Rancangan Percobaan Mengamati Perumbuhan Kecambah dengan Kadar Pupuk Urea yang Berbeda-beda

I. Tujuan II. Landasan Teori : Mengetahui pertumbuhan kecambah dengan kadar pupuk urea yang berbeda-beda. : Pupuk urea adalah pupuk kimia yang mengandung Nitrogen dengan kadar tinggi. Unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Kadar pupuk urea yang cukup akan membuat tanaman tumbuh dengan baik. : Tumbuhan dengan kadar pupuk urea yang cukup dapat tumbuh lebih baik daripada tumbuhan dengan kadar pupuk urea yang kurang atau berlebihan.

III. Hipotesa

IV. Alat dan Bahan 5 pot tanaman biji kacang hijau tanah pupuk urea penggaris

V. Cara Kerja 1. Tanam biji kacang hijau pada 5 pot, masing-masing 3 butir. 2. Tandailah 5 pot tersebut sesuai kadar pupuk urea yang akan diberikan. Pot 1 : 5 gram Pot 2 : 10 gram Pot 3 : 15 gram Pot 4 : 20 gram Pot 5 : 25 gram 3.Letakkan pot di tempat dengan sama, siram setiap harinya dengan kadar yang sama, dan berikan pupuk urea setiap harinya dengan kadar yg berbeda-beda. 4. Amatilah pertumbuhan kecambah di 5 pot tersebut setiap harinya dan ukurlah tinggi kecambah tersebut setiap harinya. 5. Catatlah perubahan tinggi dan jumlah daun yang terdapat pada kecambah di tablel pengamatan.

dan membuat laporan hasil kegiatan. 4. Variabel Pengganggu : : : : VII. : Menanam kecambah dan mengamati pertumbuhan kecambah pada hari ke-5 dan ke-6. 6. menanam kecambah. mengamati pertumbuhan kecambah pada hari ke-7. M. Fajar W. Raditya : Mencari tanah. 5. 2. Fachrizal : Menanam kecambah. : Membeli pot. menanam kecambah. dan mengamati pertumbuhan kecambah pada hari ke-1. dan mengamati pertumbuhan kecambah pada hari ke-4. menanam kecambah. Rizki : Membuat rancangan kegiatan. Variabel 1. M. 3. dan mengamati perumbuhan kecambah pada hari ke-2.VI. . Mufti : Membawa biji kacang hijau. dan mengamati perumbuhan kecambah pada hari ke-3. Variabel Terikat 3. Variabel Terkontrol 4. Rizky R. menanam kecambah. Pembagian Tugas : 1. Variabel Bebas 2.

Tabel Pengamatan No Jenis Hari ke-1 1 2 3 Hari ke-2 1 2 3 Hari ke-3 1 2 3 Hari ke -4 1 2 3 Hari ke-5 1 2 3 Hari ke-6 1 2 3 Hari ke-7 1 2 3 1 Pot 1 Tinggi Jumlah Daun 2 Pot 2 Tinggi Jumlah Daun 3 Pot 3 Tinggi Jumlah Daun 4 Pot 4 Tinggi Jumlah Daun 5 Pot 5 Tinggi Jumlah Daun .VIII.