P. 1
Ilmu Kealaman Dasar Slide

Ilmu Kealaman Dasar Slide

|Views: 279|Likes:
Published by Luthfi Hakim

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Luthfi Hakim on Jan 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

ILMU KEALAMAN DASAR

DIRECTED BY : M. ARIF HIDAYAT M.IQBAL ROBYANTO LUTHFI HAKIM DANANG SURYANTO

ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA

ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA Hakikat manusia dan sifat keingintahuannya ´ Perkembangan fisik, sifat dan pikiran manusia ´ Sejarah pengetahuan manusia
´

HAKIKAT MANUSIA DAN SIFAT KEINGINTAHUANNYA
´

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang mempunyai kemampuan berpikir logis dan analitis sehingga dapat mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif dan lebih baik. Ia mampu mengakumulasikan dan mengembangkan pengetahuan yang didapatnya sehingga diperoleh pengetahuan yang lebih baru. Sifat keingintahuan dan perkembangan alam pikirannya juga berkembang sejalan dengan perkembangan fisik tubuhnya. Hewan juga mampu berpikir dan mempunyai pengetahuan, tetapi pengetahuan ini terbatas hanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya saja dan tidak berubah dari zaman ke zaman. Hal ini yang disebut ´idle curiosityµ.

HAKIKAT MANUSIA DAN SIFAT KEINGINTAHUANNYA
Dalam menemukan pengetahuan, manusia melakukan pendekatan non-ilmiah yang disebut ´pseudoscienceµ dan pendekatan ilmiah. ´ Terdapat dua aliran pemikiran/filsafat dalam perolehan ilmu pengetahuan, ialah rasionalisme dan empirisme. ´ Aliran pemikiran yang mengembangkan pengetahuan berdasarkan logika/deduksi disebut rasionalisme, sedangkan aliran filsafat yang mengandalkan hasil pengamatan dan percobaan (berdasarkan induksi) disebut empirisme.
´

PERKEMBANGAN MANUSIA
´

´ ´ ´ ´ ´ ´ ´ ´

Tahap tahap perkembangan manusia memiliki fase yang cukup panjang. Untuk tujuan pengorganisasian dan pemahaman, kita umumnya menggambarkan perkembangan dalam pengertian periode atau fase perkembangan. Klasifikasi periode perkembangan yang paling luas digunakan meliputi urutan sebagai berikut: Periode pra kelahiran (prenatal period) masa bayi (infacy) masa awal anak anak (early chidhood) masa pertengahan dan akhir anak anak (middle and late childhood) masa remaja (adolescence) masa awal dewasa (early adulthood) masa pertengahan dewasa (middle adulthood) dan masa akhir dewasa (late adulthood)

PERKEMBANGAN FISIK, SIFAT DAN PIKIRAN MANUSIA
´

Tubuh manusia mulai berkembang sejak di rahim ibunya sampai manusia tersebut dilahirkan dan terus berkembang sampai masa dewasa. Perkembangan fisik tubuh manusia ini dapat mengarah ke bentuk tubuh pria dan wanita, tergantung kepada tipe kromosom sel tubuhnya. Perbedaan ini diciptakan karena masing-masing mempunyai peran biologis yang berbeda.

PERKEMBANGAN FISIK, SIFAT DAN PIKIRAN MANUSIA
´

Cara orang dewasa memburu pengetahuan didasari oleh caranya dahulu sebagai anak mengembangkan kemampuannya menemukan pengetahuannya dari alam sekitarnya. Pengetahuan diperoleh dengan berbagai cara, dapat melalui pendekatan nonilmiah dan ilmiah. Para ahli pendidikan dan psikologi memaparkan dan membagi perkembangan sifat dan alam pikiran manusia secara kronologis, mulai dari masa bayi, masa kanak-kanak, masa usia sekolah, masa remaja, dan masa dewasa.

OTAK

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA
´ ´

´

´

Manusia sebagai Homo Sapiens adalah mahluk yang berpikir sehingga merupakan mahluk yang cerdas dan bijaksana Manusia sebagai Homo Faber artinya manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya atau disebut sebagai manusia kerja dengan salah satu tindakan atau wujud budayanya berupa barang buatan manusia (artifact) Manusia sebagai Homo Languens adalah manusia dapat berbicara sehingga apa yang menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa kepada manusia lain. Bahasa sebagai ekspresi dalam tingkat biasa adalah bahasa lisan Manusia sebagai Homo Socius artinya manusia dapat hidup bermasyarakat, bukan bergerombol seperti binatang yang hanya mengenal hukum rimba, yaitu yang kuat yang berkuasa

´

´

´

Manusia sebagai HOMO ECCONOMICUS artinya manusia dapat mangadakan usaha atas dasar perhitungan ekonomi (homo economicus) Manusia sebagai HOMO RELIGIUS artinya manusia menyadari adanya kekauatan ghaib yang memiliki kemampuan lebih hebat daripada kemampuan manusia, sehingga menjadikan manusia berkepercayaan atau beragama. Manusia sebagai HOMO HUMANUS dan HOMO AESTETICUS artinya manusia berbudaya, sedangkan homo aesteticus artinya manusia yang tahu akan keindahan.

SEJARAH PENGETAHUAN MANUSIA

´

Sebenarnya, pengetahuan telah diperoleh manusia sejak manusia muncul di muka bumi. Perkembangan pengetahuan yang pesat dimulai sejak ratusan tahun sebelum Tahun Masehi. Para ahli sejarah membaginya menjadi 3 zaman: Zaman Babilonia, Zaman Pertengahan, dan Zaman Modern.

CARA MANUSIA MEMPEROLAH PENGETAHUAN PADA ZAMAN DULU Yaitu dengan mengandalkan perasaan daripada kebenaran pikiran antara lain dengan : Memperoleh pengetahuan dengan intuisi Memperoleh pengetahuan dengan trial dan error Logika dan pengetahuan

LAST BUT NOT LEAST
THANK YOU FOR YOUR ATTENTION WASSALAMUALAIKUM WR WB.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->