TUGAS BIOLOGI SEL HEWAN DAN ORGANELNYA

NAMA KELAS / NO.ABSEN

: NESSIA RACHMA DIANTI :XI IA 5 /30

sitoplasma merupakan bagian sel berupa koloid yang melarutkan berbagai macam hara (nutrien) dan tempat berlangsungnya banyak reaksi kimia untuk membentuk energi dan menyimpan energi.Sel-sel berkelompok membentuk suatu jaringan.lisososom.tetapi sel hewan juga punya yaitu : 1. Sintesis protein dilakukan di luar inti sel (sitoplasma).fungsi utama sitoplasma adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia atau metabolisme sel. Subsatansi sel yang ditransfer ke luar sel adalah molekul RNA yang berkaitan erat dengan sintesis protein di sitoplasma. tepatnya sintesis terjadi di salah satu organel yang ada di sitoplasma. Sel melalui lubang-lubang ini dapat mentransfer substansi sel yang berada di dalam nukleus ke luar nucleus (sitoplasma). Organ-organ tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu sistem.Tidak hanya sel tumbuhan yang memiliki organel sel.dll) dan beberapa substansi lainnya. yang dapat melaksanakan kehidupan. dan kemudian jaringanjaringan akan menyusun organ. Sistem organ inilah yang akan membentuk organisme baru.yaitu suatu cairan yang bersifat koloid atau mirip jeli.MEMBRAN INTI Membrane inti atau selubung inti merupakan struktur pembatas materi inti sel dengan sitoplasma.Sel eukariotik adalah sel yang memilki membran inti. .sel-sel eukariotik berukuran lebih besar daripada sel-sel prokariotik.Di dalam sitoplasma terdapat berbagai organel sel (seperti nukleus.peroksisom . zahrah) terkecil dari makhluk hidup.badan golgi.SEL Sel berasal dari kata 'cella' yang berarti ruangan.SITOPLASMA Sitoplasma merupakan plasma(cairan sel) yang berada di antara inti sel dan membran plasma .mitokondria. sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma Cairan sitoplasma biasa disebut sitosol. Struktur membran inti juga dilengkapi dengan lubang-lubang yang disebut porus nuclearis. Organ mempunyai beragam bentuk dan fungsi. 2. yaitu lubang pada selubung inti yang menghubungkan nucleolus dengan sitoplasma. yaitu ribosom. Struktur membran inti saat diamati di bawah mikroskop electron tampak sebagai dua lapisan membran yang masing-masing dipisahkan oleh celah sebesar 20-30 nm. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sel merupakan tingkatan terendah dari organisme kehidupan SEL HEWAN Sel hewan merupakan sel eukariotik. berukuran kecil maka sel merupakan unit (kesatuan.retikulum endoplasma.Pada umumnya .

Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma.Mitokondria merupakan orgasnel sel bermembran ganda.Matriks terdiri atas ribosom..pada beberapa sel lainnya dapat memiliki ratusan hingga ribuan mitokondria.dan material lainnya.Akan tetapi .ADN. 3.Adanya krista menyebabkan permukaan membra mitokondria semakin luas sehingga proses respirasi yang mengahsilkan ATP semakin efektif.MITOKONDRIA Mitokondria banyak ditemukan pada sel-sel eukariotik. Badan Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosom. Untuk membentuk lisosom . Membentuk dinding sel tumbuhan 4.Jumlah itu bergantung pada aktivitas metabolik sel. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil tersebut. Badan Golgi ditemukan oleh seorang ahli histologi dan patologi berkebangsaan Italia yang bernama Camillo Golgi.Membran luar memliki struktur halus dan berfungsi membatasi bagianbagian dalam mitokondria dengan sitoplasma. kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. Untuk menyortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel 7. 3. dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Tempat untuk memodifikasi protein 6.Mitokondria dapat ditemukan dalam keadaan tunggal berupa satu mitokondria berukuran besar. Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 badan Golgi.mitokondria sering disebut sebagai unit pembangkit tenaga dari suatu sel. berisi enzim dan bahan-bahan lain. Organel ini terdapat hampir di semua sel eukariotik dan banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi. Membentuk membran plasma.Membran dalam memiliki struktur berupa lipatan-lipatan yang disebut dengan krista. Kantung atau membran golgi sama seperti membran plasma.BADAN GOLGI Badan Golgi (disebut juga aparatus Golgi. 4. Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. sedangkan sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan Golgi. 5. setiap jaringan maupun spesies memiliki ciri-ciri yang jauh berbeda antara satu dengan yang lain.Di antara krista terdapat ruang antarkista berisi suatu cairan yang disebut matriks. 2. misalnya ginjal.Walaupun semua sel memiliki sitoplasma. beberapa fungsi badan golgi antara lain : 1. Fungsi lain ialah dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.Sehubungan dengan kemampuannya untuk mengjasilkan energi.

RE halus tidak memiliki bintik -bintik ribosom di permukaannya. terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom.Pada saat sintesis protein ribosom mengelompok menjadi poliribosom (polisom). untuk pembungkusan dalam organel tertentu seperti lisosom atau dikirim ke luar sel. fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. Ada tiga jenis retikulum endoplasma: RE kasar Di permukaan RE kasar.RETIKULUM ENDOPLASMA Retikulum Endoplasma (RE) adalah organel yang dapat ditemukan di seluruh sel hewan eukariotik. tergantung pada jenisnya. metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium. 6. RE halus mensintesis molekul. Sel dapat menyesuaikan jumlah relatif dari masing-masing jenis ribosom begitu metabolismenya berubah. Ribosom bebas maupun terikat secara struktural identik dan dapat saling bertukar tempat. Retikulum Endoplasma (RE) merupakan labirin membran yang demikian banyak sehingga retikulum endoplasma melipiti separuh lebih dari total membran dalam sel -sel eukariotik. . RE halus Berbeda dari RE kasar. sel hati manusia memiliki beberapa juta ribosom. RE sarkoplasmik RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. Ribosom terdapat pada semua sel hidup. Misal. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot . Fungsi retikulum endoplasma bervariasi. Tiap ribosom terdiri dari 2 sub unit yang berbeda ukuran. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid. dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. detoksifikasi obat -obatan. sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. Sedang ribosom terikat umumnya membuat protein yang dimasukkan ke dalam membran. Sel yang memiliki laju sintesis protein yang tinggi secara khusus memiliki jumlah ribosom yang sangat banyak. Dua sub unit ini saling berhubungan dalam suatu ikatan yang distabilkan oleh ion magnesum. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik.Retikulum endoplasma memiliki struktur yang menyerupai kantung berlapis -lapis. Maka.Ribosom merupakan tempat sel membuat atau mensintesisi protein. yang disebut RE kasar. Sebagian besar protein dibuat oleh ribosom bebas akan berfungsi di dalam sitosol. Tidak mengejutkan jika sel yang aktif dalam mensintesis protein juga memiliki nukleus yang terlihat jelas. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein.RIBOSOM Ribosom berupa organel kecil berdiameter antara 17 -20 µm yang tersusun oleh RNA robosom dan protein. Kantung ini disebut cisternae. (kata endoplasmik berarti di dalam sitoplasma dan retikulum diturunkan dari bahasa latin yang berarti jaringan ). Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya.5. Ribosom ada yang terdapat bebas di sitoplasma atau melekat pada retikulum endoplasma.

Saat ini model yang dapat diterima untuk penyusunan molekul-molekultersebut dalam membran ialah model mosaik fluida. Dibutuhkan 8000 membran sel untuk menyamai tebal kertas yang biasa kita pakai untuk menulis. Terdapat sejumlah fase tersendiri dalam duplikasi sentrosom.SENTRIOL (SENTROSOM) Senttroom merupakan wilayah yang terdiri dari dua sentriol (sepasang sentriol) yang terjadi ketika pembelahan sel. kondensasi kromoson.Pada 1895.Membran sel berupa lapisan luar biasa tipisnya. yaitu sentirol anak akan mulai terbentuk sehingga nanti akan menjadi dua pasang sentriol. membran yang diisolasi dari sel darah merah dianalisis secara kimiawi ternyata tersusun atas lipid dan protein. meskipun karbohidrat juga merupakan unsur penting. Fosfolipid merupakan suatu molekul amfipatik. yang sekaligus membenarkan postulat dari Overton. terdapat fase S yang terdiri dari tahap duplikasi kromoseom. dan dupli kasi sentrosom. 8. Membran sel merupakan bagian paling luar yang membatasi isi sel dengan sekitarnya (kecuali pada sel tumbuhan. .7. Fosfolipid merupakan lipid yang jumlahnya paling melimpah dalam sebagian besar membran. dimulai dengan G1 dimana sepasang sentriol akan terpisah sejauh beberapa mikrometer. Tebalnya kira-kira 8 nm. Kemampuan fosfolipid untuk membentuk membran disebabkan oleh struktur molekularnya. Charles Overton mempostuatkan bahwa membran terbuat dari lipid. Kemudian dilanjutkan dengan S. bagian luarnya masih terdapat dinding sel atau cell wall). yang berarti bahwa molekul ini memiliki daerah hidrofilik (menykai air) maupun daerah hidrofobik (takut dengan air). berdasarkan pengamatannya bahwa zat yang larut dalam lipid memasuki sel jauh lebih cepat dari pada zat yang tidak larut dalam lipid. dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutubkutub sel yang sedang membelah. 20 t ahun kemudian.Berdasar struktur tersebut maka membran sel bersifat semi permeable atau selektif permeable yang berfungsi mengatur masuk dan keluarnya zat dari sel. Fase G2 merupakan tahapan ketika sentriol anak yang baru terbentuk tadi telah memanjang. Gabungan lipid dan protein dinamakan lipoprotein. Pada siklus sel di tahapan interfase. Terakhir ialah fase M dimana sentriol bergerak ke kutub -kutub pembelahan dan berlekatan dengan mikrotubula yang tersusun atas benang-benang spindel. Lipid dan protein merupakan bahan penyusun utama dari membran.MEMBRAN SEL Membran sel sering juga disebut membran plasma.

Bila sel hewan membelah menjadi dua. Mikrofilamen adalah dua untaian aktin yang saling terjalin. misalnya terbentuklah seberkas mikrofilamen dan memisahkan kedua sel anak tersebut. .MIKROTUBULA dan MIKROFILAMEN Mikrotubula adalah silinder protein yang terdapat pada kebanyakan sel hewan dan tumbuhan. Banyak mikrofilamen membentuk kumpulan atau jaringan pada berbagai tempat dalam sel.9. Adanya hal itu digabungkan dengan gerak sel. sitokinesis dan transpor verikuler. Mikrotubula mempunyai komponen struktur dalam sel dan meliputi beberapa proses sel: mitosis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful