P. 1
Pengaruh Handphone Terhadap Kedisiplinan Sholat Lima Waktu Bagi Siswa Kelas 8 Smp Negeri 1 Jetis

Pengaruh Handphone Terhadap Kedisiplinan Sholat Lima Waktu Bagi Siswa Kelas 8 Smp Negeri 1 Jetis

|Views: 935|Likes:
Published by Amalia Liswandayu

More info:

Published by: Amalia Liswandayu on Jan 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2013

pdf

text

original

HUBUNGAN PENGGUNAAN HANDPHONE DENGAN KEDISIPLINAN SALAT LIMA WAKTU BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS

DISUSUN UNTUK MELENGKAPI TUGAS BAHASA INDONESIA SEBAGAI SYARAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN NASIONAL

Oleh : 1. Amalia Liswandayu 2. Devi Eka Farah Azizah

SMP NEGERI 1 JETIS

TAHUN PELAJARAN 2009/2010 HUBUNGAN PENGGUNAAN HANDPHONE DENGAN KEDISIPLINAN SALAT LIMA WAKTU BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS

DISUSUN UNTUK MELENGKAPI TUGAS BAHASA INDONESIA SEBAGAI SYARAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN NASIONAL

Oleh : 1. Amalia Liswandayu 2. Devi Eka Farah Azizah

SMP NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KATA PENGANTAR

Rasa syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya, sehingga karya tulis tentang “Hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis” dapat disusun dan diselesaikan sesuai harapan, guna melengkapi tugas Bahasa Indonesia sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional. Sholawat serta salam tidak lupa penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah seperti yang kita rasakan sekarang ini. Karya tulis ini membahas tentang tingkat penggunaan handphone dan kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis, serta hubungan keduanya. Penulis tidak akan berhasil tanpa bimbingan, arahan, serta bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih kepada :
1. Ibu Puji Astuti selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan pengarahan,

bimbingan, dan saran-sarannya, sehingga penyusunan karya tulis ini dapat diselesaikan.
2. Siswa - siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis yang telah bersedia meluangkan

waktu untuk menjadi responden dalam penulisan karya tulis ini.
3. Orangtua penulis yang telah memberikan saran-saran dan mendukung dalam

penulisan karya tulis ini.

4. oleh karena itu saran dan kritik yang konstruktif sangat diharapkan guna penyempurnaan selanjutnya. Penulis berharap. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu kelancaran dan kemudahan dalam penyusunan karya tulis ini. Semoga Allah swt melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya atas kebaikan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya tulis ini. Ponorogo. dari karya tulis yang sederhana ini semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak. 26 Januari 2010 Penulis . Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan.

. Rumusan Masalah………………………………………………….. Ruang Lingkup Masalah…………………………………………. Latar Belakang Masalah…………………………………………. 3 D...DAFTAR ISI JUDUL…………………………………………………………………………… i HALAMAN JUDUL……………………………………………………………. 3 C.. 5 b) Hukum salat………………………………………………. Tujuan…………………………………………………………….... 1 B.. 8 . 3 BAB II KAJIAN PUSTAKA……………………………………………………. Manfaat…………………………………………………………….. 3 E. 5 A... 5 c) Penetapan salat……………………………………………...... 3 F. ii KATA PENGANTAR…………………………………………………………… iii DAFTAR ISI…………………………………………………………………….. 5 a) Arti salat…………………………………………………….......... Batasan Masalah…………………………………………………........ 7 e) Waktu salat fardhu (salat lima waktu)……………………… 7 f) Syarat sah salat……………………………………………. Salat………………………………………………………………..... 1 A. v BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………….. 6 d) Kedudukan salat……………………………………………. 7 g) Rukun salat………………………………………………..

9 a) Arti kedisiplinan…………………………………………….. Data………………………………………………………………… 15 B.. 10 c) Kedisiplinan salat lima waktu……………………………… 10 BAB III METODELOGI PENELITIAN………………………………………… 12 A. Kesimpulan………………………………………………………… 20 B.. Handphone…………………………………………………………. 8 c) Penggunaan handphone……………………………………. 9 b) Macam-macam kedisiplinan………………………………. Jenis dan Desain Penelitian………………………………………… 12 D. 9 C.. 21 LAMPIRAN 1…………………………………………………………………….... Tempat Penelitian…………………………………………………. 13 BAB IV DATA DAN ANALISIS DATA………………………………………. 12 C..………. Waktu Penelitian…………………………………………………… 13 E. 15 A. Kedisiplinan……………………………………………………….. 17 a) Data tentang penggunaan handphone…………….B.. 18 BAB V PENUTUP………………………………………………………………..... 17 b) Data tentang kedisiplinan salat lima waktu………………… 18 c) Hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu……………………………………………. Analisis Data………………………………………………………. 20 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………. 20 A.. 23 . Populasi dan Sampel………………………………………………. Saran………………………………………………………………. 8 a) Arti handphone……………………………………………... Teknik Analisis Data………………………………………………. 8 b) Perkembangan handphone…………………………………. 12 B.

BAB I PENDAHULUAN A. kebanyakan dari mereka akan lupa dengan kewajiban mereka. Salah satu teknologi yang degemari masyarakat Indonesia adalah handphone. internet. banyak siswa yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Amat disayangkan. Mereka akan meminta kepada orangtua mereka untuk dibelikan handphone. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau. padahal salat adalah kewajiban seorang muslim yang sudah baligh. memori eksternal yang dapat untuk memasukkan data yang cukup besar. Latar Belakang Masalah Dunia teknologi sekarang ini sudah semakin canggih. seperti yang disebutkan dalam surat An-Nisa ayat 103 . Yang berbahaya adalah jika mereka lupa akan kewajiban salat lima waktu. tidak bisa diajukan maupun diundur. kamera. Dari kalangan atas sampai kalangan bawah sudah menggunakan handphone. dan yang lainnya. atau menunaikan kawajiban mereka. Apalagi jika mereka sudah memegang handphone. fitur-fitur yang disediakan juga menarik dan beragam. Handphone sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Terutama bagi siswa yang orangtuanya cukup mampu. Salat sudah ditetapkan waktunya. Kemudahan dan kenyamanan yang disediakan oleh handphone membuat siswa tertarik untuk memiliki handphone. Mereka tidak bisa membedakan waktu untuk bermain. ada ada musik player. belajar.

” Salat yang dilakukan seorang muslim atau muslimah dalam sehari semalam terulang sebanyak lima kali. Berdasarkan uraian di atas. penulis ingin mengetahui adakah hubungan penggunaan handphone dengan kewajiban salat lima waktu di kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Mereka tetap nekat meskipun dimarahi. orang yang selalu mengerjakan salat di akhir waktu maka akan tercermin dalam perangainya sebagai orang yang sulit mengatur waktunya.ْ ُ َ َ ْ َ ِ َ ْ ُ ِ ُ ُ ََ َ ً ُ ُ َ ً َ ِ ّ ْ ُ ُ ْ َ َ َ ّ ُ ُ ْ َ َ َ َ ‫فإذا قضيتم الصلة فاذكروا ال قياما وقعودا وعلى جنوبكم فإذا اطمأْننتم‬ ً ُ ْ ّ ً َ ِ َ ِ ِ ْ ُ ْ ََ ْ َ َ َ َ ّ ّ ِ َ َ ّ ْ ُ ِ ََ ‫فأقيموا الصلة إن الصلة كانت على المؤمنين كتابا موقوت‬ “Maka apabila kamu telah menyelesaikan salatmu. Kebanyakan dari siswa. Mereka akan sulit mengatur waktu. ingatlah Allah diwaktu berdiri. mereka akan lalai akan salatnya atau minimal akan menunda salatnya. Jika hal ini terus terjadi. Maka penulis memberi judul penelitian ini “HUBUNGAN PENGGUNAAN HANDPHONE DENGAN KEDISIPLINAN SALAT LIMA WAKTU BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS”. diwaktu duduk dan diwaktu berbaring. Muhammad Musa Syarif 2008 : 11). . mereka rela melakukan apa saja agar bisa memainkannya. guru-gurupun juga demikian. Untuk itu. maka ini akan merambah pada kehidupan keseharian mereka. Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. diketahui bahwa kebanyakan siswa akan lalai dengan kewajiban salat lima waktunya jika sudah memainkan handphone. Kemudian apabila kamu telah merasa aman. Banyak orangtua yang sudah memperingatkan anaknya. jika mereka sudah memainkan handphone. Tetapi karena kenyamanan yang diberikan oleh handphone. Sebaliknya. maka dirikanlah salat itu sebagaimana biasa. Jika seorang muslim mengerjakannya di awal waktu maka akan tercermin dalam perangainya sebagai orang yang pandai mengatur waktu (Dr.

Rumusan Masalah Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Seperti mengerjakan pr. 2. D. mencuci.B. dan yang paling signifikan adalah lupa akan kewajiban salat lima waktu. Adakah hubungan yang signifikan antara tingkat penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis ? E. Mengetahui hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu. C. Bagaimanakah kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis ? 3. Untuk mengetahui hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Untuk mengetahui tingkat penggunaan handphone oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. mereka lupa akan kewajibannya. 3. Bagi tim penulis : a. belajar. Mempunyai pengalaman dalam mengolah data dalam penelitian . Mempunyai pengalaman dalam merumuskan masalah dalam penelitian. Ruang Lingkup Masalah Banyak siswa yang keasyikan di depan handphone. c. Untuk mengetahui kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Bagaimanakah tingkat penggunaan handphone oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis ? 2. Batasan Masalah Penelitian ini terbatas pada hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Manfaat 1. Tujuan 1. b. F.

Mengetahui hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat. b. . 2.d. Mempunyai pengalaman dalam melakukan penelitian. Menumbuhkan kesadaran untuk tidak berlebihan dalam menggunakan handphone. Bagi siswa : a. Mempunyai pengalaman dalam membuat atau penulisan karya ilmiah. e.

Salat fardhu terbagi lagi menjadi dua. yang secara garis besar dapat dibagi menjadi 2. Salat a) Arti salat Salat secara bahasa (etimologi) berarti do'a. baligh (telah dewasa. b) Hukum salat Melaksanakan salat adalah wajib 'aini bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (terbebani kewajiban syari'ah). Salat mempunyai hukumnya tersendiri.BAB II KAJIAN PUSTAKA A. yaitu : . Salat didirikan sebanyak lima kali setiap hari. yakni: 1. Fardhu Adalah salat yang diwajibkan Allah untuk manusia laksanakan. dengannya akan didapatkan bekas atau pengaruh yang baik bagi manusia. Sedangkan secara istilah atau syari'ah (terminologi). Salat merupakan rukun perbuatan yang paling penting diantara rukun Islam yang lain sebab ia mempunyai pengaruh yang baik bagi kondisi akhlaq manusia. dan 'aqil (berakal). salat adalah perkataan dan perbuatan tertentu yang dibuka atau dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri atau ditutup dengan salam. dengan ciri telah bermimpi).

seperti salat sunah rawatib dan salat sunah yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan. Nafil Ghairu Muakkad adalah salat sunah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat. Jika kita meninggalkan salat 5 waktu. seperti salat dua hari raya. seperti salat lima waktu. yaitu : Nafil Muakkad adalah salat sunah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib). Abu Daud. c) Penetapan salat Diantara sekian banyak bentuk ibadah dalam Islam. Kewajiban itu menjadi sunah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Muslim. aku telah mendengar nabi Muhammad saw bersabda: “Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kekufuran adalah meninggalkan salat. seperti salat kusuf atau khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana). . Nabi menerima perintah dari Allah tentang salat pada malam mi'raj (perjalanan ke langit) tanpa perantara. Fardhu Kifayah: ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. maka hukumnya adalah dosa. at-Tirmidzie dan Ibnu Majah) 2.Fardhu ‘Ain: ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain.” (HR. dan salat jum'at (fardhu 'ain untuk pria). Nafilah (salat sunah) Adalah salat yang dianjurkan atau disunahkan akan tetapi tidak diwajibkan. Salat nafilah terbagi lagi menjadi dua. salat adalah yang pertama kali di tetapkan kewajibannya oleh Allah swt. an-Nasaie. Dari Abu Sufyan ia berkata. Seperti salat jenazah. salat sunah witir dan salat sunah thawaf. Akan tetapi bila tidak ada orang yang mengerjakannya maka kita wajib mengerjakannya dan menjadi berdosa bila tidak dikerjakan. aku telah mendengar Jabir berkata.

Rosululloh saw bersabda : "Salat adalah tiang agama. Barangsiapa menolak kewajibannya karena bodoh maka dia harus dipahamkan tentang wajibnya salat tersebut. sampai terbenam matahari. sampai terbenam syafaq (teja) merah. Dan amal yang paling utama setelah syahadatain. e) Waktu salat fardhu (salat lima waktu) 1. Baihaqi) Salat merupakan kewajiban mutlak yang tidak pernah berhenti melaksanakannya sekalipun dalam keadaan takut. 2. 5. Salat ‘Asar : waktunya mulai dari habisnya waktu dzuhur.d) Kedudukan salat Salat merupakan salah satu rukun Islam setelah syahadatain. Suci dari hadats besar dan kecil 2. dan tempat dari najis 3. Salat Isya’ : waktunya mulai dari terbenam syafaq merah (sehabis waktu maghrib) sampai terbit fajar kedua. 4. Mengetahui masuknya waktu salat . Salat dalam Islam mempunyai kedudukan yang tidak disamai oleh ibadah-ibadah lainnya. bayang-bayang sesuatu lebih daripada panjangnya selain dari bayang-bayang ketika matahari sedang menunggak. pakaian. Ia merupakan tiangnya agama ini. dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama" (HR. barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama. Salat Dzuhur : awal waktunya setelah tergelincir matahari dari pertengahan langit. Salat Maghrib : waktunya dari terbenam matahari. 3. Salat Subuh : waktnya mulai dari terbit fajar kedua sampai terbit matahari. Menutup aurat 4. akhir waktunya apabila bayang-bayang sesuatu telah sama dengan panjangnya. Suci badan. selain dari bayang-bayang ketika matahari menonggak (tepat di atas ubun-ubun). f) Syarat sah salat 1. Salat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan Allah dan nantinya akan menjadi amalan pertama yang dihisab di antara malan-amalan manusia.

5. Pada tahun 1981 muncul NMT (Nordic Mobile Telephone . 11. 6. Versi dari AMPS dikenal sebagai Narrowband Advance Mobile Phone Service ( NAMPS ) yang menggabungkan teknologi digital. Adapun rukun salat sebagai berikut : 1. Handphone a) Arti handphone Telepon genggam atau handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (Indoskripsi. 8. 2. 5. Niat Berdiri bagi yang kuasa Takbiratul ihram (membaca Allahu Akbar) Membaca surat Fatihah Ruku’ serta tuma’ninah (berdiam sebentar) I’tidal serta tuma’ninah (berdiam sebentar) Sujud dua kali serta tuma’ninah (berdiam sebentar) Duduk diantara dua sujud serta tuma’ninah (berdiam sebentar) Duduk akhir Membaca tasyahud akhir Membaca sholawat atas Nabi Muhammad saw Memberi salam yang pertama (ke kanan) Menertibkan rukun 9. 10. 13. 4. 12.com). 3. b) Perkembangan handphone Generasi pertama yaitu system selular analog atau AMPS (Advance Mobile Phone Service). sehingga system ini dapat digunakan untuk membawa tiga kali lebih besar kapasitas pada setiap panggilan versinya. Menghadap ke kiblat (Ka’bah) g) Rukun salat Rukun salat adalah bagian dari salat yang apabila ditinggalkan maka akan batal salatnya (tidak sah). B. 7.

Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara wireles. teman-temannya. mp3 dan masih banyak lagi. Kedisiplinan a) Arti kedisiplinan : Kedisiplinan berasal dari kata disiplin. . 2) latihan membentuk. Normal yang berbeda dengan analaog selular serta lebih canggih disbanding IS-54. Pada tahun 1990 jaringan Amerika Utara bergabung membentuk standarisasi IS-54B dimana standarisasi ini adalah yang pertama kali menggunakan dual mode seluler berdasarkan teknik penyebaran spektrum untuk meningkatkan kapasitas yang disebut IS-95. Sedangkan istilah bahasa inggrisnya yaitu “discipline” yang berarti: 1) tertib. c) Penggunaan handphone Handphone pada masa sekarang sudah sangat dibutuhkan oleh semua orang mulai dari anak . Tetapi banyak dari mereka yang keasyikan bermain handphone sehingga lupa waktu. Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu GSM dan CDMA tetapi sekarang ada era generasi baru Handphone yaitu era generasi ke-3 (3G). hal inilah yang menjadikan sistem berdasarkan CDMA menjadi metode transmisi pilihan pada pemasangan baru di atas sistem CDMA. dan sebagai hiburan. akan tetapi mempunyai cara kerja SEC. Meskipun konsep tersebut bagus.5 g. remaja. meluruskan atau menyempurnakan sesuatu. orang tua . Istilah disiplin berasal dari bahasa latin “disciplina” yang menunjuk pada kegiatan belajar dan mengajar. sebagai kemampuan mental atau karakter moral. taat atau mengendalikan tingkah laku. Pada awalnya disebutkan bahwa yang menggunakan teknologi sistem Code Division Multiple Access (CDMA) secara digital akan meningkatkan kapasitas hingga 10 sampai 20 kali pada sistem selularnya. bahkan kakek dan nenek pun sudah memiliki handphone. C. internet. Karena keunggulan itu. Dengan menggunakan protocol AMPS sebagai defaultnya.anak. penguasaan diri. Fasilitas dan kualitas Handphone sekarang sudah sangat canggih mulai dari 3. kamera. Pada tahun 1982 muncullah GSM (Global System For Mobile Communination). banyak siswa yang ingin memiliki handphone dengan alasan agar bisa berkomunikasi dengan orangtuanya.System).

Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik. Disiplin dalam beribadah Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. b) Macam-macam kedisiplinan a. sebagaimana firman Allah swt : َ ْ ُ َ ْ ِ ِ َ َ ْ َ ْ ُ َ ْ ِ َّ َ ْ ِ َ ُ ْ ّ ٌ ْ َ َ ‫. Pelaksanaan disiplin akan menjadi mudah . Disiplin juga dapat berarti tata tertib. الذين هم عن صل تهم ساهون‬ “ Maka celakalah bagi orang-orang yang salat. kedisiplinan hal-hal yang berkaitan dengan ketaatan atau kepatuhan seseorang terhadap peraturan atau tata tertib yang berlaku. فويل للمصلين . Dan kedisiplinan salat lima waktu ini adalah kebiasaan baik yang mengikat yang dilaksanakan secara sadar dan bahagia. Kedisiplinan adalah sikap untuk melakukan hal-hal yang seharusnya pada saat yang sesuai dan dalam waktu yang sesuai. Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara c) Kedisiplinan salat lima waktu : Berdasarkan pengertian kedisiplinan di atas. (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya” ( QS. ketaatan. atau kepatuhan kepada peraturan tata tertib.3) hukuman yang diberikan untuk melatih atau memperbaiki. Disiplin dalam masyarakat d. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan. Disiplin dalam menggunakan waktu Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Al-Ma`un: 4-5 ) c. b. 4) kumpulan atau sistem-sistem peraturan-peraturan bagi tingkah laku. Dengan demikian. yang dimaksud kedisiplinan pada penelitian ini adalah sikap seorang siswa yang menunjukkan ketaatan atau kepatuhan untuk melaksanakan salat lima waktu tepat pada waktunya dengan senang hati berdasarkan kesadaran dirinya sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain. Dalam bahasa Indonesia istilah disiplin kerap kali terkait dan menyatu dengan istilah tata tertib dan ketertiban. Allah swt senantiasa menganjurkan manusia untuk disiplin.

.kalau dimulai dengan tekad yang kuat dan yakin bahwa Allah swt menyaksikan semua yang kita lakukan. Pelan-pelan akan terbangun sikap disiplin yang dilakukan dengan senang hati.

Tempat penelitian Tempat penelitian yang penulis pilih adalah di SMP Negeri 1 Jetis. Di dalam penelitian ini. Jenis dan desain penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun angket penelitian dapat dilihat pada lampiran 1.BAB III METODELOGI PENELITIAN A. Sedangkan sampelnya. Pemilihan tempat ini dilakukan dengan alasan karena jarak rumah penulis dengan sekolah ini tergolong dekat dan penulis juga bersekolah di situ sehingga memudahkan penulis dalam mengambil data. penulis mengambil 10 anak dari setiap kelas. C. 2. sedangkan desainnya adalah sebagai berikut : 1. Metode angket merupakan metode pengumpul informasi dengan cara menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk menjawab secara tertulis pula oleh responden. populasinya adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis yang terdiri dari 180 anak dan dibagi menjadi lima kelas. Populasi dan sampel Populasi adalah keseluruhan dari subyek penelitian. Mengumpulkan data dengan menggunakan metode angket. Metode angket ini digunakan untuk menggali data tentang kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat lima waktu. Menganalisis data yang telah terkumpul. B. .

Kegiatan 1 Mencari literatur dan kajian pustaka 2 Membuat angket penelitian dan menyebarkannya 3 Mengolah data dan membuat karya tulis Minggu ketiga Bulan Januari 2010 Waktu pelaksanaan Minggu ke empat Bulan Desember 2009 Minggu pertama Bulan Januari 2010 Keterangan Kesesuaian ketepatan pelaksanaan penelitian dengan perencanaan Kesesuaian ketepatan pelaksanaan penelitian dengan perencanaan Kesesuaian ketepatan pelaksanaan penelitian dengan perencanaan b) Kegiatan penelitian No. maka digunakan analisis dengan metode angket. Waktu penelitian Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2009 – Januari 2010. Kegiatan 1 Mencari literatur dan kajian pustaka 2 Membuat angket penelitian dan menyebarkannya 3 Mengolah data dan menyusun laporan Minggu ketiga Bulan Januari 2010 Sesuai perencanaan Waktu pelaksanaan Keterangan Minggu ke empat Bulan Sesuai perencanaan Desember 2009 Minggu pertama Bulan Januari 2010 Sesuai perencanaan E. dengan rincian sebagai berikut : a) Perencanaan penelitian No.D. Sehingga data yang didapat dari siswa dengan mengisi angket diketahui kesimpulannya. Teknik analisis data Untuk menganalisis data yang telah terkumpul. .

Karena tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu maka data tersebut harus diangkakan dalam bentuk skor. Dalam angket penelitian ini ada 15 item soal dengan masing – masing mempunyai 2 alternatif jawaban yang disediakan. dengan ketentuan sebagai berikut : No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Skor Ya 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 1 Tidak 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 2 Selanjutnya data yang tekumpul dalam bentuk angka diubah menjadi persentase dengan memasukkan rumus sebagai berikut : P = n × 100 % N Keterangan : P : Persentase n : Jumlah nilai (skor) yang diperoleh N : Jumlah seluruh nilai. diperoleh dari jumlah seluruh nilai maksimal BAB IV DATA DAN ANALISIS DATA .

diperoleh data tentang presepsi atau tanggapan dari siswa tentang hubungan penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu. Dari 15 item pertanyaan. penulis membagi menjadi dua yaitu : 1. Data tersebut akan penulis sajikan dalam bentuk persentase. Nomor 1-7 memuat data tentang penggunaan handphone oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis 2.A. Nomor 8-15 memuat data tentang kedisiplinan salat lima waktu bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis Adapun data yang diperoleh adalah sebagai berikut : N o 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 4 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 5 1 1 1 1 1 1 1 2 2 1 1 1 2 1 6 1 2 1 2 2 2 1 2 2 2 1 2 2 1 7 1 2 1 1 1 1 2 2 2 1 2 1 2 2 8 1 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 9 1 2 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 2 1 1 2 1 1 1 1 2 1 2 1 1 1 2 2 2 1 2 2 2 1 1 1 3 2 1 2 2 2 2 1 1 1 1 2 2 1 1 1 4 2 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 1 1 1 5 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 . Data Berdasarkan hasil dari angket yang penulis sebarkan.

4 1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 6 2 7 2 8 2 9 3 0 3 1 3 2 3 3 3 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 1 2 2 2 1 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 1 1 2 1 2 2 1 2 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 2 1 2 2 1 2 1 2 2 2 2 2 2 2 1 1 1 2 1 1 1 2 2 1 1 1 1 2 1 1 2 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 2 1 2 1 1 2 2 1 2 2 2 1 2 2 1 1 2 1 2 1 2 1 1 1 1 2 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 2 1 2 1 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 2 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 2 2 2 2 1 2 1 1 1 1 2 1 1 1 2 2 1 1 1 2 1 2 2 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 2 2 1 2 1 2 2 1 1 2 1 1 2 1 1 1 1 1 2 1 1 2 1 1 2 1 1 1 2 2 2 1 2 1 1 1 1 1 2 2 1 2 2 2 1 2 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 2 2 1 2 2 1 2 2 2 1 2 1 2 1 1 1 2 2 .

kedisiplinan salat lima waktu. Data tentang penggunaan handphone . Analisis data Disini akan diuraikan tentang tingkat penggunaan handphone siswa.4 3 5 3 6 3 7 3 8 3 9 4 0 4 1 4 2 4 3 4 4 4 5 4 6 4 7 4 8 4 9 5 0 2 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 2 2 1 2 1 2 2 2 2 2 1 1 2 1 1 2 2 1 1 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 1 2 2 1 1 2 2 1 2 1 2 1 2 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 2 1 1 2 1 1 1 2 1 2 2 1 1 1 2 1 2 1 1 2 2 1 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 2 2 2 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 2 2 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 2 2 1 1 1 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1 1 1 2 1 1 1 2 1 1 1 1 1 2 1 1 2 1 2 2 1 2 1 2 2 2 1 1 2 2 2 2 B. dan hubungan keduanya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Adapun uraiannya adalah sebagai berikut : a.

25 87.00 . Dari 50 siswa. b.Interval Skor 7-8 9 . Data tentang kedisiplinan salat lima waktu Interval skor 8 .86 . Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis mempunyai tingkat penggunaan handphone yang tinggi. yang berarti siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis yang mempunyai handphone merasa bahwa handphone itu menyenangkan dan menghibur.50 .75 .10 11 . nge-game.81.10 11 .14 64.57 .13 14 .29 .62.100 Kriteria Rendah Sedang Tinggi Sangat tinggi Frekuensi 3 13 24 10 50 % 6 26 48 20 100 Dari tabel di atas. Jika hal ini terus dibiarkan maka waktu mereka akan terbuang percuma.16 Total Persentase skor 50.43 78.12 13 . yang mempunyai tingkat penggunaan handphone yang sedang sebanyak 13 siswa atau 26%.85. mereka juga suka berlama-lama di depan handphone. mereka juga sering menggunakan handphone entah itu di rumah maupun di sekolah. yang mempunyai tingkat penggunaan handphone yang sangat tinggi sebanyak 10 siswa atau 20% dari 50 siswa. dan selebihnya sebanyak 3 atau 6% dalam kategori rendah.00 .57. Dalam keseharian.14 Total Persentase skor 50. yang mempunyai . atau sekedar mengutak-atik saja.100 Kriteria Baik Cukup Kurang Frekuensi 25 20 5 50 % 50 40 10 100 Dari tabel di atas menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mempunyai kedisiplinan salat lima waktu yang tinggi. terdapat 25 siswa atau 50% mempunyai kedisiplinan salat lima waktu dalam kriteria tinggi. Yang membahayakan.50 68. terdapat 24 siswa atau 48% dari 50 siswa yang mempunyai tingkat penggunaan handphone yang tinggi.71.71 92. mereka menggunakan handphone untuk sms. membuka facebook.

Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi. Meskipun mereka memiliki handphone. Jika siswa tersebut hidup di lingkungan yang kedisiplinan salatnya tinggi. Jadi meskipun siswa tersebut memiliki handphone kewajiban salat lima waktunya tidak pernah dilalaikan. Ketiga adalah siswa yang gampang terpengaruh oleh hal – hal yang buruk. Jadi sikap tidak disiplin ataupun sikap disiplin yang dia miliki disebabkan oleh pengaruh lingkungan sekitar. Jadi meskipun siswa tersebut memiliki handphone ataupun tidak memiliki handphone kewajiban salat lima waktunya gampang sekali ia tinggalkan. mereka tidak melupakan salat lima waktu. ada pula siswa yang mudah terpengaruh. Begitu pula karena kesadaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Hubungan antara penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu Setiap siswa memiliki kedisiplinan yang berbeda .kriteria sedang sebanyak 20 siswa atau 40% dan sisanya 5 siswa atau 10% mempunyai kriteria rendah. Uraiannya adalah sebagai berikut : Pertama adalah siswa yang sudah memiliki kedisiplinan yang tinggi dan kedisiplinan itu sudah muncul dari dalam dirinya sendiri. Namun jika siswa tersebut hidup di lingkungan yang kedisiplinan salatnya rendah. maka siswa tersebut juga memiliki kedisiplinan salat yang rendah. Keempat adalah siswa yang gampang terpengaruh oleh lingkungannya. Dalam hal ini ada bermacam-macam hubungan antara penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. maka siswa tersebut juga memiliki kedisiplinan salat yang tinggi. c. Kedua adalah siswa yang tidak memiliki kedisiplin sama sekali dan sifat itu memang sudah ada dari lahir. ada siswa yang tetap disiplin meskipun ada yang mempengaruhi untuk tidak disiplin. namun jika siswa tersebut tidak memiliki handphone maka kedisiplinan salat lima waktunya dapat diatur. . Ini semua tidak lepas dari bimbingan Bapak Ibu guru SMP Negeri 1 Jetis juga orangtua siswa tentang pentingnya disiplin dan pentingnya salat tepat waktu. Jadi jika siswa tersebut memiliki hamdphone maka kedisiplinan salatnya akan terganggu.beda.

Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan antara lain : 1. Penggunaan handphone siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis dalam kategori tinggi. BAB V PENUTUP A. dengan ciri telah bermimpi). dan 'aqil (berakal). Tingginya penggunaan hanphone ini terkait dengan semakin majunya teknologi.Oleh karena itu peran orangtua dan guru sangat dibutuhkan demi membentuk pribadi siswa yang disiplin. terutama disiplin dalam hal melaksanakan salat lima waktu. Karena salat adalah kewajiban seorang muslim yang sudah mukallaf (terbebani kewajiban syari'ah). baligh (telah dewasa. .

Saran Dilihat dari penggunaan handphone dalam kategori tinggi. .2. maka disarankan : 1. Adanya pemantauan dari orangtua dan guru agar penggunaan handphone bisa dikurangi dan handphone tidak digunakan untuk hal yang negatif. Pihak sekolah hendaknya memberlakukan peraturan secara tegas mengenai dilarangnya menggunakan handphone ketika berada di sekolah. Semua itu didasarkan pada pribadi siswa masing-masing. dan lain-lain. contohnya membaca. DAFTAR PUSTAKA Departemen Agama RI. Siswa hendaknya memiliki kesadaran untuk menggunakan waktu yang ada bukan hanya untuk bermain handphone tetapi juga digunakan untuk hal yang lebih berguna. 1992. Tingginya kedisiplinan salat lima waktu ini terkait dengan tingginya kesadaran siswa akan kewajiban menjalankan salat lima waktu. 2. 3. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Orangtua hendaknya melakukan pemantauan ketika waktu salat fardlu sudah tiba. belajar. 3. Semarang: PT Tanjung Mas Inti. Banyak hubungan antara penggunaan handphone dengan kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis. Jakarta: Balai Pustaka. Tingkat kedisiplinan salat lima waktu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis dalam ketegori tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Al Quran dan Terjemahnya. 4. B.

H Sulaiman. Muslim Ideal Muslim Tepat Waktu.com/id5.com/judul-skripsi-tugas-makalah/pengantar-teknologiinformasi/pengaruh-handphone-terhadap-individu-dan-lingkungan-sosial http://starawaji. http://id. John M dan Hassan Shadily.htm http://www. Elfata.tripod. Mayara.wordpress. Keeajaiban Shalat Tahajud.ubb. Mustika.shvoong. Elfata.Echols. Syarif. Fiqih Islam.id/menulengkap. Muhammad Musa. Volume 10 tahun 2004. 2009. Rasyid.php?judul=Handphone%20bagi%20Kehidupan% 20Remaja&&nomorurut_artikel=373 .opensubscriber. 1987.anneahira. DR. Kamus Inggris Indonesia.indoskripsi. Edisi 12 Volume 09 tahun 2009.com/ibadah/arti-shalat. Bandung: CV Sinar Baru. Buletin Pusat Perbukuan. Edisi51/ Tahun V/ Nopember 2006/ Syawwal-Dzulqa’dah 1427 H. Jakarta: PT Gramedia. Surakarta: Albayan.com/2009/04/19/pengertian-kedisiplinan/ http://www. Jakarta: Qultum Media. Edisi 11 Volume 09 tahun 2009.html http://one.com/9008275. M Shodiq dan Rusdin S Rauf.com/internet-and-technologies/1915707-handphone/ http://mifty-away. 1996. 2008.ac.com/message/motivasi@yahoogroups.html http://www.

Tidak 2. Jawablah dengan jujur (jawaban apapun tidak ada konsekwensinya) Pertanyaan : 1. Apakah kamu punya handphone? a. Tulislah nama dan kelas pada tempat yang telah disediakan 2. Tidak b. Beri tanda silang pada salah satu huruf a dan b pada jawaban yang paling sesuai menurut anda 3. Ya b. Apakah kamu suka bermain handphone? 3. Ya a. Tidak b. Ya a.Lampiran 1 : ANGKET PENELITIAN Petunjuk : 1. Apakah handphone itu menyenangkan dan menghibur? .

Ya b. Ya a. Apakah kamu suka sms-an setiap hari? 7. Pernahkan konsentrasi sholat kamu terganggu setelah bermain handphone? 13. Tidak b.4. Tidak b. Ya a. Apabila tidak ada martikulasi. Ketika istirahat. Pernahkah kamu tertidur sehingga lupa sholat karena bermain handphone? a. Ya a. Tidak b. Ya b. Tidak b. Tidak 10. Tidak 5. Ya a. apakah kamu memilih sholat berjamaah di . Apakah setiap hari kamu memegang dan bermain handphone? a. Tidak b. Tidak b. Apakah kamu selalu sholat fardhu tepat pada waktunya? b. Apakah kamu suka berlama-lama di depan handphone? 6. Tidak 12. Apakah kamu suka membuka facebook di handphone? 8. Pernahkah kamu mengakhirkan waktu sholat karena keasyikan bermain 11. Tidak 14. Ya a. Pernahkah kamu lupa sholat karena keasyikan bermain handphone? 9. Pernahkah kamu menunda sholat karena keasyikan bermain handphone? b. apakah kamu sering bermain handphone? 15. Ya a. Ya a. Ya a. Tidak b. Ya sekolah? a. Ya handphone? a. Tidak b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->