ISLAMOLOGI

AQIDAH ISLAM I.

Pengertian Aqidah Islam Aqidah berasal dari ‘aqoda,ya’qidu ‘aqidah,artinya ikatan,pegangan,prinsip,dan keyakinan ataupun kepercayaan . Dari segi istilah ilmu tauhid,aqidah adalah suatu prinsip atau keyakinan yang tertanam di dalam relung – relung kejiwaan atau hati. Prinsip tersebut adalah merupakan hasil dari getaran,sedangkan getaran tersebut muncul karena adanya kekaguman terhadap hasil objek alam ciptaan Allah Swt . Gambaran proses munculnya aqidah tersebut adalah bahwa akal ( yang dibimbing oleh dasar – dasar ilmu tauhid ) mengarahkan pemikirannya terhadap salah satu unsur alam,mengamati,meneliti,memperhatikan,menyimpulkan,sampai akhirnya muncul rasa kagum,karena ada rasa kagum,lalu timbul getaran ; Getaran itulah yang disebut aqidah . II. Sumber Ilmu Aqidah Alam Sebagaimana diketahui bahwa seluruh rangkaian ajaran Islam,baik yang menyangkut pembinaan hubungan yang baik dengan Allah Swt,pembinaan hubungan yang baik dengan sesama manusia maupun pembinaan hubungan yang baik dengan alam lingkungan adalah bersumber dari Al-Qur’an surat Nisa’ ayat 59 serta hadis Rasulullah Saw .Menggunakan hadis Rasulullah Saw untuk memperkuat landasan atau pundasi ajaran Islam ( aqidah Islam ), hadisnya itu harus yang shohih, tidak boleh digunakan kalau hadis itu hanya berstatus hadis Ahad. III. Unsur – Unsur Yang Mempengaruhi Pembentukan Aqidah Islam Adapun unsur – unsur yang mempengaruhi pembentukan aqidah ada 4 yakni : 1. Konsep 2. Pemikiran 1. Konsep Konsep seperti diketahui adalah suatu ketentuan yang berkaitan dengan suatu hal atau masalah, misalnya Allah Swt disebut “ Maha Esa “. Konsep bahwa Allah Swt maha esa terambil dari firman Allah Swt didalam Al-Qur’an,salah satunya didalam surat AlIkhlas. 3. Objek Alam 4. Hati

termasuk unsur-unsur keyakinan lainnya. Jadi hubungan antara rukun Islam dan rukun Iman yaitu merupakan pembuka jalan untuk menganut agama Islam.dan langkah untuk itu adalah dengan melakukan tiga tahapan yaitu : .maka seluruh unsure iman tersebut yaitu Syahadatain . Hubungan Rukun Islam dengan Rukun Iman Seperti yang kita ketahui bahwa rukun Islam itu terdiri dari Syahadatain.Sholat Zakat.Mingingat ayat-ayat tersebut adalah merupakan ungkapan dari Allah Swt.masalah yang brhubungan malaikat.masalah yang berhubungan dengan rasul.2. sedangkan rukun Iman itu terdiri dari Iman kepada Allah Swt.yaitu “ wahyu. Pola Pendalaman Aqidah Islam Seperti disinggung diatas bahwa setiap muslim berkewajiban mendalami dan menambah keyakinan semua unsure ilmu aqidah Islam. Sebagai pembuka jalan memasuki Islam.Iman kepada Kitab-Kitab.Puasa dan Haji. Pemikiran ( tentang teori berpikir ) Ayat-ayat Al-Qur’an adalah merupakan ungkapan dari Allah Swt yang berkait dengan berbagai masalah. Objek Alam Konsep dan pemikiran terkadang belum mampu melahirkan keyakinan yang kuat kepada Allah Swt.Iman kepada Hari Akhir dan Iman kepada Qodo dan Qodar .masalah yang berhubungan dengan kitab. IV.masalah yang berhubungan dengan hari akhir dan masalah yang berhubungan dengan takdir. Dari tiga hal yang dijelaskan diatas kiranya dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembentukan aqidah Islam.ada tiga unsure yang sangat berperan. V .khususnya masalah yang berhubungan dengan Allah Swt.akal dan objek alam” .sehingga menjadi sangat sempurna apabila salah satu unsur alam ciptaan Allah Swt dijadikan sebagai objek penelitian guna memahami lebih dalam tentang kebesaran dan keagungan Allah Swt.maka ia perlu dipahami atau dipikirkan. sebab tidak ada artinya ayat-ayat Al-Qur’an kalau tidak dipahami dengan baik dan benar sesuai pemilik ungkapan tersebut .Iman kepada Rasul Allah.Iman kepada Malaikat. Objek ala mini disebut juga dengan ayat dalam bentuk realita . 3.

Tidak dapat dilihat. Tahap Pengenalan Konsepsional Dari enam rukun iman yang menjadi dasar berdirinya aqidah Islam maka yang menjadi unsur pertama yang mesti dikenal secara konsepsional adalah tentang Allah Swt.ini dapat dibuktikan didalam surat Al-Baqoroh ayat 255.ini terdapat didalam surat Al-An’am ayat 103. Berbeda dengan makhluk. Diantara yang wajib diketahui tentang Allah Swt adalah : a. Wahdaniyat.a.serta ketentuan qodo dan qodar Allah Swt. Allah Swt itu ada (wujud ).ini terbukti didala surat Al-Hadid ayat 3.artinya Esa atau hanya satu.sihingga semua unsur-unsur rukun iman tersebut dapat diterima oleh akal yang sehat. Berdiri sendiri 6). Unsur-Unsur Aqidah Islam a. Baqo yang artinya kekal.kebenaran dan kepastian hari akhir.pemikiran yang logis dan wajar. 5). c. 3). .lalu kalau untuk dibawa ke tingkat rasio.ini juga terbukti didalam surat Al-Rohman ayat 26-27. 2. Pengenalan Secara Eksperimental Pengenalan secara eksperimental adalah merupakan langkah terakhir untuk mendalami ilmu aqidah Islam. Tahap Rasional Apa yang dikemukakan diatas masih sebatas konsep.sifat para nabi dan rasul. Pengenalan Secara Konsepsional Pengenalan secara konsepsional adalah merupakan langkah yang paling mendasar untuk mengetahui sifat dan identitas Allah Swt. Keyakinan Kepada Allah Swt 1. Tidak pernah tidak ada. Identitas lain. Pengenalan Secara Rasional Pengenalan secara rasional maksudnya adalah mendalami dan mendiskusikan semua identitas unsur-unsur rukun iman dengan menggunakan semua teori dan sistematika berpikir. b. 7). VI.maka langkahnya adalah memahami satu persatu identitas tersebut.yang terdiri dari : 1). Nama b. 2). 4).

Salah satu makhluk ciptaan Allah yang tidak berjasad adalah malaikat.bila ia tetap ditempatnya. Setelah Tuhan memperlihatkan kekuasaan-Nya kepada gunung tersebut. Cuma lihatlah gunung itu.maka pengetahuan manusia terhadap malaikat tidak banyak berkembang. Asal kejadian Kalau manusia berasal dari tanah. Maka sepanjang ajaran Islam adalah merupakan mahkluk ciptaan Allah Swt.lalu gunung itu hancur.ternyata malaikat berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim (Shahih Muslim.karena dijadikan dari tanah .maka engkau akan melihat-Ku. Keyakinan Kepada Malaikat Seluruh makhluk ciptaan Allah di alam semesta ini banyak jenisnya.kecuali berdasarkan keterangan-keterangan yang didapatkan dari wahyu Allah Swt atau hadis Rasulullah saw. Itulah sepintas sejarah nabi Musa as.diantaranya : a.Karenanya Ibrahim dilahirkan dan dibesarkan di sebuah gua . Tahap Eksperimen Pada tahap eksperimen ini banyak langkah yang dapat dilakukan.dimana identitasnya meliputi : 1.3.ada yang berjasad dan ada pula yang tidak berjasad. Membuka sejarah nabi Musa as Didalam Al-Qur’an surat A’rof ayat 143 yang menceritakan tentang nabi Musa as yaitu artinya “ Dan tatkala Musa dating untuk menjumpai Kami. b.seraya mengatakan : Tuhanku. b.karena adanya ramalan “akan lahir seorang bayi laki-laki yang akan menghancurkan kerajaan Namrut”.Mengingat malaikat tidak berjasad.sebagaimana layaknya manusia yang berjasad. Setelah Musa kembali sadar.ia berbicara kepada Tuhannya. (Allah) mengatakan : Engkau sama sekali tidak dapat melihat Aku. .diciptakan jin dari nyala api dan Adam as diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepada kamu . Mengingat malaikat dijadikan dari nur atau cahaya.maka wajar sekalilah kalau malaikat itu tidak mempunyai jasad.jilid IV.aku bertaubat kepada Engkau dan akulah orang pertama yang beriman.jadikanlah aku dapat melihat Engkau. Membuka sejarah nabi Ibrahim as Ibrahim seperti diketahui kelahirannya dirahasiakan.h.sehingga Musa jatuh pingsan.398) : menyatakan bahwa : Diciptakan malaikat itu dari Nur.ia mengatakan : Maha Suci Engkau.

Al-Qur’an kepada nabi Muhammad saw . 2.berkulit putih dan dalam bentuk laki-laki . Hal ini dapat dilihat dari firman Allah Swt didalam Al-Qur’an surat Tahrim ayat 6 . Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt didalam Al-Qur’an surat Hijir ayat 26.memiliki posisi khusus yaitu sebagai utusan untuk maksud-maksud tertentu.sebagaimana dijelaskan didalam Al-Qur’an surat Ma’arij ayat 4 . Zabur kepada nabi Daud as . Daya jelajah Malaikat yang dijadikan dari Nur atau cahaya memiliki daya jelajah yang sangat luar biasa.diantaranya : 1.dengan berpakaian putih.30 dan 31 .sebagaimana yang terjadi dihadapan para sahabat nabi Muhammad saw. 4. Injil kepada nabi Isa as .pada saat-saat tertentu bias menjelma seperti manusia. 3. Patuh melaksanakan tugas Malaikat sejak awal sudah termasuk makhluk yang sangat ta’at kepada Allah Swt.2.Dapat menjelma dalam bentuk manusia Meskipun malaikat itu tidak memiliki jasad. 4. c. Keyakinan Kepada Kitab Kitab yang dimaksud disini adalah kumpulan wahyu dari Allah Swt yang disampaiakan kepada beberapa rasul.sebagaimana dijalaskan didalam Al-Qur’an Surat Fatir ayat 1 . Taurot kepada nabi Musa as . Malaikat lebih dulu dijadikan dibanding manusia Malaikat yang dijadikan dari Nur adalah makhluk generasi kedua yang dijadikan Allh Swt. Malaikat sebagai pesuruh Malaikat di tengah segala macam mahkluk ciptaan Allah Swt. 5. 3. 6.27. Kemudian dalam peristiwa penetapan manusia sebagai khalifah dipermukaan bumi ( Qur’an:Baqoroh:30-34 ) .

dalam kesempatan ini yang . Zulkifli as 14.ini dapat dibuktikan didalam A-Qur’an surat Al-Anbiya’a ayat 51-73 . Sulaiman as 22. Keyakinan Kepasa Rasul Keyakinana kepada rasul tujuannya adalah setiap muslim harus percaya bahwa Allah Swt telah mengutus kepada umat manusia sejumlah nabi dan rasul guna mengajari manusia tentang pola hidup yang dapat menyelamatkan kehidupan manusia didunia dan akhirat.d. Daud as 21. Ibrahim termasuk nabi yang cukup banyak mendapat cobaan. Harun as 18. Nabi Ibrahim as Ibrahim as adalah salah seorang nabi yang diutus oleh Allah Swt kepada umat manusia pada kurun waktu tersebut. Yusuf as 12. Yunus as 16. Isa as 25. Muhammad saw Dari 25 nabi yang disebutkan namanya diatas. Ismail as 8. Hud as 5. Sholeh as 6. Nabi atau rasul tersebut didalam Al-Qur’an yang popular sebanyak 25 orang. Yaqub as diuraikan hanyalah : 1. Ilyas as 19. Syu’aib as 15. Ilyasa as 20. Zakaria as 23. Yahya as 24.diantaranya : a. Sudah tua renta belum dikaruniai keturunan Ketika Ibrahim sudah berusia tua bangka ternyata belum juga dikaruniai keturunan yang sangat ia dambakan untuk menggantikannya meneruskan penyebarluasan agama Islam. Idris as 3.akhirnya Ibrahim dikaruniai seorang anak laki-laki dan oleh ibrahim diberi nama Ismail . Ishaq sa 10. b. Musa as 17. Ayyub as 13. Dijatuhi hukuman baker.diantaranya yaitu : 1. 11. Ibrahim as 7. Adam as 2. Nuh as 4. Luth as 9. Tetapi ketika Ibrahim menikah lagi dengan Hajar atas permintaan istrinya Sarah.

Tapi pada akhirnya setelah kelahiran Ismail.maka Ibrahim dan Ismail pun rela menjalankan perintah Allah . Cobaan-cobaan Nabi Musa as termasuk di antara sekian nabi dan rasul yang cukup banyak mendapat cobaan. Nabi Musa as a.mengingat adanyaperaturan dari raja-raja Fir’aun agar setiap anak laki-laki yang lahir dari kalangan Bani Israil. Disuruh menyembelih Ismail Disuatu malam. Adu supranatural 7. Karen itu adalah perintah dari Allah Swt. Jatuh pingsan 4.istri pertama Ibrahim.Dengan rela Ibrahim harus mengasingkan istrinya Hajar dan anaknya Ismail . Mengasingkan istrinya dan anaknya Ismail . Kelahiran Nabi Musa as lahir pada situasi yang sangat sulit.sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. d. c. Tapi pada akhirnya ibu nabi Musa as bisa menyelamatkan diri dari raja Fir’aun Dengan melahirka Musa dengan selamat .harus dibunuh . Harus belajar kepada Hidir 6. Diserang Fir’aun .Sarah malah ada rasa iri hati terhadap Hajar. Kaumnya kembali menyembah berhala 5. Harus mengasingkan diri 3.sehingga Ibrahim mendapat petunjuk dari Allah Swt untuk mengasingkan Hajar dan Ismail ke suatu tempat yang sangat jauh . b. Atas petunjuk Allah Swt dan permintaan Sarah.namun semua cobaan tersebut tetap berkait erat dengan tugas yang dibebankan kepada beliau. Harus maka api arang 2. 2.Ibrahim mendapatkan mimpi dan didalam mimpinya tersebut Allah Swt memerintahkan Ibrahim agar menyembelih anak satu-satunya Ismail. Diantara cobaan tersebut adalah : 1.

pada masa pemerintahan ‘Umar bin Abdul ‘Aziz. . Dari petikan sejarah nabi Muhammad saw sampai selesai penulisan ayat-ayat AlQur’an didalam satu naskah tersendiri dan khusus. Nabi Isa as Nabi Isa sa dilahirkan oleh ibunya yaitu Maryam yang dilahirkan tanpa ayah.sehingga strategi perjuangan dihijrahkan ke Madinah.naskah Al-Qur’an yang pertama itu sudah diperbanyak menjadi 5 pada masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan untuk keperluan umat Islam yang sudah bersebar luas . Beberapa hal yang harus dicatat adalah : 1. Dalam usia 40 tahun ia mendapat wahyu dari Allah Swt. 3.sehingga tidek terjadi percampuran antara wahyu dengan hadis Rasulullah saw . Namun itu adalah kekuasaan Allah Swt yang atas izin-Nya telah meniupkan ruh kedalam rahim Maryam. 4.terdapat satu jaminan bahwa AlQur’an tidak bercampur dengan ucapan atau tulisan siapapun .kemudian tulisan tersebut dikumpul dalam satu kamar khusus untuk simpanan ayat-ayat Al-Qur’an .sehingga jarak penulisa ayat-ayat Al-Qur’an dengan hadis kurang lebih 80 tahun . Kepada semua sahabat-sahabat Rasul saw semenjak awal sudah dilarang untuk menulis ucapan-ucapannya yang disebut dengan hadis .3. Kemudian sekitar 75 tahun lagi sebelum hadis-hadis Rasulullah saw ditulis.nabi Muhammad saw langsung menyuruh sahabat untuk menulisnya. Hadis Rasulullah saw baru ditulis sekitar tahun 100 H. 5. Larangan menulis dengan hadis tidak pernah dicabut sampai beliau meninggal dunia . Tentang kelahiran nabi Isa as terdapat didalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat 45-48 dan surat Maryam ayat 22-35 . Satu tahun setelah Rasulullah saw wafat. 13 tahun berjuang di Mekkah di tengahtengah kafir dan musryik mendapatkan tantangan yang luar biasa. 10 tahun di Mdinah berhasil membangun masyarakat yang mampu mengemban tugas memajukan kehidupan umat manusia yang dilandasi konsep agama Islam. Setiap kali turun ayat (wahyu).kumpulan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut sudah dibukukan secara sendiri. Nabi Muhammad saw Nabi Muhammad saw lahir pada tanggal 12 Radiul Awal tahu 53 SH. 4. 2.

Penggambaran kebangkitan seperti ini tentu sukar diterima.asalnya adalah dari Nur . Kehidupan kembali Menghidupkan kembali manusia yang biasa disebut oleh kaum muslimin hari berbangkit. masih bisa dibangkitkan kembali sebagai makhluk yang baru ? Seperti itulah orang-orang yang sempit pengetahuannya tentang Allah Swt dalam menerima “kepastian terjadinya hari berbangkit”. Hukum .karena pada hari tersebut banyak peristiwa yang akan terjadi .dimana tidak ada lagi hari-hari sesudahnya.e. Hari Akhir yang dimaksudkan oleh ajaran Islam ialah suatu hari. Didalam kandungan surat dan ayat tersebut menyatakan bahwa orang yang disiksa kelak di akhirat lengkap roh dengan jasad. Hadis Rasulullah saw 3. Ada tiga landasan yang memperkuat konsep tersebut yaitu : 1. Keyakinan Kepada Hari Akhir Hari akhir adalah salah satu unsur rukun iman yang enam yang harus diyakini oleh setiap muslim. Kebangkitan roh dan jasad Pendapat seperti ini berpedoman kepada firman Allah Swt didalam AlQur’an. apakah kami setelah menjadi tulang belulang dan menjadi benda yang hancur luluh .kita akan mendapati bahwa kelak pada hari akhirat yang dibangkitkan itu hanyalah ruh manusia.sering digambarkan “seluruh manusia secara serentak muncul dari kuburnya masing-masing”.yaitu Nur .mulai dari sesuatu yang tidak mempunyai partkel. b.sebagaimana tersebut didalam Al-Qur’an surat Israk ayat 49 yang artinya : “Dan mereka mengatakan .sehingga dapat disimpulkan bahwa pada hari akhirat nanti manusia yang dibangkitkan itu adalah dalam keadaan lengkap meliputi roh dan jasad . Di sisi lain pemahaman terhadap hari berbangkit itu ada dua macam yaitu : a. 1. Kebangkitan Roh Apabila kita mendalami ayat-ayat Al-Qur’an. Al-Qur’an 2.diantaranya dalam surat Nisa’a ayat 56 dan surat Thoha ayat 55 . Apapun yang ada di alam semesta ini.sebab mereka tidak pernah mengetahui bagaimana luar biasanya kemampuan Allah Swt menjadikan alam semesta yang demikian besarnya ini. Dan Hari Akhir ini terbukti didalam Al-Qur’an .hadis-hadis Rasulullah saw serta hukum alam ciptaan Allah Swt.

dalam arti tidak ada kesalahan . Ruh yang diberikan Allah Swt itu kepada manusia semasa dalam kandungan.adalah bersih. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa : 1). Keduanya adalah hukum alam dan hukum Islam.tugasnya adalah terus-terus memberikan penerangan ( membersihkan ). 2.sehingga yang masih tersisa selain Allah Swt hanyalah ruh-ruh dan Nur. Gunanya Ruh tersebut dijaga agar tetap bersih adalah untuk menghadapi siklus besar atau siklus akhir alam semesta ini .agar ruh tersebut tetap bersih . ruh kembali kepada asalnya.sedangkan yang buruk itu adalah neraka .ruh tersebut berasal dari Allah Swt dsn ruh itu tidak mengalami kematian.1. Hukum Ada dua norma atau aturan yang ditetapkan oleh Allah Swt kepada seluruh mahkluk-Nya yang ada di alam semesta ini. roh dan jasad. Hal ini banyak sekali dibicarakan dalam Al-Qur’an maupun hadis-hadis Rasulullha saw. Hadis Rasulullah saw Hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim yang menyatakan bahwa manusia itu memiliki ruh. 2.diantaranya di dalam surat Kahf ayat 29.juga adanya surga dan neraka. Dengan memahaminya bahwa manusia itu memiliki dua silus . Masalah Surga dan Neraka Selain kebangkitan kembali seluruh umat manusia di akhirat. yaitu baik dan buruk. Al-Qur’an Di dalam al-qur’an dinyatakan bahwasanya Allah Swt akan membangkitkan manusia kelak secara lengkap . yaitu nur.yang mengalami hanyalah “yang bernapas” . Baik ayat maupun hadis menyatakan bahwa manusia itu memiliki ruh yang berasal dari Allah Swt. 2).yaitu Allah Swt. .yaitu nur .malaikat. Ketika itu sudah sampailah siklus akhir alam semesta. Yang baik itulah surga.lalu menurut al-qur’an surat Ma’arij ayat 4 dan surat Zumar ayat 22 yang isinya yaitu bahwasanya ruh itu ada 4 . Ini terdapat dalam al-qur’an surat Ali Imran ayat 133 .yang kemudian dilengkapi Nur.sementara jasad juga kembali ke asalnya. Pada saat itu tempat yang ada di alam semesta ini hanya dua.ini adalah dua aturan yang khusus untuk manusia . Jasad yang dilahirkan oleh Nur. 3.yaitu konsep-konsep ajaran Islam termasuk konsep hukum alam.ruh dan Islam .

Hukum Alam ( Sunnah Allah Swt ) Hukum alam ataupun sunnatullah adalah merupakan hokum dasar dari semua yang ada di alam semesta ini selain Allah Swt. 5.mulai dari tipe dabbah.sebagaimana diketahui dala firman Allah surat Al-Rohman ayat 2627.catatan ataupun konsep . Kita mengetahui bahwa adanya alam semesta adalah merupakan bukti adanya Allah Swt. program atau perencanaan Allah Swt terhadap semua makhluk yang ada di alam semesta ini telah rampungkan sejak awal.Masalah keberadaan surga dan neraka.maka pada saat itu tempat kembali yang tersedia hanya di sisi Allah Swt . 3. Di bumi tersebut lambat laun muncullah manusia. ketentuan. 4.sehingga yang masih tersisa hanyalah ruh manusia dan nur. aturan. b. Perencanaan final tersebut terdiri dari dua : 1. Keyakinan Kepada Takdir 1. Hukum alam adalah aturan yang paling awal dari semua aturan. Ketika nur tersebut mengalami perkembangan sampai muncul “nyala api”.kalau dihubungkan antara Al-Qur’an dengan hokum alam (sunnah Allah Swt) persoalannya sangat sederhana. Makhluk pertama di alam semesta ini adalah cahaya atau nur. 2. insan dan yang terakhir adalah basyar. program atau mater plan dari Allah Swt berkait dengan semua makhluk yang ada di alam ini. Seluruh benda-benda yang ada di alam semesta ini termasuk manusia masa hidupnya akan berakhir.iblis dan setan. Salah satu benda angkasa yang melayang-layang di kolong langit ini secara teratur adalah bumi.maka dari nyala api tersebutlah Allah Swt menjadikan jin. ukuran. Namun ketika alam semesta ini baru Allah Swt.Dari uraian tersebut dapatlah disimpulkan bahwa : 1. . f. sebab : a. Pengertian Takdir adalah suatu ketentuan. Rentetan berikutnya adalah tentang proses penciptaan benda-benda angkasa yang akan mengisi kolong langit ini. Ketika semua makhluk yang ada di alam semesta ini telah mengikuti proses hokum alam yang telah ditentukan Allah Swt.lalu secara akal yang muncul dari Allah Swt adalah Nur.Takdir.surat Rum ayat 11 dan surat Nur ayat 25. Dari nur tersebut Allah Swt menjadikan malaikat.

Akhlak Dalam Islam a. hubungan anak-anak dengan orang-orangtua. 3. 2. Pengertian Akhlak dalam pengertian sederhana ialah sopan santun. Membina hubungan yang baik dan harmonis sesama manusia yang disebut hablum minannas . . Mengantisipasi akibat buruk yang ditimbulkan hukumalam jangka pendek. Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan Allah Swt yang disebut dengan hablum minallah . Ruang lingkup akhlak dalam Islam Akhlak bila dipahami dari hadis Rasulullah saw yang menyatakan “sesungguhnya saya dibangkitkan adalah untuk menyempurnakan keluhuran budi pekerti”. VII. budi pekerti atau tingkah laku. Artinya kalau ajaran Islam itu terdiri dari tiga rumpun pengamalan. Mengantisipasi akibat buruk yang ditimbulkan hokum alam jangka panjang. Dari hadis tersebut dapat dipahami bahwa akhlak dalam Islam adalah suatu norma yang melekat atau menyatu dengan semua unsur-unsur ajaran Islam. hubungan bersaudara. b. Sedangkan akhlak dalam pengertian yang umum adalah merupakan norma yang mengatur hubungan yang baik dan harmonis sesama manusia. Membinam hubungan yang baik dan harmonis dengan alam lingkungan yang disebut dengan hablum minal kainat . Ada dua hal yang barangkali sangat penting dipahami oleh kaum muslimin berkenaan dengan latar belakang Allah Swt mewajibkan manusia mengamalkan ajaran Islam : a. hubungan antar siswa dengan guru. perangai. hubungan bertetangga. misalnya hubungan seorang anak dengan orangtua. b. dan lain sebagainya. Hukum Islam Hukum Islam dimaksudkan disini adalah “dinul Islam” (agama Islam) yang terdapat didalam Al-Qur’an dan hadis Rasulullah saw.maka akhlak juga terdiri dari tiga rumpun : 1.2.

Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan alam lingkungan Membina hubungan yang baik dengan alam lingkungan maksudnya ketika seseorang berusaha yang berkait dengan pertanian. pertambangan. Akhlak yang selama ini diajarkan di sekolah atau di pengajian-pengajian umat Islam. mudah-mudahan mereka kembali kepada jalan yang benar “ . agri bisnis. karena jasa dan lain sebagainya.1. c. Sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah Swt. karena usaha (industri). Selain itu bila kita ingin melaksanakan ibadat yang di perintahkan Allah Swt hendaknya dengan niat yaitu dari hati jangan hanya sebagai paksaan atas orang lain .atau yang lebih tepatnya akhlak tersebut sama luasnya dengan ajaran Islam. Artinya setiap mkali ajaran Islam diamalkan. ( Allah Swt menghendaki ) agar mereka dapat merasakan akibat buruk perbuatan mereka.majelis ta’lim dan lain-lainnya sebenarnya hanyalah dalam pengertian yang sangat sempit.yaitu seluas hubungan yang terjadi antar manusia. perikanan. Jadi intinya siapapun manusianya janganlah sampai kita merusak alam lingkungan ini. . Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama manusia Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama manusia cakupannya sangat luas. Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan Allah Swt Membina hubungan yang baik dan harmonis dengan Allah Swt adalah merupakan ketentuan syariat Islam.yang cinta terhadap Allah Swt serta mengenal nilai-nilai budaya yang Islami.maka pada saat itu harus disesuaikan dengan bidi pekerti yang baik.maka untuk mengerjakan ibadat kepada Allah Swtyang bersangkutan seharusnya memakai pakaian yang sopan dan yang lebih penting menutup aurat.baik karena dagang. hubungan guru dengan siswa dan lain-lain .namun garis besarnya terdiri dari : a. Dalam pengertian luas. Hal itu berlawanan dengan firman Allah Swt di dalam AlQur’an surat Rum ayat 41 yang artinya “ Telah bermunculankerusakan didaratn dan lautan disebabkan perbuatan manusia. 2. hubungan bersaudara.karena bagaimanapun kita harus tetap menjaga dan melestarikannya.seperti hubungan anak dengan orangtua.karena semuanya adalah kepunyaan Allah Swt . peternakan.dan sesuai dengan ketentuan fiqih.maka semua kegiatannya jangan samapi merusak alam lingkungan. agro industri dan sebagainya. b. hubungan bertetangga. Akhlak dalam pengertian yang kedua ini sebenarnya sangat luas. Dalam pengrtian sempit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful