UNDANG-UNGDANG DASAR 1945

Undang-undang dasar Negara Rl 1945 secara sistematika pada sebelum perubahan/amandemen UUD 1945 terdiri atas tiga unsur yaitu ; pembukaan batan tubuh dan penjelasan, pembukaan berisi empat pokok pikiran yang secara yuridis merupakan nilai-nulai pancasila sebagai dasar fundamental dalam pelaksanaan dan penyelengaraan negar yang direalisasikan lebih lanjut. Pada pasal UUD 1945 paragraf-paragraf yang berisi segala hal tentan asas dasar proklamasi dan pokok-pokok dari ketata Negara yang dibentuk, sedang batang tubuh berisi pasal-pasal dari UUD yang terdiri atas 37 pasal, termasuk pasal tentang perubahan, sedang penjelasan memberikan pengertian secara rinci tentang makna yang tercantum pada pasal-pasal UUD 1945. Namun, setelah masa reformasi dan terjadinya perubahan terhadap UUD 1945 Sistematika UUD 1945 hanya terdiri dari dua unsur yaitu pembukaan dan pasal-pasal saja. Mengenai UUD 1945 lebih lanjut akan dijelaskan dalam rangka perubahan atu amandemenya pada bab berikunya. Pembukaan UUD 1945 Lebih lanjut tentang pembukaan UUD 1945 dijelaskan bahwa meskipun seolah-olah pembukaan merupakan bagian dari UUD 1945, sebenarnya keduanya lahir secara terpisah, masing-masing hanya bersamaan hari dan tanggal pengesahaannya, sehingga seperti dikemukakan oleh prof.Drs.Notonogoho. S.H dalam bukunya ( 1959 ), mengenai pembukaan undang-undang dasar 1945 pokok kaidah negara yang fudamental dalam Undang-undang dasar 1945 bukanlah merupakan hukum yang tertinggi

sedang pembukaan pada hahekatnya terpisha denga UUD 1945, dan merupakan poko kaidah Negara yang fundamental, sedang intinya adalah pancasilah. Pembukaan UUD 1945 pada prinsipnya sangat erat kaitanya dengan proklamasi maupun dengan pancasila. Dalam pembukaan tercantum permasalahan yang sangat berhubungan dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan RI, yaitu suatu masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila, juga ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaiyan abadi dan keadilan sosial, pembukaan UUD 1945 juga memuat Asas-asas dan dasar proklamasi kemerdekan hakikatnya menyatu dan tidak terpisahkan. Selain itu, juga megandung penjelasan yang ringci tentan cita-cita luhur proklamasi (Declaratuion of Independece) dari bangsah indonesia, dan menjadi satu rangkaian dalam proklamasi 17 agustus 1945. Cita-cita bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat dan negara yang meyakini adanya tuhan yang maha Esa. Dimana tiap warga negara hidup atas atas dasar saling hargamenghargai dan saling menghormati serta menjadi landasan dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia dan pada akhirnya proklamasi kemerdekaan RI merupakan pencetus atas semangat pancasila sebagai titik kulminasi tekad bangsa untuk merdeka.

Pokok pikiran III : negara berkedaulatan rakyat Maknanya iyalah berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan artinya yang berdaulat adalah rakyat dan segala persoalan diselesaiakan dengan jalan musyawara/perwakilan. pembukaan UUD 945 sebagai pokok kaidah negara yang pundamental memiliki arti. 2. Pokok pikiran IV : negara berdasar atas ketuhanan yang Maha Esa dasn dasar kemanusiaan yang adil beradab Maknanya ialah negara termasuk rakyat Indonesia mengaku dan percaya pada Tuhan yang maha Esa atau yang tungga. Adapun ke Empat poko pikiran yang secara yuridis yang merupakan nilai pancasila dapat dijelaskan sebagai berikut . Yang akhirnya mewajibkan kepada Negara. penyelenggaran Negara dan setiap warga negara untuk mengutamakan kepentingan Negara diatas kepentingan golongan maupun perseoranagan. Pembentukan Negara (PPKI) mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dan pemerintah dan majelis permusyawaratan rakyat (MPR) sedang pemerintah dan MPR hanyapembentuk negara. 3. 4. semua produk hukum hanya bisa di ubah/dihapus oleh ketentuan yang lebih tinggi kedudukannya sehingga pembukaan UUD 1945 hanya dapat diubaha oleh pembentuk negara (PPKI) yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Secara hukum. 3. yaitu negara akan berusaha mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai marauke. Negara menghendaki p[ersatuan melindungi segenap bangsa. antara lain sebagai berikut . yang meletakkan dasar negara adalah PPKI. Poko pikiran I : negara persatuan Maknanya iyalah negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah dara indonesia denga berdasara atas persatuan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan memiliki arti. 1. 1. a. Sumber hukum dari Undang –undang dasar 1945 karena pembukaan UUD 1945 mempunyai hakikat kedudukan yang tetap dan tidak berubah bagi Negara yang dibentuk. 2. yang menjadi pembentukan yang pertamakali pada tanggal 17 A gustus 1945. dan c. 4. Pokok pikiran II : negAra hendak mewujudkan keadila sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Maknanya ialah sejak dibentuknya negara RI telah ada tujuan. . Negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia b. Negara mengatasi segenap paham golongan dan perseoranagan.Selanjutnya. Dengan di dasarkan bahwa manusia Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadialan sosial dalam kehidupan masyarakat. Menurut teori hukum.

sedangkan makmur adalah bahwa setiap orang harus dapat mencapai kehidupan bekesejahteraan yang layak bagi kemanusian. pelunya menjaga antar individu atau masyarakat dalam kelompok bangsa serta memberikan ruang gerak yang seluas-luasnya kepada hak kemerdekaan setiap manusia sebagai indivudu maupun anggota masyarakat bangsa secara seimbang dan harmonis. lahir dan batin. baik terhadap bangsa atau negara sendiri maupun negara-negara lain dalam arti bebas bertanggung jawab. kemanusian yangluhur. dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. merdeka berdasarkan atas asas kebebasan. Ditujunkan dalam paragraf ini bahwa kemerdekaan Indonesia itu bukanlah sutau hadiah ataupun pemberian dari penjajah melainkan suatu hasil perjuanaga dari seluruh rakyat pejuang Indonesia. yang dasar peri kemanusian dan peri keadilan keduanya berkembang atas dasar kepentingan bersama rakyat Indonesia dan antar bangsa sehingga jelas bangsa Indonesia menolak penghipasan atas manusia oleh manusia dan atas bangsa oleh bangsa yang lain. Bersatu dalam arti bersatunya yang nyata dalam lingkup Negara maupun dunia luar. Dengan demikian. . Negara Indonesia merdeka yang dicita-citakan memiliki sifat-sifat tertentu yaitu merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur. Disini mengandung pengertian bahwea bangsa Indonesia memiliki kesedian serta kemampuan dalam menyelami persoalan yang secara mendalam tentang kenyatan bahwa keadilan bukan keadaan kodrati yang sebenarnya karena kodrati harus mengandung pengertian kenyataan peri kemanusian dan peri keadilan. bersatu. adil.2 paragraf-paragraf dalam pembukaan UUD 1945 Mengenai pengertian dari paragraf 1 sampai paragraf 4 dapat dijelaskan sebagai berikut . jazmani dan rohani. 3.Dasar kemanusian yang adil dan beradab dengan menghormati segenap manusia yang memiliki kedabab serta perlakuan yang adil bagi setiap manusia Sementara itu. peri kemanusian dan peri keadilan mengandung makna filosofis. berdaulat. Paragraf kedua Dan perjuangan Pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia kepada pintu gerbang kemerdekaan Indonesia yang merdeka. Paragraf Pertama Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itun maka penjajhan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai denga peri kemanusian dan peri keadilan. dan makmur. Undang-undang Dasar harus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lainlain penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti.

Inti pokok paragraf keempat adalah tertujuh kepada pembentukan suatu pemerintahan negara yang isinya. Disini terbukti adanya kesadaran bahwa kemerdekaan Indonesia telah tercapai karena masyarakat bangsa ini meyakini akan Ridho serta izin dari Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan restunya atas segenap usaha yang sungguh-sungguh keinginan yang besar untuk menjadi bangsa yang merdeka. memajukan kesejahteraan umum.. dan kerakyatan yang pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dala pemusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. .. mencerdaskan kehidupan bangsa. kemanusian yang adil dan beradab.. dan akhirat. bangsa Indonesia akan mencapai keseimbangan dalam halkehidupanmaterial... sampai dengan keadilan sosial. tentang ketentuan diadakannya Undang-undang dasar adalah seperti tersebut dala kalimat .. dan 4. Perihal diadakannya Undang-undang dasar 3. terlihat dan tercantum dalam kalimat . Tujuan negara dimaksud adalah segenap bangsa dan seluruh tumpah dara Indonesia... persatuan Indonesia. sfiritual... Perihal tujuan Negara 2. Pargraf keempat Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah dara Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. Perihal betuk Negara. yang terbentuk dalam suatu susunan negara RI yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuahanan Yang Maha Esa. Adapun mengenai perihal tujuan Negara. dan ukit melaksanakan ketertiban Dunia berdasarkan kemerdekaan. maka rakyat Indonesia menyatakan denga ini kemerdekaannya.. 1. Berdasarkan kenyataan atas hukum Tuhan tersebut. Perihal asal/dasar kerohanian (falsafah) Negara.. maka disusunlah kemerdekan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang dasar negara Indonesia. perdamaian abdi dan keadilan sosial. mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka disusunlah kemerdekan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang dasar Negara Indonesia.Pargraf ketiga Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan didorongkan olehn keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas. Kemudian. diantaranya adalah sebagai berikut .. untuk membentuk suatu pemerintahan Indonesia yang melindungi . Disini memuat fungsi yang mengharuskan diadakannya Undang-undang dan . ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan.. perdamain abdi dan keadila sosial.

Adalah bangsa yunani yang meletakkan dasar-dasar ilmu filsafat yang melandasi peradaban umata manusia samapai sekarang. Dasar kerohanian mempunyai sifat umum abstrak. Gelar itu diberikan kepadanya iya mengajukan pertanyaan yang aneh. Namun tak ada salahnya sebagai pembuka. Isi yang lain dalam paragraf keempat adalah perihal asas/dasar kerohanian (falsafah) Negara dan ini terlihat pada kalimat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Ynag Maha Esa.Sc. Tentang bentuk Negara terlihat dalam kalimat yang terbentuk dalam suatu susunan Negar RI yang berkedaulatan rakyat. Dr. Prop. diantaranya sebagai berikut . dicoba menyebutkan kapan lahirnya filsafat maupun asala-usul filsafat yang diketik dan dibuka oleh beberapa pakar penulisnya. dan abadi yang berarti tidak mudah berubah. Pengantara Sejarah Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam. kemudian juga lestari. edisi refisi filsafat Umum Akal dan hati sejak thales sampai capra. objek. Pada dasarnya filsafat pertama kali lahir di Yunani. yakni yang berkembang atas dasar kegairahan ingin tahu semata-mata. DAN IDEOLOGI Pancasila Sebagai Suatu Filsafat 1. PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT. Thales bersma anaximander dan anaximanes adalah filsuf pertam yang mula-mula membahas keberadaan segala sesuatu dan asal usul alam dalam kebendaan . dalam Bab I hal 1 bahwa orang yang mula-mula sekali menggunakan akal secara serius adalah orang Yunani yang bernama Thales (kira-kira tahun 624-546 SM). baru lahir dan berkembang dalam perdaban Yunani kuno antara 600 tahun Sebelum Masehi. karena sedikit isi namun rangkumannya laus. sampai sekitar tahun 100 sesudah masehi. DASAR NEGARA. Achamad Tafsir dalam bukunya 2004. Pengertian Filsafat Pancasila sebagai suatu bangsa Indonesia akan di tinjau arti. menurut kemanusian yang adil dan beradab. dan seterusnya. melainkan yang tersusun secara teratur menurut ketentuan UUD yang diadakan. bentuk Negara yang dimaksud disini adalah NegaraRepublik denga kekuasaan ditangan rakyat secara mutlak dan Negara berdasar atas hukum. dan kerakyatan yang dipimping oleh Hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan serta denga mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. selanjutnya lahir filsafat pada abad pertengahan. yaitu apakah yang sesamanya dan sesudahnya mengajukan jawabannya. Peter Soedoyo B. sedangkan Uniperal artinya bisa beRlaku untuk siapa saja atau negara mana saja. persatuan indonesia.bahwa kemerdekaan Indonesia bukan kemerdekaan yang sebenarnya. dan tujuan pada filsafat umum dan selanjutnya memasuki bidang falsafah hidup bangsa Indonesia. Orang inilah yang digelar bapak filsfat. Kemudian Dr. dalam bukunya (2004).

Socrates. rasa. termasuk hal-hal yang konkret karena filsfat berhubungan dengan kehidupan manusia dalam kegiatan sehari-hari. dan filsafatpun sebagai hasil budaya manusia terhadap mekanisme sekitarnya. misalnya filsafat Yunani. Padahal. selanjutnya diikuti silih berganti oleh toko-toko lain yang sering kita kenal seperti. masalah benar dan tidak benar (diataur dalam logika). apabila kita mendengar kata filsafat kita akan membanyangkan mengenai hal-hal yang abstrak. dan berhubungan hasrat ingin tahu . seolah indah dan tidak indah (diatur dalam estetika). kebijaksanaan atau wisdorn. dengan Negara dan berkaiatan pula dengan masalah-masalah bidang kehidupan politik. Selanjutnya. huku dan pendidikan. sebenarnya tidaklah demikian. Mengingat filsafat adalah suatu hasil budaya manusia secara kodrtai dibekali oleh Tuhan Yang Maha Esa kemampuan rohani berupa akal. misalnya hubungan sesama manusia dengan msyarakata luas. Secvara harfia “filsafat” cinta kebijaksanaan memiliki arti kebenaran yang sesungguhnya. ia ingin mengetahui tentang hakikat dirinya dalam kesemestaan alam (Riswandi. dan hanya berupah bayang-bayangan atau lamunan. Oleh karena itu bebagai jenis filsafat tertentu pasti memiliki ciri-cirinya sendiri karena pengaruh lingkungan. ekonomi. dan dilanjutkan oleh descartes. Setiap manusia memiliki sifat keterbatasan serta kesadaran dalam hal berfilsafat dan akan dilakukan apabila dirinya merasa kecil dan terbatas bila dibandingkan dengan alam sekitarnya.serta proses perubahan alam kebendaan. filsfat India. Artinya. yang seolah-olah seseorang berfilsafat digambarka sebagai seseorang yang dalam kehidupannya hanya melamun sepanjang hari. kata filsfat berasal dari bahasa Yunani. sosial budaya. ataupun pada saat seseorang merasa takut mengalami akan kegagalan ataupun penderitaan. yang tidak konkrit. rasa. Selain itu. dan karsa sehingga filsafat adalah hasil dari kebulatan akal. tidak nyata. berbicara tentang filsafat. mengingat filsafat juga mempermasalahkan hala-hal yang tampak atau praktis. Aristoteles. filsafat Cina dan filsafat Indonesia. Cicero. Disitulah manusia berpikir bahwa diluar dirinya yang serba terbatas pasti ada sesutau yang tidak terbatas. dan immanuel kant. Filsafat lahir pertam kali di Yunani dan toko Utama dalam filsafat adlah seorang filsuf Yunani yang bernama Thales. Plato. dan karsa tersebut menjadikan kebudayaan yang sifatnya non material. yang terdiri atas “philein” (artinya cinta) dan “sopdos” yang artinya (hikma). Berdasarkan tata bahasa. juga termasuk perilaku baik dan buruk. Seseorang yang bersifat diilustrasikan sebagai orang yang berpijak di Bumi dan menengadah kearah bintang-bintang kelangit. jahat dan tidak jahat (diatur dalam etika). 1993:15) sehingga biasa dinyatakan bahwa ruang lingkup filsafat hanyalah meliputi hal-hala yang tidak riil. Manusia dengan masyarakat dan budaya juga mempunyai hubungan yang erat dengan alam sekitarnya. termasuk lingkungannya.

Epistemologi. e. d. Hakikat sesuatu sama artinya dengan kebenaran dari seuatu yang bisa berupa apa saja seperti tentang manusia. cabang filsafat yang berkaitan denga pemasalahan hakikat daripada ilmu pengetahuan. dan axilogi. c.terhadap hal-hal yang benar. cabang filsafat yang berkaitan dengan moralitas. filsafat mengandung makna alam berfikir. Etika. b. c. yaitu . Bidang epistemologi adalah suatu bidang filsafat yang membahas sumber. alam. sedangkan berfilsafat adalah bepikir secara mendalam atau rdikal. spritualisme. dan politik. Dalam arti praktis. adalah filsafat yang membahas persoalan hakikat metode atau metodologi dalam ilmu pengetahuan. dan antropologi secara keseluruhan. yang meliputi bidang-bidang ontologi. a. epistemologi. tentang rumus/dalil dan penalaran tentang hal yang benar dan tidak benar yang bai dan yang buruk. terutama meliputi nilai-nilai formatif. materialisme. Estika. hukum. Metafisika. kosmologi. dan positivisme. cabang filsafat yang membahas dan melukiskan hal-hal bereksintesi dibalik fisis. cabang cabang filsafat yang berkaitan dengan persoalan cara berfikir/filsafat berfikir. Bidang ontologi adalah bidang filsafat yang menyelidiki hakikat dan realita yang ada. dan validasi pengetahuan. b. proses. cabang filsafat yang berkaitan dengan permasalahan pemecahan konsep-konsep yang mengandung nilai keindahan dalam hal-hal yang bersifat estetik. ekonomi. 3. Bidang aksiologi adalah bidang filsafat yang menyelidiki nilai. Epistemologi meliputi berbagai asarana dan tata cara menggunakan sarana dan sumber pengetahuan untuk mencapai keberhasilan atau kenyataan rasianalisme. yaitu ontologi. dan memiliki konsep dasar filsfat tersendiri. Pahampaham seperti idealisme. fenomenologi. f. Sistematika Filsafat Filsafat mempunyai sistematika yang amat luas yang meliputi tiga hal utama. batas. Cabang-cabang Filsafat Yang dimaksud dengan cabang adalah bagian yang termasuk dalam ilmu filsafat. benda. juga tingkah laku manusia/tindakatindakan manusia. Metodologi. Logika. Radikal berfikir sampai akar-akarnya dan sungguh kepada hakikat sesuatu. kritisme. hakikat. a. 2. . pluralisme merupakan asumsi-asumsi dasar antologi yang akan menentukan apa hakikat kebenaran atau kenyataan sebagaiman dicapai melalui pengetahuan.

Disinilah pancasila menjadi suatu saat . Kegunaan Filsafat dan Filsafat Pancasila Kegunaan teoritik bahwa dengan mempelajari filsafat orang menjadi bertambah pengetahuannya. tepopalupi. lukisan bunga. dan etika. juga landasan dasar berfikir segenap bangsa dan negara indonesia. sopan santun. mengajarkan kegunaan nilai seni yang sangat berharga. tingkahlaku. serta akan menjaga kelestarian kelangsungan hidup bangsa dan negara indonesia dalam membela kebenaran dan kepentingan demokrasi bagi kehidupan bersama yang dilandasi oleh nilai persatuan dan kesatuan. termasuk menimbulkan daya tarik karena keindahan (musik. 5. bahwa ajaran filsafat dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sesudah tanggal 18 Agustus 1945 pancasila telah sah menjadi landasan dan dasar negara republik indonesia secarah sah yuridis konstitusional. pancasila menjadi nilai luhur budaya bangsa indonesia yang kita kenal sebagai sifat-sifat teposeliro. tolong-menolong/gotnroyong. suka bekerja keras. Etika.seperti halnya logika. kesusilaan. maupun norma yang baik. nyanyian. peduli kasih dan sebagainya. bagian filsafat yang mempelajari tingkah laku dan perbuatan manusia yang baik atau yang buruk. pakaian. sehingga muidah mengambil kesimpulan yang benar. Pada saat sebelum pancasila menjadi dasar filsafat hidup bangsa. Logika akan menggerakkan kepada kita agar lebih dapat berfikir Rasional. tertur dan sistematik. dalam arti produk sebagai pandangan hidup.estika. tepotulodo. seni melalui keindahan tampil dan berp[eran dalam berbagai kegiatan manusia. Bagi bangsa indonesia. Disampin itu.bunga dihalam rumah). Falsafat Hidup Bangssa Indonesia Falsafat dapat dimaksudkan dalam macam falsafat. secara khusus bangsa indonesia berani mempertahankan eksistensi pancasila bgi nusa dan bangsa. dan falsafat dalam arti praktis. dalam kehidupan masyarakat. yaitu sebelum tanggal 18 Agustus 1945. Kesimpulan tidak akan salah bila kita mendasarkan diri kepada aturan aturan yang benar dan telah ditentukan secara pasti. karena filsafat pancsila adalah landasan dasarnya. berbangsa dan bernegara.4. Ia akan lebu\ih mampu mempelajari segala seuatu denga cara yang baik. filsafat pancasila sangat berguna.. Kegunaan praktik. oleh karena itu mempelajari etika sangat berguna. berbahasa. termauk didalamnya mengajarkan moral. Filsafat pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pedoman dan pegangan dalam hal sikap. selain manusia sebagai perseorangan juga sebagai warga suatu masyarakat bangsa dalam mendukung cita-cita ataupun tujuan nasional . Etika. dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.

baik sebagai pribadi. filsafat pancasila dapat diartikan sebagi kemampuan rohani bangsa indonesia melakukan pemikiran yang sedalam.fundamental Norm atau Grund Norm. maupun sebagi warga negara memiliki nilai pribadi yang dilandasi oleh norma/hukum tertulis maupun yang tidak tertulis. 6. nilai kemanusiaan. filsafat dasar negara menyebutkan nilai dibagi menjadi tiga bagian yaitu: . yang menjadi ukuran menilai manusia untuk berbuat dan bertingkah laku. yang selanjutnya bisa berupa kebawahannya : surat keputusan dari rektor atu dekan perguruan tinggi suasta juga surat keputusan atau surat edaran dari partai. bebas jalan-jalan. Yang bukan undang. tetapi harus juga dipatuhi warga masyarakat. nilai persatuan. Menurut Prof.dalamnya tentang kebenaran pancasila sebagi landasan dasar falsafah kehidupan bangsa indonesia sehungga hasilnya adalah memperoleh suatu kebenaran yang sesungguh-sungguhnya dan hakiki dari arti nilai sila-sila pancasila. Pancasila Sebagai Suatu Sistem Moral dan Etika. berbelanja kepertokoan/mall. Hukum yang tidak tertulis merupakan ketentuan yang lahir dari masyarakat berupa auran atau norma-norma.Drs. Norma hukum lahir karena otoritas pemerintah atau wewenang pemerintah/negara berupa ketentuan perundangan. Moral dan etika sangat berkaitan dengan nilai tatanan ataupun nilai norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarkat. membeli rumah. Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa tumbuh dan berkembang bersam dengan tumbuh dan berkembangnya bangsa indonesia.Notonagoro.undang adalah berupa semua ketentuan yang lain sampai dengan kententuan pada rukun warga atau rukun tetangga. nilai kerakyatan. dan mobil. dan nilai keadilan sosial. seperti norma susila. Semua hal tersebut harus ditaati karena mengandung sangsi. Menilai mengandung arti menimbang yaitu kegiatan manusia menghubungkan sesuatu dengan sesutau yang lain dan mengambil keptusan atau menilai berarti menimbang atau perbandinkan sesuatu denga sesuatu yang lain untuk kemudian menganbil suatu keputusan. bepergian kemanapun asal memenuhi ketentuan yang ada. Nilai dasar yang dimaksud adalah nilai ketuhanan. yang tata urutangnya termuat dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945 ( sesudah tanggal 14 Agustus 1945). dalam bukunya (1947).H.Dr. rekreasi. S. Nilai adalah suatu yang diinginkan (positif) atau sesuatu yang tidak diinginkan (negatif). Misal manusia dapat bebas memilih kesenangannya dalam hal berpakaian. norma sopan santun dan norma agama yang dilandasi kesadaran kehidupan bersama dalm masyarakat (masih ada sangsi walaupun tidak seberat undang. yang setiap orang dan manusia. Pancasila yang merupakan filsafat hidup bangsa indonesia mengandung nilai-nilai dasar yang dijunjung tinggi oleh bangsa indonesia.undang). Sebagi falsafah hidup bangsa indonesia.partai.

Berkaitan dengan penilaian terhadap estetika atau keindahan mengingat keindahan juga melengkapi kehidupan manusia yang serba luas yang bisa diperoleh melalui rasa indah yang akan mendoronh atas bershasil baik/buruknya penyelesaian tugas-tugas dalam lingkup kehidupannya misalnya. Selain itu dalam perbedaan dalam nilai.gunung yang menjulang tinggi. selain sebagai mahluk individu (dilengkapi rasa diri). yang maha adil. disamping adanya unsur pembenar perbuatan yang bersumber kepada rasio atau akal manusia. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Tuhan sebagai pencipta alam semesta dan seisinya selalu memberikan petunjuknya dalam membantu mengatasi hal yang baik dan yang buruk didalam kehidupan. Nilai material. Lebih lanjut dapat dikemukakan bahwa nilai moral dan etika dalam pancasila adalah nilai nilai yang bersumber kepada kehendak atau kemampuan manusia untuk berbuat sesuatu. Tak ada suatu tindakan yang dilakukan manusia tanpa pertolongan Tuhan (Poedjawiyanta. moral etikanya lebih banyak dipengaruhi dan ditentukan lingkungan sosialnya dari pada pribadinya. juga sebagai mahluk sosial dengan perasaan sosialnya. Maha pengasih dan Penyayang dalam arti rasa religi kehidupan manusia. yaitu segala sesuatu yang berguna bagi unsur Jasmani manusia. pada hari libur melakukan rekreasi melihat pemandangan yang indah (gunung. yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat melakukan kegiatan atau aktivitas. tetapi berlandaskan kepada unsur kemauan yang baik dan positif. 2003:22) . mengingat kepada kehidupan manusia (indonesia) hakikatnya.a. Nilai kerohanian. Sehubungan dengan perasaan sosial. mengingat manusia pada umumnya hidup bersandar pada sang penciptanya sehingga segenap perbuatannya yang baik dan buruk merupakan dampak dari moral etikanya akan mendapatkan penilaian dari Tuhan Yang Maha Esa. sehingga yang menentukan baik buruknya tingkah laku. sawahsawah yang membentang Luas dan rapi) yang akan memberiikan kesan yang indah atau estetik. b.nilai yang lain. Yang berkaitan perasaan religius. tampaklah bahwa mahluk sosial tidak terlepas dari lingkungan sosialnya. yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai Vital. moral dan etika religius dari budaya yang memiliki tingkat maju dan tinggi. c. termasuk mendapatkan estetis kehidupan manusia yang selalu dalam bimbingan-Nya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful