RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : SMP NEGERI

1 KEDIRI : Bahasa Indonesia : VII/1 : Memahami ragam teks non sastra dengan berbagai cara membaca. : Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai. Indikator : 1. 2. 3. Alokasi waktu Dapat mendefinisikan kata membaca memindai. Dapat menemukan tema secara cepat dan tepat. Dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan. : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran a. Siswa dapat mendefinisikan kata membaca memindai. b. Siswa dapat menemukan tema secara cepat dan tepat. c. Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan. 2. Materi Pembelajaran a. Mendefinisikan kata membaca memindai membaca memindai aadalah membaca melalui melihat dengan cermat dan lama untuk menemukan hal – hal penting dari kata – kata tertentu secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan. 1. 2. Hal-hal yang harus dilakukan dalam membaca kamus secara Mengurutkan kata secara alfabetis. Meningkatkan kecepatan membaca dan melebarkan benar dan cepat adalah :

jangkauan mata.

tidak memerlukan banyak tenaga / pikiran : Menghela (supaya dekat. Diskusi 4. Menemukan tema dari bacaan : mudah. Kegiatan Awal Apersepsi Guru memperlihatkan sebuah kamus Guru memberikan motivasi belajar dengan menyampaiakn Kompetensi Dasar dan Indikator yang harus dicapai. 2. Kegiatan Inti a. Metode Pembelajaran a. b. Guru menjelaskan cara penggunaan kamus Guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok Guru memberikan teks non sastra yang telah dipilih sebelumnya Guru memberikan arahan dan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan ketercapaian indicator pembelajaran. tarik. dll) : (bermain dll) dengan taruhan Contoh : mudah. dan menemukan makna kata. mudah. Tanya jawab b. taruh (bertaruh) Mencuri 3. Guru menyampaikan cakupan materi : menemukan definisi dari kata memindai. Elaborasi . curi Menemukan makna kata : Mengambil milik orang lain tanpa izin : Gampang. menarik. Eksplorasi Guru memperlihatkan sebuah kamus. menemukan tema dari bacaan. Tema c. Mudah Menarik Bertaruh Menemukan makna kata secara cepat dengan teknik memindai kata dalam kamus. bertaruh. ke atas. mencuri Susunan alfabetis : curi (mencuri). b. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Inkuiri c. maju. taruh.3. tarik (menarik).

Guru bersama siswa membuat simpulan terhadap materi yang sudah di bahas. akibat perubahan iklim di beberapa daerah di Jawa hujan turun terlambat. Contoh Bacaan Perlu ada inovasi untuk mengantisipasi minimnya daya tampung waduk.- Guru menugaskan siswa untuk menandai kata-kata baru dan menentukan kata-kata itu sebagai tema yang akan dicari maknanya dalam kamus - Guru menyuruh siswa menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam bacaan Guru menyuruh siswa mendiskusikan jawaban kelompok lain Guru memberikan tugas untuk mengerjakan LKS. Hal itu dikatakan Pakar Hidrologi Universitas Padjadjaran Bandung. LKS Bahasa Indonesia MGMP kelas VII 6. Konfirmasi 3. Instrumen penilaian Lampiran 1. Diperkirakan musim hujan baru . banyak sektor yang menggantungkan diri pada air. sedangkan kemarau datang lebih cepat. Menurut Chay. Bila hanya mengandalkan konservasional. Kamus istilah dan KBI b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi c. c. Buku teks c. Teknik : Observasi b. Kegiatan Akhir Guru memberikan kesempatan siswa bertanya. Guru mengadakan evaluasi Guru menutup pelajaran 5. Sumber Belajar a. Siswa mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh. Penilaian a. Chay Asdak.

Hujan buatan hanya sementara dan tidak mengubah keadaan secara signifikan.akan terjadi pada bulan Februari. ketinggian air waduk Cirata diatur untuk tidak lebih dari 208 meter karena masih ada proyek pengecatan. Sementara itu. Angka itu sekitar 110 persen dari volume rencana normal sebesar 803. Angka tersebut hamper 2 kali lipat volume rencana normal sebesar 109.34 juta meter kubik. Hal ini menyebabkan air waduk tidak maksimal karena air hujan yang ditampung tidak banyak.88 juta meter kubik. Selain pertanian. sudah saatnya inovasi atau adaptasi tertentu bagi pengguna air waduk.15 juta meter kubik. tinggi muka air (TMA) waduk pada Senin pukul 07. volume air waduk Cirata pada hari Senin mencapai 125.09 meter.09 juta meter kubik.23 juta meter kubik. kemudian temukanlah makna kata dari kata yang tercetak miring secara cepat dan tepat dari dalam kamus dalam waktu terbatas ! Pedoman Penskoran : Kegiatan Siswa menemukan makna kata secara tepat dan cepat Siswa menemukan makna tetapi tidak tepat Siswa tidak dapat menemukan makna kata Rubrik penilaian observasi : Skor 2 1 0 . Sutisna mengatakan. Realisasi volume air Jatiluhur tercatat 886.00 mencapai 93. Angka tersebut sekitar 84% dari volume rencana normal yang mencapai 147.46 meter. Bila hanya mengandalkan cara konvensional. Adapun realisasi volume air waduk Sanguling yang berada di sungai Citarum mencapai 203. Angka itu lebih tinggi dibandingkan TMA rencana normal yang 92. Maret. Menurut Sutisna.66 juta meter kubik. air waduk juga digunakan sebagai sumber air minum dan pembangkit listrik. katanya. Chay mengatakan. kekurangan air akan menyebabkan kerugian. dan April. (Sumber : Kompas 20 November 20076 dengan perubahan seperlunya) Lampiran2 : Contoh Soal Observasi Tulislah tema dari kata yang diberikan oleh gurumu dalam kamus dan catatlah waktu yang diperlukannya! Pedoman Penskoran : Kegiatan Siswa menemukan tema yang tepat dengan waktu yang tepat Siswa menemukan tema tetapi waktunya lebih dari yang ditentukan Siswa tidak dapat menemukan tema Skor 2 1 0 Bacalah bacaan akhir yang diberikan oleh gurumu.

.. Lampiran 3 : Format Penilaian pengamatan NO ASPEK 1 Ketepatan 2 Kecepatan 3 Keseriusan 1 Tema yang ditemukan tepat sesuai dengan kamus Waktu yang diperlukan dalam menemukan tema sesuai dengan waktu yang diberikan Siswa bediskusi dan bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas Skor nilai maksimal : No....... 131473732 Dosen Pembimbing Ni Wayan Sri Wahyuni NIM. 2 = 2 No. M. S... 2. 2 = sedang.... 09211140 Drs. 3 = baik....Si NIP.... 3 = 2 Jumlah = 10 Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 .100 adalah sebagai berikut : Nilai Akhir = Perolehan Skor X Skor maksimum (5) Skor (100) ideal = ..Pd NIP. I Nyoman Suaka.... 2 3 4 Kediri... Mengetahui Guru Pamong Mahasiswa Riyantiningsih.... 19621231 198703 1 017 .Berilah tanda (√) pada kolom nilai 1.... 1 = 4 No...... 3 atau 4 dengan ketentuan : 1 = kurang. dan 4 = sangat baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful