Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter.

Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.01 untuk yang diatas 30cm.

[sunting] Kegunaan
Kegunaan jangka sorong adalah:
y y y

untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit; untuk mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa, maupun lainnya) dengan cara diulur; untuk mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara "menancapkan/menusukkan" bagian pengukur. Bagian pengukur tidak terlihat pada gambar karena berada di sisi pemegang.

[sunting] Jenis
JANGKA SORONG Posted by romadhon ashari at 02.47 . Kamis, 23 April 2009 Labels: Pemesinan

JANGKA SORONG Jangka sorong adalah suatu alat ukur panjang yang dapat dipergunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm. keuntungan penggunaan jangka sorong adalah dapat dipergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng, diameter dalam sebuah tabung atau cincin, maupun kedalam sebuah tabung. Pada gambar disamping ditunjukkan bagian-bagian dari jangka sorong. (sorot masing-masing bagian dari jangka sorong tersebut untuk mengetahui nama setiap bagian). Secara umum, jangka sorong terdiri atas 2 bagian yaitu rahang tetap dan rahang geser. Jangka sorong juga terdiri atas 2 bagian yaitu skala utama yang terdapat pada rahang tetap dan skala nonius (vernier) yang terdapat pada rahang geser. Sepuluh skala utama memiliki panjang 1 cm, dengan kata lain jarak 2 skala utama yang saling berdekatan adalah 0,1 cm. Sedangkan sepuluh skala nonius memiliki panjang 0,9 cm, dengan kata lain jarak 2 skala nonius yang saling berdekatan adalah 0,09 cm. Jadi beda satu skala utama dengan satu skala nonius adalah 0,1 cm ± 0,09 cm = 0,01 cm atau 0,1 mm. Sehingga skala terkecil dari jangka sorong adalah 0,1 mm atau 0,01 cm.

* Letakkan benda/cincin yang akan diukur sedemikian sehingga kedua rahang jangka sorong masuk ke dalam benda/cincin tersebut * Geserlah rahang geser kekanan sedemikian sehingga kedua rahang jangka sorong menyentuh kedua dinding dalam benda/cincin yang diukur * Catatlah hasil pengukuran anda 3. * Putar jangka (posisi tegak) kemudian letakkan ujung jangka sorong ke permukaan tabung yang akan diukur dalamnya. maka jangka sorong dapat dipergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng atau cincin dengan lebih teliti (akurat). Jadi ketelitian jangka sorong adalah : Dx = ½ x 0. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jangka sorong dapat dipergunakan untuk mengukur diameter luar sebuah kelereng. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan jangka sorong untuk keperluan tersebut 1. * Geserlah rahang geser kekiri sedemikian sehingga benda yang diukur terjepit oleh kedua rahang * Catatlah hasil pengukuran anda 2. Mengukur diameter dalam Untuk mengukur diameter dalam sebuah benda (misalnya diameter dalam sebuah cincin) dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : * Geserlah rahang geser jangka sorong sedikit kekanan.005 cm Dengan ketelitian 0.01 cm = 0.005 cm. Mengukur diameter luar Untuk mengukur diameter luar sebuah benda (misalnya kelereng) dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut * Geserlah rahang geser jangka sorong kekanan sehingga benda yang diukur dapat masuk diantara kedua rahang (antara rahang geser dan rahang tetap) * Letakkan benda yang akan diukur diantara kedua rahang. Mengukur kedalaman Untuk mengukur kedalaman sebuah benda/tabung dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : * Letakkan tabung yang akan diukur dalam posisi berdiri tegak.Ketelitian dari jangka sorong adalah setengah dari skala terkecil. . diameter dalam sebuah tabung atau cincin maupun untuk mengukur kedalaman sebuah tabung.

Anda tidak pernah menaksir angka terakhir (desimal ke-3) sehingga anda cukup berikan nilai 0 untuk desimal ke-3. Bacalah skala utama yang berimpit atau skala terdekat tepat didepan titik nol skala nonis. maka hasil pembacaan pengukuran (xo) harus juga dinyatakan dalam 3 desimal. 3. 2.005) cm Jangka sorong biasanya digunakan untuk: 1. 2. Bacalah skala nonius yang tepat berimpit dengan skala utama.990 + 0. Tidak seperti mistar. Mengukur sisi dalam suatu benda yang biasanya berupa lubang (pada pipa. 4. mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit.* Geserlah rahang geser kebawah sehingga ujung batang pada jangka sorong menyentuh dasar tabung. Hasil pengukuran dinyatakan dengan persamaan : Hasil = Skala Utama + (skala nonius yang berimpit x skala terkecil jangka sorong) = Skala Utama + (skala nonius yang berimpit x 0. Jangka sorong memiliki dua macam skala: skala utama dan nonius. Mengukur kedalamanan celah/lubang pada suatu benda dengan cara ³menancapkan/menusukkan´ bagian pengukur. Lihat contoh cara mengukur di bawah.005 cm (tiga desimal). * Catatlah hasil pengukuran anda. sehingga hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dapat anda laporkan sebagai : Panjang L = xo + Dx Misalnya L = (4. . 3. Untuk membaca hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : 1.01 cm) Karena Dx = 0. maupun lainnya) dengan cara diulur. pada jangka sorong yang memiliki skala nonius.

perhatikanlah lingkungan di sekitarmu. Bagaimanakah gerak ban mobil tersebut? Kamu akan melihat gerakannya berputar.1 Gerak Berbagai Benda Tujuan Kamu dapat mengamati gerak berbagai benda.04 cm = 4. Alat dan Bahan .04 mm. bola ditendang oleh pemainnya. Berarti hasil pengukurannya adalah 4. Gerakan bola tersebut kadang-kadang berputar. adakah gerak lain pada bola itu? Dalam pelajaran ini. Ketika kamu dalam perjalanan ke sekolah. Gambar 6. Apa sajakah gerak benda itu? Samakah gerak benda yang bentuknya bulat dengan benda yang berbentuk kotak? Agar kamu lebih memahami gerak berbagai bentuk benda. apa yang kamu lihat? Mungkin kamu melihat orang sedang berjalan atau mengendarai motor. mobil. mungkin kamu pernah melihat permainan sepak bola.74 cm.7 cm. Selain berputar.Lihatlah skala nonius yang berhimpit dengan skala utama.1 memperlihatkan seseorang mengendarai mobil.7 cm + 0. dan sepeda. Selain itu. Sekarang lihatlah ke skala utama di sebelah kiri angka nonius 0. Untuk pembacaan ke inch prinsipnya sama. Di situ menunjukkan angka 4. lakukanlah kegiatan berikut. Cari Tahu 6. Di contoh. Dalam permainan sepak bola. hanya saja harus pintar menggunakan skala yang berbeda A Gerak Benda Ayo. kamu akan mempelajari gerak benda. Itu berarti 0. Ayo. yang berhimpit adalah angka 4 (diberi tanda merah). Ingat lagi kan pelajaran SMA? Hehe.

Lepaskan balok kayu agar balok dapat bergerak ke bawah. Ayo. 3. Akan tetapi. 5. gerak roda atau ban adalah berputar. Bidang miring yang halus permukaannya Langkah Kerja 1. Bola plastik 3. Gerakan seperti itu disebut menggelinding. Letakkan bidang miring yang akan dipakai sebagai landasan gerak. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya? 5. Bagaimana gerak balok kayu? 3. Balok kayu 4. seluruh permukaannya dapat menyentuh jalan. 2. Namun. Gerak apa saja yang kamu amati? 4. tidak seluruh permukaan roda atau ban menyentuh jalan. Jawablah pertanyaan berikut ini 1.1. Lepaskan kelereng dan bola plastik secara bersamaan. Letakkan bola plastik dan kelereng di bidang miring pada ketinggian yang sama. Bagaimana gerak kelereng dan gerak bola plastik? 2. Kelereng 2. perhatikan gerak kelereng dan bola plastik tersebut. . perhatikan gerakan balok tersebut. Letakkan balok kayu di atas bidang miring. Ayo. Bagaimanakah gerakan balok tersebut? Apakah gerak balok sama seperti gerak kelereng? Jika kamu amati. 4. Adapun gerakan bola plastik dan kelereng juga berputar.

Contoh benda cair adalah air. Namun. terkadang bola ditendang menyentuh tiang gawang. gerak mengalir mudah kamu amati. Kamu dapat meluncur dengan cara duduk di bagian atas papan luncur.Bagaimanakah gerakan balok? Balok tidak berputar atau menggelinding. dan minyak. Kemudian. Kemudian. kamu harus berhati-hati. Gerak lain yang dapat kamu amati adalah pada permainan bola basket. Dalam kehidupan sehari-hari. Jika terburu-buru. Bagaimana dengan benda cair? Benda cair bergerak dengan cara mengalir. Gambar 6. kecap. hanya satu permukaannya yang menyentuh bidang. meluncur. tetapi meluncur. Seperti pada Gambar 6. gerak yang kamu pelajari hanya pada benda padat. Selain itu. Ketika bermain papan luncur. dan sungai. bola kembali lagi ke atas. Kemudian. dan seterusnya. air sungai mengalir dari hulu ke hilir.2 memperlihatkan sebuah papan luncur di sebuah taman bermain. kamu akan meluncur ke bawah. sirop. dapatkah kamu menyebutkan contoh gerak memantul lainnya? Sekarang. bola kembali ke lapangan permainan. Nah. dan memantul. Contohnya. kamu sudah mempelajari berbagai gerak benda. Gerakan seperti ini disebut memantul. menggelinding.3. Kamu telah memahami gerak berputar. ketika kamu bermain sepak bola. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Pemain basket berlari sambil melempar bola ke lantai. . Artinya. kamu dapat terjatuh. Gerak seperti itu juga disebut memantul. Air mengalir di parit atau selokan.

Bidang miring Langkah Kerja 1. Cari Tahu 6. Benda manakah yang paling dahulu menyentuh lantai? 2. Gerak Benda Dipengaruhi oleh Ukuran Benda Tahukah kamu. Jawablah pertanyaan berikut. 1. lakukanlah kegiatan berikut. Kotak kayu kecil (balok A) 2.2 Gerak Benda dengan Ukuran Berbeda Tujuan Kamu dapat mengamati gerak benda-benda yang ukurannya berbeda.Benda gas juga bergerak. Mengapa balok tersebut menyentuh lantai lebih dulu? 3. setiap benda memiliki gerakan berbeda. 2. Alat dan Bahan 1. 3. ada pula yang bergerak lambat. Kita dapat merasakan gerakan angin menerpa tubuh kita. Ayo. lepaskan kedua balok itu secara bersamaan. Dapatkah kamu menyebutkan contoh gerak benda gas lainnya? 1. Kemudian. mengapa suatu benda dapat bergerak? Meskipun diberi tenaga yang sama. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini? . Letakkan bidang miring sebagai landasan gerak. Kotak kayu besar (balok B) 3. Ada benda yang bergerak cepat. Mengapa benda ada yang bergerak cepat dan ada juga yang bergerak lambat? Agar kamu memahaminya. Letakkan balok A dan balok B pada posisi sejajar di bagian atas bidang.

Bola plastik 2.Balok A meluncur lebih cepat daripada balok B. Letakkan bidang miring sebagai landasan gerak. Cari Tahu 6. Bidang miring Langkah Kerja 1. Cari Tahu 6. Kemudian. Hal itu disebabkan luas permukaan sentuhan balok A dengan bidang miring lebih kecil dibandingkan balok B. Gerak Benda Dipengaruhi oleh Bentuk Benda Apakah bentuk benda memengaruhi gerak benda? Untuk mengetahuinya. lakukanlah kegiatan berikut. ukuran memengaruhi gerak benda. Bagaimana hasil kegiatanmu itu? Diskusikanlah hasilnya bersama guru di kelasmu. hambatan oleh papan landasan lebih kecil. 2. 2. bolanya kamu buat dari plastisin atau tanah liat yang dikeringkan.1 Perhatikanlah kegiatan Ayo. 3. Ayo. . Alat dan Bahan 1. Balok kayu 3. Ayo. Letakkan bola plastik dan balok kayu pada bagian atas bidang miring. Kerjakan 6.2. Dengan demikian. Jika luas permukaan sentuhan balok lebih kecil. lepaskan kedua benda tersebut secara bersamaan. Namun. Ulangi kegiatan tersebut dengan bola. Tahan dengan tanganmu.3 Gerak Benda dengan Bentuk Berbeda Tujuan Kamu dapat mengamati gerak benda yang bentuknya berbeda.

Di mana benda lebih cepat bergerak? Semakin kasar permukaan suatu benda.4. bentuk benda berpengaruh terhadap gerak benda. Benda manakah yang lebih dahulu menyentuh lantai? 3. 1. gerakan air mengalir untuk menggerakkan kincir air. Bandingkan olehmu gerak balok kayu pada bidang miring dari papan kayu dan kaca. Dengan demikian. seperti pada Gambar 6. Adapun balok kayu bergerak meluncur karena berbentuk balok. Pada bidang miring. . Misalnya. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini? Oleh karena berbentuk bulat. semakin lambat gerak benda yang melaluinya. bola plastik bergerak menggelinding. Pemahaman tentang gerak sering dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Gerak benda juga dipengaruhi oleh bentuk permukaannya.Jawablah pertanyaan berikut. Apa yang berbeda dari kedua benda tersebut? 2. bola plastik bergerak lebih cepat dibandingkan balok kayu.