LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA

Kegiatan Praktikum

: Tekanan Osmosis.

Tujuan

: Membuktikan adanya tekanan osmosis.

Tempat, waktu Pelaksanaan

: Desa Campaga, September 2010.

b. Alat : a. Osmosis adalah peristiwa difusi atau perpindahan pelarut dari suatu larutan lebih encer atau pelarut murni ke larutan yang lebih pekat melalui selaput semipermeabel. Bahan : a. 3. Comtoh peristiwa osmosis adalah proses menyerapnya air melalui akar tanaman. 4. Kentang C. Menancapkan sedotan pada kentang. Gelas Kimia b. Cara Kerja 1. Membiarkan/mendiamkan selama 24 jam. Mengisi sedotan tersebut dengan larutan gula. Tekanan Osmosis adalah : tekanan yang diperlukan untuk menghentikan aliran dari pelarut murni kedalam larutan. 2. Mengukur kembali tinggi larutan gula dalam sedotan. 5.TEKANAN OSMOSIS A. . Penggaris 2. B. Alat dan Bahan 1. Sedotan Berlubang Besar c. Larutan Gula b. Mengukur tinggi larutan gula dalam sedotan. Teori Dasar a.

larutan gula mengalami penurunan ketinggian sebesar 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tekanan osmosis! Jawab : Osmosis sendiri merupakan proses perpindahan molekul-molekul zat pelarut dari tempat yang berkonsentrasi rendah (encer) menuju ke tempat yang berkonsentrasi tinggi (pekat) dengan melewati membran semipermeabel.D. ini berarti dari awal sampai didiamkan selama 24 jam. .6 cm Tinggi setelah 24 jam dalam sedotan 3. Hasil Pengamatan Awal Sesudah didiamkan 24 jam Jenis Larutan Larutan Gula Tinggi awal dalam sedotan 4. sehingga terjadi proses osmosis. Ini berarti larutan gula yang dimasukan memiliki konsentrasi yang lebih kecil dari pada konsentrasi pelarut dalam kentang. 2.4 cm.6 cm dan setelah didiamkan selama 24 jam tingginya 3. Hal ini terjadi karena larutan gula masuk / merembes kedalam kentang. Jawab : Tinggi larutan saat awal adalah 4. sehingga ketinggiannya menjadi turun.2 cm. Analisis Data 1.4 cm E. Bandingkan antara tinggi awal larutan gula dalam sedotan dengan setelah didiamkan selama 24 jam! Mengapa hal tersebut terjadi.

F.Sedangkan Tekanan Osmosis adalah suatu tekanan ketika terjadi keseimbangan interaksi antara pelarut dan larutan sehingga menghentikan aliran dari pelarut murni (encer) kedalam larutan itu (pekat). Sedangkan tekanan osmosis adalah suatu tekanan dimana saat proses osmosis itu sendiri telah berhenti / telah terjadi keseimbangan antara pelarut dan larutan. osmosis merupakan proses perpindahan molekul yang memiliki konsentrasi rendah menuju tempat yang berkonsentrasi tinggi dengan melalui membran semipermeabel. Kesimpulan Keseimpulan dari percobaan diatas bahwa. . Tekanan Osmosis dipengaruhi oleh konsentrasi dan bukan pada jenis molekul/partikel zat terlarutnya itu sendiri.