BAB II

LANDASAN TEORI
1.1 Anggapan dasar (asumsi-asumsi)
Obat tradisional adalah obat ±obatan yang berasal dan berkembang dari kehidupan masa lalu yang turun temurun dari nenek moyang. Obat-obatan tradisional bermacam-maam jenisnya termasuk papaya, meniran, temu ireng, jambu biji, kunyit.

(1.1.2 Pepaya)
Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".Hasil penelitian mengenai Khasiat daun pepaya menunjukkan bahwa papain pada daun pepaya memiliki efek terapi pada penderita inflamasi atau pembengkakan organ hati, mata, kelamin, dan usus halus. Pembengkakan organ hati ditemukan pada penderita demam berdarah. Di samping itu, daun pepaya juga memiliki aktivitas antioksidan, antikoagulan, serta menyembuhkan luka lambung dan usus.

(1.1.3) Meniran
Meniran (Phylanthus urinaria, Linn.), memiliki morfologi batang : Berbentuk bulat berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm. Daun : Mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Bunga : Terdapat pada ketiak daun menghadap kearah bawah. Meniran merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan-hutan, ladang-ladang, kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah. Pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Tumbuhan ini dapat subur ditempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pemanfaatannya untuk obat antara lain : Sakit Kuning

1. dan minyak atsiri. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C (1. Aturan pakai: 3 x 1 kapsul / hari Perbanyaklah minum air putih selama mengonsumsi obat herbal ini. Khasiat: Mengobati gangguan lever. pembersih darah. 5 Biji bunga cengkeh kering. 1 potong kayu manis. jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil. dan khasiatnya di antaranya sebagai antiradang. lemak. antikoagulan. bersih darah dan untuk stamina ibu sehabis melahirkan. temulawak (Curcuma longa Linn. rematik. damar. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis.1. kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian disaring dan diminum sekaligus.1. Selanjutnya disaring dan diminum 2 kali sehari. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia. disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.6) Kunyit . Kunir. Batang. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yang bermanfaat seperti zat pati. antineoplatik (antikanker). antibakteri. Inilah kapsul dengan komposisi Curcuma aeroginosa. (1. pelindung hati (hepatoprotektor) dan antibiotik. Khasiat temu ireng sebenarnya banyak di antaranya sebagai pembersih darah dan mencegah tumor. efek. (1. Curcuma domestica Val. daun) ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.16 Tanaman Meniran (akar.4) Temu ireng Temu ireng (Curcuma aeroginosa) seringkali digunakan oleh ibu pasca melahirkan sebagai penambah stamina. baik sebagai pelengkap bumbu masakan. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini. Indonesia. tonic. dilakukan setiap hari. dicuci bersih. Malaria 7 Batang tanaman lengkap.5) Jambu Biji Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji. gangguan haid. syn. Australia bahkan Afrika. Sifat. kunyit. jamu atau untuk menjaga . terlambat bulan. curenmin.

B12. Ambil segenggam kunyit. Vitamin E. merangsang. juga diminum sebagai ekstrak atau diguna sebagai salap untuk mengubati bengkak. membersihkan. Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal. melepaskan lebihan gas di usus. Lesitin. Amprotab. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok) 5. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 . Produk farmasi berbahan baku kunyit. selama 2 minggu berturut-turut. sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. penggunaan kunyit adalah sangat effektif. . Tambahkan gula atau madu 8. yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya).3 biji. Cara sederhana adalah: 1. menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah) selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan. dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung . Minum (lebih baik dalam keadaan hangat). B6. mampu bersaing dengan berbagai obat paten.kesehatan dan kecantikan. sesuai selera) 7. Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1. biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh). Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat. Penggunaan : Umbi akar yang berumur lebih dari satu tahun dipakai sebagai ubat (umbi akar bersifat mendinginkan. kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. piroksikam. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat. caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya. Saring/Peras 6. lalu kupas 2. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian) 4. Kunyit sering digunakan dalam masakan sejenis gulai. dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul. Ini juga sangat effektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari. terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar. Mg-stearat. Parut atau juice dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya) 3. B2. misalnya untuk peradangan sendi (arthritisrheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak. Nepagin dan Kolidon 90.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful