P. 1
presentasi gizi

presentasi gizi

|Views: 225|Likes:
Published by Dian Rianti

More info:

Published by: Dian Rianti on Jan 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2014

pdf

text

original

karena bagi bayi usia t¶sebut tdk ada makanan lain yg sebaik ASI. maka pada usia 4 bln bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI .Namun jika kondisi tertentu. seperti produksi ASI tdk mencukupi kebutuhan gizi bayi atau alasan medis yg lain.Bayi sebaiknya diberikan ASI eklusif hingga usia 6 bln.MAKANAN BAYI ( 0 ± 12 BLN ) . .

. bubur sayuran saring atau dihaluskan. ASi sebagai sabagai nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang.Menginjak usia 6 bln keatas. bubur susu. bayi mulai baralih ke makanan kental & padat namun tetap bertekstur lunak seperti nasi tim. perlu diberikan makanan pendamping ASI .Pada usia 6 ± 9 bln tekstur makanan sebaiknya makanan cair. .Menginjak usia 10 ± 12 bln. . lembut/saring seperti bubur buah.

3- . 2-3 kali makanan 2selingan & 3-4 kali minum susu. Berikan makanan dlm porsi kecil dengan frekuensi sering (7(78 kali) sehari.MAKANAN BATITA ( 1 ± 3 TH ) . artinya dia masih menerima saja makanan yg diberikan org tuanya. siang dan sore. terdiri atas tiga kali makan: pagi.Batita merupakan konsumen pasif.

(53 kali: pagi. sehingga kebutuhan energinya lebih banyak dr pada batita.MAKAKAN BALITA (3-5 TH) (3. susu pagi & mlm hari . terdiri atas . siang dan sore dan 2 kali mkn selingan .Berbeda dg batita. Aktifitasnya juga lebih. Oleh karena itu. anak prasekolah adalah konsumen aktif sehingga dia sudah bisa menetukan makanannya sendiri. porsi makan diperbesar dr pada batita dg frekuensi diturunkan menjadi (5-6 kali).

.

.

Pantangan terhadap jenis-jenis makanan jenistertentu yg tidak berdasar sebaiknya tidak dilakukan.MAKANAN REMAJA Berikut ini beberapa petunjuk dalam mengatur makanan pada usia remaja : 1. Upayakan agar tubuh memperoleh zat gizi makro maupun mikro 3. kecuali atas dasar indikasi medis . Jagalah berat badan agar ada pada tingkat yang normal ( hindarkan bb terlalu kurus atau bb terlalu gemuk) 2.

5. Makanan yang kadar lemaknya tinggi dan makanan yang terlalu manis sebaiknya dihindari agar kulit selalu tampak halus dan tidak berminyak 6.4. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang buahkaya akan berbagai vitamin dan mineral sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan kulit. Bagi remaja pria kecukupan protein dan energi harus terpenuhi agar otot-otot tubuh dapat otottumbuh dan berkembang dengan baik .

. 9.7. Kebiasaan ³ ngemil ³ atau senang makan makanan kecil memungkinkan tubuh memperoleh tambahan energi sehingga tanpa disadari masuknya energi kedalam tubuh melebihi kebutuhan dan dampaknya berupa bertambahnya timbunan lemak dalam tubuh. untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi 8. makan malam dg menu yg seimbang dalam jumlah yg sesuai dg kebutuhan adalah cara yg lebih baik dalam memelihara kesehatan dan kelangsingan tubuh. Kebiasaan makan yang teratur mulai dr sarapan pagi. Hindarilah kesukaan yang berlebihan terhadap hanya makanan tertentu saja. makan siang.

Menjaga kesehatan ibu  2. Kelancaran persalinan  4. Untuk pertumbuhan janin  3.MAKANAN IBU HAMIL  Mengapa makanan bergizi penting bagi ibu hamil ?  1. Keberhasilan menyusui .

makanan beralkohol . zat pengatur Makanan yg perlu dibatasi : Cabe. Makanan berlemak. zat pembangun.    Ibu hamil seharusnya makan 1 ¼ kali dari biasanya Makanan dapat diberikan porsi kecil tapi lebih sering Sususnan makanan sehari ± hari diusahakan selalu seimbang terdiri dari zat tenaga. makanan bergas.

 2. Untuk menghasikan ASI yang cukup jumlahnya maupun kualitasnya. . Untuk pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan.MAKANAN IBU MENYUSUI  Mengapa makanan bergizi penting bagi ibu menyusui ?  1.

sayuran dan buah  Jumlah dan mutunya lebih banyak dari makanan ibu hamil . Makanan ibu pada saat menyusui jauh lebih banyak dibandingkan dengan waktu hamil atau tidak hamil  Makanan harus seimbang baik dalam hal makanan pokok. lauk pauk.

tidak banyak bumbu. Perlu lebih banyak minum. tidak terlalu dingin/panas untuk menjaga kelancaran pencernaan. setiap hari minimal 8 gelas  Makanan tidak pedas. .

Kacang-kacangan (kcg kedelai. Sayuran Hijau ( Bayam. Jambu air) . Daun katuk dll)  3. makanlah bahan makanan sbb :  1. Jeruk. Buah-buahan ( Pepaya. Untuk meningkatkan produksi ASI. tanah Kacangdll)  2. Mangga. BuahPisang.

MAKANAN LANSIA    Keadaan gizi yang baik pada lansia sangat di perlukan agar tetap sehat. Dianjurkan untuk makan dari hidangan yang terdiri dari campuran berbagai bahan makanan. produktif dan ceria di hari tua. karbohidrat di peroleh dr makanan pokok . karena dpt memberi manfaat yang bsr bagi kesehatan Karbohidrat diperlukan guna memenuhi kebutuhan energi.

Batasi konsumsi lemak dan minyak Makananlah sumber zat besi dan kalsium Kurangi penggunaan garam dapur & makanan yg diawetkn Banyak Makan sayuran dan buah2an sbg sumber vit & serat . akibatnya dapat mengurangi peluang terpenuhinya kebutuhan zat gizi lain. Konsumsi energi yang terbaik bagi lansia adalah konsumsi energi yg tdk berlebihan ttp tidak jg kekurangan.      Makanan yg terlalu manis tidak dianjurkan karena gula tdk mengandung zat-zat gizi lain zatserta secara cepat menimbulkan rasa kenyang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->