakes. banyak minum Diare. kemungkinan masalah organik yang mungkin menyebabkan konstipasi harus diteliti dengan lebih cermat. aprikot. Jika orang tua mencurigai adanya masalah tersebut. Kadang anak mengalami kekhawatiran jika harus menggunakan toilet di sekolah. atau beberapa kelainan metabolik. Makanan tinggi serat y y y y y Serat membuat BAB lebih lunak karena menahan lebih banyak air dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Buah yang dimakan beserta kulitnya. bahkan jika anak telah menyelesaikan BAB sebelum lima menit tersebut habis. pneumonia berulang Anus yang tidak tampak normal baik bentuk maupun posisinya Lebih dari 95% konstipasi pada anak di atas satu tahun adalah konstipasi fungsional (tidak ada kelainan organik yang mendasarinya). memiliki banyak kandungan serat. . bahkan jika anak tidak merasa ingin BAB. demam. Penanganan Pada bayi di bawah usia satu tahun. denyut nadi yang lambat Banyak BAK. tidak tahan cuaca dingin. Anak harus duduk selama lima menit. adanya lesung atau rambut di punggung bagian bawah Selalu tampak lelah. Beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan serat anak adalah:1.2 Salah satu caranya adalah dengan membiasakan duduk di toilet secara teratur sekitar lima menit setelah sarapan. Namun sebab-sebab ini relatif jarang dan umumnya disertai gejala lain. Berikan roti gandum (wheat) sebagai ganti roti putih. misalnya plum. atau terabanya benjolan di perut Perut yang kembung Lemahnya otot atau refleks kaki. kurangnya hormon tiroid. kelainan saraf tulang belakang. muntah kehijauan. keterbelakangan mental.2. gagal tumbuh. Berikan sereal yang tinggi serat sepert bran.5 Umumnya masalah ini dapat ditangani dengan cara sebagai berikut:2 Kebiasaan BAB yang baik y y Anak yang mengalami konstipasi harus dilatih untuk membangun kebiasaan BAB yang baik. orang tua hendaknya membicarakan masalah tersebut dengan anak maupun pihak sekolah. terutama apabila konstipasi disertai gejala lain seperti:5 y y y y y y y Keluarnya feses pertama lebih dari 48 jam setelah lahir. diare yang diserai darah. dan peach.

dan sebelum tidur. Laksatif lain yang digunakan misalnya lactulose. atau magnesium citrate. Karena itu.3 Supositoria Jika setelah 2-3 hari penggunaan laksatif konstipasi anak tidak membaik. Biasakan anak untuk minum setiap kali makan. Enema Enema tidak boleh diberikan pada anak kecuali jika dokter memerintahkannya. Coloxyl (docusate). Psyllium husk (salah satu merknya adalah metamucil). bekerja dengan melunakkan dan melicinkan feses. barley malt extract. Laksatif ini bekerja dengan menstimulasi usus untuk mengosongkan isinya. Laksatif y y y y y y y y y Laksatif mungkin dibutuhkan untuk menangani konstipasi. supositoria seperti glycerin atau durolax suppositories dapat digunakan. Agarol (parafin cair dan fenoftalein).1. . Laksatif ini bekerja dengan melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Laksatif ini berbentuk cairan dan bekerja dengan cara yang sama seperti agarol.Banyak minum dapat mencegah konstipasi. Jika laksatif tidak bekerja atau harus diberikan berulang kali. Parachoc (parafin cair dengan rasa coklat-vanila). bekerja dengan melunakkan feses. laksatif hanya boleh digunakan dengan pengawasan dokter dan sesuai dosis yang diberikan. Perlu diingat bahwa penggunaan laksatif jangka panjang dapat berbahaya bagi anak. Jangan gunakan vaselin karena vaselin tidak larut dalam air. Laksatif ini berupa tablet atau tetes. Senokot (senna). BAB biasanya akan terjadi 30 menit setelah pemberian supositoria.2 Irigasi usus Hal ini hanya diperlukan pada sebagian kecil anak yang mengalami konstipasi yang sangat berat. magnesium hydroxyde.2 Hal ini dilakukan di RS dengan memberikan cairan bernama Golytely baik dengan cara diminum atau melalui selang lambung.2 Jus prune: Jus prune adalah laksatif ringan yang efektif pada sebagian anak. Bentuk laksatif ini adalah tablet dan bekerja dengan cara yang sama seperti senokot. anak harus dievaluasi oleh dokter. Beberapa laksatif yang dapat diberikan adalah:1. Laksatif ini berbentuk butiran yang dapat dicampur dengan makanan seperti es krim. sekali di antara waktu makan. yogurt) justru dapat mengakibatkan konstipasi pada sebagian anak. serta menstimulasi usus untuk mengosongkan isinya.2 Supositoria harus dilapisi dengan pelicin yang larut dalam air seperti KY jelly sebelum dimasukkan ke rektum (bagian usus besar terdekat dengan anus).4 Namun bayi di bawah usia satu tahun memiliki risiko lebih besar untuk mengalami keracunan magnesium. Durolax (bisacodyl). sorbitol. Laksatif ini berbentuk cairan. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak susu sapi atau produk susu lainnya (keju. Jus ini mungkin akan terasa lebih enak jika dicampur dengan jus buah lain.

Nurul Itqiyah H http://milissehat. Available from http://www. Evaluation and Treatment of Constipation in Infants and Children. Available from http://www.id/?p=74 .Berikut ini adalah algoritma penanganan konstipasi pada dua kelompok usia: di bawah satu tahun dan di atas satu tahun yang diambil dari http://www.org.aafp. Constipation in Infants and Children: Evaluation and Treatment. Constipation Guideline. Dery WH.org.November 1999.cfm?doc_id=5180 Kids Health Info for Parents. Available from http://www.org/afp/20060201/469.org/afp/20060201/469.mayoclinic.html Sumber y y y y y Clinical Practice Guideline.rch.html dr.612-626 Biggs WS.cfm?doc_id=3718 Children and Constipation: Ways to Cope and When to Worry. et al.au/clinicalguide/cpg.Volume 29(5).com/health/constipation/HQ00416 Baker SS.web.rch. Available from J Pediatr Gastroenterol Nutr. Available from http://www.aafp. Constipation.au/kidsinfo/factsheets.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful