DAMPAK FACEBOOK terhadap PERKEMBANGAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA

MAKALAH
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia

disusun oleh:
Achmad Ghazali (30209337) Asrudi (30209002) Ayatto Anwar (30209183)

Program studi TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK TELKOM BANDUNG 2010

Dirintis sejak tahun 2004. facebook sudah menjadi jejaring sosial masyarakat yang diminati berbagai kalangan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada mah asiswadan masyarakat dalam menghadapi perkembangan facebook tersebut. Untuk itu kepada dosen kami minta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami di masa yang akan datang. Makalah yang kami susun ini berjudul ³Dampak Facebook terhadap Perkembangan Sosial Masyarakat´. Makalah ini dibuat berdasarkan permasalahan umum yang ada di kalangan masyarakat pada umumnya baik itu dari segi dampak positif maupun dampak negatifnya. Facebook adalah jejaring sosial yang belakangan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Oktober 2010 Penyusun i . Bandung. Tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna.KATA PENGANTAR Segala puji hanya milik Allah. Salawat dan salam dicurahkan kepada Rasulullah SAW berkat limpahan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini tepat waktu.

........DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN««««««««««««««....... Saran««««««««««««««««««««««««««... Rumusan Masalah«««««««««««««««««««««. Manfaat Makalah«««««««««««««««««««««. Kesimpulan«««««««««««««««««««««««« 8 B.... Latar Belakang««««««««««««««««««««««...2 E.1 B. 1 A... Batasan Masalah«««««««««««««««««««««« 2 C. 5 BAB III PENUTUP A. 3 BAB II PEMBAHASAN A.. Tujuan««««««««««««««««««««««««««...... 4 B.. Landasan Teoretis«««««««««««««««««««««. Pembahasan«««««««««««««««««««««««.. 8 DAFTAR PUSTAKA««««««««««««««««««««««« 9 ii .. 2 D.....

6 iii .1««««««««««««««««««««««««««««.Daftar Tabel Tabel II..

bisnis. dari anak-anak hingga orang dewasa sudah banyak yang mengenal internet. Akan tetapi juga dapat berdampak negatif contohnya kasus yang terjadi baru-baru ini seorang ibu membunuh anaknya gara-gara main game online dari Facebook. mencari teman lama/baru. di kampus. audio dan video. Tanpa kita sadari. Latar Belakang Pada zaman yang sudah modern seperti sekarang ini. Penggunaan internet bukan hanya berdampak positif bagi penggunanya contohnya kita bisa melakukan bisnis online. penculikan anak-anak. di mall. dan masih banyak kasus lainnya yang berkaitan dengan penggunaan facebook ini. facebook telah menjadi µkebutuhan primer¶ sehingga bisa mengakibatkan racun bagi diri kita 1 . Facebook merupakan situs jejaring sosial yang paling populer di dunia untuk saat ini. sharing data antar pengguna. Kita tentu sudah tidak aneh lagi mendengar ataupun menggunakan situs jajaring sosial facebook. Berbagai macam konten. penipuan yang marak terjadi. dan masih banyak lagi. tersedia di internet. hingga jejaring sosial. gambar-gambar. Entah itu di rumah. memperoleh informasi dari iklan -iklan facebook.BAB I PENDAHULUAN A. mulai dari materi-materi pembelajaran. penggunaan internet tentu bukanlah hal yang asing lagi. ataupun di tempat-tempat umum lainnya. Sering kita temui orang-orang yang sedang membuka akun facebook mereka.

untuk mengetahui dampak positif bagi pelajar dan masyarakat umum.sendiri. Tujuan Tujuan penyusunan dari makalah kami ini yaitu: 1. C. B. untuk mengetahui penyebab facebook yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat. Akan banyak waktu yang terbuang hanya karena facebook. 2. Bagaimana dampak negatif yang mempengaruhi pelajar dan masyarakat umum? D. Fenomena facebook yang luar biasa di kalangan masyarakat umum. Batasan Masalah 1. 2 . dan 3. Rumusan Masalah 1. yang sejujurnya telah membuat produktivitas kita semua menjadi berkurang. Untuk mengetahui dampak negatif bagi pelajar dan masyarakat umum. 2. Bagaimana dampak positif yang mempengaruhi pelajar dan masyarakat umum? 3. Dampak negatif dari facebook terhadap kalangan pelajar dan masyarakat umum. Dampak positif dari facebook terhadap kalangan pelajar dan masyarakat umum 3. Mengapa facebook begitu fenomenal bagi masyarakat Indonesia jika ditinjau dari segi latar belakang sejarahnya? 2.

2.E. Manfaat Makalah Adapun manfaat dari makalah ini baik secara teoretis maupun praktis yaitu 1. Manfaat teoretis Untuk menambah wawasan bagi para pembaca agar lebih mengetahui efek dari penggunaan Facebook tersebut. 3 . Manfaat praktis Memudahkan pembaca dalam mengetahui segala dampak dari penggunaan Facebook baik yang positif maupun negatifnya sehingga pembaca yang menggunakan jaringan sosial ini memanfaatkannya untuk hal yang baik yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Lawang (2003) mengatakan bahwa: ´perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku tersebut.BAB II PEMBAHASAN A. Cohen: 6) 4 . Landasan Teoretis ³Menggunakan social network adalah mudah dan menyenangkan. Ini adalah suatu cara untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.´ ³Perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat´ (Bruce J.Z. Sugiyono (2002) yang menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada unsur-unsur yang ada dalam kehidupan sosial adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang ada dalam kehidupan sosial yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.´ (Rahmat:85) Menurut Drs. Menurut Robert M.

akan tetapi memasuki pertengahan tahun 2008.com. Pada awal pembuatannya.B. Berikut tabel yang menunjukkan jumlah pengguna Facebook ini. situs jejaring sosial ini nyaris tidak dilirik oleh para pengguna internet di Indonesia. 5 . Berdasarkan sumber data statistik dari checkfacebook.thefacebook. situs ini bernama www. situs ini didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004.com. Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook terbanyak ketujuh.com yang hanya ditujukan untuk melakukan komunikasi antar mahasiswa di Universitas Harvard. Pembahasan 1. Namun setelah mengalami perkembangan yang sangat pesat karena banyaknya peminat khususnya para mahasiswa dari berbagai universitas lain dan pada akhirnya masyarakat umum di seluruh dunia yang telah bergabung dalam situs ini sehingga situs tersebut kini berubah menjadi www.facebook. jumlah akses ke situs ini melonjak tajam dan menempatkannya sebagai situs ranking kelima yang paling banyak di akses di Indonesia. Sekarang ini jumlah pengguna Facebook di Indonesia jauh melebihi negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Fenomena Facebook di Kalangan Masyarakat Situs jejaring facebook adalah sebuah situs sosial yang sangat bermanfaat bagi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Sampai pertengahan tahun 2007.

saling bertukar informasi dengan kerabat atau teman. fasilitas-fasilitas lain yang ditawarkan oleh situs tersebut baik itu secara formal maupun non-formal. sekolah. berkomunikasi dengan menggunakan fasilitas chatting.1 2. Seseorang yang telah tergabung di jaringan sosial ini pasti telah mengetahui berbagai fitur-fitur yang telah disediakan seperti: a. berbagai foto antar teman. e. serta f. b. dll. bergabung dalam berbagai komunitas seperti komunitas pecinta hobi tertentu. c. bisa menemukan teman lama. menemukan teman baru.Tabel II. 6 . Faktor-faktor yang menyebabkan facebook digemari oleh pelajar dan masyarakat umum Situs jejaring sosial Facebook memiliki peranan yang sangat bermanfaat dalam masyarakat. d.

a. Konsentrasi berkurang f. Terbiasa dengan hal-hal yang praktis e. Pola finansial yang terkesan membuang-buang uang. Faktor-faktor negatif dari Facebook terhadap perkembangan pelajar dan masyarakat umum Adapun faktor-faktornya sebagai berikut. Membuat lupa waktu sehingga pola hidup tidak teratur g.3. Prestasi akademik di sekolah menjadi menurun d. Kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan c. Kurangnya waktu belajar dan mengerjakan tugas b. 7 .

BAB III PENUTUP A. Kita harus tetap mematuhi norma-norma serta aturan-aturan perundangperundangan agar dapat mengurangi dan mencegah dampak negatif yang kita dapatkan. sebaiknya digunakan secara bijak. kita sebagai individu yang menggunakan jejaring sosial ini sebaiknya memanfaatkannya ke arah yang lebih positif supaya dampak negatif tersebut bisa kita cegah. B. karena terdapat banyak dampak negatif dari pemakaian si us jejaring sosial t Facebook. Saran Sebagai masyarakat umum khususnya pengguna jejaring sosial Facebook. Facebook dibuat sebagai sarana pertemanan kita. Oleh karena itu. KESIMPULAN Dari penjelasan yang telah dijelaskan pada Bab Pembahasan. penyusun mengambil kesimpulan sebagai pengguna Facebook kita harus berhati-hati. sehingga kita dapat memperoleh hal positif dari facebook itu sendiri. 8 . baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

DAFTAR PUSTAKA Abid. Tersedia: http://kakdony. Jakarta: PT. [27 November 2010]. Ringkasan Materi Tuntas Sosiologi. Meraih Berkah dan Pahala Melalui Internet. 2003. Elex Media Komputindo. Wardi. 2009.blogspot. donny. 9 .com/2009/11/27/facebook-dan-latar-belakangsejarahnya/ yang direkam pada 27 November 2009. Rahmat. Panduan Belajar Siswa Sosiologi.html yang direkam pada Minggu. Tersedia: http://muhammad-abid. Jakarta: Graha Pustaka. Handoyo. Jakarta: CV. muhammad. 21 November 2010. ³Status Facebook adalah kebutuhan´. Rachmat. 2009.wordpress. [Online]. 2010.com/2010/11/update-status-facebook-kebutuhanuntuk. ³Facebook dan Latar Belakang Sejarahnya´. 2002. Harapan Baru. [Online]. [27 November 2010] Kaffa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful