121

LAMPIRAN A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN RINGKASAN MATERI

122

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HASIL OBSERVASI AWAL Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Alokasi Waktu : Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Dasar : IV/ I : 3 X 35 Menit

Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu. Indikator : - Mengidentifikasi sifat benda padat, cair dan gas. - Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya. I. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu menjelaskan dan menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas. 2. Siswa mampu memberikan contoh benda padat, cair dan gas. II. Materi Pokok : Benda padat, cair dan gas.

III. Metode Pembelajaran : - Ceramah - Tanya jawab - Penugasan IV. Langkah-langkah Pembelajaran : A. Kegiatan Awal (10 Menit) : 1. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi pelajaran.

Siswa pun diberi tugas pekerjaan rumah yang telah dipersiapkan oleh guru. siswa diarahkan untuk memperhatikan penjelasan tentang sifat-sifat wujud benda. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan. cair dan gas. 3. Siswa diberi tes akhir pembelajaran 2.123 2. Lembar Kerja Siswa. 3. B. VI. Sarana (Alat) Belajar : Buku paket. Penjelasan guru mengenai tugas yang telah dikerjakan 6. 5. Sarana (Alat) dan Sumber Belajar : 1. Siswa siswa mengerjakan LKS. Kegiatan Akhir (30 Menit) : 1. Membahasan hasil kerja siswa pada LKS 4. Siswa diarahkan melalui kegiatan tanya jawab tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan benda padat. C. Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. 3. Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan. Siswa memperhatikan uraian penjelasan dari guru. . Siswa diberi lembar tugas untuk dikerjakan berkelompok sebagai hasil pengamatan terhadap demonstrasi/ percobaan. 2.

Tasikmalaya. Alat Tes : Isian/ uraian. : .Lembar Kerja Siswa. . Prosedur Tes : Tes akhir. Jenis Tes 4. Penilaian : 1. Kepala Sekolah November 2008 Guru Kelas IV B Drs.124 2. Bentuk Tes 3. Mengetahui. RACHMAT NIP. VII. Buku Paket “Sains” untuk SD Kelas IV.Lembar soal tes tertulis/ formatif. Sumber Belajar : KTSP SD. DUDU BADRUZAMAN NIP. 130617133 . Penerbit Erlangga. : Tes Tertulis/ tulisan. 130646260 M. 2.

Model Pembelajaran : Benda padat. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi wujud benda padat. Materi Pokok III. cair dan gas. II.125 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SIKLUS I Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Alokasi Waktu : Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Dasar : IV/ I : 3 X 35 Menit Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.Ceramah . IV.Kerja kelompok/ diskusi .Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya. : “Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT)”. Indikator : . cair dan gas memiliki sifat tertentu. 2. Siswa mampu menjelaskan dan menunjukkan bukti tentang sifat benda padat. Siswa mampu memberikan contoh benda padat. . I. cair dan gas. cair dan gas. Metode Pembelajaran : .Tanya jawab .Demonstrasi . Tujuan Pembelajaran : 1. cair dan gas.Penugasan .Mengidentifikasi sifat benda padat.

2. Kegiatan Inti (65 Menit) : 1. Mengaitkan pengalaman siswa tersebut dengan materi yang akan dipelajari. Kegiatan Awal (10 Menit) : 1. 4. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi pelajaran. Siswa dengan bimbingan guru melakukan pengamatan dan terlibat langsung terhadap demonstrasi/ percobaan untuk mengetahui sifatsifat benda padat. Langkah-langkah Pembelajaran : A. cair dan gas serta pengelompokkan benda berdasarkan wujudnya. cair dan gas. 4. Siswa dibagi menjadi empat kelompok belajar dan setiap anggota kelompok diberi nomor. Siswa diberi lembar tugas untuk dikerjakan berkelompok sebagai hasil pengamatan terhadap demonstrasi/ percobaan. cair dan gas. Siswa diberi penjelasan singkat tentang benda padat. 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. B. 5. .126 V. 3. Siswa dengan bimbingan guru berfikir bersama untuk mengerjakan tugas dalam lembar tugas siswa dan meyakinkan setiap anggota dalam kelompoknya untuk mengetahui dan memahami jawaban atau penyelesaian dari masalah atau tugas tersebut. Siswa diarahkan melalui kegiatan tanya jawab tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan benda padat. 3.

Siswa diberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah untuk mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya. Sarana (Alat) dan Sumber Belajar : 1. wadah bening atau wadah lain ukuran kecil. kain/ sapu tangan. kantong plastik. Kegiatan Akhir (30 Menit) : 1. air.127 6. Lembar Tugas Siswa. botol plastik bening. Sarana (Alat) Belajar : Buku paket. 2. tisu. balon karet berbentuk bulat dan lonjong). Siswa dengan bantuan guru membahas jawaban dari pertanyaan dalam lembar tugas siswa. plastisin. 2. tempat pensil/ kotak pensil. dengan cara guru memanggil suatu nomor tertentu kemudian siswa yang nomornya sesuai mencoba untuk menjawab dan menjelaskannya untuk seluruh kelas. Alat-alat peraga/ bahan dalam demonstrasi/ percobaan (Pensil. VI. penghapus pensil. C. penghapus pensil. baskom. Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pelajaran dengan menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan dan mencatat rangkumannya. rautan/ peraut pensil. . Sumber Belajar : KTSP SD. 3. Siswa melakukan tes tertulis secara individu sebagai tes hasil belajar. gelas. dua botol plastik yang dilubangi. karton tebal.

Tes proses. 4. Penerbit Erlangga.Lembar Tugas Siswa. Bentuk Tes : .Tes akhir. . 0611262 . Mengetahui. VII.128 - Buku Paket “Sains” untuk SD Kelas IV.Tes Tertulis/ tulisan. Jenis Tes : . Alat Tes : .Lembar soal tes tertulis/ formatif.Isian/ uraian.Tes perbuatan. 3. . 130646260 ERIN SUMARNI NIM. DUDU BADRUZAMAN NIP. .Perbuatan. 2. Kepala SD Negeri Sumelap 4 November 2008 Mahasiswa sebagai Penulis/ Peneliti Drs. Penilaian : 1. Tasikmalaya. . Prosedur Tes : .

Penghapus pensil 5. Plastisin 4. Karton tebal yang berbentuk pipa 2 buah 6. Penghapus pensil 3. Gelas 4.Mengamati dan mengetahui benda-benda berdasarkan wujudnya. Rautan (peraut pensil) Kegiatan 2 1. . I. Tempat pensil/ kotak pensil 5. cair dan gas. Air 2. Dua botol plastik yang dilubangi . Botol plastik bening 3. ALAT DAN BAHAN Kegiatan 1 1.Mengamati dan mengetahui sifat benda padat.129 PENERAPAN METODE DEMONSTASI SILKUS I Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/ Semester Waktu : IV/ I : 25 Menit Nama Kegiatan : Membedakan Sifat-sifat Wujud Benda Tujuan Kegiatan : . Pensil 2.

Meletakkan plastisin di atas meja dan mengamati bentuknya.130 7. Kantong plastik II. penghapus pensil. . Mengambil pensil dan rautan dan mengamati bentuknya. Gelas 3. Balon karet berbagai bentuk (bulat. lonjong) 5. Meletakkan pensil. Kegiatan 2 1. 5. Baskom atau wadah bening lain 2. 6. Memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan. Memasukkan pensil. penghapus pensil dan plastisin ke dalam tempat pensil/ kotak pensil. 3. Membiarkan tempat pensil/ kotak pensil tetap terbuka. Kain/ sapu tangan 8. CARA KERJA Kegiatan 1 1. Wadah bening atau wadah lain ukuran kecil Kegiatan 3 1. Kantong plastik 10. Air 4. Memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan. plastisin dan tempat pensil/ kotak pensil di atas meja dan mengamati bentuknya. 4. 7. 2. Meraut pensil dan mengamati bentuknya. Menekan plastisin dengan jari dan mengamati bentuknya. Tisu 9.

Setelah penuh. Membiarkan air sampai tenang dan mengamati bentuk permukaannya.131 2. Menuangkan air ke dalam botol sampai penuh. 13. 12. Menutup lubang-lubang botol plastik yang dilubangi paku secara berderet dari atas ke bawah dengan jari-jari. 6. 5. 10. 8. Meletakkan satu pipa karton salah satu ujungnya di atas penghapus. 11. Menyediakan salah satu botol plastik yang dilubangi paku secara berderet dari atas ke bawah. melepaskan jemari dari botol secara bersamaan dan mengamati apa yang terjadi. Menyediakan botol plastik lain yang dilubangi paku secara melingkar dan sama tinggi. Menuangkan air ke dalam gelas sampai penuh dan mengamati bentuknya. Biarkan air sampai tenang dan mengamati bentuk permukaannya. 7. Menuangkan air ke dalam botol plastik bening sampai penuh dan mengamati bentuknya. 9. Menuangkan air ke dalam gelas setengah penuh. 3. Menuangkan sedikit air ke bagian pipa tersebut dan mengamati apa yang terjadi. Menutup lubang-lubang botol plastik lain yang dilubangi paku secara melingkar dan sama tinggi dengan jari-jari. 4. Menuangkan air ke bagian pipa karton lain yang tidak diletakkan penghapus dan mengamati apa yang terjadi. Menuangkan air ke dalam botol . Meletakkan penghapus pensil di bawah gelas sehingga gelas menjadi miring. Menyediakan karton tebal berbentuk pipa sebanyak dua buah.

15. Menekan gelas ke dalam air dan mengamati apa yang terjadi. 17. Menuangkan sedikit air ke dalam wadah bening atau wadah lain berukuran kecil. Menuangkan kembali sedikit air ke dalam wadah bening atau wadah lain berukuran kecil. 18.132 sampai penuh. Kemudian mengangkatnya kembali. Memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan. Kemudian mengangkatnya kembali. 4. . 3. 19. Memasukkan gelas ke dalam air dengan posisi menelungkup. Meniup balon-balon karet dan kantong plastik dan mengamati bentuknya serta mengamati apa yang terjadi. 2. Menyimpan kain/ sapu tangan di atas air tersebut dan mengamati apa yang terjadi. 14. Menyimpan kantong plastik di atas air tersebut dan mengamati apa yang terjadi. Menuangkan kembali sedikit air ke dalam wadah bening atau wadah lain berukuran kecil. 16. Kemudian mengangkatnya kembali. Setelah penuh. melepaskan jemari dari botol secara bersamaan dan mengamati apa yang terjadi. Kegiatan 3 1. Menyimpan tisu di atas air tersebut dan mengamati apa yang terjadi. Mengisi baskom dengan air sampai penuh.

benda cair dan benda gas. Semakin dalam. Benda-benda di alam semesta digolongkan menjadi tiga wujud. gelas.. Benda cair dapat mengalir ke tempat rendah. pensil. Contoh benda padat adalah buku. Air pun mempunyai tekanan sehingga sifat benda cair menekan ke segala arah. benda gas lebih sulit untuk diamati. Diantaranya yaitu benda padat. Berbeda dengan benda padat dan cair. Sedangkan sifat benda cair adalah tidak tetap dan mengikuti wadahnya. Walaupun wadahnya dimiringkan. piring. permukaan benda cair yang tenang tetap datar. . tetapi dapat dirasakan. Sifat dari benda padat adalah tetap dan tidak dipengaruhi wadahnya. Akan tetapi. penghapus. tekanan air pada tempat itu semakin besar. kacang goreng dan lain-lain. Selain itu benda cair dapat meresap melalui celahcelah kecil. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Selain itu juga benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya dan menekan ke segala arah. asap dapat dilihat.133 RINGKASAN MATERI SIKLUS I Di lingkungan sekitar kita. kertas. Bentuk permukaan benda cair dapat mudah diamati jika mengamatinya dalam wadah tembud pandang. Setiap jenis benda mempunyai sifat yang dapat membedakannya dengan jenis benda lain. ada banyak sekali benda. Contoh benda gas adalah udara dan asap. Udara tidak dapat dilihat.

Demonstrasi . Metode Pembelajaran : . Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi wujud benda padat. IV. Siswa memahami arti larutan dan pelarut dengan melakukan pengamatan terhadap percobaan melarutkan benda padat dalam benda cair. Siswa mampu menjelaskan persamaan dan perbedaan sifat benda padat. cair dan gas.Ceramah .Mengidentifikasi sifat benda padat. cair dan gas.134 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SIKLUS II Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Alokasi Waktu : Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Dasar : IV/ I : 3 X 35 Menit Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya. 2. II. : “Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT)”. Tujuan Pembelajaran : 1. Indikator : .Tanya jawab . Materi Pokok III.Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya. . I. cair dan gas. cair dan gas memiliki sifat tertentu. Model Pembelajaran : Benda padat.

5. 3. 4. 2. Siswa kembali dibagi menjadi empat kelompok belajar dan setiap anggota kelompok diberi nomor. Siswa dengan bimbingan guru melakukan pengamatan dan terlibat langsung terhadap demonstrasi/ percobaan untuk membuktikan melarut dalam air atau pelarutan zat-zat tertentu dalam air. Siswa diberi lembar tugas untuk dikerjakan berkelompok sebagai hasil pengamatan terhadap demonstrasi/ percobaan.135 . Langkah-langkah Pembelajaran : A. 5.Kerja kelompok/ diskusi V. 2. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi pelajaran. 3. Guru memperlihatkan media/ alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa. B. cair dan gas. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti (60 Menit) : 1. 4. Kegiatan Awal (15 Menit) : 1. Siswa diberi penjelasan singkat tentang larutan dan pelarut.Penugasan . Siswa dengan bimbingan guru berfikir bersama untuk mengerjakan tugas dalam lembar tugas siswa dan meyakinkan setiap anggota dalam . Mengaitkan pengalaman siswa tersebut dengan materi yang akan dipelajari. Siswa diarahkan melalui kegiatan tanya jawab tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan sifat benda padat.

cair dan gas serta tentang larutan dan pelarut beserta contohcontohnya. VI. C. Sarana (Alat) dan Sumber Belajar : 1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. 3. 2. Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pelajaran dengan menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan. Siswa diberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah untuk membuat rangkuman materi pembelajaran tentang wujud dan sifat benda padat. 8. Siswa melakukan tes tertulis secara individu sebagai tes hasil belajar. 7. Siswa dengan bantuan guru menjelaskan jawaban dari pertanyaan dalam lembar tugas siswa. Lembar Tugas Siswa. 6. Kegiatan Akhir (30 Menit) : 1.136 kelompoknya untuk mengetahui dan memahami jawaban atau penyelesaian dari masalah atau tugas tersebut. . dengan cara guru memanggil suatu nomor tertentu kemudian siswa yang nomornya sesuai mencoba untuk menjawab dan menjelaskannya untuk seluruh kelas. Guru memberikan penilaian terhadap kegiatan kelompok masingmasing. Sarana (Alat) Belajar : Buku paket.

Kepala SD Negeri Sumelap 4 November 2008 Mahasiswa sebagai Penulis/ Peneliti Drs.Tes perbuatan.Tes akhir. 2. VII. Buku Paket “Sains” untuk SD Kelas IV. Jenis Tes : . 3. . DUDU BADRUZAMAN NIP. 2.137 - Alat-alat peraga/ bahan dalam demonstrasi/ percobaan (Gula pasir. Penilaian : 1. garam.Tes Tertulis/ tulisan.Lembar soal tes tertulis/ formatif. Sumber Belajar : KTSP SD.Tes proses. sendok makan. . . 130646260 ERIN SUMARNI NIM. Bentuk Tes : . 0611262 . kacang hijau. kelereng. Alat Tes : . air dingin dan air panas). Tasikmalaya.Isian/ uraian. gelas bening.Lembar Tugas Siswa. Prosedur Tes : . . Mengetahui. batu kerikil. 4. Penerbit Erlangga.Perbuatan.

Mengamati dan mengetahui benda-benda yang larut dan tidak larut dalam air. Batu-batu kecil/ kerikil 8. Kelereng II. Menyediakan segelas air. CARA KERJA 1.138 PENERAPAN METODE DEMONSTASI SILKUS II Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/ Semester Waktu tertentu dalam air. I.Mengamati dan mengetahui zat/ benda terlarut. Gula pasir 5. Sendok makan 3. air panas 4. Air dingin. ALAT DAN BAHAN 1. Kacang hijau 7. : IV/ I : 20 Menit Nama Kegiatan : Membuktikan melarut dalam air/ pelarutan zat-zat . Tujuan Kegiatan : . Gelas bening 2. Garam 6. pelarut dan larutan. .

batu-batu kecil/ kerikil dan kelereng. cair dan gas adalah ketiganya menempati ruang. kacang hijau. Serbasama berarti dalam seluruh larutan terdiri dari bagian yang sama. Semua benda mempunyai ukuran isi atau volume. Jika didiamkan. Artinya. cair dan gas memiliki berat. RINGKASAN MATERI SIKLUS II Benda padat. Diantaranya benda padat. saat gula benar-benar larut dalam air. lalu mengaduknya dan mengamati yang terjadi. . Pelarut adalah benda yang melarutkan benda lain.139 2. Persamaan lain benda padat. kita dapat mencicipi rasa manis di semua bagian larutan gula. Mengulangi langkah 1 dan 2 dengan mengganti gula pasir dengan garam. Gula pasir dalam larutan gula disebut benda atau zat terlarut. 3. Larutan adalah campuran dua atau lebih benda yang serbasama. Beberapa benda padat dapat dilarutkan dalam benda cair membentuk larutan. larutan tidak menghasilkan endapan. Benda padat yang dapat larut dalam air antara lain gula pasir. Zat terlarut adalah benda yang dilarutkan benda lain. Memasukkan sesendok gula pasir. Gula pasir larut dalam air membentuk larutan gula. Benda padat yang diaduk dalam segelas air ada yang larut dan ada yang tidak larut. Air dalam larutan gula itu disebut pelarut. Misalnya. cair dan gas memiliki persamaan sifat. semua jenis benda membutuhkan ruang.

Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda. 2. Siswa mampu menjelaskan perubahan wujud benda. . I. Siswa mampu menjelaskan dan memberikan contoh perubahan wujud benda. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud : Cair → Padat → Cair . Tujuan Pembelajaran : 1. .140 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SIKLUS III Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Alokasi Waktu : Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Dasar : IV/ I : 3 X 35 Menit Standar Kompetensi : Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya. Indikator : . Cair → Gas → Cair . Padat → Gas.Mengidentifikasi perubahan wujud benda.

Ceramah . Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Model Pembelajaran : Perubahan wujud benda : “Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT)”. Siswa diarahkan melalui kegiatan tanya jawab tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. Siswa diberi penjelasan singkat tentang perubahan wujud benda.Kerja kelompok/ diskusi V. Materi Pokok III. 4. Kegiatan Awal (15 Menit) : 1. .Penugasan . Guru memperlihatkan media/ alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa. 5. Metode Pembelajaran : . 3. Kegiatan Inti (60 Menit) : 1. Siswa dikondisikan untuk siap menerima materi pelajaran.141 II.Tanya jawab . IV. Langkah-langkah Pembelajaran : A. Mengaitkan pengalaman siswa tersebut dengan materi yang akan dipelajari. B.Eksperimen . 2.

Siswa dengan bimbingan guru berfikir bersama/ berdiskusi untuk mengerjakan tugas dalam lembar kerja siswa dan meyakinkan setiap anggota dalam kelompoknya untuk mengetahui dan memahami jawaban atau penyelesaian dari masalah atau tugas tersebut. Kegiatan Akhir (30 Menit) : . 7. Siswa menjelaskan jawaban dari pertanyaan dalam lembar tugas siswa. menyublim dan membeku. mengembun. 6. Siswa dibagi menjadi empat kelompok belajar dan setiap anggota kelompok diberi nomor. Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pelajaran dengan menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan dan mencatat rangkumannya. 5. C. dengan cara guru memanggil suatu nomor tertentu kemudian siswa yang nomornya sesuai mencoba untuk menjawab dan menjelaskannya untuk seluruh kelas. 4. menguap.142 2. 3. Guru memberikan penilaian terhadap kegiatan kelompok masingmasing 8. Siswa dengan bimbingan guru melakukan eksperimen/ percobaan tentang perubahan wujud benda yang meliputi mencair. Siswa diberi lembar kerja siswa untuk dikerjakan berkelompok sebagai pedoman atau tugas untuk melakukan eksperimen/ percobaan.

4. Siswa diberi tindak lanjut berupa pekerjaan rumah untuk memberikan contoh perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula dan tidak. kapur barus. sirup secukupnya. Penerbit Erlangga. Sumber Belajar : KTSP SD. . Sarana (Alat) dan Sumber Belajar : 1. kain/ lap. kacang hijau. gelas bening. korek api. mentega). Lembar Tugas Siswa. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. Buku Paket “Sains” untuk SD Kelas IV. Guru melakukan evaluasi secara klasikal tentang proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan menata kembali suasana kelas agar kondusif bagi pembelajaran selanjutnya. Siswa melakukan tes tertulis sebagai tes hasil belajar. es. Sarana (Alat) Belajar : Buku paket. air panas. 2. sendok makan. lilin. air dingin. tutup gelas. VI. garam. 3.143 1. 2. Alat-alat peraga/ bahan dalam demonstrasi/ percobaan (Gula pasir.

130646260 ERIN SUMARNI NIM. Mengetahui.Lembar soal tes tertulis/ formatif. Penilaian : 1.Tes Tertulis/ tulisan 4.Tes perbuatan . 0611262 . Jenis Tes : . Kepala SD Negeri Sumelap 4 November 2008 Mahasiswa sebagai Penulis/ Peneliti Drs.Tes proses .Perbuatan .Tes akhir 2. Alat Tes : .Lembar Kerja Siswa .Isian/ uraian 3. DUDU BADRUZAMAN NIP. Bentuk Tes : . Tasikmalaya. Prosedur Tes : .144 VII.

Jadi benda cair dapat berubah menjadi benda padat. Contohnya margarin berbentuk padat. Contohnya. . Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair disebut mencair. Perubahan wujud dari benda cair menjadi benda gas jika dipanaskan. Saat bersentuhan dengan tutup gelas yang semula dingin. margarin segera mencair (meleleh). Uap minuman bergerak ke atas mengenai tutup gelas. maka akan melihat ada butiran air di situ. Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair disebut mengembun atau kondensasi. maka air akan berubah menjadi es. Perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat disebut membeku. Air adalah benda cair. akan tetapi saat terkena panas dari penggorengan. sedangkan es adalah benda padat. jika tutup gelas digunakan untuk menutup cangkir atau gelas berisi minuman panas. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap. Contohnya jika kita memasukkan sekantong air ke ruang pembekuan dalam lemari es.145 RINGKASAN MATERI SIKLUS III Benda dapat berubah dari satu wujud ke wujud lain dan dapat kembali ke wujud semula. maka uap minuman itu berubah menjadi butiran air. Butiran air itu berasal dari minuman panas yang menguap. Contohnya uap air banyak terbentuk pada saat air dipanaskan.

Contohnya kamper atau kapur barus merupakan benda padat. Kamper berubah menjadi gas yang menyebar di udara. Jika diletakkan di udara terbuka.146 Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda gas disebut menyublim. kamper lama-kelamaan akan habis. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful