Sistematika

Sistematika Adalah yang di gunakan adalah sisematika resmi , karena mengunakan bahasa yang baku .

-Latar Belakang Karya tulis hasil penelitian dapat di tulis dalam bentuk pertama yaitu artikel, makalah, tesis pada umumnya sebuah laporan. Di sampaikan dalam tiga bagian pokok yaitu bagian pendahuluan, isi dan kesimpulan , sebuah karya tulis yang lengkap memilki ketiga bagian , ketiaga bagian tersebut di sampaikan secara lebih kompleks , dengan mengikuti peraturan ilmiah.

7 8 9 . .. Metode. . Hasil Penelitian ... .3 . Kesimpulan . Latar Belakang.vi BAB I Pendahuluan.iii .2 . Sistematika .. Daftar Pustaka . Daftar Isi .4 5 BAB II Isi.. Tujuan .1 . Kegunaan..DAFTAR ISI Kata Pengantar . 6 BAB III Saran.

Penulis September 2010 ARINI DIARY . mengarahkan peserta didik untuk lebih banyak berlatih menggunakan bahasa untuk berkomunikasi . Semoga ini jauh dari kesempurnaan sehingga segala kritik dan saran . penulis penerima dengan lapang hati semoga buku ini dapat membantu meningkatkan harkat dan martabat bangsa kita dalam pembangunan Bangsa Indonesia tersinta ini. Jakarta .KATA PENGANTAR Salah satu usaha pemerintah dalam merespon arus Globalisasi adalah dengan mengadakan perubahan kurikulum pendidik Nasional dengan kurikulum tersebut di harapkan Lulusan Pendidikan memiliki kegunaan kompotitip sesuai dengan standart mutu Nasional dan Internasional. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di susun dengan sesuai standarat isi yang di kembangkan oleh BSNP dan penggunaanya telah di tetapkan dengan peraturan mentri No. 22 tahun 2006 . dalam kaitanya dengan fungsi pembelajaran bahasa dan sastra materi pembelajaran bahasa dalam buku ini .

umumnya kata menjadi unsur pembentuk frasa sedangkan frasa menjadi unsur pembentuk klausa. menjelaskan prasa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang masing-masing mempertahankan makna dasar sementara gabungan itu menghasilkan relasi tertentu dan tiap kata pembentuknya tidak bisa berfungsi sebagai subjek dan predikat dalam konstruksi itu . akan tetapi dalam indonsia di temukan Fenomena kebahasaan yang demikian dalam bahasa Indonesia tedapat kata yang memiliki unsur pembentuk berupa frasa . karena menjadi unsure tataran yang lebih rendah. kerap ( 1991-175 ) . Jenis frsa dalam bahasa Indonesia bermacam-macam . tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui frasa-frasa apa yang dapat mengalami penurunan tataan . prasa tidak pasti di katakana mengalami penurunan tataran.LAPORAN PENELITIAN FRASA YANG MENGALAMI PENURUNAN TATARAN DALAM WACANA BAHASA INDONESIA 1. akan tetapi tidak semua jenis frasa tersebut dapat mengalami penurunan tataran. PENDAHULUAN Frasa merupakan satuan kebahasaan yang tataranya berada di atas dan di bawah Kluga. contoh pada kata ketidakpastian berbentuk dari frasa tidak pastikonfus ke-an .

II. tidak nyaman pada kata menggerti pada kata kekurang pengertian ketidak nyamannan . adjectival dan frasa numerial. frasa verbal kurang frasa adjectival. Berdasarkan kategori unsur yang menjadi inti atau pusatnya jenis frasa yang mengalami penurunan tataran adalah frasa nominal. frasa verbal. frasa edonsentrik dapat di bedakan menjadi : Frasa Koordinatif Frasa Atributif Frasa opositif Frasa eksosentrik adalah frasa yang semua unsurnya tidak dapat mengantikan kedudukan frasa itu secara keseluruhan. frasa edosentrik yang mengalami penurunan tataran adalah frasa kordinatif . frasa ke samping pada kata mengesampingkan . contoh frasa edosentrik koordinatif yang mengalami penurunan adalah pada akronim KKN Frasa edosnetrik . contoh frasa yang mengalami penurunan tataran adalah frasa nominal. contohnya pada kata kekurang yakinan. Artibutif yang mengalami penurunan tataran . istila kedua dari kata beristrikeduakan . dan frasa artibutif . dan frasa Numerial nomor satu pada kata menomor satukan. HASIL PENELITIAN Berdasarkan hubungan antara unsur pembentuknya frasa di klasifikasikan atas frasa edosentrik adalah frasa unsur pembentukan dapat mengantikan kedudukan frasa itu secara keseluruhan . frasa eksosentrik dan frasa edosentrik . contoh frasa eksentrik yang mengalami tataran adalah . Peneliti ini menemukan bahwa jenis frasa yang dapat mengalami penurunan tataran dapat di golongkan menjadi dua . frasa verbal kurang mengerti pada kata kekurag pengertian frasa adjectival tidak nyaman pada kata beristrikedukan . .

frasa yang mengalami penurunan . . verbal. Penelitian ini selain menunjukan frasa-frasa yang dapat mengalami penurunan tataran juga dapat di gunakan untuk mendorong munculnya penelitian yang sejenis. tataran adalah frasa nominal. dan numerial.III. adjectival. berdasarkan kategori unsur yang menjadi intinya . frasa yang mengalami penurunan tataran dan frsa ekosentrik . PENUTUP Penelitian ini menemukan jenis-jenis frasa yang mengalami penurunan tataran berdasarkan distribusi unsurnya.

juga dapat menyebutkan tema Karya Tulis . kita harus mempelajari Karya Tulis yang baik.SARAN Dengan membaca karya tulis ini .dengan jelas dan singkat. METODE Secara tidak langsung karena dari Narasumber buku TUJUAN Tujuan saya membuat Karya Tulis ini agar mendapatkan hasil belajar yang bagus . KEGUNAAN Kegunaan nya adalah untuk merangkup hasil penelitian Frasa . KESIMPULAN Dengan demikian Karya Tulis adalah Karya Ilmiah yang biasanya di susun oleh Mahasiswa . agar dapat menguasai dan mempelajari dan agar dapat membuat karya sendiri . dan semoga saja karya tulis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi temanteman. biasa menceritakan isi Karya Tulis tersebut .

2001 . Kurikulum berbasis Kopetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pane. 2004 . Argumentasi dan Narasi Jakarta 1999 b. Diksi dan gaya Bahasa Jakarta : Gramedia 1989 a. Balai Pustaka . . Bunga Rampai dari rakyat lama Jakarta : Balai Pustaka Kerak Grovs : 1988.DAFTAR PUSTAKA Defdiknas . Sanusie . 2000. Kamus besar bahasa Indonesa Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful