P. 1
Makalah Khalifah Abu Bakar Ash

Makalah Khalifah Abu Bakar Ash

|Views: 1,412|Likes:
Published by deprotunisba

More info:

Published by: deprotunisba on Jan 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

Rodliyah

Disusun oleh : Devianti Sri Eli Lestari Fikri Jupri (10060308082) (10060308083) (10060308097) Farmasi C

JURUSAN FARMASI FAKULTAS MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM 1431 H / 2010 M UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Swt. yang Maha berkuasa dan berkehendak atas segala sesuatu, dengan karunia-Nya kita masih dapat menghirup nafas di dunia yang sebentar ini. Shalawat beserta salam semoga senantiasa terhaturkan kepada seutama-utama tauladan manusia, Rosullullah Muhammad saw. Alhamdulillaahirobbil aalamiin, bagi-Nya lah segala puji di dunia dan di akhirat, bagiNya lah segala penentuan dan hanya pada-Nya lah kita dikembalikan. Dan karena kehendak-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini berjudul ³Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq´. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah ³Pendidikan Agama Islam tentang Sejarah Islam´. Selain itu makalah ini berisikan informasi mengenai biografi dan prestasi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Walaupun banyak kesulitan dan hambatan dalam menyelesaikan makalah, Alhamdulillah karena kehendak-Nya makalah ini dapat terselesaikan. Penulis menyadari makalah ini jauh dari sempurna, kritik dan saran tentunya sangat penu lis harapkan untuk perbaikan selanjutnya. Dengan segala kerendahan hati, penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca umumnya. Amien.

Wassalamu¶alaikum wr.wb Bandung, 5 Desember 2010

Penulis

.7 KESIMPULAN««««««««««««««««««««««««««««.ii PENDAHULUAN«««««««««««««««««««««««««««.2 Karakter Fisik dan Ahlaknya««««««««««««««««««.4 HAMBATAN YANG DIHADAPI KHALIFAH«««««««««««««««.4 Istri-istri dan anak-anaknya«««««««««««««««««««..1 Nasabnya««««««««««««««««««««««««««.3 1..i DAFTAR ISI«««««««««««««««««««««««««««««.2 1.1 BIOGRAFI KHALIFAH««««««««««««««««««««««««.6 PEMBAHASAN«««««««««««««««««««««««««««..2 1. DAFTAR PUSTAKA«««««««««««««««««««««««««« .2 1...DAFTAR ISI KATA PENGANTAR «««««««««««««««««««««««««..3 PRESTASI KHALIFAH««««««««««««««««««««««««.3 Keislamannya««««««««««««««««««««««««....

sistem pemerintahan. pengelolaan administrasi. Seraya bersumpah dengan tegas ia menyatakan akan memerangi semua golongan yang menyimpang dari kebenaran (orang-orang yang murtad. tidak mau membayar zakat dan mengaku diri sebagai nabi). Abu bakar Ash-Shiddiq merupakan khalifah pertama dalam Khulafa alRasyidin. Sehingga orang cenderung berjalan tanpa tujuan dan mungkin mengulangi kesalahan yang pernah ada dimasa lalu. AbuBakar dihadapkan pada keadaan masyarakat sepeninggal Muhammad SAW. Meski terjadi perbedaan pendapat tentang tindakan yang akan dilakukan dalam menghadapi kesulitan yang memuncak tersebut. kadang orang malas untuk melihat sejarah. Khulafa al-Rasyidun sebagai sahabat-sahabat yang meneruskan perjuangan Nabi Muhammad kiranya pantas untuk dijadikan sebagai rujukan saat kita akan melaksanakan sesuatu dimasa depan. Karena peristiwa yang terjadi sungguh beragam. Namun. Disinilah sejarah berfungsi sebagai cerminan bahwa dimasa silam telah terjadi sebuah kisah yang patut kita pelajari untuk merancang masa depan. Dari mulai cara pengangkatan sebagai khalifah. kelihatan kebesaran jiwa dan ketabahan batinnya. Sebagai kahlifah pertama. penulis merasa tertarik untuk membahas sedikit mengenai Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. hubungan sosial kemasyaratan dan lain sebagainya. Dengan munculnya permasalahan tersebut.PENDAHULUAN Sejarah adalah suatu rujukan saat kita akan membangun masa depan. .

kurus. Adapun akhlaknya. Dan ibunya adalah Ummu al-Khair Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka¶ab bin Sa¶ad bin Taim. tipis kedua pelipisnya. Bertemu nasabnya dengan Nabi saw pada kakeknya Murrah bin Ka¶ab bin Lu¶ai. digelari Atiq. bersifat wara¶ dan jauh dari segala syubhat. ³Beliau berkulit putih. kecil pinggang (sehingga kainnya seialu turun dari pinggangnya). sebenarnya adalah Abdullah bin Usman bin Amir bin Amru bin Ka¶ab bin Sa¶ad bin Taim bin Murrah bin Ka¶ab bin Lu¶ai bin Ghalib bin Fihr17 al-Qurasy at-Taimi. Dan pada masa jahiliyyah Abu Bakar ash-Shiddiq ra. paling mengerti dengan garis keturunan Arab dan berita-berita mereka. semoga Allah meridhainya. seialu memiliki ide-ide yang cemerlang dalam keadaan genting. Ayahnya diberi kuniyah (sebutan panggilan) Abu Quhafah.BIOGRAFI KHALIFAH 1. kedua Mu¶taq dan ketiga Utaiq.18 Berarti ayah dan ibunya berasal dari kabilah Bani Taim. wajahnya seialu berkeringat. penyabar memiliki azimah (keinginan keras). 1.2 Karakter Fisik dan Ahlaknya Abu Bakar adalah seorang yang bertubuh kurus. kokoh pendirian. keberanian. berkulit putih20.1 Nasabnya Nama Abu bakar ash-Shiddiq ra. sangat bertawakkal kepada Allah dan yakin dengan segala janjiNya.´21 Begitulah karakter fisik beliau. selalu mengharapkan apa-apa yang lebih baik di sisi Allah. berkening lebar. serta lembut dan ramah. Imam Thabari menye-butkan19 dari jalur Ibnu Luhai¶ah bahwa anak-anak dari Abu Quhafah tiga orang. . Akan diterang-kan kelak secara rinci hal-hal yang membuktikan sifat-sifat dan akhlaknya yang mulia ini. faqih. tidak bisa bersaja¶ dan seialu mewarnai jenggotnya dengan memakai hinai maupun katam. zuhud terhadap dunia. pertama Atiq (Abu Bakar). banyak toleransi. beliau terkenal dengan kebaikan. hitam matanya. µ Aisyah menerangkan karakter bapaknya.

Usman bin Affan. d kelahiran an tersebut terjadi pada waktu haji Wada¶ di Dzul Hulaifah. Ali yang pertama kali memeluk Islam. karena kedudukannya yang tinggi dan semangat serta kesungguhan-nya dalam berdakwah. Penaklukan kota Makkah. sementara Zaid bin Haritsah adalah yang pertama kali memeluk Islam dari golongan budak.22 Dengan keislamannya maka masuk mengikutinya tokoh-tokoh besar yang masyhur sepérti Abdurrahman bin Auf. Zubair bin Awwam. baik perang Badar. Beliau juga menikahi Asma¶ binti Umais bin Ma¶add bin Taim alKhats¶amiyyah. seperti Bilal ra. Di awal keislamannya beliau menginfakkan di jalan Allah apa yang dimilikinya sebanyak 40. beliau banyak memerdekakan budak-budak yang disiksa karena keislamannya di jalan Allah. Khandaq. dari pernikahan tersebut lahirlah Abdurrahman dan µAisyah ra. Beliau juga menikahi . 1. dan Talhah bin Ubaidil-lah ra. selama di Makkah. Beliau selalu mengiringi Rasulullah saw. Dari hasil pernikahan ini lahirlah Muhammad bin Abu Bakar. bahkan dialah yang mengiringi beliau ketika bersembunyi dalam gua dan dalam perjalanan hij-rah hingga sampai di kota Madinah. Ternyata keislaman Abu Bakar ra.4 Istri-istri dan anak-anaknya Abu Bakar pernah menikahi Qutailah binti Abd al-Uzza bin Abd bin As¶ad pada masa Jahiliyyah dan dari pernikahan tersebut lahirlah Abdullah dan Asma¶.1. Hunain maupun peperangan di Tabuk. Di samping itu beliau mengikuti seluruh peperangan yang diikuti Rasulullah saw. adapun dari golongan anak -anak. dan sebelumnya Asma¶ diperisteri oleh Ja¶far bin Abi Thalib. Uhud.3 Keislamannya Abu Bakar adalah lelaki yang pertama kali memeluk Islam. Beliau juga menikahi Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah.000 dirham. paling banyak membawa manfaat besar terhadap Islam dan kaum muslimin dibandingkan dengan keislaman selainnya. Sa¶ad bin Abi Waqqas. walaupun Khadijah lebih dahulu masuk Islam daripadanya.

dan beliau masih terus berdiam dengannya di suatu tempat yang disebut dengan as-Sunuh 24 hingga Rasulullah saw. Abu bakar pernah singgah di rumah Kharijah ketika beliau datang ke Madinah dan kemudian mempersunting putrinya. wafat dan beliau kemudian diangkat menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah saw. Dari pernikahan tersebut lahirlah Ummu Kaltsum setelah wafatnya Rasulullah saw.Habibah binti Kharijah bin Zaid bin Abi Zuhair dari Bani al-Haris bin alKhazraj. .

al-Bukhari) Bahkan para pemimpin yang adil merupakan orang-orang yang tidak akan tertolak doanya. (2) doa orang yang terzhalimi. dan (3) seorang pemim-pin yang adil. seorang pemimpin yang adil«. pertama. Banyak sekali prestasi gemilang yang telah beliau toreh-kan dalam sejarah umat ini. Karena hanya para pemimpin yang mampu berbuat adillah yang akan dapat memasuki surga Alloh subhanahu wa ta¶ala dan akan mendapatkan naungan di saat tidak ada naungan lagi kecuali naungan dari-Nya. yaitu: (1) orang yang banyak berdzikir kepada Alloh. Dari Abu Hurairah radhiallohu anhu. Dari Abu Hurairah radhiallohu anhu. Beliau bersabda: (( : )) ³Ada tiga orang yang tidak akan Alloh tolak doany a.´ (HR. beliau bersabda: (( « : )) ³Tujuh orang yang akan Alloh naungi dalam naung -an-Nya pada hari tidak ada naungan kecuali naungan -Nya. dihasankan al-Albani) . Beliau radhiallohu anhu tercatat sebagai se-orang khalifah yang bisa dijadikan panutan oleh para pe-megang kekuasaan atau siapapun yang mendapatkan ama-nat untuk mengatur urusan kaum Muslimin. Baihaqi.PRESTASI KHALIIFAH Setelah Abu Bakar radhiallohu anhu dibai¶at oleh kaum Mukminin sebagai Khalifah pertama bagi umat ini. dari Nabi shalallohu alaihi wa sallam. dari Nabi shalallohu alaihi wa sallam. beliaulah yang ber-tugas dan bertanggung jawab terhadap seluruh negeri Is-lam dan wilayah kekhalifahannya sepeninggal Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam.´ (HR.

sebagaimana yang disabdakan oleh Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam ketika beliau memberi-kan nasehat kepada para sahabat dengan nasehat yang telah membuat air mata mengucur dan membuat jiwa bergetar: . Instruksinya agar jenazah Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam diurus hingga selesai dikebumikan. c. Berhati-hatilah kalian terhadap perkara-perkara yang diadaadakan. kemudian )) . Melanjutkan misi pasukan yang dipimpin Usamah radhiallohu anhu yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam sebelum wafat. Barangsiapa yang mendapati hal itu dari kalian.´ (HR. tetap mendengar dan taat walaupun yang me-mimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah. karena sesungguhnya ia merupakan kesesat-an.Di samping hal itu. Kebijakannya dalam menyatukan persepsi seluruh sa-habat untuk memerangi kaum murtad dengan segala persiapannya ke arah itu. (( ³Saya berwasiat kepada kalian agar bertaqwa kepada Alloh. . at-Tirmi-dzi dan ia berkata: hasan shahih) Di antara kegemilangan paling tinggi yang telah beliau raih dalam masa kepemimpinannya adalah: a. karena sesungguhnya barangsiapa yang hidup di an -tara kalian akan melihat banyak perbedaan. maka berpeganglah dengan Sunnahku dan Sunnah khulafa¶ur rasyidin yang telah mendapatkan petun-juk. kaum Muslimin memang diperintah-kan untuk mengikuti Sunnah para khulafa¶ur rasyidin yang salah satu dari mereka adalah Abu Bakar radhiallohu anhu. b. gigitlah ia dengan gigi geraham.

beliau adalah sebaik-baik Khalifah. ³Pada tahun 12 H.instruksinya untuk memerangi seluruh kelompok yang murtad di wilayah masing-masing. Peristiwa itu terjadi setelah para Qari¶ (penghafal al-Qur¶an) banyak yang terbunuh dalam peperangan Yamamah.´. maupun yang dihafal dalam dada kaum Muslimin. Abu Bakar ashShiddiq memerintahkan Zaid bin Tsabit agar mengum-pulkan al-Qur¶an dari berbagai tempat penulisan. Ibnu Katsir rahimahulloh berkata. Perintah beliau radhiallohu anhu agar mengumpulkan al-Qur¶an.´ . sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Shahih al Bukhari. d. orang yang paling kasih sayang terhadap kami dan yang paling lemah lembut kepada kami. baik yang ditulis di kulit-kulit. Kegemilangan beliau juga nampak dari pernyataan µAbdulloh bin Ja¶far radhiallohu anhu yang berkata: ³Saat Abu Bakar me-mimpin kami. dedaunan.

namun imannya tetap tegar dan teguh. sehingga dia merelakan seluruh hartanya untuk diinfakkan sehingga dalam riwayat diceritakan : bahwa beliau memiliki uang sebanyak 40 ribu Dirham yang diinfakkan dijalan Allah. . beliau juga membeli budak yang berasal dari kalangan kaum muslimin.HAMBATAN YANG DIHADAPI KHALIFAH Abu Bakar sering menghadapi penyiksaan dan intimidasi dari kaum musyrikin. kemudian beliau melepasnya dan memerdekakannya. bahkan menjadi pendukung agama melalui hartanya dan segala sesuatu yang beliau miliki.

(Al-Bukhari). mereka adalah : Utsman bin Affan. maka Abu Bakar senang mengisi dunia seluruhnya dengan sinar yang baru. lengkapnya Abdullah bin Abu Quhafah. (Ibnu Hisyam). dan da¶wah yang disampaikan Rasulullah saw kepada Islam tanpa ragu beliau segera mengikuti dan menganutnya. sedangkan nama asli beliau dimasa jahiliyah adalah Abdul Ka¶bah bin Utsman bin Amir. maka aku akan memilih Abu Bakar. tapi beliau adalah saudaraku dan sahabatku´. namun Rasulullah saw menyuruh beliau untuk bersabar. karena beliau sangat mengetahui kebenaran nabi saw dan kejujurannya. sehingga dengan hal tersebut Rasulullah saw memberikan pujian kepada beliau dengan bersabda: Sekiranya saya boleh mengambil seseorang untuk dijadikan (khalil) teman dekat. Beliau lahir di kota Mekkah setelah dua tahun setengah dari lahirnya Rasulullah saw. ketidak pasitan dan penuh pertimbangan. sedangkan ibunya bernama Ummul Khair. mempublikasikan Rasulullah saw dihadapan pemuka Quraisy. Pada Awalnya da¶wah Islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi. lalu Rasulullah memberinya nama Abdullah. maka Abu Bakar mengajak Rasulullah saw pergi ke Ka¶bah. seorang pedagang yang memiliki perangai yang sangat mulia. dan beliau merupakan seseorang yang terhormat dan hafal tentang keturunan suku-suku Quraisy. beliau terus berjihad menyebarkan da¶wah Islam. Sa¶ad bin Abi Waqqash. Az-Zubair bin Awwam.PEMBAHASAN Beliau bernama Abu Bakar ±semoga Allah meridloinya-. memberikan pengarahan kepada kaum musyrikin saat itu. Tholhah bin Ubaidillah. Nabi saw pernah bersabda : ³Tidak ada seseorang yang aku serukan masuk Islam ada dalam dirinya ada rasa keraguan. Abdur Rahman bin Auf ±semoga Allah meridloi mereka semua. tapi setelah beliau . Abu Bakar merupakan seseorang yang jujur dan dekat kepada Rasulullah saw. kecuali Abu Bakar. Salma binti Shar. Dan semenjak Abu Bakar mengikrarkan keislamannya. Abu Bakar berjuang bersama Rasulullah saw. sehingga melaluinya masuk lima sahabat yang dijanjikan masuk ke dalam surga. beliau sama sekali tidak merasa ragu saat saya ingatkan kepadanya dan tidak ada keraguan didalamnya´.

Suatu ketika. sehingga pergilah Abu Bakar ke Ka¶bah dan berpidato dihadapan manusia menyeru kepada kaum musyrikin untuk mendengarkan Rasulullah saw. namun setelah beliau siuman beliau malah bertanya tentang keadaan Rasulullah saw sehingga dirinya merasa tenang. beliau sangat senang dan bergembira sekali. dia berkata kepada Abu Bakar : ³Mau pergi kemana wahai Abu Bakar ? Abu Bakar berkata : ³Saya diusir oleh kaum saya maka sayapun pergi meninggalkannya agar saya dapat leluasa menyembah Tuhan saya´. orang-orang musyrikin menghantamnya dari berbagai penjuru dan memukulnya hingga hampir saja mereka membunuhnya. dan setelah beliau kembali siuman pertama kali yang diucapkan melalui lidahnya adalah : Apa yang sedang di perbuat Rasulullah saw ? Abu Bakar selalu berjuang bersama Nabi saw dan menanggung siksaan yang dihadapinya dalam menyebarkan Islam. sedang dihadapannya sudah ada Uqbah bin Abi Mu¶ith sedang mencekik leher Rasulullah saw dengan kain. dan berkata : temui teman kamu sekarang juga. datang seseorang dengan tergesa-gesa. namun saat beliau akan berbicara. Ibnu Ad-Dagnah berkata lagi : ³Orang seperti kamu tidak boleh terusir dan diusir. . maka beliau mendapati Rasulullah saw sedang sholat di Ka¶bah. disaat beliau duduk-duduk diemperan rumahnya. maka beliaupun segera pergi untuk menemui Rasulullah saw. Abu Bakar juga berusaha menjadi tameng dan penopang Rasulullah saw dengan sekuat tenaganya. beliau bertemu dengan Ibnu Ad-Dagnah salah seorang dari pemuka Makkah. maka secepat mungkin Abu Bakar mendorong Uqbah dari Rasulullah saw dan berkata : apakah kamu ingin membunuh seseorang yang mengatakan bahwa Tuhan saya adalah Allah ?! akhirnya kaum musyrikin mengerumuninya dan memukulinya hingga pingsan. saat beliau sampai pada suatu tempat yang jauhnya seperti menempuh perjalanan selama 5 malam. dan ketika dikabarkan bahwa Rasulullah saw dalam keadaan baikbaik saja. sampai pada akhirnya Rasulullah saw mengijinkan para sahabatnya untuk melakukan Hijrah ke Habsyah.mendesaknya akhirnya Rasulullah saw menyetujuinya. semenjak saat itu beliau dijuluki sebagai orang pertama yang berani berpidato menyeru kepada Allah. saya adalah tetanggamu (yang akan melindungimu). maka Abu Bakarpun melakukan hijrah ke Negeri Habsyah.

kembalilah. Abu Bakar sendiri memang memiliki hati yang lembut. akhirnya mereka mengutus seseorang untuk menemui Ibnu Ad-Dagnah. Lalu beliau berfikir ingin membangun sebuah masjid diteras rumahnya agar bisa sholat didalamnya dan membaca Al-Qur an. kami sangat khawatir dia menyebarkan fitnah kepada anak -anak perempuan dan lelaki kami. maka penduduk Mekkahpun menjadi berang dan merasa khawatir kembali. dan sembahlah Tuhanmu di negrimu´. Setelah itu Abu Bakar sering menghadapi penyiksaan dan intimidasi dari keum musyrikin. karena saya tidak ingin mendengar dari kalangan Arab saya menyimpan seseorang yang suka melanggar (perjanjian kepadanya). mereka berkata : sesungguhnya kami telah membiarkan Abu Bakar tinggal bersamamu agar dia dapat beribadah kepada Tuhannya didalam rumahnya. dan mereka sangat tertarik sekali. apakah engkau mau menuruti permintaan kaum Quraisy atau engkau tinggalkan hidup dibawah perlindunganku. namun dia telah melanggarnya sehingga dia membuat masjid dipelataran rumahnya. setelah mereka sampai kepada ibnu Ad-Dagnah. Maka beliaupun akhirnya kembali bersama Ibnu Ad-Dagnah. bahkan menjadi pendukung agama melalui hartanya dan segala sesuatu yang beliau miliki. Maka Ibnu AdDagnahpun pergi menemui Abu Bakar dan berkata kepadanya : saya berikan pilihan kepadamu. dan saya lebih rela dibawah perlindungan Allah. namun imannya tetap tegar dan teguh. karena kami khawatir dia dapat menyebarkan fitnah terhadap anak-anak perempuan kami´. setelah itu dengan penuh keparcayaan diri dan yakin Abu Bakar berkata : saya pilih melepas dari tanggunganmu. sering menangis saat sedang membaca Al-Qur¶an. lalu beliau berkata kepada kaum Quraisy : ³Sesungguhnya Abu Bakar tidak boleh diusir dan terusir´ mereka berkata kepadanya : ³Suruhlah dia menyembah Tuhannya di rumahnya sehingga tidak menyakiti perasaan kami. namun saat beliau membaca Al-Qur an para wanita dan anakanak dari kalangan musyrikin mengintipnya dan mendengarkan bacaannya. jangan disebar luaskan. kemudian malakukan shalat dan membaca Al-Qur¶an didalamnya. maka dia harus mengikuti perkataanmu atau diusir saja dia. sehingga dia . Akhirnya beliaupun menyembah (melakukan ibadahnya) dirumahnya sendiri.

padahal kami butuh waktu sampai sebulan agar bisa sampai ke Baitul Maqdis ? kemudian mereka segera pergi menemui Abu Bakar. Dan saat perang terjadi ketika Rasulullah saw memobilisasi sahabatnya untuk menginfakkan dan menyumbangkan hartanya. maka Abu Bakar langsung membawa seluruh hartanya kemudian memberikannya kepada Rasulullah saw. (Al-Bukhari) Saat terjadi peristiwa Isra dan Mi¶raj. dan melihat demikian Rasulullah saw berkata : Adakah sesuatu yang engkau sisakan untuk keluarga kamu ? beliau berkata : Saya tinggalkan mereka Allah dan Rasul-Nya. beliau juga membeli budak yang berasal dari kalangan kaum muslimin. Rasulullah saw menceritakan kepada umat bahwa beliau telah melakukan perjalanan dari Masjid Haram ke Masjid Aqsha. kemudian beliau melepasnya dan memerdekakannya. dan menceritakan akan hal tersebut : bahwa sahabat Kamu mengklaim telah melakukan perjalanan ke Baitul Maqdis ! Abu Bakar menjawab : . maka gunung uhudpun bergetar. (At-Turmudzi) Abu Bakar juga sangat mencintai Rasulullah saw. setengah dari harta saya. kemudian naik menuju langit yang ketujuh. (Al-Bukhari). kemudian datanglah Umar dengan membawa setengah dari hartanya. suatu hari Nabi saw ditanya : Siapakah seseorang yang paling engkau cintai ? beliau berkata : Aisyah. seorang yang shiddiq. dua calon mati syahid´.merelakan seluruh hartanya untuk diinfakkan sehingga dalam riwayat diceritakan : bahwa beliau memiliki uang sebanyak 40 ribu Dirham yang diinfakkan dijalan Allah. sebagaimana Rasulullah saw juga sangat mencintainya. Umar dan utsman ±semoga Allah meridlai keduanya-. lalu Rasulullah saw bersabda : ³Diamlah engkau wahai Uhud. kaum musyrikin mencemoohkannya sambil berkata : bagaimana mungkin ini bisa terjadi. tidak ada yang membebani engkau disini kecuali Nabi. Suatu hari beliau pernah menaiki gunung Uhud bersama Rasulullah saw. lalu Rasulullah saw berkata kepadanya : adakah sesuatu yang engkau tinggalkan untuk keluargamu ? Umar menjawab : Ya. Kemudian ditanya lagi : dari kalangan laki-laki ? beliau berkata : Bapaknya. Ketika Umar mendengar apa yang telah dilakukan oleh Abu Bakar beliau berkata : ³Demi Allah saya tidak akan pernah bisa mengungguli Abu Bakar´.

(Al-Bukhari) Abu Bakar juga selalu mengikuti peperangan bersama Rasulullah saw dan tidak pernah ketinggalan walaupun sekali. sungguh saya mempercayainya terhadap berita langit (wahyu) yang datang kepadanya. dan saat kaum musyrikin berdiri di depan lubang gua.jika beliau telah berkata demikian jelas merupakan kebenaran. Saat Allah SWT mengijinkan kepada Rasulullah saw untuk Hijrah. Rasulullah sawpun berkata kepadanya : ³Sesungguhnya yang kamu lakukan itu bukanlah termasuk katagori sombong´. beliau bersabda : ³Tidak seorangpun diantara kita memiliki tangan yang menyamai apa yang telah dilakukan oleh Abu Bakar. (Al-Bukhari) . suatu hari beliau mendengar Rasulullah saw bersabda : ³Barangsiapa yang menjulurkan bajunya karena sombong. karena beliau disisi kami memiliki tangan yang Allah akan menggantinya yang lebih baik di hari Kiamat´. Lalu Abu Bakarpun berkata : ³Salah satu dari baju saya tidak akan digunakan kecuali saya telah berjanji melaksanakan sabda tersebut´. maka Allah tidak akan melihatnya dihari Kiamat´. dan Rasulullah saw sangat mengenal kepribadian beliau.(IbnuHisyam) Sebagaimana Abu Bakar juga selalu menjadi penolong dan pendukung Rasulullah saw disaat beliau mendapatkan pertentangan dari kaum muslimin saat terjadinya perjanjian Hudaibiyah. maka Rasulullah saw berkata kepadanya : ³Apa pendapat kamu wahai Abu Bakar dengan dua orang dan yang ketiga adalah Allah´. (At-Turmudzi). Abu Bakar sangat khawatir dan cemas terhadap Rasulullah saw. Maka semenjak itulah Rasulullah saw menjulukinya dengan Ash-shidiq (orang yang bersifat jujur dan benar). tinggal di Gua Tsur selam tiga hari. sehingga Rasulullah saw memberikan kabar gembira kepadanya dengan Surga. dan berkata : wahai Rasulullah. maka kita akan terlihat. Beliau juga sangat antusias dan hati-hati dalam mengamalkan perintah-perintah Allah. Rasulullah saw memilih beliau untuk menjadi teman dan pendampingnya dalam melakukan hijrah. kalau saja mereka melihat kebawah kaki mereka.

dan berkata kepada mereka : ³Wahai sekalian manusia. sungguh saya telah diberikan amanah . maka Abu Bakar maju dan masuk kerumah Rasulullah saw dan membuka kain yang menutupi wajahnya yang mulia. akhirnya kaum muslimin saat itu bersepakat membai¶at Abu Bakar sabagai khalifah setelah kaum muhajirin dan Anshor merasa puas dengan keputusan bahwa Abu Bakar adalah seorang yang cocok menjadi kahlifah setelah Rasulullah saw. beliau bersabda : ³Perintahkan Abu Bakar untuk memimpin sholat kepada jamaah´. (Muttaqun µalaih). beliau pernah berkata : ³Sekiranya salah satu dari kaki saya masuk surga lalu yang lainnya di luar. dan barangsiapa diantara kalian yang menyembah Allah maka selamanya Allah Hidup dan tidak pernah mati. Umar berdiri dihadapan mereka dan mengancam bagi siapa yang berani mengatakan bahwa Rasulullah saw telah meninggal akan dipenggal lehernya. beliau berkata : ³Sungguh harum kematian dan kehidupan engkau wahai Rasulullah´. karena Allah SWT telah berfirman : ³Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang Rasul. sebagian sahabat berkumpul disinggasana Rasulullah saw dan mengemukakan pandangan bahwa mereka tida k percaya akan kepergian Rasulullah saw. ketahuilah barangsiapa diantara kalian yang m enyembah Muhammad saw maka sesungguhnya beliau telah meninggal. Allah akan memberikan balasan kepada orang yang bersyukur´.Beliau juga orang yang paling takut kepada Allah. Lalu beliaupun keluar menuju kumpulan manusia. saya belum merasa aman akan lepas dari murka Allah (Adzab). Setelah beliau dipercaya menjadi khalifah. maka ia tidak akan merugikan Allah sedikitpun. beliau berdiri dan menyampaikan pidato pertamanya : ³Wahai sekalian manusia. kenapa tidak ? padahal Rasulullah saw pernah menyuruhnya menggantikan beliau dalam memutuskan perkara kaum muslimin saat baliau dalam keadaan sakit dan sekarat. Setelah Rasulullah saw meninggal dunia. sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. (Ali Imran : 144) Setelah itu para pemuka kaum muslimin bergegas menuju tempat pertemuan untuk menetapkan siapa yang akan menggantikan Rasulullah saw. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik kebelakang (murtad) ? Barang siapa berbalik kebelakang.

sebagaimana Rasulullah saw telah memberikan mandat ke Usamah bin Zaid untuk menjadi komandan perang walaupun umurnya masih relatif muda. Abu Bakar bersikeras memformulasi pasukan seperti yang berjalan di zaman Rasulullah saw. taatilah aku selama aku taat kepada Allah dan Rasul-Nya. sedang dusta adalah khianat. dengan mewasiatkan kepada tentaranya agar jangan membunuh orang yang sudah tua. beliau berkata : ³Demi Allah sekiranya mereka mencegah saya seikat unta yang mana mereka menunaikan perintah Allah di aat s Rasulullah saw hidup. sudikah engkau naik kendaraan ini atau saya turun´. Selama kekhilafahannya Abu Bakar telah memerangi kaum murtad dan pembangkang membayar zakat.memimpin kalian semua dan aku bukanlah orang yang terbaik diantara kalian. kenapa saya tidak berani menyentuhkan kaki saya dibumi menuju jalan Allah´. kejujuran merupakan amanah. seekor kuda. namun jika melakukan kesalahan maka luruskanlah. jika aku melakukan kebaikan maka tolonglah aku. dan beliau ikut langsung mengiringi pasukan. namun jika saya menyimpang kepada Allah dan Rasul-Nya maka tidak ada taat kepadaku atas kalian´. Dan dalam peperangan beliau selalu mengajarkan adab berperang. tidaklah suatu kaum meninggalkan kewajiban jihad kecuali Allah akan hinakan mereka. lalu Usamah berkata kepada khalifah Abu Bakar : ³Wahai khalifah. dan saat Rasulullah saw meninggal dunia. anak kecil dan wanita. Maka dia berkata : ³Demi Allah. saya tidak akan menaiki kendaraan dan engkau jangan turun dari kendaraan. sedangkan orang yang kuat diantara kalian lemah disisiku sampai aku dapat mengambil hak darinya insya Allah. orang yang beribadah dirumah ibadah dan jangan membakar tanaman dan menebang pepohonan. . dan tidaklah tersebar kemaksiatan dalam suatu kaum kecuali Allah akan menimpakan mereka bencana. Khalifah Abu Bakar menugaskan prajurit yang dipimpin Usamah bin Zaid untuk menyerang Romawi. dimana beliau berjalan kaki sedangkan Usamah diatas menaiki kendarannya. maka saya akan memerangi mereka´. orang yang lemah diantara kalian akan kuat disisiku hingga aku dapat menghilangkan bebannya insya Allah.

Abdullah. tahun 3 Hijriyyah. Abu Bakar radhiallohu anhu memiliki banyak sekali keutamaan dan kemuliaan. al-Bukhari) b. Beliau meninggalkan beberapa anak .Khalifah Abu Bakar juga pernah mengirim pasukan ke negeri Syam. Di antara keutamaan-keutamaannya adalah: a. Aisyah. Iraq hingga akhirnya seluruh penduduknya memeluk agama Islam. kecuali pintu Abu Bakar. Dan beliau juga banyak meriwayatkan hadits dari Rasulullah saw berjumlah lebih dari seratus hadits. Dari µAmr bin al-µAsh radhiallohu anhu bahwa Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam meng-utusnya untuk memimpin pasukan dalam perang Dzatus Salasil. Akan tetapi hubunganku dengan-nya hanyalah sebagai saudara seiman dan kecinta-an kepadanya. Tidaklah terdapat pintu masjid ke-cuali ditutup. tanggal 22 Jumadil Akhir. Seandainya aku boleh menjadikan kekasih sejati selain Robbku. Muhammad. Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam bersabda: )) (( ³Sesungguhnya orang yang paling berjasa kepadaku dalam persahabatan dan hartanya adalah Abu Bakar. Asma.´ (HR. Dan diantara prestasi yang dilakukan dalam masa kekhilafahannya adalah beliau pernah memerintahkan untuk menyusun kembali Al-Qur¶an dan menulisnya setelah banyaknya dari kalangan para huffadz yang syahid. Ummi Kultsum ±semoga Allah meridloi semuanya. dan dikebumikan disamping jenazah Rasulullah saw. Paling berjasa dalam membela dakwah Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam. maka aku akan menjadikan Abu Bakar sebagai kekasih. Abdul Rahman. lalu aku . Sahabat yang paling dicintai oleh Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam. Adapun yang memandikan jenazah beliau adalah istrinya sendiri yaitu Asma bin Umais sesuai dengan wasiatnya. Khalifah Abu Bakar meninggal pada malam Selasa. sedangkan umurnya baru 63 tahun.

Selalu terdepan dalam setiap kebaikan. . µSeparuhnya lagi. )) : )) : . dan saat itu kebetulan saya memiliki sejumlah harta.´. Sayapun berkata.mendatangi beliau dan bertanya kepada Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam. µSiapakah orang yang paling engkau cintai?¶. ³Pada suatu hari Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk bershadaqah. maka beliau menjawab: . : .(( )) . ³µAisyah´.(( : .¶ (HR. Sayapun menjawab. dan berkatalah Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam kepadanya: ³Apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu?´. Maka Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam bertanya kepada saya: ³Apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu?´. Akhirnya saya mendatangi Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam dengan membawa separuh hartaku. µUmar bin al-Khaththab radhiallohu anhu berkata: : : (( .(( )) : . µHari ini saya akan mendahului Abu Bakar.¶. Abu Dawud dihasankan al-Albani) . Lalu saya bergumam. µDari kalangan laki -laki?¶. ke-mudian siapa lagi?´. Lalu datanglah Abu Bakar radhiallohu anhu dengan membawa semua yang ia miliki.(( )) : .¶. al-Bukhari dan Muslim) c.¶. µAku tinggalkan untuk mereka Alloh dan Rosul-Nya. kalau suatu hari saya mampu mendahuluinya. Ia menjawab. (HR. aku bertanya lagi. Beliau berkata: ³Kemudian µUmar bin al-Khaththab. µAku tidak akan pernah bisa mendahuluimu dalam hal apapun. Dan kemudian beliau menyebut beberapa orang lagi. Lalu beliau menjawab: ³Bapaknya (yakni Abu Bakar)´.

yaitu orang yang menafkahkan hartanya (di jalan Alloh) untuk membersihkan diri-nya. ³Dan kelak akan dijauhkan dari neraka itu orang yang paling bertakwa. wahai Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam.´ (HR. saat itu tiba-tiba gunung Uhud berguncang. maka sesungguhnya Alloh telah menolongnya. (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang ia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada da-lam gua. Shiddiq dan dua orang yang syahid. Abu Bakar radhiallohu anhu berkata: ³Demi Alloh. at-Taubah (9): 40) Disebutkan dalam sirah. karena sesungguhnya yang ber -ada di atasmu adalah seorang Nabi. di waktu ia berkata kepada temannya: ³Ja-nganlah kamu berduka cita.´ (QS. sesungguhnya Alloh beserta kita. µUmar dan µUtsman. maka beliau shalallohu alaihi wa sallam bersabda: (( )) ³Tenanglah Uhud. Sahabat yang dijuluki oleh Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam sebagai ash-shiddiq yaitu orang yang paling jujur lagi terpercaya. al-Lail [92]: 17-18) d. janganlah engkau masuk ke dalam gua ini sebelum aku masuk Sahabat yang menjadi pendamping Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam saat beliau diburu oleh orang-orang kafir Quraisy. Allah subhanahu wa ta¶ala . berfirman: ³Jikalau kalian tidak menolongnya (Muhammad). bahwa Anas bin Malik radhiallohu anhu menceritakan kepada mereka bahwa Nabi shalallohu alaihi wa sallam menaiki gunung Uhud bersama Abu Bakar.´ (QS. Dari Qatadah radhiallohu anhu.Dari riwayat tersebut para ulama tafsir menyatakan bah-wa yang dimaksud dalam firman Alloh subhanahu wa ta¶ala berikut ini ada-lah dirinya. al-Bukhari) e. bahwa sesampainya mereka berdua di depan gua Tsur. yaitu Abu Bakar as-Shiddiq radhiallohu anhu.

Nabi shalallohu alaihi wa sallam pun me. Kemudian Ro-sululloh shalallohu alaihi wa sallam meludahi bagian yang digigit tersebut sehingga hilang rasa sakitnya. Setelah mengambil tempat di dalam gua.¶. Namun ia tidak berani bergerak. Lalu Abu Bakar radhiallohu anhu memasuki gua dengan me-nyingkirkan kotoran dan sampah yang menghalanginya. : . Setelah ia merasa bahwa kondisi-nya telah aman.(( : . µSaya. beliau merebahkan kepa-lanya di atas pangkuan Abu Bakar dan tertidur. Dari Abu Hurairah radhiallohu anhu. Abu Bakar menjawab: ³Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu. ia berkata bahwa: Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam bertanya: . maka beliau pun masuk ke dalam gua.(( )) : .(( . Abu Bakar radhiallohu anhu menjawab. : . : )) : )) : . Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam pun terbangun dan bertanya: ³Apa yang terjadi denganmu.¶. Lalu ia merobek mantel yang ia kenakan menjadi dua bagian guna menutup lubang dan celah yang ada di dalam gua. Abu Bakar radhiallohu anhu menjawab. wahai Abu Bakar?´. aku digigit binatang´. karena takut akan mengganggu tidur Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam.terlebih dahulu. asal tidak ada musibah yang me-nimpamu. Jika di dalamnya ada sesuatu yang berbahaya. µSaya. Lalu Nabi shalallohu alaihi wa sallam bertanya kembali: ³Siapa di antara kalian yang hari ini telah mengiringi je-nazah?´. biarkanlah saya yang terkena terlebih dahulu. : . akhirnya air matanya menetes ke wajah beliau. f. Tiba-tiba Abu Bakar disengat hewan dari lubang dekat tempat duduk-nya. Dengan menahan sakit. karena ia khawatir akan keluar binatang tertentu yang da-pat melukai Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam.(( )) )) . Sahabat yang paling bersemangat dalam mengerjakan amal kebajikan. Abu Bakar radhiallohu anhu berkata kepada beliau: ³Ma-suklah!´.(( ³Siapa di antara kalian yang berpuasa hari ini?´.

: . maka kami memilih Abu Bakar.´. al-Bukhari) . Mendengar itu semua Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam bersabda: ³Ti-daklah semua hal tadi terkumpul dalam diri seseorang. ) ³Saya pernah bertanya kepada ayahku (µAli bin Abi Thalib radhiallohu anhu). al-Bukhari) Penilaian para sahabat tersebut juga dibenarkan oleh µAli bin Abi Thalib radhiallohu anhu. kemudian µUmar bin al-Khathab.¶. Abu Bakar radhiallohu anhu menjawab lagi. Abu Bakar radhiallohu anhu kemudian menjawab. µSaya. µSiapakah manusia terbaik setelah Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam?´. Muham-mad bin al-Hanafiyyah (salah seorang putera µAli radhiallohu anhu ) ber-kata: . Rosul shalallohu alaihi wa sallam pun berta-nya kembali: ³Siapa di antara kalian yang telah menjenguk orang yang sakit?´.´ (HR. maka aku katakan. Beliau adalah sahabat Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam yang paling utama. µKemudian eng-kau. Khalifah yang keempat. Beliau menjawab: ³Abu Bakar. kemudian µUtsman bin µAffan. µSaya. ( : : : .¶.´ (HR. kecuali ia akan masuk surga.´ (HR. maka beliau menjawab: ³Kemudian µUmar.lanjutkan pertanyaannya dan berkata: ³Siapa di antara kalian yang telah memberi makan kepada orang miskin?´. Akupun khawatir jika beliau menyebutkan µUtsman setelah mereka berdua. Dari µAbdullah bin µUmar radhiallohu anhu ia berkata: ³Dahulu kami memilih manusia yang terbaik pada zaman Nabi shalallohu alaihi wa sallam.´. Saya bertanya lagi. ³Kemudian siapa?´. Ia menjawab. µAku hanyalah salah seorang dari kaum Muslimin.¶. Muslim) g.

seraya berkata. : . µAli radhiallohu anhu juga pernah berkata. niscaya akan lebih berat iman Abu Bakar ash-Shiddiq!´. al-Baihaqi rahimahulloh meriwayatkan dalam Syu¶ab al-Iman dari µUmar bin al-Khaththab radhiallohu anhu bahwa ia berkata.Keutamaan Abu Bakar radhiallohu anhu juga diakui oleh para sahabat lain yang hidup sezaman dengannya. maka aku akan mencambuknya seperti orang yang melem-parkan tuduhan dusta (yaitu dicambuk sebanyak 80 kali). )) . Mereka semua memuji dan mencintainya. Dari Abu Hurairah radhiallohu anhu bahwa Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam bersabda: . ³Seandainya iman Abu Bakar ditimbang dengan iman seluruh pendu-duk bumi. generasi yang datang setelah para sahabat. dan ialah yang disuruh oleh Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam untuk mengimami shalat sementara kaum Muslimin yang lain sebagai mak-mumnya.´ asy-Sya¶bi rahimahulloh (seorang imam di kalangan tabi¶in) ber-kata: ³Allah telah mengkhususkan Abu Bakar dengan empat perkara yang tidak Dia berikan kepada seorang pun di antara hamba-hamba-Nya: Dia menyebutnya dengan ash-Shiddiq dan tidak seorang pun yang digelari ashShiddiq selainnya. µAli bin Abi Thalib radhiallohu anhu masuk untuk menengoknya. Ialah pendampingnya ketika beliau hijrah.´. ³Tidak ada seroangpun yang menghadap Allah dengan ki-tab catatan amal yang lebih aku sukai dari orang ini. semuanya mencintainya.´ h. Ketika Abu Bakar radhiallohu anhu wafat dan telah dikafani. Demikian pula para tabi¶in. Mendapatkan kabar gembira bahwa ia akan memasuki surga dari ke delapan pintunya. ³Barangsiapa yang meng-anggap aku lebih utama dari pada Abu Bakar dan µUmar. ialah yang menemani Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam ketika di gua Tsur.

´ (HR. cukuplah seseorang dipang-gil dari salah satu pintu tersebut. dan saya berharap engkau termasuk orang yang dipanggil dari seluruh pintu tersebut. inilah ke-baikan. lalu adakah yang dipanggil dari seluruh pintu?´ Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam menjawab: ³Ada. Barangsiapa yang termasuk ahli puasa. ia akan dipanggil dari pintu jihad. atau dinar dan dirham. atau sepasang yang lainnya) di jalan Alloh.: (( ³Barangsiapa yang menafkahkan sepasang (yakni sepasang kuda. al-Bukhari dan Muslim) . ia akan dipanggil dari pintu shodaqoh. Barangsiapa termasuk dari ahli shalat. Barangsiapa yang ter-masuk dari ahli shodaqoh.´ Lalu Abu Bakar radhiallohu anhu berkata: ³Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu wahai Rosululloh. µWahai hamba Alloh. ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga. ia akan di-panggil dari pintu ar-Rayyan. ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa yang termasuk dari ahli jihad.

yang akhirnya menghasilkan penunjukan Abu Bakar sebagai pemimpin baru umat Islam atau khalifah Islam. . Segera setelah kematian Rasulullah SAW (632). Abu Bakar sebagai sahabat-sahabat yang meneruskan perjuangan Nabi Muhammad kiranya pantas untuk dijadikan sebagai rujukan saat kita akan melaksanakan sesuatu dimasa depan. dilakukan musyawarah di kalangan para pemuka kaum Anshar dan Muhajirin di Madinah. Selama menjalani kekhalifahan ada hambatan yang dihadapi.KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat kita ambil dari paparan diatas adalah bahwa Abu Bakar Ash-Shiddiq merupakan khalifah pertama dalam Khulafa al-Rasyidin setelah meninggalnya Rasulullah Muhammad SAW. Abu Bakar diberi gelar Ash-Shiddiq karena selalu membenarkan perkataan Rasulullah Muhammad SAW. banyak yang menganggap ini sebagai indikasi bahwa Abu Bakar akan menggantikan posisinya. dikatakan bahwa Abu Bakar ditunjuk untuk menjadi imam salat menggantikannya. Oleh karena peristiwa yang terjadi sungguh beragam. namun banyak juga prestasi yang dicapai oleh Abu Bakar. Abu Bakar dipilih menjadi khalifah yang pertama karena selama masa sakit Rasulullah SAW saat menjelang ajalnya.

com diakses pada tanggal 4 Desember 2010 Anonimb. Dalam hasimpci.2008.net diakses pada tanggal 4 Desember 2010 .2008.bukusaku.2010. Dalam artikel.wordpress.Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallohuanhu bag2.Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq ra.com diakses pada tanggal 4 Desember 2010 Anonimc.Sahabat nabi saw Abubakar ash-shiddiq.DAFTAR PUSTAKA Anonima.wordpress. Dalam hbis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->