P. 1
ETIKA PROFESI

ETIKA PROFESI

|Views: 443|Likes:
Published by Oryza Ocha

More info:

Published by: Oryza Ocha on Jan 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

ETIKA PROFESI

Repsol Gan! kisi-kisi etprof!! cekidot!! KISI-KISI ETPROF 1. Soal Kasus. (analisis , buat kerangka permasalahannya. Jelaskan!) 2. Teori deontologi dan teologi. Jelaskan! 3. Hak, kewajiban, dan prinsip moral. Jelaskan! 4. Apa ciri-ciri profesionalisme? Apa kaitannya dengan tanggung jawab? 5. Mengapa profesionalisme banyak aturannya? Jelaskan hubungan profesionalisme dengan klien? 6. Mengapa seorang akuntan harus bersifat independen? 7. Mengapa seorang akuntan harus mempunyai integritas? *distributor tidak bertanggung jawab atas isi dari hal di atas. SEMOGA BERMANFAAT ! Ditunggu unggahan jawabannya,,,

tambahan etprof gan
1. Apakah yang dimaksud etika dan profesi, mengapakah etika diperlukan dalam profesi?

Etika berasal dari kata ethics yang berarti filsafat tentang moral.etika adalah ilmu yang mengkaji dan membahas nilai nilai moral. Etika adalah keseluruhan norma dan penilaian yang dipergunakan oleh masyarakat untuk mengetahui bagaimana manusia menjalankan hidupnya. Profesi adalah bidang pekerjaan yang yang dilandasi atas pendidikan keahlian tertentu. Karena seseorang profesional dituntut untuk menghasilkan kinerja berstandar kualitas tinggi dan mengutamakan kepentingan publik, serta komitmen moral yang tinggi pula. Maka dari itu etika merupakan dimensi yang tidak terpisahkan dari profesi. Dengan memiliki keahlian di bidangnya dan beretika maka seorang profesional akan mendapatkan reputasi tinggi alias dihargai. 2. Jelaskan pengertian etiket,moral, amoral, imoral?

Etiket adalah sopan santun. Cara bagaimana perbuatan harus dilakukan dan hanya berlaku bila ada kehadiran/kesaksian orang lain Moral: mengacu pada keyakinan hati nurani yang berkembang selama bertahun tahun mengenai perbuatan/perilaku yang benar dan salah Amoral:perbuatan yang tidak ada relevansinya dengan moral dan etika Imoral:merupakan perbuatan yang tidak didasari pada moral/ atau perbuatan yang melanggar etika dan norma

Tokohnya adalah: JS Mill dan bentham Teori deontologi: bahwa tindakan benar bukan karena konsekuensi yang ditimbulkan tetapi lebih mengacu pada sifat dan perbuatan itu sendiri(nilai intriksi perbuatan). Bagaimanakah kita dapat menentukan bahwa suatu perbuatan adalah benar secara moral dengan dasar teori-teori. Salah cabang teori ini adalah teori utilitarian : bahwa tindakan dinilai benar secara moral hanya bila tindakan tersebut memiliki selisih terbesar konsekuensi baik dengan konsekuensi buruk.3. teori-teori apakah itu dan siapakah tokohnya? Teori teolologi:yaitu teori yang menyatakan bahwa suatu perbuatan dapat dinilai apakah baik/buruk secara moral adalah didasarkan oleh akibat yang ditimbulkan oleh perbuatan tesebut. Bagaimanakah pembagian keadilan menurut Aristoteles? 5. dipandang dari motifnya. kita harus mngganti rugi atau memberi kompensasai pada pihalk yang dirugikan Kewajiban berterimakasih. kita harus berterima kasih pada pihak yang berbuat baik pada kita Kewajiban keadilan: kita harus memastikan bahwa kebaikan dibagikan berdasr jasa jasa yang telah diberikan Kewajiban berbuat baik:kita harus membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita Kewajiban mengembangkan diri: kita harus mengembangkan diri kita di bidang keutamaan. sebutkan ? Kewajiban menepati janji atau kesetiaan Kewajiban ganti rugi. 3 hal yang digunakan untuk memaknai keutamaan. y y y y y y y Menurut Ross ada 7 kewajiban yang disebut prima facie. karena tetap akhirnya kecenderungan menyebabkan kehendak tetap -Pembiasaan diri: keutamaan diperoleh dengan membiasakan diri dan dialtih 4.keutamaan merupakan kecenderungan tetap -Berkaitan dengan kehendak. Keadilan distributif .inteligen dsb Kwajiban untuk tidak merugikan:tidak boleh berbuat sesuatu yang merugikan orang lain.tokohnya imanuel Kant yang menyebutkan kemauan baiak adalah syarat mutalk bagi tindakan bermoral. -Disposisi. Tindakan yang baik adalah sesuai kewajiban dan demi kewajiban Teori etika keutamaan:didukung oleh aristoteles pada dasarnya teori ini lebih menyoroti watak si pelaku tindakan.berkaitan dengan pembagian dan manfaat Keadilan kompensasi brkaitan dengan pemberian kompensasi bagi pihak yang dirugikan Keadilan retributif: bahwa siapa yang bersalah hendaknya dikenakan sangsi yang sepadan . Jadi suatu tindakan sejatinya tidak memiliki nilai intrinsik(karakter2) di dalam dan dari perbuatan itu sendiri.

kesimpulan. sehingga dapat memberikan pertimbangan. y y y y y Sebutkan karakteristik-karakteristik yang ada pada profesi? Bidang pengetahuan khusus dan pendidikan formal/profesional Komitmen terhadap tujuan sosial Sistem pengaturan diri Ijin dari pihak yang berwenang dan asosiasi profesi Status dan prestise yang relatif lebih tinggi di masyarakat Secara umum tanggung jawab pemeliharaan apa yang diharapkan dari suatu profesi? 7. Independensi terbagi atas dua kategori . y y y Integritas adalah kepatuhan yang konsisten terhadap prinsip-prinsip moral. Dia bersandar pada diri sendiri dan tidak mudah dipengaruhi pihak lain.objektivitas dan impedensi? 8. mungkin in fact ia akan bisa independence tapi in appearance akan susah rasanya untuk tercapai 10. Bila mana seseorang dapat dikatakan tengah menghadap[i kepentingan? Dan sebutkan bentuk-bentuk benturan kepentingan yang sering dihadapi seorang profesional! . objektivitas berkaitan erat dengan kejujuran Independensi sikap mental seseorang yang bebas dari pengaruh beberapa hal. sebutkan dan jelaskan? Berikan contoh profesi di bidang akuntansi yang sangat sulit untuk mencapai semua kategori tersebut! y y Independensi in fact adalah independensi yang sesungguhnya yaitu kemampuan seseorang untuk dapat memandang sesuatu secara tidak bias. Independensi in appearance: kemampuan seseorang untuk menjaga sudut pandang yang tidak bias itu dihadapan orang lain. profesional atau keindahan meskipun ada godaan untuk meninggalkan prinsip prinsip tersebut(keteguhan sikap) dengan kata lain integritas adalah suatu keadaan dimana seseorang mampu mewujudkan dalam kenyataan dari apa yang diyakininya Objektivitas adalah unsur karakter yang menunjukan kemampuan seseorang untuk menyatakan segala sesuatu apa adanya. Bahwa seorang profesional harus memelihara: y y y y y Kompetensi di bidang keahliannya Objektivitas dalam menawarkan atau memberikan jasa Integritas dalam bertaransaksi dengan klien Kerahasiaan dalam hubungannya dengan urusan klien Penegakan disiplin Apakah yang dimaksud integritas. intelektual. Contoh profesi yang sangat sulit untuk mencapai kedua kategori independensi tersebut adalah seorang auditor internal. Secara lebih luas lagi bahwa independensi adalah kemampuan untuk bertindak secara integritas dan objektiv 9. pendapat secara tidak bias.6. terlepas dari kepentingan pribadi maupun dari kepentingan pihak lain.

. Suatu saat Sidogede&friends mendapat penugasan mengaudit LK PT prembun raya. sebutkan pencetus teori etika dan jelaskan? seberapa penting etika? apa etika? apa itu profesi? seberapa penting profesi? . Tujuan PT Prembun raya mengaudit LK-nya bukan hanya bertanggung jawab terhadap pihak pemilik saham terkait pula pencarian kerditor.Kasus PT Prembun Raya adalah perusahaan di bidang pengolahan bengkoang menjadi kosmetik yang cukup banyak menyerap para tenaga kerja bahkan hampir ¾ dari penduduk prembun city. dan langkah-langkah apa saja yang dapat ditempuh dalam pengambilan keputusan etis? penalaran moral: pengambil keputusan etis dengan menentukan apakah suatu tindakan/keputusan memenuhi kriteria kriteria etika langkah2 pengambilan keputusan etis: y y y y y Mengenali isue atau dilema etis Mengidentifikasi unsur2 pokok situasi Mengidentifikasikan alternatif-alternatif pemecahan Mengevaluasi alternatif alternatif pemecahan Memutuskan A. Apa yang dimaksud penalaran moral. Sidogede & friends adalah sebuah kantor AP yang sangat masyhur reputasinya dalam mengaudit LK perusahaan yang bermarkas di kebumen.Seseorang dikatakan menghadapi benturan kepentingan apabila kepentingannya berbenturan dengan kewajibannya untuk memenuhi kepentingan pihak lain. Manajemen berharap dengan mendapat kreditor minimal dapat mengurangi risiko kebangkrutan yang dapat membuat setengah penduduk dari Prembun city menjadi pengangguran.. penyalahan kedudukan 11. Bentuknya: Pertimbangan yang bias.. kerjakan sesuai kerangka anaisis etika! Untuk yang kasus kerjakan sendiri ya -³^_^´selamat menikmati kisi2.rupanya setelah melakukan bermacam prosedur audit ada satu tindakan manajemen yang disembunyikan yaitu bahwa manajemen ternyata bermain valas yang ditengarai akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar dan menyebabkan PT Prembun raya jatuh. terkait hal itu apakah yang harus dilakukan oleh Sidogede & friends sertakan pula solusi solusinya. Nampak dari luar perusahaan ini sangat sehat dan kinerjanya bagus. kompetisi langsung dengan principal: pelanggaran kerahasaan.

kode etika di dalam kemenkeu? perbedaan etika dan etiket? jelaskan dan beri contoh? sebutkan dan jelaskan ciri profesional? apa hukum pelanggaran kode etik? kasus: kita AR di KPP kaltim terus liburan ke jateng ketemu WP yang kasih peralatan bayi.jelaskan kode etik. untuk anak kita yang baru lahir. terima atau tidak klo dikaitkan dg kode etik? mengapa? jelaskan .kode etika PNS.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->