.

Agama Hindu dibagi menjadi tiga unsur: PENDAHULUAN ISI Tattwa/Filsafat SIMPULAN Susila/Etika Upacara/Ritual .

Susila PENDAHULUAN ISI Upaya mencari kebenaran SIMPULAN Upaya mengadakan penyelidikan atau mengkaji kebaikan manusia Upaya manusia memperagakan ketrampilan fisiknya dan kecerdasan rohani. .

Catur Warna: empat pilihan bagi setiap orang terhadap profesi yang cocok untuk pribadinya masing-masing. PENDAHULUAN ISI Brahmana Warna SIMPULAN Ksatrya Warna Wesya Warna Sudra Warna .

PENDAHULUAN ISI ra acari Gr asta SIMPULAN Wanaprasta iksuka .Catur Asrama : empat fase pengasramaan berdasarkan petunjuk kerohanian.

Catur Purusaartha: empat tujuan hidup manusia PENDAHULUAN ISI SIMPULAN Dhar a Artha Kama Moksa .

Ayuwulan: Apa hubungan susila. Wahyudi: Apa yang dimaksud dengan sastra Drshta? 4.apa maksudnya? 3.1. Candra: Catur warna berdasarkan bakat dan kemampuan. Balita dan siswa tergolong apa? 7. Surya Par: kenapa catur warna dalam perkembangannya mengalami bintik-bintik hitam? Dan apa maksudnya? 6. kenapa mereka tak dapat dipisahkan? 5. Byan: apa bedanya warna dengan kasta? 2. Prema: Catur warna berhubungan dengan profesi. tattwa dan ritual. serta bersifat universal. Savitiri: apa maksudnya hidup bermakna pada pengertian susila halaman 37 (LKS) kolom kedua? PENDAHULUAN ISI SIMPULAN .

Wahyu: bolehkah salah satu bagian dari catur asrama tidak dilaksanakan. Yetty: apa tujuan dan fungsi dari pembagian masyarakat Hindu pada Catur Warna? 11.8. Tutix: sehubungan dengan prinsip tat Wam Asi. seperti sukla brahmacari? 9. bagaimana tindakan sewenangwenang terhadap masyarakat? PENDAHULUAN ISI SIMPULAN . Lana: apakah bagian-bagaian catur asrama itu ada tingkatan umurnya? Bagaimana jika melanggar? 10.

PENDAHULUAN 12. banyak yang bekerja tidak sesuai pribadinya. Herlin: adakah seorang individu yang memiliki empat sifat dalam Catur Warna? Mungkinkah???? 14. bertentangankah dengan catur asrama? ISI SIMPULAN . Dhyana:apa perbedaaan bagian-bagian dari artha? 13. Zaman sekarang. Rama: Catur asrama sesuai profesi yang cocok dengan pribadi masing-masing.

Catur warna sesuai bakat. Ketiga ini bagaikan telur. Secara umum warna diklasifikasikan atas profesi dan kasta berdasarkan keturunan. Balita dan siswa masih mencari jti diri. Hidup bermkna yaitu saat sudah menggunakan kehidupan ini untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan berguna baik bagi diri sendiri.Pembahasan: 1. 6. Tattwa merupakan ajaran&filsafatnya. tattwa & ritual merupakan kerangka dasar agama Hindu. Catur Warna berdasarkan pada kemampuan dan bakat. 7. Jika sudah memiliki profesi baru bisa memilih warnanya sendiri. orang lain. Susila. bangsa ataupun negara. Sesungguhnya kasta merupakan warna yang mengalami perubahan (pada jaman dahulu). 2. 4. PENDAHULUAN ISI SIMPULAN . sehingga dapat dipilih sendiri juga dapat diaplikasikan pada agama lain selain Hindu. susila sebagai alikasi tattwa dan sebagai pnyempurna dharma adalah ritual.

Susila. Tattwa merupakan ajaran&filsafatnya. Catur warna sesuai bakat. sehingga dapat dipilih sendiri juga dapat diaplikasikan pada agama lain selain Hindu. Catur Warna berdasarkan pada kemampuan dan bakat. Hidup bermkna yaitu saat sudah menggunakan kehidupan ini untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan berguna baik bagi diri sendiri. PENDAHULUAN ISI SIMPULAN . Sesungguhnya kasta merupakan warna yang mengalami perubahan (pada jaman dahulu).Pembahasan: 1. Ketiga ini bagaikan telur. Jika sudah memiliki profesi baru bisa memilih warnanya sendiri. bangsa ataupun negara. tattwa & ritual merupakan kerangka dasar agama Hindu. 4. 6. orang lain. Secara umum warna diklasifikasikan atas profesi dan kasta berdasarkan keturunan. 7. Balita dan siswa masih mencari jti diri. susila sebagai alikasi tattwa dan sebagai pnyempurna dharma adalah ritual. 2.

PENDAHULUAN ISI Pembahasan: 5. SIMPULAN . Bintik-bintik hitam merupakan penyelewengan terhadap konsep warna sehingga berubah menjadi sistem kasta.