PENGENALAN ALAT dan ANALISA TINGKAT KEKERUHAN AIR DENGAN TURBIDIMETER

Prinsip Alat akan memancarkan cahaya pada media atau sampel, dan cahaya tersebut akan diserap, dipantulkan atau menembus media tersebut. Cahaya yang menembus media akan diukur dan ditransfer kedalam bentuk angka.

Tujuan Mengenal, mengetahui dan memahami alat pengujian air limbah dan mengukur tingkat kekeruhan pada sample dengan menggunakan turbidimeter

Tinjauan Pustaka Turbidimeter Turbidimeter merupakan alat yang digunakan untuk menguji kekeruhan, yang biasanya dilakukan pengujian adalah pada sampel cairan misalnya air. Salah satu parameter mutu yang sangat vital adalah kekeruhan yang kadang-kadang diabaikan karena dianggap sudah cukup dilihat saja atau alat ujinya yang tidak ada padahal hal tersebut dapat berpengaruh terhadap mutu. Oleh sebab itu untuk mengendalikan mutu dilakukan uji kekeruhan dengan alat turbidimeter. Ada beberapa cara praktis memeriksa kualitas air, yang paling langsung karena beberapa ukuran redaman (yaitu,

Turbidimeter meliputi pengukuran cahaya yang diteruskan. Kekeruhan diukur dengan cara ini menggunakan alat yang disebut nephelometer dengan setup detektor ke sisi sinar. Untuk model redaman dari radiasi balok. digunakan sebagai ukuran polusi. beberapa parameter kekeruhan telah diperkenalkan. dan laut dapat diukur dengan menggunakan Secchi disk. sedangkan nefelometer kurang sering digunakan . absorbsi akibat partikel yang tersuspensi diukur sedangkan pada nefelometer. Kekeruhan di danau.pengurangan kekuatan) cahaya saat melewati kolom sampel air. Untuk partikel yang lebih kecil. Prinsip spektroskopi absorbsi dapat digunakan pada turbidimeter dan nefelometer. tetapi turbiditas tergantung juga pada warna. Kekeruhan (atau kabut) juga diterapkan untuk padatan transparan seperti kaca atau plastik. saluran. waduk. Dalam kabut produksi plastik didefinisikan sebagai persentase cahaya yang dibelokkan lebih dari 2. Setiap instrumen spektroskopi absorbsi dapat digunakan untuk turbidimeter. Turbidimeter yaitu sifat optik akibat dispersi sinar dan dapat dinyatakan sebagai perbandingan cahaya yang dipantulkan terhadap cahaya yang tiba. Untuk turhidimeter. rasio Tyndall sebanding dengan pangkat tiga dari ukuran partikel dan berbanding terbalik terhadap pangkat empat panjang gelombangnya. hamburan cahaya oleh suspensilah yang diukur. Kekeruhan di udara. sedangkan akurasi pengukuran tergantung pada ukuran dan bentuk partikel. Turbiditas berbanding lurus terhadap konsentrasi dan ketebalan. yang menyebabkan redaman matahari. Satuan kekeruhan dari nephelometer dikalibrasi disebut Nephelometric Kekeruhan Unit (NTU). termasuk faktor kekeruhan Linke (TL). Meskipun prcsisi metode ini tidak tinggi tetapi mempunyai kegunaan praktis. Intensitas cahaya yang dipantulkan oleh suatu suspensi adalah fungsi konsentrasi jika kondisi-kondisi lainnya konstan.5 ° dari arah cahaya masuk.

Pengotor yang ada dalam air yang akan diolah sebelum .pada analisis anorganik. Suatu gelatin pelindung koloid biasanya digunakan untuk membentuk suatu dispersi koloid yang seragam dan stabil. Rumus kimia air dalam lingkungan laboratorium adalah H2O. c. Metode pengukuran turbiditas dapat dikelompokkan dalam tiga golongan. yaitu kedalaman dimana cahaya mulai tidak tampak di dalam lapisan medium yang keruh. rumus tersebut menjadi H2O + X. Air Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan. Tetapi kenyataannya di alam. Kelarutan zat tersuspensi seharusnya kecil. Instrumen pengukur perbandingan Tyndall disebut sebagai Tyndall meter. yaitu : a. intensitas cahaya diukur dengan larutan standar. absorbsi bervariasi secara Tinier terhadap konsentrasi. dimana X berbentuk karakteristika bilogik (bersifat hidup) ataupun berbentuk karakteristika non biologic (bersifat mati). Sedang pada nefelometer. Dalam instrumen ini intensitas diukur secara langsung. Air memiliki manfaat yang sangat banyak yang berguna bagi mahluk hidup di bumi. sehingga air mempunyai peranan yang penting dalam melangsungkan kehidupan. sedangkan pada konsentrasi lebih rendah untuk sistem koloid Te dan SnCl2. tembaga ferosianida dan sulfida-sulfida logam berat tidak demikian halnya. Fungsi air tidak pernah dapat digantikan oleh senyawa lain. Pengukuran efek ekstingsi. Pada konsentrasi yang lebih tinggi. Air juga merupakan salah satu komponen utama dalam bahan dan produk pangan. Pengukuran perbandingan intensitas cahaya yang dihamburkan terhadap intensitas cahaya yang datang b.

Kekeruhan: Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan-bahan anorganik dan organik yang terkandung dalam air seperti lumpur dan bahan yang dihasilkan oleh buangan industri. juga dapat meyebabkan turunnya kadar oksigen terlarut. Warna: Warna air dapat ditimbulkan oleh kehadiran organisme. Zat padat dapat menghalangi penetrasi sinar matahari kedalam air e. Bau dan rasa: Bau dan rasa dapat dihasilkan oleh adanya organisme dalam air seperti alga serta oleh adanya gas seperti H2S yang terbentuk dalam kondisi anaerobik. dan oleh adanya senyawa-senyawa organik tertentu Karakteristik Kimia Air . bahan-bahan tersuspensi yang berwarna dan oleh ekstrak senyawa-senyawa organik serta tumbuh-tumbuhan. d. Solid (Zat padat): Kandungan zat padat menimbulkan bau busuk.digunakan dalam industri dapat bermacam ± macam diantaranya adalah kekruhan (turbidity). Kadar oksigen terlarut yang terlalu rendah akan menimbulkan bau yang tidak sedap akibat degradasi anaerobic ynag mungkin saja terjadi. Temperatur: Kenaikan temperatur air menyebabkan penurunan kadar oksigen terlarut. b. Karakteristik Fisik Air a. c.

Kesadahan yang tinggi bisa disebabkan oleh adanya kadar residu terlarut yang tinggi dalam air. COD (chemical oxygent demand) yaitu banyaknya oksigen yang di butuhkan untuk mengoksidasi bahan-bahan organik secara kimia. dimana disosiasi senyawa-senyawa tersebut dipengaruhi oleh pH. BOD dan COD digunakan untuk memonitoring kapasitas badan air penerima. namun sebaliknya dapat memberikan rasa yang segar. Reaksi: + 95%terurai Zat Organik + O2 . BOD (biological oxygent demand): BOD yaitu banyaknya oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorgasnisme untuk menguraikan bahan-bahan organik (zat pencerna) yang terdapat di dalam air buangan secara biologi.-CO2 + H2O e.o + sisa material organik (CHONSP) d. Satuan DO biasanya dinyatakan dalam persentase saturasi. Beberapa senyawa asam dan basa lebih toksid dalam bentuk molekuler. korosifitas air dan efisiensi klorinasi. air pendingin. Di dalam pemakaian untuk industri (air ketel. . DO (dissolved oxygent): DO yaitu jumlah oksigen terlarut dalam air yang berasal dari fotosintesa dan absorbsi atmosfer/udara. Semakin banyak jumlah DO maka kualitas air semakin baik. Reaksi: Zat Organik + m. atau pemanas) adanya kesadahan dalam air tidaklah dikehendaki.o + O2 CO2 + m. Kesadahan: Kesadahan air yang tinggi akan mempengaruhi efektifitas pemakaian sabun. pH: Pembatasan pH dilakukan karena akan mempengaruhi rasa.a. b. c.

Alat & Bahan Alat Turbidimeter dan Tabung Sampel Bahan Larutan standar dan Sampel Langkah kerja Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan Memasangkan/menyambungkan turbidimeter dengan sumber listrik. Senyawa-senyawa kimia yang beracun Kehadiran unsur arsen (As) pada dosis yang rendah sudah merupakan racun terhadap manusia sehingga perlu pembatasan yang agak ketat ( 0. lalu melakukan pengukuran dengan menyesuaikan nilai pengukuran dengan cara memutar tombol pengatur hingga nilai yang tertera pada layar pada turbidimeter sesuai dengan nilai standar .f.05 mg/l). diamkan selama 15 menit Larutan standar diletakan pada tempat sample yang ada dalam turbidimeter. Kehadiran besi (Fe) dalam air bersih akan menyebabkan timbulnya rasa dan bau ligam. yang dapat menjadi racun bagi manusia.

Air sungai 38.0 5.8 79.5 4.1 4. Air keran toilet 2 5.2 37.0 Rata-rata Nilai Pengukuran 4. Air tadah hujan 82. Jenis Sampel Air keran toilet 1 Nilai Pengukuran 4.47 .9 38.3 39.1 5.2 2.0 5.1 78.Sample dimasukan pada tempat pengukuran sampel yang ada pada turbidimeter Membaca skala pengukuran kekeruhan (pengukuran dilakukan 3 kali dengan menekan tombol pengulangan pengukuran untuk setiap pengulangan) Data Pengamatan No 1.8 4.5 78.03 3.

kemudian melakukan pengukuran dengan menyesuaikan nilai pengukuran dengan cara memutar tombol pengatur hingga nilai yang tertera pada layar pada turbidimeter sesuai dengan nilai standar. dan cahaya tersebut akan diserap. Penggunaan alat turbidimeter ini sangat mudah. . Sampel yang di uji diantaranya air keran toilet. Sebelum alat digunakan terlebih dahulu harus diset. air tadah hujan dan air sungai. angka yang tertera pada layar harus 0. ada beberapa alat untuk menguji kekeruhan yang bisa digunakan. hasilnya dapat langsung dibaca skala pengukuran kekeruhan tertera pada layar dengan jelas. Akan tetapi pengukuran sampel harus dilakukan sebanyak 3 kali dengan menekan tombol pengulangan pengukuran untuk setiap pengulangan agar pengukuran tepat atau valid. kita cukup menyimpsn sampel dan standar pada botol kecil yang merupakan bagian dari alat. dan hasilnya langsung dirataratakan. Setelah itu sampel dimasukan pada tempat pengukuran sampel yang ada pada turbidimeter. mengetahui dan memahami atau mempelajari alat pengujian air limbah yaitu turbidimeter sekaligus mengukur tingkat kekeruhan pada pada beberapa sampel dengan menggunakan alat turbidimeter. Pada praktikum ini turbidimeter yang digunakan mempunyai botol kecil yang dipakai untuk wadah sampel dan standar. Seperti yang kita ketahui. Prinsip kerja dari alat untuk menguji kekeruhan ini adalah alat akan memancarkan cahaya pada media atau sampel. Cahaya yang menembus media akan diukur dan ditransfer kedalam bentuk angka.Pembahasan Pada praktikum yang telah dilakukan ini adalah untuk mengenal. dipantulkan atau menembus media tersebut.

Kekeruhan adalah ukuran yang kekeruhan yang terjadi menggunakan efek cahaya sebagai dasar untuk mengukur keadaan air baku dengan skala NTU (nephelo metrix turbidity unit) atau JTU (jackson turbidity unit) atau FTU (formazin turbidity unit). Kekeruhan merupakan keadaan mendung atau kekaburan dari cairan yang disebabkan oleh partikel individu (padatan tersuspensi) yang umumnya tidak terlihat dengan mata telanjang. Kegiatan manusia yang mengganggu tanah. akibat limpasan air hujan. Kekeruhan dalam air terbuka dapat disebabkan oleh pertumbuhan fitoplankton. Air hujan sangat kotor karena air hujan sudah tercampur dengan banyak bahan seperti lumpur dan bahan yang dihasilkan oleh buangan industry yang menguap di udara. mirip dengan asap di udara.Dari hasil data yang telah diperoleh dan dirata-ratakan diketahui bahwa pada sampel air keran toilet 1 yaitu 4. air keran toilet 2 yaitu 5. pertambangan dan batubara pemulihan dapat menghasilkan tingkat kekeruhan sangat tinggi dari partikel koloid batu.47. Kekeruhan tertinggi adalah pada air tadah hujan karena dapat diperkirakan dapat ditimbulkan oleh adanya bahan-bahan anorganik dan organik yang terkandung dalam air.2. dan menciptakan kondisi keruh. Urbanisasi daerah berkontribusi dalam jumlah besar kekeruhan ke perairan dekat. yang kedua adalah sampel air sungai dan yang terakhir adalah sampel air keran toilet. Pengukuran kekeruhan adalah tes kunci dari kualitas air. Setiap sampel mempunyai tingkat kekeruhan yang berbeda satu sama lain. . Tingkat Kekeruhan tertinggi adalah sampel air tadah hujan. seperti konstruksi. dapat menyebabkan tingkat sedimen yang tinggi memasuki badan air selama hujan badai. melalui polusi stormwater dari permukaan beraspal seperti jalan. Hal ini membuat perbedaan nyata dari segi estetika maupun dari segi kualitas air itu sendiri.03. kekeruhan ini disebabkan oleh adanya benda tercampur atau benda koloid di dalam air. air tadah hujan yaitu 79.8 dan air sungai yaitu 38. jembatan tempat parkir dan industri tertentu seperti penambangan.

03. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dan berdasarkan data phasil pengamatan yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa kekeruhan pada setiap sampel adalah tidak sama antara satu dengan yang lainnya. semakin tinggi resiko bahwa orangorang dapat mengembangkan penyakit gastrointestinal.com/2010/04/turbidimeter. sampel air keran toilet 1 yaitu 4.8 dan air sungai yaitu 38.47. Kesimpulan Kekeruhan merupakan keadaan mendung atau kekaburan dari cairan yang disebabkan oleh partikel individu (padatan tersuspensi) yang umumnya tidak terlihat dengan mata telanjang. mirip dengan asap di udara. Pengukuran kekeruhan adalah tes kunci dari kualitas air. padatan tersuspensi dapat melindungi bakteri dari ultraviolet (UV) sterilisasi air.Dalam air minum. Setiap sampel mempunyai tingkat kekeruhan yang berbeda satu sama lain. Kekeruhan tertinggi terdapat pada air tadah hujan sedangkan yang terendah pada air keran toil http://endrah. Padatan tersuspensi mengganggu disinfeksi air dengan klorin karena partikel bertindak sebagai perisai untuk virus dan bakteri.2. air tadah hujan yaitu 79. Demikian pula.blogspot.html . Ini terutama masalah bagi orangdikompromi kekebalan. karena kontaminan seperti virus atau bakteri dapat menjadi melekat pada padatan tersuspensi. air keran toilet 2 yaitu 5. semakin tinggi tingkat kekeruhan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful