TUGAS MANDIRI Ilmu Sosial Budaya Dasar

DOSEN PEMBIMBING Dra. Rohani ,M.Pd

KEMISKINAN DI INDONESIA

Di susun oleh:
Juliandari

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TAHUN AKADEMIK 2010/2011

kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun baik dari teman-teman dan para raktisi pendidikan agar kedepannya lebih sempurna. Untuk itu.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena dengan rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Oktober 2011 Penulis i . Kami menyadari makalah ini masih ada beberapa kekurangan. Akhir kata. Pekanbaru. Makalah ini disusun berdasarkan referensi-referensi yang kami temukan dibuku-buku yang sesuai dengan tema makalah kami dan juga melalui webset-webset di internet. Makalah ini juga disusun dengan harapan menjadi sumber pengetahuan dan dapat meningkatkan pemahaman tentang pokok-pokok materi yang akan kita bahas bersama nantinya guna meraih prestasi belajar yang maksimal. SELAMAT BELEJAR dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

..««.««ii Definisi Kemiskinan «««««««««««««««««««««««««««.DAFTAR ISI Kata pegantar «««««««««««««««««««««««««««...3 Penanggulangan Kemiskinan «««««««««««««««««««««««.1 Hakikat Kemiskinan «««««««««««««««««««««««««««.6 Referensi «««««««««««««««««««««««««««««««.2 Paradigma Pembangunan «««««««««««««««««««««««««.5 Kesimpulan dan Saran ««««««««««««««««««««««««««.i Daftar isi «««««««««««««««««««««««««««««.7 ii ..3 Penyebab Kemiskinan di Indonesia«««««««««««««««««««««.

" Kita tidak akan menjadi bangsa yang besar kalau mayoritas masyarakatnya masih miskin dan lemah. dan pada tahun 1996 menurun menjadi berjumlah 34. 1 . dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan. Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan. Serta merupakan salah satu ukuran keberhasilan dalam suatu proses pembangunan. Akibat Krisis ekonomi yang melanda Indonesia . Maka untuk menjadi bangsa yang besar mayoritas masyarakatnya tidak boleh hidup dalam kemiskinan dan lemah. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif. Martin Luther King [1960] mengingatkan. pembangunan nasional di Indonesia masih terus di hantui dengan persoalan klasik mengenai kemiskinan adalah fenomena multidimensi dimana alternatif kebajikan penanggulangannya memerlukan suatu kajian yang komprehensif dengan pemahaman yang spesifik di setiap daerah . pendidikan. ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. "you are as strong as the weakestof the people. Kemudian kekerasan dan kejahatan [crime]. DEFINISI KEMISKINAN Pada mulanya adalah kemiskinan. baik melalui penglihatan sehari-hari dan bahkan langsung mengalami kemiskinan itu sendiri . Kemiskinan merupakan masalah global. pendidikan ) dan aspek-aspek non material ( seperti berbagai macam kebebasan . pakaian.A.01 juta jiwa (sekitar 17. Secara teori Kemiskinan sesungguhnya ditunjukan dengan adanya (jarak) antara nilainilai utama yang berakumulasikan dengan pemenuhan kebutuhan akan nilai tersebut secara layak. Sebenarnya Kemiskinan adalah sesuatu yang akrab dengan kita . sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif. dan kesehatan.1 juta orang . hak untuk hidup yang layak). Lalu pengangguran.47% dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia). Selain itu kemiskinan berkaitan dengan aspek-aspek material ( Seperti pendapatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar.sampai akhir tahun 1998 jumlah penduduk miskin semakin bertambah . Permasalahan kemiskinan sedang menjadi pembahasan yang hangat dibicarakan kemiskinan di Indonesia berdasarkan data BPS pada tahun 1976 tercatat sebesar 40% atau sekitar 40. tempat berlindung. Keberhasilan tersebut disebabkan antara lain karena adanya penetapan ukuran angka ambang batas / garis kemiskinan .

maupun hukum. perumahan. dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi. 2 . sandang. ekonomi.Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Oleh sebagian besar orang persoalan kemiskinan lebih dipahami dalam konteks habere. yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari. Padahal hakikat kemiskinan dapat dilihat dari berbagai faktor. Hari Susanto [2006] mengatakan umumnya instrumen yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat tersebut miskin atau tidak bisa dipantau dengan memakai ukuran peningkatan pendapatan atau tingkat konsumsi seseorang atau sekelompok orang. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar. Orang miskin adalah orang yang tidak menguasai dan memiliki sesuatu. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan. B. Para pengamat ekonomi pada awalnya melihat masalah kemiskinan sebagai "sesuatu" yang hanya selalu dikaitkan dengan faktor-faktor ekonomi saja. karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral. HAKIKAT KEMISKINAN Meski kemiskinan merupakan sebuah fenomena yang setua peradaban manusia tetapi pemahaman kita terhadapnya dan upaya-upaya untuk mengentaskannya belum menunjukan hasil yang menggembirakan. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia. Apakah itu sosial-budaya. Pemahaman utamanya mencakup: y y y Gambaran kekurangan materi. dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Menurut Koerniatmanto Soetoprawiryo menyebut dalam Bahasa Latin ada istilah esse [to be] atau [martabat manusia] dan habere [to have] atau [harta atau kepemilikan]. Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. politik. Gambaran tentang kebutuhan sosial. Urusan kemiskinan urusan bersifat ekonomis semata. termasuk keterkucilan sosial. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. dan pelayanan kesehatan. ketergantungan.

penyebab sub-budaya (subcultural). yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga. termasuk perang. yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain. Sebaliknya keduanya harus seimbang-berkelindan serta saling menyokong. Perekonomian nasional dengan demikian menjadi sangat kokoh dan vital dalam usaha pemenuhan cita-cita tersebut. PENYEBAB KEMISKINAN di INDONESIA Kemiskinan banyak dihubungkan dengan: y y y y y y penyebab individual. maka merasa tidak cukup dan serba kurang. yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku. atau patologis. juga harus ada pembelaan pada sektor riil agar berdampak luas pada perekonomian rakyat.C. 3 . Ekonomi makro-mikro tidak bisa dipisahkan dan dianggap berdiri sendiri. pilihan. karena tidak bersyukur. penyebab keluarga. yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial. penyebab struktural. tanpa perekonomian nasional yang kuat dan memihak rakyat maka mustahil cita-cita tersebut dapat tercapai. Oleh karenanya pentingnya menghapus kemiskinan sebagai prestasi pembangunan yang hakiki. Intinya tanpa pemaknaan yang subtansial dari kemerdekaan politik menjadi kemerdekaan ekonomi maka siasialah pembentukan sebuah negara. Pendek kata harus ada simbiosis mutualisme di antara keduanya. D. PARADIGMA PEMBANGUNAN Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas kuncinya harus ada kebijakan dan strategi pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan jangka panjang. sebagaimana tersebut dalam surah Al-A¶raf ayat 10. yakni Allah Swt. penyebab agensi. pemerintah. dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar. Mubazirlah sebuah pemerintahan. Tetapi. yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari. Pemerintah boleh saja mengejar pertumbuhan-ekonomi makro dan ramah pada pasar. Sebab. Syukur : Amat sedikit dari bangsa ini yang mau bersyukur atas nikmat pemberian Allah Swt. Tidak bisa berterimakasih kepada Sang Pemberi. Perekonomian yang tujuan utamanya adalah pemerataan dan pertumbuhan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia. dan ekonomi. atau kemampuan dari si miskin. [Dari berbagai sumber].

Ajaran untuk banyak berbuat kebaikan sangat ditekankan oleh Islam. Sesungguhnya Allah adalah maha Penyayang kepadamu. Al-Baqarah [2]:30).´ (QS. pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Al-A¶raaf [7]: 74.´ (QS. Bangsa Indonesia ternyata tidak dengan baik dapat melaksanakan amanah Allah Swt sebagai khalifah di bumi.. berbuat kerusakan. mengacu firman Allah Swt: ´Hai orang-orang yang beriman. dan janganlah kamu membunuh dirimu. kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu.´ (QS. Bukan sebaliknya.. Ibrahim [14]:7). berpaling dari peringatanNya.. y Amanah : Allah Swt menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi. Asy-Syu¶araa¶ [26]: 183). y Korupsi : Perbuatan korupsi termasuk dilarang. Seharusnya bertindak mamayu hayuning bawono.. 4 .´ (QS. padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?´ Tuhan berfirman: ´Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Thaahaa [20]: 124). y Berpaling : Semakin banyak yang menjauh dari Allah Swt. Al-baqarah [2] : 60. ´Sesungguhnya jika kamu bersyukur. An-Nisaa¶ [4]: 29).. maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. memelihara. Padahal Allah Swt sudah memberi peringatan: ´Dan barang saiapa berpaling dari peringatan-Ku. ´. maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit.Janganlah merajalela berbuat kerusakan di muka bumi.´ (QS. dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku). janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan batil. menjaga kelestarian..mengingat firman Allah Swt: ´Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan. ´Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: ´Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi´ maka mereka (malaikat) berkata: ´Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. Dan mengelola dengan baik kekayaan alam untuk kesejahteraan..

2008). pangan. Banyak macam kebijakan yang dijalankan untuk mengubah situasi orang miskin berdasarkan perorangan.koperasi dan organisasi ekonomi yang lain) Pengembangan wadah dinamika masyarakat yang di bangun dan dilestarikan di atas bekerjanya keseluruhan way of life yang hidup di kalangan masyarakat. pencarian kerja. dan layanan publik. termasuk hukuman. Persiapan bagi yang lemah. Pengembangan struktur-struktur ekonomi ( Jaringan Pasar. organisasi sosial (LSM) dan masyarakat sendiri. PENANGGULANGAN KEMISKINAN Tanggapan utama terhadap kemiskinan adalah: y y y y y y y y y y y y Bantuan kemiskinan. Ini telah menjadi bagian pendekatan dari masyarakat Eropa sejak zaman pertengahan. kesehatan dan sosial) tetap diperlukan untuk mengatasi kemiskinan pada tahap awal (Sumedi dan Supadi. Perluasan jangkauan kredit mikro dengan bunga rendah dan tanpa jaminan. pendidikan. Program penyelamatan yang selama ini dilakukan oleh pemerintah seperti JPS (di bidang pendidikan. atau keadaan yang membuat orang miskin. serta pemberian akses ke lembaga kredit . Program penyelamatan. Usaha penciptaan lapangan kerja di segala bidang yang dapat membantu masyarakat keluar dari kemiskinan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga perusahaan swasta. Daripada memberikan bantuan secara langsung kepada orang miskin. 2004). Pengembangan kemampuan manajemen dan keuangan serta penguasaab teknologi dan keahlian (skill) tertentu. tetapi hal itu hanya bersifat temporer (WIM Poli. Menyediakan tanah baru melalui realokasi atau meningkatkan akses masyarakat terhadap tanah melalui Land Reform. Program penciptaan lapangan kerja. banyak negara sejahtera menyediakan bantuan untuk orang yang dikategorikan sebagai orang yang lebih mungkin miskin. seperti kebutuhan akan perawatan kesehatan.E. Peningkatan pelayanan pemerintah kepada masarakat terutama di bidang kesehatan . atau membantu secara langsung kepada orang miskin. dan lain-lain. kerja sosial. seperti orang tua atau orang dengan ketidakmampuan. pendidikan . 5 . Bantuan terhadap keadaan individu. Menciptakan asset baru dan peluang kerja diberbagai sektor dan bidang pekerjaan yang di ciptakan langsung oleh pemerintah atau pihak swasta (investor).

KESIMPULAN DAN SARAN Meskipun kemiskinan yang paling parah terdapat di dunia berkembang. Pemberdayaan yang dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat lokal dalam memenuhi kebutuhannya tanpa menghambat pemenuhan kebutuhan generasi masa depan. 2006:81. dan dalam pengertian ini keseluruhan negara kadang-kadang dianggap miskin. Di lain pihak. seperti dibebaskannya biaya sekolah. atau kelompok orangorang miskin. Penyaluran bantuan sosial untuk orang miskin. WIM Poli. antara lain. programprogram bantuan sosial ini juga dapat menimbulkan korupsi dalam penyalurannya.biaya pengobatan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). berupa beras untuk rakyat miskin dan program jarring. Untuk menghindari stigma ini. Upaya seperti ini akan sulit menyelesaikan persoalan kemiskinan yang ada karena sifat bantuan tidaklah untuk pemberdayaan. seperti sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Program-program bantuan yang berorientasi pada kedermawanan pemerintah ini justru dapat memperburuk moral dan perilaku masyarakat miskin. bahkan dapat menimbulkan ketergantungan. 6 . Di negara-negara maju. sehingga dapat terlepas dari empat dimensi kemiskinan (WIM Poli dkk. ada bukti tentang kehadiran kemiskinan di setiap region. Alangkah lebih baik apabila dana-dana bantuan tersebut langsung digunakan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). serta dibebaskannya biaya. Pengaman sosial (JPS) untuk orang miskin. negara-negara ini biasanya disebut sebagai negara berkembang. Hal itu. di dalam konteks sosial-budaya. Kemiskinan dapat dilihat sebagai kondisi kolektif masyarakat miskin. kondisi ini menghadirkan kaum tuna wisma yang berkelana ke sana kemari dan daerah pinggiran kota dan ghetto yang miskin. di antara keluarga bangsa dan bangsa-bangsa yang bermartabat. Program bantuan untuk orang miskin seharusnya lebih difokuskan untuk menumbuhkan budaya ekonomi produktif dan mampu membebaskan ketergantungan penduduk yang bersifat permanen. 2008).y Program pemberdayaan.

co. 06/10/2009 Sumber: http://www. 2010 Hamonangan Ritonga Kepala Subdit pada Direktorat Analisis Statistik.pkesinteraktif.id/ Indonesia dan Problem Kemiskinan: Suara Pembaca Sumber: http://www.kompas. on Wed.com/kompas-cetak/0402/10/ekonomi/847162. 17/09/2008 .google.com dari nara sumber : Suara Muhammadiyah No. Badan Pusat Statistik Artikel dari Abdul Ghopur yaitu seorang Ilmuwan Muda NU dan Aktivis Gerakan Mahasiswa Pemuda Indonesia [GMPI] Jakarta. Sumber: http://www.DAFTAR PUSTAKA Artikel Kemiskinan di Indonesia.09:00.google. January 17 th.co.id/ Strategi Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia.16/Th ke93 7 .htm Sumber: http://www. Walid yang mengambil dari artikel seseorang yang bernama dede. Artikel oleh A.

Nama : Juliandari PMT 1 C .