P. 1
Bab 1

Bab 1

|Views: 271|Likes:
Published by Diaz Azza

More info:

Published by: Diaz Azza on Jan 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

I.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pengetahuan tentang pasang surut air laut sangat diperlukan dalam ilmu kelautan terutama dalam bidang transportasi laut, kegiatan di pelabuhan, dan pembangunan di daerah pesisir pantai karena sifat pasang surut yang periodik, maka hal ini dapat diramalkan dan untuk dapat meramalkan pasang surut air laut diperlukan data amplitudo dan beda fasa dari masing-masing komponen pembangkit pasang surut. Pasang surut air laut ini merupakan hasil dari gaya tarik gravitasi dan efek sentrifugal. Dalam kejadian pasang surut air laut kita dapat mempelajari banyak hal yang dapat bermanfaat dan untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya pasang surut air laut maupun faktor-faktornya. Mengingat pentingnya pengetahuan tentang pasang surut terutama bagi yang tertarik mempelajari masalah pantai dan estuari, maka akan dicoba dijelaskan tentang pengertian pasang surut itu sendiri. 1.2 Rumusan Masalah

 Apa yang dimaksud dengan tidal?  Apa yang dimaksud gravitasi?  Bagaimana penjelasan tentang siklus air?
 Bagaimana penjelasan efek sentrifugal

1.3

Tujuan

 Untuk mengetahui maksud dari tidal.  Untuk mengetahui proses pasang surut air laut.  Untuk mengetahui macam-macam tidal.

Terdapat tiga tipe dasar pasang surut yang didasarkan pada periode dan keteraturannya. dan lain-lain. variasi harian dari rentang pasang surut berubah secara sistematis terhadap siklus bulan. Namun demikian. II. Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi. karena interaksinya dengan bentuk (morfologi) pantai. Perbedaan vertikal antara pasang tinggi dan pasang rendah disebut rentang pasang surut (tidal range). Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi. Seperti telah disebutkan di atas. Rentang pasang surut juga bergantung pada bentuk perairan dan konfigurasi lantai samudera. matahari dan bulan. Gaya tarik gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan matahari dan menghasilkan dua tonjolan (bulge) pasang surut gravitasional di laut. Harga periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit. PEMBAHASAN 2. Dalam sebulan. tengah harian (semi diurnal) dan campuran (mixed tides). Puncak gelombang disebut pasang tinggi dan lembah gelombang disebut pasang rendah. sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan matahari. Pengetahuan tentang pasang surut sangat diperlukan dalam transportasi laut. yaitu pasang surut harian (diurnal). superposisi antar komponen pasang surut . gaya tarik gravitasi bulan dua kali lebih besar daripada gaya tarik matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak matahari ke bumi. Meskipun ukuran bulan lebih kecil dari matahari. diperlukan data amplitudo dan beda fasa dari masing-masing komponen pembangkit pasang surut. Untuk dapat meramalkan pasang surut. kegiatan di pelabuhan. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tidal. Pasang surut laut merupakan hasil dari gaya tarik gravitasi dan efek sentrifugal. Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Periode pasang surut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. maka ia dapat diramalkan. pembangunan di daerah pesisir pantai. Karena sifat pasang surut yang periodik.1 TIDAL (pasang surut air laut) Pasang surut laut adalah gelombang yang dibangkitkan oleh adanya interaksi antara laut. komponen-komponen utama pasang surut terdiri dari komponen tengah harian dan harian.

Puncak gelombang disebut pasang tinggi dan lembah gelombang disebut pasang rendah. PASANG SURUT LAUT adalah perubahan gerak relatif dari materi suatu planet. dan gejala ini mudah dilihat secara visual. Gelombang pasang (tidal waves) adalah gelombang yang mempunyai periode antara 12 jam sampai dengan 24 jam. Pengaruh benda angkasa lainnya dapat diabaikan karena jaraknya lebih jauh atau ukurannya lebih kecil. tumbuh akibat gaya tarik benda-benda langit terutama matahari dan bulan.naiknya permukaan air laut ini karena pengaruh gravitasi dari bulan dan matahari. bintang dan benda angkasa lainnya yang diakibatkan aksi gravitasi benda-benda angkasa di luar materi itu berada. Bila permukaan air laut mengalami kenaikan disebut pasang naik dan sebaliknya bila terjadi penurunan disebut pasang surut. Harga periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit. disebabkan adanya gaya gravitasi dan percepatan gaya coriolis. . Pasang surut laut (Ocean Tide) Pasang surut laut adalah naik turunnya permukaan air laut disertai gerakan horizontal massa air. Faktor non astronomi yang mempengaruhi pasut terutama di perairan semi tertutup seperti teluk adalah bentuk garis pantai dan topografi dasar perairan. Perbedaan vertikal antara pasang tinggi dan pasang rendah disebut rentang pasang surut (tidal range).utama. dan faktor-faktor lainnya akan mengakibatkan terbentuknya komponen-komponen pasang surut yang baru. Pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari. Turun. Naik turunnya muka air laut biasanya disebut vertical tide dan gerakan horizontal disebut tidal curren (arus pasang surut). bumi dan bulan. Periode pasang surut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya.

bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. maka tipe pasutnya disebut tipe harian ganda (semidiurnal tides). Sementara itu.2 MACAM-MACAM TIDAL Pasang surut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi. namun jika terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam sehari. Istilah termohalin sendiri berasal dari dua kata yaitu thermo yang berarti temperatur dan haline yang berarti salinitas.2. Pada saat itu akan dihasilkan pasang tinggi yang sangat tinggi dan pasang rendah yang sangat rendah. Tipe pasut lainnya merupakan peralihan antara tipe tunggal dan ganda disebut dengan tipe campuran (mixed tides) dan tipe pasut ini digolongkan menjadi dua bagian yaitu tipe campuran dominasi ganda dan tipe campuran dominasi tunggal. maka kawasan tersebut dikatakan bertipe pasut harian tunggal (diurnal tides). ada juga sirkulasi yang bukan dibangkitkan oleh angin yang disebut sebagai sirkulasi termohalin (thermohaline circulation) dan sirkulasi akibat pasang surut laut. sirkulasi laut akibat pasang surut laut disebabkan oleh adanya perbedaan distribusi tinggi muka laut akibat adanya interaksi bumi. Tipe tidal ditentukan oleh frekuensi air pasang dengan surut setiap harinya. . 2. Sirkulasi termohalin dibangkitkan oleh adanya perbedaan densitas air laut. Hal ini disebabkan karena perbedaan respon setiap lokasi terhadap gaya pembangkit pasang surut.3 SIRKULASI AIR LAUT Sirkulasi laut adalah pergerakan massa air di laut. Pada saat itu akan dihasilkan pasang tinggi yang rendah dan pasang rendah yang tinggi. Pasang surut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi. Jika suatu perairan mengalami satu kali pasang dan satu kali surut dalam satu hari. Sirkulasi laut di permukaan dibangkitkan oleh stres angin yang bekerja di permukaan laut dan disebut sebagai sirkulasi laut yang dibangkitkan oleh angin (wind driven ocean circulation). bulan dan matahari. Pasang surut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama. bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Penamaan ini diberikan karena densitas air laut sangat dipengaruhi oleh temperatur dan salinitas. Selain itu. Pasang surut perbani ini terjadi pasa saat bulan 1/4 dan 3/4.

air menjadi lebih dingin pada saat musim dingin sehingga terjadi proses sinking (turunnnya massa air dengan densitas yang lebih besar ke kedalaman). Menurut penelitian yang dilakukan di University of Bern dengan menggunakan model iklim dengan perata-rataan ke arah zonal (zonally averaged climate model). Variasi yang terjadi pada sirkulasi laut mengakibatkan variasi pada transpor energi panas dan pola musim. maka aliran massa air (arus) yang terjadi akan dibelokkan ke arah kanan di belahan bumi utara (BBU) dan ke kiri di belahan bumi selatan (BBS). Pembahasan lebih rinci tentang hal ini dapat dilihat di bagian laut dan iklim. maka akan semakin banyak pula energi panas yang ditransfer dan iklim di bumi akan semakin hangat. Pembelokkan ini menjadikan tinggi dan rendahnya elevasi muka laut berbanding secara langsung dengan kecepatan arus permukaan. pemanasan global yang terjadi saat ini akibat adanya efek gas rumah kaca bisa merubah dan bahkan mematikan sabuk sirkluasi laut global (Stocker and Schmittner. Semakin efisien siklus yang terjadi. energi panas yang dibawa oleh massa air yang hangat tersebut akan dilepaskan ke atmosfer. Seperti diketahui bahwa laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mendsitribusikan energi panas dari daerah ekuator ke daerah kutub karena kemampuan air untuk menyimpan energi panas dalam waktu yang sangat lama (bandingkan dengan tanah yang cepat menjadi dingin ketika matahari sudah tidak menyinarinya lagi). maka para ahli dapat memetakan pola arus laut global. Air laut dari kedalaman secara perlahan-lahan akan kembali ke dekat permukaan dan dibawa kembali ke daerah tropis.Sirkulasi di permukaan membawa massa air laut yang hangat dari daerah tropis menuju ke daerah kutub. . Di daerah kutub. Hal ini menjadi bagian yang sangat vital dalam menentukan pola cuaca/iklim di bumi. Perubahan elevasi muka laut yang diakibatkan aliran massa air ini disebut sebagai topografi laut dan saat ini dapat diamati dengan menggunakan satelit TOPEX/Poseidon. Hal ini terjadi di Samudera Atlantik Utara dan sepanjang Antartika. Akibat bumi yang berotasi. Efek ini dikenal sebagai gaya semu Coriolis. Di sepanjang perjalanannya. sehingga terbentuklah sebuah siklus pergerakan massa air yang disebut Sabuk Sirkulasi Laut Global (Global Conveyor Belt). Dengan bantuan data dari satelit ini. 1997).

Pasang surut menggerakkan air dalam jumlah besar setiap harinya.2. Oleh karena waktu siklus bisa diperkirakan (kurang lebih setiap 12.5 jam sekali). hasil konversi energi panas laut (ocean thermal energy conversion) Prinsip sederhana dari pemanfaatan ketiga bentuk energi itu adalah: memakai energi kinetik untuk memutar turbin yang selanjutnya menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Di bagian kedua trilogi artikel ini.4 MANFAAT PASANG SURUT Energi yang berasal dari laut (ocean energy) dapat dikategorikan menjadi tiga macam: 1.clara. energi ombak (wave energy) 2. suplai listriknya pun relatif lebih dapat diandalkan daripada pembangkit listrik bertenaga ombak. Artikel kali ini ialah bagian kedua dari tiga artikel yang membahas tentang energi yang dapat dimanfaatkan dari laut. hanya terdapat sekitar 20 tempat di dunia yang telah diidentifikasi . energi pasang surut (tidal energy) 3. Energi Pasang Surut Gambar 3.net. Namun demikian. Dalam sehari bisa terjadi hingga dua kali siklus pasang surut. energi pasang surut (tidal energy) akan dibahas. Ombak masuk ke dalam muara sungai ketika terjadi pasang naik air laut. menurut situs darvill. dan pemanfaatannya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar.

Ketika surut. Aliran masuk atau keluarnya ombak dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin (Lihat gambar 3 dan 4). Dam ini biasanya dibangun di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai dengan air laut. . Pada dasarnya ada dua metodologi untuk memanfaatkan energi pasang surut: Gambar 4. Hanya saja. Dam pasang surut (tidal barrages) Cara ini serupa seperti pembangkitan listrik secara hidro-elektrik yang terdapat di dam/waduk penampungan air sungai.sebagai tempat yang cocok untuk pembangunan pembangkit listrik bertenaga pasang surut ombak. dam yang dibangun untuk memanfaatkan siklus pasang surut jauh lebih besar daripada dam air sungai pada umumnya. 1. air mengalir melalui terowongan yang terdapat di dam. air mengalir keluar dari dam menuju laut sambil memutar turbin. Ketika ombak masuk atau keluar (terjadi pasang atau surut).

dapat digunakan pembangkit listrik lainnya untuk sementara waktu hingga terjadi pasang surut lagi. maka ketika PLTPs tidak aktif. Pembangkit listrik ini dibangun pada tahun 1966 dan berkapasitas 240 MW. Pembangkit listrik tenaga pasang surut (PLTPs) terbesar di dunia terdapat di muara sungai Rance di sebelah utara Perancis. karena waktu operasinya dapat diperkirakan. PLTPs La Rance didesain dengan teknologi canggih dan beroperasi secara otomatis. Photo credit: Popular Mechanics. Brittany. Kanada dengan kapasitas “hanya” 16 MW. Nova Scotia. Turbin lepas pantai (offshore turbines) Pilihan lainnya ialah menggunakan turbin lepas pantai yang lebih menyerupai pembangkit listrik tenaga angin versi bawah laut. Gambar kanan menampilkan proses perakitan turbin dan baling-balingnya. December 1997. Gambar atas menampilkan aliran air dari kiri ke kanan. sehingga hanya membutuhkan dua orang saja untuk pengoperasian pada akhir pekan dan malam hari. Kekurangan terbesar dari pembangkit listrik tenaga pasang surut adalah mereka hanya dapat menghasilkan listrik selama ombak mengalir masuk (pasang) ataupun mengalir keluar (surut). Perancis. Namun. 2. PLTPs terbesar kedua di dunia terletak di Annapolis. PLTPs La Rance. yang terjadi hanya selama kurang lebih 10 jam per harinya. dampak lingkungan yang relatif lebih kecil . Gambar sebelah kiri bawah menampilkan proyek dam ketika masih dalam masa konstruksi.Gambar 5. Keunggulannya dibandingkan metode pertama yaitu: lebih murah biaya instalasinya.

com. Gambar tengah (2): Tidal Stream Turbines buatan Swan Turbines. Gambar sebelah kiri (1): Seagen Tidal Turbines buatan MCT.co. Kedua baling tersebut dipasangkan pada sebuah sayap yang membentang horizontal dari sebuah batang silinder yang diborkan ke dasar laut. Dua buah baling dengan diameter 15-20 meter memutar rotor yang menggerakkan generator yang terhubung kepada sebuah kotak gir (gearbox). Teknologi MCT bekerja seperti pembangkit listrik tenaga angin yang dibenamkan di bawah laut. Bermacam-macam jenis turbin lepas pantai yang digerakkan oleh arus pasang surut. Gambar 6. Gambar kanan atas (3): Davis Hydro Turbines dari Blue Energy. Turbin tersebut akan mampu menghasilkan 750-1500 kW per unitnya.com. Picture credit: (1) marineturbines.uk. dan dapat disusun dalam barisan-barisan sehingga menjadi ladang pembangkit listrik. dan persyaratan lokasinya pun lebih mudah sehingga dapat dipasang di lebih banyak tempat. Gambar hasil rekaan tiga dimensi dari ketiga jenis turbin tersebut ditampilkan dalam Gambar 6. dan Marine Current Turbines (MCT) dari Inggris. (2) swanturbines. Demi menjaga agar ikan dan makhluk lainnya tidak terluka . Gambar kanan bawah (4): skema komponen Davis Hydro Turbines milik Blue Energy. Swan Turbines (ST) dari Inggris.daripada pembangunan dam. Beberapa perusahaan yang mengembangkan teknologi turbin lepas pantai adalah: Blue Energy dari Kanada. (3) & (4) bluenergy.

kecepatan rotor diatur antara 10-20 rpm (sebagai perbandingan saja. Perbedaan kedua yaitu. yaitu: baling-balingnya langsung terhubung dengan generator listrik tanpa melalui kotak gir. . Gerakan-gerakan yang penting dalam sistem matahari-bumi-bulan adalah revolusi dari bumi mengitari matahari dan revolusi bulan mengelilingi bumi. sehingga bisa diabaikan. Dibandingkan dengan MCT dan jenis turbin lainnya. Gaya tarik menarik antara bumi dan palnet lainnya kecil.oleh alat ini. Kecepatan gerak planet dalam menempuh lintasan revolusinya tidak selalu tetap. Pada saat dekat titik perihelium (Perihelion) mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pada saat planet tersebut di dekat titik aphelium (Aphelion). kecepatan baling-baling kapal laut bisa berkisar hingga sepuluh kalinya).5 FAKTOR . Adapun satu-satunya perbedaan mencolok dari Davis Hydro Turbines milik Blue Energy adalah poros baling-balingnya yang vertikal (vertical-axis turbines). Jarak terdekat antara bumi-matahari disebut Perihelion dan terjauh disebut Aphelion. desain Swan Turbines memiliki beberapa perbedaan. bumi dan bulan. 2. Ini lebih efisien dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan teknis pada alat. dan terjauh disebut Apogee.FAKTOR TIDAL Pasang surut terjadi disebabkan gaya tarik menarik antara matahari dan bumi. sumbu roasi bumi membuat sudut dengan bidang Ecliptic ini sebesar . serta matahari-bulan dan bumi. Orbit sistem bumi-bulan mengelilingi matahari adalah berbentuk Ellipse dengan eksentrisitasnya 0. Bidang dimana bumi mengitari matahari disebut bidang “ecliptic”. daripada melakukan pemboran turbin ke dasar laut ST menggunakan pemberat secara gravitasi (berupa balok beton) untuk menahan turbin tetap di dasar laut.017. dan matahari terletak pada salah satu fokus dari Ellipse tersebut. Turbin ini juga dipasangkan di dasar laut menggunakan beton dan dapat disusun dalam satu baris bertumpuk membentuk pagar pasang surut (tidal fence) untuk mencukupi kebutuhan listrik dalam skala besar. Posisi bulan yang terdekat dengan bumi disebut Perigee.

Pasang terbesar dapat terjadi bila bulan mati atau bulan purnama tepat tegak lurus di atas permukaan bumi. Sedangkan surut terjadi pada tempat-tempat sebaliknya. M . yaitu pada permukaan bumi dibalik terjadinya bulan mati atau bulan purnama.Hukum Keppler 1. 3. 2. Lintasan planet berbentuk elips dengan matahari sebagai salah satu titik apinya. Pangkat dua periode planet mengelilingi matahari sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya ke matahari. Gaya gravitasi bulan lebih dominan pengaruhnya dibandingkan gaya gravitasi matahari terhadap terjadinya pasang air laut ini. Pasang besar akan terjadi bila tempat. GAYA GRAVITASI • Gaya gravitasi adalah gaya tarik yang bekerja antara dua benda yang bermassa. Garis penghubung planet matahari menyapu luas yang sama dalam waktu yang sama. karena posisi bulan lebih dekat ke bumi dibandingkan jarak bumi ke matahari.m F =G 2 (1) r F = gaya gravitasi (N) • M = massa matahari (kg) • • m = massa planet (kg) • r = jarak kedua benda (m).tempat di bumi mangalami bulan mati dan bulan purnama. .

dan pemanfaatannya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar.1 KESIMPULAN Pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari. bumi dan bulan. Turbin lepas pantai (offshore turbines) .III. Hal ini disebabkan karena perbedaan respon setiap lokasi terhadap gaya pembangkit pasang surut. PENUTUP 3. Dari hal ini ada dua metodologi untuk memanfaatkan energi pasang surut : 1. Energi pasang surut menggerakkan air dalam jumlah besar setiap harinya. 2. Dalam sehari bisa terjadi hingga dua kali siklus pasang surut. Pasang surut laut ditentukan oleh frekuensi air pasang dengan surut setiap harinya. Dam pasang surut (tidal barrages).

2009.google.00 wib. _________. 2009. Jam 21. jam 21. Akses tanggal 24 april 2009.com/macam-macamtidal/. jam 21. Factor-faktor tidal. Akses tanggal 24 april 2009.DAFTAR PUSTAKA Anonymous.google. 2009. http://www. macam-macam tidal. pasang surut air laut.com/sirkulasiairlaut/.com/pasangsurutairlaut/. Akses tanggal 24 april 2009. http://www. ________. 2009. Akses tanggal 24 april 2009.google.google.00 wib. http://www. sirkulasi air laut.com/faktor-faktortidal/. _________. http://www.00 wib.00 wib. jam 21. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->