P. 1
Aspek-aspek geografi

Aspek-aspek geografi

|Views: 440|Likes:
Published by Ardhika Wisnu

More info:

Published by: Ardhika Wisnu on Jan 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

OBJEK STUDI GEOGRAFI

Objek studi geografi adalah membahas dan mengkaji tentang hal-hal berikut: a. Permukaan bumi dan segenap proses yang berlangsung di atasnya. b. Pengorganisasian wilayah dan ruang di muka bumi, baik di daratan

ASPEK-ASPEK GEOGRAFI
1. Oikumene dan pemukiman Dilihat secara keseluruhan, geografi itu menelaah oikumene, yaitu bagian dari bumi yang dihuni manusia. Asal kata oikumene adalah oikos yang artinya banyak, missal rumah, penghuni rumah, sampai rumah tangga. Tak heran akhirnya muncul kata oikunomia yang artinya ekonomi, yakni pengetahuan yang bertugas menelaah hal ihwal rumah tangga Negara. Geografi dalam membahas pemukiman manusia, objeknya di wilayah perkotaan dan pedesaan. Disini desa di artikan sebagai wilayah tempat tinggal penduduk yang hidup dari proses produksi agraris. Adapun kota merupakan konsentrasi penduduk non-agraris yang memiliki daya pakai ruang lebih intensif. Perbedaan fisik antara kota dan desa masih amat jelas Nampak jelas di Negara-negara berkembang, tapi di Negara-negara industry maju perbedaan tersebut tidak begitu Nampak.

2. Persebaran penduduk Permukaan bumi nyatanya tidak didiami oleh penduduk secara merata. Adapun tugas ahli geografi yang khusus adalah memetakan persebaran tersebut dengan jelas. Hasil suatu sensus pada tahun tertentu di suatu wilayah yang dapat di petakan, sehingga seluk-beluk kepadatan wilayah itu dapat dilihat oleh pembaca peta. Wilayah lembah-lembah sungai biasanya berpenduduk lebih padat daripada di sekitarnya sehingga air merupakan factor utama. Sementara penduduk kota lebih padat daripada pedesaan, demikian pula desa-desa di sepanjang jalan raya provinsi. Untuk lebih sempurna para ahli geografi menganalisis dengan menggunakan foto udara sebagai alatnya.

3. Kepadatan penduduk

Perubahan penduduk Perbedaan kepadatan penduduk dapat diakibatkan oleh perbedaan dalam hal pertumbuhan penduduk. . Bentuk lain dari migrasi yakni berpindah terus mengikuti permusiman (demi tetap terjaminnya sumber daya) untuk akhirnya kembali ke tempat semula.Kepadatan penduduk dinyatakan dalam angka satuan jiwa untuk tiap luas wilayah (kepadatan aritmatik). Migrasi penduduk Migrasi adalah gerakan penduduk dari wilayah yang satu menuju wilayah yang lain untuk menempatinya secara permanen. Geografi kependudukan membicarakan masalah penduduk yang bertalia dengan seluk-beluk perilaku penduduk. 5. Geografi kependudukan banyak membantu pada penelaahan demografis suatu wilayah atau Negara. Diskusi tentang ledakan penduduk di suatu wilayah secara menyeluruh acapkali meremehkan perbedaan antara kelahiran dan kematian menurut bagian wilayah yang bersangkutan. Jelas bahwa geografi ingin menunjukkan secara khusus relasi antara tanah dengan manusia yang memanfaatkan 4. Di Indonesia termasuk contoh yang menarik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->