P. 1
SMA Labschool Rawamangun

SMA Labschool Rawamangun

|Views: 1,351|Likes:

More info:

Published by: Eko Pradipta Mustofa Toha on Jan 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2013

pdf

text

original

SMA Labschool Rawamangun Jl. Pemuda, Komplek UNJ Rawamangun. Jakarta Timur 13220 Telp./Fax.

(021) 4753313 ext 111

Sejarah SMA Labschool Jakarta SMA Labschool Jakarta yang berlokasi di Jalan Pemuda Komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang dan unik. Nama Labschool yang melekat pada TK, SLTA, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya. Labschool (Laboratory School), sebuah nama sekolah yang telah hadir, berprestasi, dan mengisi lembar sejarah pendidikan di Indonesia. Bermula dari sekolah Teladan yang didirikan tahun 1968, sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium IKIP Jakarta. Sekolah ini digunakan untuk praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan. Pada tahun 1972 misi Laboratory School telah dianggap selesai. Sebagai gantinya, sekolah ini berganti nama Proyek TPK (Comprehensive School). Sekolah ini mengemban tugas sebagai Tempat Pembinaan Keterampilan (Proyek TPK) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek TPK bertujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan. Comprehensive School atau Proyek TPK ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1974, sekolah telah memiliki nama dan fungsi yang baru. Di tahun tersebut, sekolah ini dikenal sebagai sekolah PPSP ( Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Proyek ini bertujuan untuk menguji coba ide-ide dalam pendidikan guna memberi masukan bagi pembaharuan pendidikan nasional. Sekolah PPSP berlangsung selama dua belas tahun. Tahun 1986 proyek ini berakhir. Dengan berakhirnya proyek tersebut, maka berganti pula nama sekolah-sekolah yang dibawah naungan IKIP Jakarta ini. SD, SMP, dan SMA eks PPSP IKIP Jakarta berganti nama menjadi SD Negeri Komplek IKIP Jakarta, SMP Negeri 236, dan SMA Negeri 81. Adapun TK-nya masih tetap berstatus swasta dengan nama TK IKIP Jakarta. Pada tahun 1992, SMP Negeri 236 berpindah lokasi ke jalan Penggilingan Komplek PIK Cakung.

Dari paparan kronologis perjalanan sekolah-sekolah yang berlokasi di komplek Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta timur di atas. LABORATORIUM BAHASA Laboratorium bahasa . seiring perluasan mandat dan bergantinya nama IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta. Ruang ini dilengkapi dengan beragam perangkat elektronik seperti: 48 set elmorenik. dan perangkat radio kaset. Tempat ini dipergunakan untuk berbagai penelitian yang berhubungan dengan materi Ilmu Pengetahuan Alam. laser disk. Berikutnya. perangkat penelitian lapangan. 854 P/I01. yang memungkinkan para siswa dapat melaksanakan praktikum di saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Kep. dan SMA IKIP Jakarta tahun 1999 berganti nama menjadi TK. zat-zat kimia. model/chart. SLTP. video. VCD. biologi. televisi. alat optik. Kep 853 A/I01. preparat hewan dan tumbuhan kering maupun basah. mulai tahun Pelajaran 1992/1993 Yayasan Pembina IKIP Jakarta membuka SMP dan SMA IKIP Jakarta dengan SK Kanwil P dan K DKI No. Ruangan yang dirancang kedap suara ini dilengkapi dengan sejumlah alat musik modern dan seperangkat instrumen tradisional. menunjukkan bahwa TK. Untuk melayani sejumlah siswa yang praktik. dan SMA Labschool Jakarta bukanlah sekolah yang sama sekali baru. mampu menampung 48 siswa. RUANG MUSIK Ruang ini digunakan untuk pembelajaran musik maupun latihan persiapan pementasan. dan komputer multimedia. RUANG MEDIA RESOURCE CENTER (MRC) Ruang MRC merupakan ruangan yang memungkinkan digunakannya sejumlah fasilitas audio visual dan sarana multimedia seperti : OHP. melainkan kelanjutan dari sekolah-sekolah yang telah mempunyai akar tradisi selama lebih dari 36 tahun dengan reputasi yang baik dan membanggakan Fasilitas Sekolah Versi Cetak RUANG KELAS BER-AC Seluruh ruang kelas berikut berbagai fasilitas ruangan yang dimiliki Labschool telah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC).a1/1/93 masing-masing tertanggal 15 Maret 1993. maka TK. atas permintaan masyarakat. dan kimia. SLTP. dan SMA Labschool Jakarta. LABORATORIUM IPA Laboratorium IPA terdiri atas laboratorium fisika. GREEN HOUSE Green House didukung oleh berbagai jenis tanaman penunjang pelajaran biologi.Sementara SMA Negeri 81 berpindah lokasi ke Komplek Kodam Cipinang Melayu. . SLTP. Sebagai gantinya. laboratorium telah didukung dengan sarana-sarana yang memadai seperti mikroskop binokuler. Dalam pelaksanaan pembelajaran. dan foto slide serta film yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kegiatan ini terutama dilakukan oleh siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). segala informasi pada sarana di atas dapat ditampilkan ke layar lebar.a1/1/93 dan No.

Ruang yang luasnya sekitar enam puluh meter persegi ini didesain menjadi satu kamar periksa dan dua kamar istirahat. buku paket pendamping. . Untuk mendukung pelayanan terhadap jamaah. bola basket. HALL (LAPANGAN INDOOR) Hall atau ruang sarana olahraga yang tertutup dibuat dengan tujuan agar pembelajaran olahraga tetap berjalan walaupun hari dalam keadaan hujan. bulu tangkis. masjid dilengkapi dengan peralatan sound system yang memadai serta fasilitas audio visual. POLIKLINIK Poliklinik merupakan tempat pertolongan pertama bagi siswa yang mengalami gangguan kesehatan. MASJID Masjid dengan nama 'Baitul 'Ilmi' berada di dalam areal sekolah . photokopi. dan sarana komputer yang terkoneksi akses internet. Hall yang luasnya sekitar 400 meter persegi dan dilengkapi dengan ruang ganti pakaian dapat dimanfaatkan menjadi lapangan basket. Untuk memberikan rasa nyaman kepada penonton dibangun tribun.sehingga siswa dapat menikmati proses pembelajaran dengan menggunakan sarana film. PERPUSTAKAAN Perpustakaan memiliki koleksi lebih dari lima ribu judul buku umum. dan bola volley. Ruangan ini dapat menampung sekitar dua ratus orang. dan atletik. KANTIN SEKOLAH Kantin sekolah memiliki luas 1000 meter persegi. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya diperuntukkan bagi siswa Labschool. guru. LABORATORIUM KOMPUTER Laboratorium Komputer seluas 128 meter persegi ini memiliki lima puluh komputer PC Pentium 4 yang terkoneksi dengan sistem jaringan LAN dan akses internet. sehingga jamaah dapat dilayani dengan baik. RUANG SERBA GUNA Ruang serbaguna dapat digunakan untuk pementasan kreativitas siswa atau acara-acara pertemuan. panas. Ruangan yang kedap suara ini memiliki luas 200 meter persegi serta dirancang mampu menampung sejumlah delapan puluh siswa. Ruangan ini dilengkapi dengan ruang referensi. Selain dokter dan tenaga paramedis poliklinik dibantu oleh beberapa orangtua siswa yang berprofesi sebagai dokter. LAPANGAN OLAHRAGA Lapangan olahraga luasnya sekitar 2600 meter persegi telah didesain untuk beragam pembelajaran olahraga seperti sepak bola. tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Makanan di kantin sekolah telah dinilai memenuhi standar gizi dan kalori. dan karyawan labschool yang beraktivitas sampai sore hari. atau bahkan malam hari. serta majalah dari dalam dan luar negeri. bola volley. Masjid berlantai tiga ini dapat menampung sekitar lima ribu jamaah. mampu melayani siswa.

wawasan keagamaan. dan S3. pelatihan komputer (khususnya untuk media internet). Pengamanan kendaraan ditangani secara terpadu antara Satpam Labschool dan Universitas Negeri Jakarta. kursus bahasa Inggris. hasil seni pahat dan seni patung. lokakarya. Tenaga Pengajar di Labschool memiliki prestasi akademis. LAPANGAN PARKIR Dengan areal seluas 1. sekolah menyediakan sarana telepon umum dengan fasilitas telepon koin dan kartu. ruangan ini representatif untuk menerima tamu sekolah.300 meter persegi memungkinkan halaman parkir Labschool menampung 75 kendaraan. Sarana telepon tersebut ditempatkan di lokasi yang strategis. didukung oleh tenaga pengajar berkualifikasi S1. dan aneka perlengkapan sekolah. Dengan daya tampung sebanyak seratus orang. workshop. maka secara periodik Badan Pengelola Sekolah menyelenggarakan program pembinaan guru untuk mengoptimalkan kemampuan intelektual. RUANG SENI RUPA Ruang seni rupa digunakan sebagai tempat pembelajaran seni rupa dan dipergunakan sebagai ruang pameran untuk memamerkan karya-karya siswa seperti lukisan. sosial. dan kesempatan melanjutkan pendidikan . mampu menciptakan kenyamanan kegiatan pembelajaran maupun kenyamanan lingkungan disekitar sekolah. Sumber Daya Manusia Versi Cetak Labschool dikelola dan dibina oleh pakar serta praktisi pendidikan yang berpenga-laman dan berprestasi. layar OHP dan fasilitas sound system. KEAMANAN Dengan personil keamanan yang profesional. yang memiliki kesesuaian bidang keahlian dengan mata pelajaran yang dibinanya. dan pengalaman berorganisasi yang baik. alat tulis. pakaian seragam. dan spiritual melalui seminar. profesional. KOPERASI Koperasi sekolah memberikan layanan kebutuhan siswa maupun guru berkaitan dengan beragam kebutuhan pembelajaran di sekolah seperti beragam kebutuhan siswa yang menyangkut buku pelajaran. TELEPON UMUM Untuk memudahkan siswa berkomunikasi. Menyadari bahwa guru merupakan faktor utama dalam keberhasilan pendidikan. white board. S2. Ruangan ini dilengkapi seperangkat meja sidang. studi banding.RUANG SIDANG Ruang sidang digunakan untuk kegiatan rapat atau pelatihan-pelatihan.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Selamat Datang di Perpustakaan SMA Labschool Perpustakaan SMA Labschool terdiri atas Perpustakaan Pusat yang memiliki beberapa ruang antara lain ruang staf. Situs ini juga menyediakan akses untuk mencari informasi koleksi melalui katalog online dan daftar online journal yang dilanggan Perpustakaan UI. layanan yang diberikan. . ruang buku dan ruang referensi. karya ilmiah siswa dan cd. koleksi yang dimiliki dan berbagai informasi penting lainnya. tersedia berbagai macam buku pelajaran. Dalam perpustakaan ini. buku penunjang kegiatan belajar. Situs ini menyajikan informasi tentang fasilitas yang tersedia.

.

11 Nov 2009 12:55 WIB Tita Harja La Semaine Française ( Seminggu berbahasa Perancis) La semaine française est une activité organisée chaque deux années par le département de la langue française de l¶UNJ.. 21 Des 2009 03:42 WIB Ekskur Juara 3 Tari Saman Sekali lagi siswa-siswi SMA Labschool Jakarta menunjukkan prestasinya. 02 Des 2009 05:35 WIB Raibima Imam Putra SMA LABSCHOOL JAKARTA JUARA I LOMBA KREATIVITAS SENI SMA Labschool Jakarta menjuarai lomba kreativitas seni yang diselenggarakan oleh Depdiknas RI bersama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO..more. Tim Tari Saman SMA Lasbchool Jakarta kembali menunjukkan prestasinya.... 10 Nov 2009 12:10 WIB Ade Bimi M (XII-IPS-1) Competition Report-debate Labschool was sending one English debating team to compete in a championship which is held by the regional government of Jakarta Timur (Suku Dinas Jakarta Timur). 29 Nov 2009 05:06 WIB itsgetingwirder Acolabs di ICE Tanggal 21-22 november 2009 lalu acolabs mengikuti acara ICE (Indonesia Consummunity Expo) 2009 di senayan..Prestasi 27 Jan 2010 10:23 WIB Ekskur Juara 1 Tari Saman Alhamdulillahirabbil¶alamiin.. Kurikulum Versi Cetak Labschool menyadari bahwa sebuah kurikulum sangat penting artinya bagi pencapaian visi dan misi yang diharapkan... Tim Tari Saman dari Ekskur Traditional Dance meraih juara 3 pada kegiatan Perlombaan Ratouh Duek Antar SMA / Universitas Se-Jabodetabek yang diselenggarakan oleh Anjungan Nangroe Aceh Darussalam.. kurikulum Labschool dibuat dengan dasar .. Oleh karena itu.

Nah. SMA Labschool Rawamangun dan Kebayoran telah menyelenggarakan suatu kegiatan kesiswaan yang besar yang mengacu pada Visi dan Misi Labschool yang disebut dengan kegiatan Trip Observasi (TO). Dengan kurikulum yang demikian itu. ( Humas Pengembang Pendidikan Labschool ). Pembinaan dan pengembang-an keseimbangan antara intelektualitas. para orangtua yang tergabung dalam POMG SMA Labschool Rawamangun dan Kebayoran (Persatuan Orangtua Murid dan Guru). 28 Oktober 2009 01:38 WIB TRIP OBSERVASI ( TO ) TRIP OBSERVASI ( TO ) Sebagai suatu institusi pendidikan dasar dan menengah. Untuk mencapai maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut maka terdapat tujuh kegiatan pokok yang harus dilakukan. memiliki daya juang yang kuat. kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Visi dan Misi Labschool terejawantahkan. Kegiatan yang dilaksanakan dengan model Homestay ini dilakukan selama lima hari di kawasan pedesaan yang masih bersahaja dengan maksud agar dapat membina jati diri siswa yang berakhlakul karimah. Kurikulum Labschool sebagaimana yang diuraikan di atas sesungguhnya memberi kemungkinan bagi pengembangan paradigma kurikulum berbasis kompetensi yang saat ini dikembangkan di Indonesia. Trip Observasi adalah salah satu kegiatan unggulan yang dimiliki oleh Labschool di tingkat satuan pendidikan menengah (SMA) sejak tahun 1972. pramubhakti. yakni memberi tempat bagi keseimbangan antara intelektualitas. Pada tanggal 22-26 Oktober 2009. Menciptakan lingkungan belajar yang menantang dan menyenangkan. berintegritas tinggi. beraktifitas ilmiah dan berwawasan kebangsaan. mengagumkan dan cerdas. yaitu kegiatan kerohanian. pimpinan. bekerja keras. latihan kepemimpinan dan wawasan kebangsaan. Guru mereka pastilah tidak lagi guru kelas atau guru bidang studi di sekolah. emosionalitas. Mereka diharapkan mampu merasakan secara nyata kehidupan desa dengan permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh masyarakat pedesaan. namun langsung terjun dan berbaur dengan kegiatan sosial kemasyarakatan. Ini dapat dilihat dari Visi dan Misi Labschool mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang bertakwa. variatif dan progresif. di tahun ini kegiatan TO dilaksanakan di Desa Pesanggrahan Kec. yang siap masuk ke jenjang pendidikan Tinggi dan hidup ditengah-tengah masyarakat . Sebuah karakter yang mulia. karyawan. Guru mereka adalah masalah yang dihadapi saat mereka hidup berkelompok. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menghadirkan pembelajaran yang multi sources bagi guru dan siswa. . Di kegiatan tersebut. penelitian ilmiah. sosialisasi dan peduli kehidupan desa. Siswa dikenalkan pada kelas alam yang tidak tersekat dengan tembok dan ruang yang sempit seperti kelas konvensional. Kegiatan TO ini dikatakan besar karena melibatkan seluruh guru SMA Labschool Rawamangun dan Kebayoran. Kecamatan Kiara Pedes ± Purwakarta (SMA Labschool Kebayoran). dan spiritualitas dimatangkan melalui upaya pemerkayaan kurikulum nasional yang lebih kreatif.untuk memanusiakan manusia. Bojong ( SMA Labschool Rawamangun) dan diKampung Pasir Muncang Desa Pusaka Mulya. Selain itu. mempunyai kepribadian yang utuh. toleran dan cakap dalam memimpin. pembentukan karakter keterpelajaran siswa SMA diharapkan menjadi kenyataan. mandiri serta mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi. emosionalitas dan spiritualitas. karena kegiatan ini melibatkan masyarakat tentunya membuat event ini selalu dinanti oleh civitas akademika SMA Labschool. keluarga dimana mereka menginap selama kegiatan dan para warga masyarakat yang menjadi objek penelitiannya. Labschool berusaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional dalam kurikulum pembelajarannya. berbudi pekerti yang luhur. pengabdian masyarakat dan bakti sosial. Kurikulum yang digunakan di SMA adalah kurikulum nasional yang diperkaya. kreatif. serta didiferensiasikan dengan memperhatikan dinamika perkembangan individu sesuai dengan keragaman bakat dan keunggulan setiap siswa di tingkat SMA. olah raga dan penjelajahan serta gelar seni budaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->