Definisi Perkembangan Kreatifitas

Dalam kehidupan kita sehari-hari sering kita jumpai beberapa anakyang mempunyai aktifitas yang berlebihan yaitu loncat-loncat, lari-lari, menendang bola, mengganggu temannya yang sedang bermain danlain-lain. Ada juga anak yang pendiam tidak mau beraktifitas tanpa disuruh orang tua dan guru. Tapi ada juga anak yang banyak ide, akal dan banyak cara dalam menghadapi masalah, anak yang seperti ini diharapkan kelak menjadi anak yang kreatif dan dapat mengembangkan bakat kreatifitasnya. Apakah yang di maksud dengan kreatif itu ? Kreatif erat hubungannya dengan kecerdikan, imajinasi, pemecahan masalah dan menghasilkan ide. Kreatifitas dapat diartikan dengan suatu aktifitas imajinatif yang memanifestasikan kecerdikan dari pikiran untuk menghasilkan suatu produk atau untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Berdasarkan hal tersebut, maka anakyang kreatif bukanlah anak yang nakal. Pernyataan kreatif di sini sangant beragam dan bermacam-macam ada juga yang mengatakan orang yang kreatif adalah orang yang tetap mempertahankan kemampuannya sejak masa kanak-kanak untuk menerima apa yang mereka pahani dan juga yang tidak dipahami. Karena itu kreatifitas harus di bangun sejak usia dini. Untuk mengembangkan kemampuan anak berfikir secara imajinatif dalam pikiran prasadar perlu dibekalkan sejumlah pengalamanyang diperlukan anak. Anak yang kreatif mampu berfikir dalam setiap bermain mampu manyerlesaikan masalah-masalah serius yang dihadapi. Ciri-ciri anak yang berbakat/ kreatif adalah ; 1. anak tersebut membaca di usia dini 2. mempunyai perbendaharaan kata yang banyak 3. rasa ingin tahu yang besar 4. konsentrasinya baik Melihat hal tersebut ternyata anak harus didukung penuh oleh lingkungan dan juga orangtuanya. Dalam hal ini biarlah anak melakukan kegiatan apa saja yang disukainya tanpa harus dilarang atau diatur oleh orang lain.

Melihat dari pribadi masing-masing anak mempunyai kretifitas serta kecepatan serta kecepatan yang berbeda-beda maka dari itu hendaknya orang tua dan guru TK janganlah sekali-kali memaksa anak untuk melakukan kegiatan yang sama dengan anak lain. Dan jangan pula memaksakan untuk mempunyai minat yang sama, tetapi dilakukan dengan cara memberikan kebebasan yang cukup serta memfasilitasi mereka secara memadai pula. Memang harus diakui bahwa dukungan eksternal sangat membantu bagi tumbuhnya motivasi anak.Tapi harus diingat pula pemberian dukungan jangan terlalu berlebihan karena hali ini akan membunuh kreatifitas anak di masa yang akan datang. Dukungan dan dorongan bagi anak untuk berkreasi baik dorongan internal maupun eksternal sama-sama diperlukan. Karena baikdari orang tua maupun guru TK harus selalu memupuk bakat dan kreatifitas anak dan sekali lagi agar pemberian dorongan pada anak tidak berlebihan namun sewajarnya. Yang penting dalam memunculkan kegiatan kreatif anak yaitu memberi kebebasan kepada anak untuk melakukan kegiatan eksperimen untuk mewujudkan atau mengekspresiasikan dirinya secara kreatif, contohnya ; Anak usia balitayang belum menulis atau menggambar akan mencorat-coretkan krayon pada tembok atau meja pada tempat-tempat lain secara sembarangan. Melihat kejadian ini hendaknya orang tua tidak langsung marah kepada anak atau malah melarang anak menggunakan krayon lagi agar tidak mencorat-coret tembok lagi. Hendaknyakita para orang tua menyediakan tempat khusus untuk anak dengan membelikan buku atau papan tulis untuk anak mencorat-coret. Orang tua dan juga guru jangan memaksa jika anak tidak mau melakukan sesuatu yang tidak ia minati atau memang sesungguhnya ia belum mampu melakukannya. Kadang banyak juga para orang tua yang tidak sabar menghadapi anak misalnya jika anak bermain di lantai pastilah berantakan tapi berilah anak pengertian secara bijaksana agar anak bisa memahami apa yang orang tua inginkan. Dengan demikian tidak ada alasan para oarang tua melarang anak untuk tidak bermain secara kreatif harus diingat pula bagaimaapu pengendalian orang tua dan juga guru TK tetap diperlukan agar bakat kreatif anak yang tumbuh bisa bernilai positif dan tidak membahayakan orang lain.

( MAXIM. anak-anak disamping menikmati kesempatan itu juga sekaligus akan mengekspresikan kemampuan kekreatifan mereka. Dalam melakukan aktifitas seni dengan menggunakan tangannya sementara yang lain menggambarkan awan. krayon dan cat.yang pertama melalui kesenian. Akibatnya orang tua menganggap bahwa aktivitas kesenian yang dilakukan anak hanya membuat keadaan menjadi berantakan dan kacau saja. matahari. 1985 ). Dalam berbagai aktifitas bidang kesenian terdapat banyak kesempatan mengembangkan kemampuan kreatifitas anak. menyanyi 3. Karena ituguru TK harus memahami halhal yang berkaitan dengan seni tersebut serta dapat mengaplikasikan di dalam kelas. Media yang biasa digunakan antara lain kertas. rumput atau pohon dengan cara mereka sendiri. Namun yang sering terjadi. Berikut adalah anggapan orang tua yang salah terhadap aktifitas anak.Yang paling memberi kesempatan bagi pengembangan kreatifitas anak adalah melalui aktifitas seni dan musik. Seperti menggambar obyek orang lain dengan caranya sendiri. Melalui aktifitas seni itu diharapkan anak dapat mengekspresikan kekreatifan mereka. Dengan keasyikannya sendiri anak seakan mempunyai dunianya sendiri yang bebas dan luas. banyak dari orang tua menganggap bahwa aktifitas menggambar anak dikerjakan secara sembarangan artinya gambar yang mereka hasilkan tidak menunjukkan sebuah gambar tertentu tidak teratur baik dalam garis maupun dalam bentuk. . mewarnai suatu obyek gambar 2. Model Gambar Kekreatifan anak Aktifitas kesenian dapat diwujudkan alam berbagai media dan berbagai cara yang dapat digunakan anak misalnya : 1.TEORI PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SENI Pengembangan kreatifitas anak prasekolah dapat dilakukan melalui berbagai kesempatan dan berbagai aktifitas dalam kesehariannya. bermain musik Satu hal yang harus dimengerti orang tua dan Guru TK dalam mendampingi anak adalah bahwa dalam beraktifitas kesenian seperti itu anak-anak akan menikmati perasaannya tanpa memperhatikan apayang digambarnya.

Hal ini akan menghalangi kebebasan anak dalam berkreasi padahal anak sangat memerlukan sarana kebebasan berkreasi sebagai sarana pembelajaran diri. Ia menekankan pentingnya kreatifitas. kebebasan berekspresi seni. Hambatan anak dalam berekspresi atas kreatifitasnya telah lama diteliti sejak lama oleh Viktor Lowenfeid (1957). hal ini disebabkan karena pertanyaanyang diajukan dalam proses belajar di sekolah hanya ada satu jawaban yang benar. Padahal pelepasan aspek emosional akan menghasilkan karya seni secara bebas dan anak akan terdorong untuk meningkatkan kemampuan imajinatifnya. . menentang pengendalian dan bentuk pendekatan yang berorientasi pada hasil. Ketrampilan gerak sederhana. Hal ini sama saja dengan menghalangi pertumbuhan emosi dan keterampilan anak. menggambar atau meniru bentuk dari anak-anaknya. Sedangkan jawaban yang benar ditentukan oleh para guru atau orang tua. Pengekangan terhadap anak untuk berekspresi secara bebas mengakibatkan anak menjadi frustasi danjuga menghilangkkan ambisi kreatifnya. orang tua tidak memahami anak dalam aktifitas-aktifitas seni akibatnya banyak dari orang tua berusaha membantu mengikuti keinginan anaknya dalam beraktifitas seperti menyusun balok. menempelkan. memegang sikat. 2. yang memungkinkan anak untuk melakukan aktifitas seperti menggunting mengikuti garis pola. Aspek-aspek dalam dalam ketrampilan seni di antaranya adalah sebagai berikut : 1. Adanya pendapat di atas jelas bertentangan dengan konsep dari perkembangan anak untuk menggali potensi anak dengan kreatifitas yang dihasilkan oleh si anak.1. orang tua sering beranggapan bahwa kreatifitas tidak penting. Berbagai pembatasan dan pengendalian yang dilakukan orang tua dan guru terhadap membuat anak terkekang. diperoleh anak melalui aktifitas seperti menggunting. Koordinasi tangan dan mata. mewarnai dengan krayon dan memegang pensil 2. Untuk itu orang tua dan guru yang tidak memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi secara bebas dengan menggunakan media seni berarti telah memadamkan potensi kreatif mereka. Biasanya mereka tidak memberikan kebebasan dan tidak memberikan kesempatan kepada anak apalagi mendorong anak untuk mendapatkan pengalaman sehingga anak dapat melepaskan tekanan emosinya. Aktifitas di sekolah tidak memerlukan kreatifitas.

memencet lem dari botol sampai meletakkan pada daerah yang akan dilem. dengan warna apa gambar bunga akan diwarnai dan menentukan seberapa luas untuk tanaman yang akan digambar. TAHAPAN PERKEMBANGAN Perkembangan ketrampilan anak dalam beraktifitas kesenian sejalan dengan tingkat kematangan anak. pada saat mereka melakukan aktifitas seni secara bebas bersama teman-temannya mereka akan saling berinteraksi dan berkomunikasi berarti mereka akan saling berbicara tentang karyanya. Ketrampilan berbahasa. Melalui kegiatan yang berkaitan dengan kesenian anak dapat mewujudkan kreatifitasnya. ukuran obyek yang digambar. Walaupun produk dari aktifitas seni yang dilakukan anak hanya dapat dinikmati anak itu sendiri namun bukan berarti orang tua dan guru dapat memvonis bahwa aktifitas tersebut tidak berarti. Tahapan Pra skematik Tahapan ini anak dalam berkreatifitas seni lebih cenderung bisa menggambar dengan bentuk pola yang baru saja dilihatnya walau baru pertama kali melihat (biasanya anak pada tahap ini suka menggambar orang dibanding yang lain(benda) Gambar 2 . pilihan meletakkan obyek dalam gambar. 2. dalam melakukan pekerjaan seni anak akan menghadapi berbagai masalah seperti memilih warna yang cocok dengan keinginannya. 3. Tahapan Scribble ( usia 2-4 tahun) Pada usia ini anak dalam kreatifitas seni pada khususnya menggambar belum memiliki pola tertentu sehingga produk yang dihasilkan tampak belum teratur dan pada masyarakat Jawa biasa disebut gambar cakar ayam dan orang Jambi menyebut basingbasing bae. Ketrampilan memecahkan masalah. justru melalui aktivitas seni yang bebas dan tidak terkekang anak dapat lebih bisa bereksperimen dan bereksplorasi. pengalamannya atau warna pilihannya. menggambar objek. menata semaian bibit bunga matahari di halaman sekolah dan lain sebagainya. Dengan kebebasan yang dapat dinikmati anak mereka akan memperoleh berbagai pengalaman dan ketrampilan 4. Secara normal terdapat tiga tingkatan kematangan anak : 1.

Hal ini normal bahwa anak melalui satu tingkatan sebelum mereka mencapai tahapan berikutnya. Berikut adalah dimensi seni ekspresi anak dalam menggambar yang menunjukkan bahwa yang digambar adalah hal yang penting bagi anak. Tahapan Scematic adalah tahapan yang dialami anak-anak setelah mereka berusia sekitar 7 sampai 9 tahun tetapi kadang ditemukan juga pada anak berusia 5 tahunan Dalam perkembangan kemampuan anak melewati setiap tahapan perkembangan selangkah demi selangkah secara berurutan. Bagaimanapun juga merasakan bahwa pergerakan seperti itu tidak dirangsang oleh pengajaran dari luar tetapi akan muncul dengan sendirinya. Dengan menyediakan suatu lingkungan yang terbuka dan bebas anak-anak akan mengekspresikan diri. misalnya : 1.Teori ini menyatakan bahwa jika anak menggambar dirinya sebagai sebuah lingkaran yang besar. Penggunaan warna pada kreatifitas seni anak ? Warna cerah adalah warna warna ceria ? Warna gelap mengindikasikan kebingungan/ depresi ? Warna pastel menunjukkan ketenangan dan kesenangan 2. Seni pada anak memperlihatkan emosinyaseperti halnya aktivitas seni maupun aktivitas lainnya. kaki dan tangannya digambar dengan garis batangbukan berarti anak tidak peduli dengan bagian-bagian dirinya yang lainnya. Melalui seni anak dapat mengekspresikan apa yang ada di dalam dirinya bahkan yang paling dalam baik aktifitas fisik maupun aktifitas yang lainnya. DIMENSI PERASAAN SENI ANAK Kreativitas anak dalam menggambar tidak hanya apa yang mereka lihat melainkan dengan apa yang mereka rasakan dan alami. Tahapan Scematic Tahapan ini berlangsung setelah tahapan pra skematik.3. Obyek gambar yang digambar kan dalam skala besar menunjukkan begitu penting baginya gambar tanpa melupakan bagian lain dari dirinya. penggunaan garis ? ukuran mengindikasikan kepentingan ? ukuran gambar orang yang sangat besar menunjukkan bahwa ia lebih penting . ini sangat dibutuhkan anak dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan psikomotoriknya.

guru dapat mendeteksi anak sehingga segera dapat diberikan solusinya. Dalam mengemnbangkan kreatifitas anak mlalui kegiatan seni. kreativitas dalam kegiatan seni yang bisa dilakukan oleh anak yaitu mewarnai. BERAKTIFITAS AKTIF MELALUI SENI Ketika anak-anak beraktifitas banyak kegiatan yang dapat dirancang oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas anak. menggunting dan menempel menyusun-mencetak. 1. Iram jelas merupakan komponen dasardalam bermain musik. Bermain merupakan suatu kegiatan yang melibatkan aktifitas fisik secara langsung dan tidak langsung seperti menggambar. tetapi mereka juga berinisiatif dengan ikut memainkan alat musik. Suara alunan bebunyian yang dapat menyenangkan pendengaran tidak sembarangan bunyi tetapi bunyi yang enak didengar dan menyenangkan bagi pendengarnya. mengecat. Bermain musik yang diprakarsai anak. menggunting. Kreatifitas tersebut hendaknya dikondisikan sebagaimana dunia anak itu sendiri yaitu dalam suatu kegiatan bermain. 2. diharapkan guru TK dapat memfasilitasi. merangkai.3. menggambar. menempel. anak-anak prasekolah tidak hanya menyukai secara pasif saja yaitu dengan mendengarkan. menempel melipat dan bermain musik. Musik sangat erat dengan indra pendengaran kita. Hal itu karena dunia anak adalah identik dengan dunia bermain baik secara aktif maupun pasif. . Dengan berpedoman pada pandangan tersebut guru dapat merancang penataan kelas yang relevan. Karena itu sebagai guru TK perlu mengembangkan keterampilan beraktivitas dalm seni. penggunaan posisi ? orang yang digambar di tengah adalah sangat penting ? orang yang digambar sangat jauh berarti orang tidak begitu penting 4. detail ? jika objek digambar secara detail hal ini menunjukkan bahwa anak memandang obyek sangat penting bagi anak Melalui pengobservasian terhadap apa yang dilakukan anak. Karena dalam bermain musik erat kaitannya dengan berbagai pola dan tempo. melipat serta main musik. membimbing dan menemani anak untuk melakukan aktivitasnya. suara yang dihasilkan merupakan gabungan beberapa komponen yang menghasilkan suara bagi pendengaran.

3. Dalam bidang seni. III Lagu : Pada hari minggu kuturut ibu ke kota Naik angkot istimewa kududuk di muka Duduk di samping Pak Sopir yang sedang bekerja Mengendali mobil supaya baik jalannya Tiiin…. kerja keras dan ketekunan. dapat juga dikaitkan dengan aktifitasaktifitas ibu dalam kehidupan sehari-hari. semua itu bergantung pada lingkungan belajar anak. GAMBAR. masa usia tiga setengah tahun hingga enam tahun adalah masa penting bagi seorang anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Erick Erikson. antusias untuk bereksplorasi. Anak-anak yang mendapat lingkungan pengasuhan dan pendidikan yang baik. serta berani mencoba dan mengambil resiko. dari orang tua ataupun orang di sekitarnya. Kedua-duanya menuntut pemusatan perhatian. Mengubah lirik lagu sehingga menjadi lagu yang menarik bagi anak.tiiin…. apakah memang kondusif untuk . menganalisa dan menyimpulkan lebih menentukan. Menyusun lirik dari sebuah lagu yang sudah populer dan cukup mudah bagi anak untuk menghapal dan menyanyikannya. Kegiatan bernyanyi. berimajinasi. Namun. kedua-duanya bertolak dari intelektualisme dan emosi.tiiin…………suara klaksonnya PENUTUP Kreatifitas merupakan daya/kemampuan manusia untuk menciptakan sesuatu. kemampuan. serta merupakan cara pengenalan realitas alam dan kehidupan yang sama. bereksperimen. intuisi dan inspirasi sangat berperan besar dan menuntut spontanitas lebih tinggi. kemampuan pengamatan dan perbandingan. Dengan berdasar hal ini guru dapat mengambil irama tertentu yang sudah dikenal dan diramanya enak dan tidak terlalu sulit nagi anak. Dibidang ilmu pengetahuan. Erikson mengatakan bahwa masa ini adalah masa pembentukan sikap initiative versus guilt (inisiatif dihadapkan pada rasa bersalah). Kemampuan ini dapat terkait dengan bidang seni maupun ilmu pengetahuan. misalnya pak tani yang lagi bercocok tanam atau sedang panen dan lain-lain. Menurut seorang psikolog terkenal. akan mampu mengembangkan sikap kreatif.

Bahkan. lebih banyak duduk diam di kelas daripada melakukan motorik kasar dan halus. menyukai seni. anak-anak yang menerima pelajaran dalam system pendidikan yang salah. Untuk menumbuhkan kreativitas anak. berimajinasi. Ketika jiwa seni anak cukup tinggi. apabila pada masa ini anak sering dikritik. bereksplorasi. banyak sekolah TK yang mengorientasikan pendidikannya secara lebih akademik. menulis. Hasil studi Howard Gardner menunjukkan. Akibatnya. akan mengalami penurunan skor kreativitas hingga 90% pada usia lima hingga tujuh tahun (usia TK sampai kelas satu SD). dan belajar dari kesalahannya. dan berhitung. mengerjakan soal (drilling). kritik.mencapai perkembangan tersebut? Banyak orangtua berharap. Perasaan bersalah ini akan membuat anak takut untuk mencoba. serta bereksperimen dengan melakukan banyak kesalahan. Akan tetapi. sekolah tersebut mampu menyiapkan anak agar bisa membaca. Mengajak anak-anak mengunjungi pameran kesenian. dan umumnya lebih cerdas secara emosi. Hal ini biasanya membuat guru lebih sering menyuruh anak untuk duduk diam di ruang kelas. maka penurunan itu akan berlanjut hingga mereka mencapai usia 40 tahun. atau memberikan nilai hasil pekerjaan anak. seperti pameran lukisan. Padahal. perjalanan mengeksplorasi alam juga mampu menggugah kreativitas anak dan mengasah kecerdasan . disalahkan. mereka bisa mengapresiasi seni. Apabila system pendidikan tidak mendukung perkembangan kreativitas. Bahkan jika dengan disertai dengan menghukum atau memarahi anak. ketika anaknya masuk ke sekolah TK. Padahal. akan membahayakan pertumbuhan emosi positif anak. mengambil inisiatif dan berkreasi. atau diberikan nilai. belajar menulis. terkadang metode pengajaran yang disampaikannya salah. dan mengerjakan soal-soal berhitung. Disamping itu. sebagian besar dari mereka hanya mencapai tingkat kreativitas sekitar dua persen dari tingkat kreativitas masa kanak-kanak yang penuh imajinasi. Akibatnya. menurut Ericson. Uraian tadi bukan berarti berpendapat bahwa sekolah TK tidak boleh mengajarkan membaca atau menulis. hasil pekerjaan anak itu sudah mendapat nilai. juga dapat menambah minat anak-anak terhadap seni. masa TK adalah masa ketika anak-anak ingin bermain. yaitu dengan menyuruh anak untuk menghapal hal-hal yang abstrak. maka sikap yang akan berkembang di dalam dirinya adalah perasaan bersalah dan takut. dan disalahkan oleh guru. guru dapat mengakrabkan anak dengan dunia seni.

Apabila memungkinkan. merupakan pilihan yang relative diminati banyak anak. baik pantai maupun pegunungan. ganggang.spiritual. baik fisik maupun mental. seperti yang ada di sungai dan di pegunungan. Pertumbuhan dan perkembangan anak optimal jika ia berada dalam keadaan sehat. berbaring. Rekaman visual tersebut akan memperkaya daya imajinasi anak. Begitupula dengan bunyibunyian setiap hewan yang unik. Anak akan tertarik mendengar suara lembut dan halus air yang jatuh pada batu. anak akan menemukan berbagai hal yang dapat menambah perbendaharaan konsepnya. dan biota laut lainnya. baik ke daerah pegunungan atau pantai merupakan dua tempat yang kemungkinan jarang ditemui si kecil dalam kehidupan sehari-hari di kota. Selain itu. Mengapa alam bebas? Pertama ke alam bebas. Anak-anak memang menyukai hewan. atau mengenggam pasir? Bahkan si kecil juga dapat bermain membentuk bangunan dari pasir. mengumpulkan kerang. Ketiga. Melalui gerak. perkebunan teh. Mereka juga akan merasakan perbedaan udara dingin di pegunungan dengan teriknya pantai. ke alam bebas. apalagi hewan yang besar dan jinak di alam. Inilah kesempatan yang baik bagi guru untuk memperkenalkan kehidupan dan kebiasaan hewan kepada anak-anak. Usia balita hingga TK adalah usia pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. yang akan menambah rekaman audio si kecil. Kesemua stimulasi tersebut akan menumbuhkan kepekaannya terhadap keindahan alam yang dapat menjadi faktor pendorong anak untuk menjadi kreatif. anak memperoleh keduanya. merupakan beberapa tempat yang dapat menjadi pilihan. Outing atau field trip tersebut sebaiknya memang jelas berkaitan . naik kuda. guru dapat menjadwalkan kegiatan outing/field trip (kegiatan belajar di luar sekolah) yang berbentuk kegiatan mengeksplorasi alam. Melakukan sesuatu di tempat yang benar-benar berbeda. ia perlu tempat luas untuk bergerak. Apa yang biasanya ingin dilakukan anak pada saat bepergian ke kebun binatang? Tentunya mereka akan tertarik dengan berbagai bentuk dan aktivitas hewan di sana. Hal pertama yang paling penting dalam memilih dan mengadakan kegiatan outing adalah aktivitas tersebut harus terarah dan memiliki tujuan yang jelas. untuk perkembangan motorik dan jiwa anak. Hal-hal yang selama ini hanya ia lihat dari buku dan televisi dapat dinikmatinya secara langsung. membuat pengalaman si kecil kian kaya. Kedua. Pergi ke kebun binatang. Bagaimana rasanya berdiri.

seni. Dalam permainan dramatik anak pura-pura menjadi orang lain dan menggunakan benda tetapi tidak berfungsi sebagai fungsi sebenarnya. Agar bisa terkoordinir dengan baik. menurut Dora Wulandari. disarankan perbandingan guru pendamping dengan jumlah murid sebanyak 1 banding 5. Apabila yang dilakukan berdasarkan peran-peran orang yang ada di sekitarnya dan berhubungan dengan apa yang pernah dilihat dari masyarakat di sekelilingnya biasanya disebut dengan bermain sosiodrama. Berbagai aktivitas yang umumnya dilakukan di dalam ruangan misalnya. bermain musik. bercerita. Kegiatan outing juga sebaiknya berbentuk aktivitas yang memang sesuai dengan usia anak dan cukup aman dan nyaman baginya. dan bermain drama. Namun tentu diharapkan orang tua menghindari sikap over protective kepada si kecil. Biasanya sejak 3 hari sebelum acara para guru sudah menjelaskan apa saja yang akan dilakukan anakanak di acara tersebut. Disamping itu. Pihak sekolah sebaiknya melakukan survei tempat terlebih dahulu untuk memastikan keamanan tempat tersebut. Bermain merupakan aktivitas yang berperan penting untuk mengembangkan kecerdasan dan kreativitas anak. pihak sekolah sebaiknya mempersiapkan dengan seksama jadwal kegiatan yang akan dilakukan dalam acara outing agar berjalan lancar dan terarah. Justru acara outing merupakan sarana untuk mengajarkan kemandirian dan mengembangkan kreativitasnya. sebaiknya berikan juga tugas yang harus siswa kerjakan agar kegiatan outing efektif dan sesuai sasaran. Umumnya dalam kegiatan outing anak sekolah TK. Mereka membuat panggung dan dialogmya sendiri sambil mengekspresikan perasaannya secara spontan. Cara bermain dramatik ini membantu anak untuk mengembangkan pengertian tentang dunianya dan juga kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan. staf pengajar sekolah High Scope (untuk kelas anak usia 2 hingga 5 tahun). . Bermain dramatik banyak menggunakan fantasi. Dalam bermain dramatik anak-anak mengembangkan kegiatan bermain dengan melibatkan situasi yang pernah dialaminya. orang tua murid ikut serta mendampingi anak-anak peserta outing tersebut. Guru harus merencanakan kegiatan bermain agar menjadi pengalaman baru bagi murid-murid guna mendorong pengembangan minat mereka.dengan materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Selain itu. Bermain dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar.

bermain pasir dan air. menyusun bangunan. merefleksikan bagaimana anak memahami kehidupan mereka sendiri. social dan aspek konatif (penghayatan) anak-anak. Sedangkan apabila anak telah meningkat usianya dan sudah lebih terampil. Alat-alat yang dipergunakan di luar biasanya bersifat menantang tetapi aman sehingga terhindar dari perasaan frustasi. tempat mencuci perabot. Guru dapat memanfaatkan media dongeng/bercerita sebagai penggugah kreativitas anak-anak. menyuapi anak. membersihkan ruang. Umumnya pusat ini memiliki suasana kehidupan di rumah. pakaian-pakaoan dan sebagainya. bermain dramatik dan berbagai kegiatan bermain dengan disertai aturan. berayun dan jumpalitan. guru bisa menyampaikan pesan-pesan. boneka. misalnya bermain musang dan ayam. kompor. juga . Adalah tugas guru untuk memperluas peran anak tidak hanya terbatas pada peran di rumah saja. Dongeng mampu membawa anak-anak pada pengalamanpengalaman baru yang belum pernah dialaminya. dan lain-lain. Karena itu guru perlu memiliki kreativitas. tetapi juga di luar rumah. Sedangkan bentuk bermain di luar ruangan kelas anak prasekolah terdiri dari kegiatan memanjat. melompat. Dalam kepustakaan ini disebut ‘sudut boneka’ atau sudut rumah tangga. dongeng/cerita ternyata merupakan salah satu cara yang efektif mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan). ruang dokter. afektif (perasaan). kursi. dan kepekaan pada saat bercerita agar pesan dapat sampai kepada murid-muridnya. Cara anak memainkan perannya. Sarana tersebut memungkinkan anak memainkan peran yang sering dilihatnya sehari-hari. Materi yang ada di halaman harus sesuai dengan tahapan perkembangan anak. hubungan-hubungan dan perasaan yang ditunjukkan/diperlihatkan. Misalnya untuk anak yang sangat muda. kantor pos. Misalnya: anak berperan sebagai ibu yang sedang memasak. Melalui dongeng. misalnya di toko.Sebaiknya setiap TK memiliki pusat bermain dramatik. Biasanya dalam pusat tersebut ada meja. dongeng menjadikan anakanak merasa belajar sesuatu. Bahkan. Anak-anak tersebut setiap kali akan menaiki dan menuruni tangga tersebut secara berulang-ulang. Bentuk lain dari bermain di luar adalah kegiatan dengan menggunakan gerobak. tangga yang rendah sangat memacu anak untuk menaikinya. tetapi tak merasa digurui. tukang cukur. lari. tangga dari besi atau kayu perlu diperkenalkan. hikmahhikmah dan pengalaman-pengalaman kepada murid-muridnya. penghayatan. Disamping memperkaya imajinasi anak.

Alat atau materi dalam pusat ini adalah: a) Alat permainan menara gelang ganda bentuk bulat. sendok. games antara lain meliputi domino. bermain pasir juga ada aturannya. Materi yang dimainkan dalam kegiatan ini mengembangkan ketrampilan gerakan halus dan koordinasi mata dan tangan. oval. Dengan menggunakan alat seperti sekop kecil. Sebiknya bak pasir tersebut dilengkapi dengan air kran serta sebaiknya ditutup sehingga aman dari kotoran binatang. Bak pasir di luar ruangan dapat dibuat seperti kolom atau beberapa kotak dan diletakkan di bawah. Sepatu dan kaos kaki sebaiknya dilepas apabila bermain pasir atau air. bentuk dan ukuran b) Tangga silinder bentuk silinder dan kubus. segi-3. segi-4. Mainan mobil-mobilan dan kendaraan lain disarankan pula. kegiatan bermainnya disebut kegiatan meja. Setelah selesai bermain. sehingga bila akan bermain anakanak cukup jongkok saja. jumlah. tidak selalu harus dengan alat. Seperti pada area lain. anak diminta menyatukan kembali. ular tangga. dan . yaitu untuk mengembangkan kreativitas. misalnya membuat gunung atau terowongan. setelah gambar tersebut ditebarkan di meja. e) ‘Games’. dan disamping). segi-3 dan segi-6. alat permainan LASY. Umumnya kelas untuk anak prasekolah terdapat sarana untuk bermain dengan menggunakan meja. warna.tangga yang terbuat dari tali temali. anak perlu dibantu untuk membersihkan diri. anak dapat menyusun suatu bentuk tertentu. posisi benda (di atas. d) Alat permainan yang bersifat konstruksi. Bila anak-anak ingin bermain. misalnya anak tidak diperbolehkan melempar anak lain dengan pasir atau mengguyur air. Tetapi bagaimanapun alat-alat sangat bermanfaat bagi anak. Yang paling sederhana adalah papan bentuk (lingkaran. c) ‘Puzzles’ (mainan bongkar pasang). Dengan alat permainan ini anak-anak akan mengenal konsep warna. dapat dengan contoh atau berdasarkan kreasinya sendiri. Sejumlah games yang sederhana juga termasuk dalam pusat ini. Cukup dengan menggunakan tangan dan membentuk pasir yang basah. bintang. Dengan alat permainan tersebut. segi-4. dan sebagainya). misalnya balok meja. di bawah. lotto. Model puzzle lain adalah suatu gambar tertentu yang kemudian dipotong-potong (kepingan gambar). Dengan memainkan alat permainan ini anak belajar tentang bentuk. ember dan sebagainya sangat memungkinkan lebih banyak variasi dalam bermain pasir.

Seperti organ. Yaitu materi yang membawa anak untuk kegiatan yang bersifat akademik. bentuk angka-angka (untuk memperkenalkan bentuk angka) dan sebagainya.sebagainya. Guru dapat mengembangkan kemapuan seni anak melalui praktek bermain musik di dalam kelas maupun di luar dengan alat-alat musik tradisional maupun modern. keyboard. Bermain harus dihargai karena nilainya sebagai medium belajar dan berkreasi bagi anak. Materi tersebut meliputi: kertas dan pensil. angklung. dan sebagainya. . seruling bambu. kolintang. pola bentuk untuk dijiplak (sebagai persiapan untuk membuat huruf). perangkat drum band. f) Materi yang berorientasi pada kegiatan yang bersifat akademik. Anak mengenal irama dan alat musik melalui kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Setiap murid harus diberi kesempatan mendapatkan berbagai pengetahuan. menggunakan alat-alat permainan atau alat bantu belajar yang tersedia.

ketika umurnya menginjak empat bulan. di Jakarta. Dalam perjalanan ke kantornya. Di usia 3. Bahkan musik bisa dipakai untuk memutar janin sungsang kembali ke posisi normal. stimulasi tersebut meliputi stimulasi fisik-motorik dengan "mengeluselus" jabang bayi melalui kulit perut sang ibu. Baginya mendengarkan musik klasik bukanlah kegiatan aneh apalagi membosankan karena kebetulan ia pencinta musik klasik. makin efektif pengaruhnya. Perangsangan ini sangat penting karena masa tumbuh kembang . anaknya sudah bisa tertawa terbahak-bahak. musik yang buat banyak orang terasa berat itu terus mengalun dari kaset di dalam mobilnya.5 bulan. Utami Munandar dalam seminar "Pengaruh Mendengarkan Musik Klasik terhadap Janin dan Kehamilan". Dari situlah ia lalu berusaha untuk selalu mendengarkan musik klasik. Ia justru terhibur di tengah-tengah kemacetan lalu lintas ibukota. Pada janin. Menurut guru besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu. musik akan merangsang perkembangan sel-sel otak. Alunan suara yang berirama ini bisa dimanfaatkan untuk merangsang janin agar kelak menjadi anak cerdas dan kreatif. Demikian kata Prof. sudah bisa bersalaman. November silam. Makin sering dan teratur perangsangan diberikan. sudah bisa melepas kacamata kakeknya. Ny. anak dari Ny.ANAK CERDAS DAN KREATIF BERKAT ALUNAN MUSIK Musik tidak cuma merupakan materi hiburan yang memanjakan telinga. Dr. Bahkan. Ketika hamil.Kedua belahan otak harus imbang Mendengarkan musik klasik sebenarnya merupakan bagian dari beberapa stimulasi yang biasanya diberikan oleh ibu hamil kepada janin di dalam kandungannya. Catharina (30) jauh lebih baik. Ketika berusia dua bulan. Ir. Catharina ingat cerita orang tuanya bahwa musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart bisa membuat perkembangan otak belahan kanan janin dalam kandungan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kemampuan afektif si anak. Sumber : Majalah Intisari Dibandingkandengan kemampuan rata-rata anak seusianya. stimulasi kognitif dengan berbicara dan bercerita kepada janin. Semua itu bukan tanpa sebab. dan stimulasi afektif dengan menyentuh perasaan bayi.

waktu. serta pengembangan kepribadian. Kalau dia pintar matematika. ucapan. Stres pada wanita hamil akan meningkatkan kadar renin angiotensin. menurut dr. Cukup 30 menit sehari Mungkin semua jenis musik. dan mengarang dengan baik. akan terasa letak indahnya musik klasik ini. Sementara itu bagi ibu hamil. kiri dan kanan. MMR. Jimmy Passat. yang memang sudah meningkat pada wanita hamil sehingga akan mengurangi sirkulasi rahim-plasenta-janin. irama musik. dari yang tradisional hingga modern. Namun. musik .OG.bisa membebaskannya dari stres akibat kehamilan. warna. perasaan. sosialisasi. Memang. Otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif. tidak setiapibu hamil menyukai musik klasik. ahli saraf dari FKUI-RSCM. Sementara otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik seperti baca-tulis-hitung. akan berdampak buruk bagi ibu yang bersangkutan dan perkembangan janin di rahimnya. pengenalan diri dan orang lain. terutama karya Mozart.Psi. dan peristiwa). gaya bahasa. kalau didengarkan secara berulang-ulang hingga hafal. tetapi juga otak kanannya. Namun. dan analisis. stres yang tidak dikelola dengan baik. S. organ pengontrol pikiran. . Ini sangat baik sebab. Jakarta. dan Isye Widodo.terutama yang klasik . menulis. Penurunan sirkulasi ini menyebabkan pasokan nutrisi dan oksigen kepada janin berkurang. koordinator Parent Education Program RSAB Harapan Kita. imajinasi. Keindahan dan ketenangan inilah yang membuat musik klasik itu istimewa. diharapkan anak yang dilahirkan kelak tidak cuma memiliki kemampuan akademik yang baik tetapi juga kreatif. logika. dengan fungsi berbeda. lamunan. menurut dr. dan emosi ini memang dibedakan atas dua belahan.otak yang paling pesat terjadi sejak awal kehamilan hingga bayi berusia tiga tahun. Hambatan macam ini bisa dihilangkan atau dikurangi bila si ibu mendengarkan musik klasik. dia juga mampu berbahasa. Perkembangan janin pun terhambat. Orang tua sebaiknya tidak hanya menstimulasi kemampuan otak kiri. Oleh para pakar. intervensi ini haruslah seimbang. Oleh karena itu. bila stimulasi dilakukan secara seimbang. daya ingat (nama. Suharwan Hadisudarmo Sp.

Kaplan. seperti dikutip Utami. mendapat terapi musik sudah bisa mengeluarkan kata-kata itu." jelasnya. Jadi sejak janin. setelah dilahirkan mendengarkan musik klasik juga memberi pengaruh baik bagi si bayi. seorang bayi berusia tiga bulan. Dia .. Isye juga menyatakan. Nah. Jenis musik ini terbukti efektif dalam menstimulasi perkembangan otak belahan kanan dari janin. Tapi bayi yang. Sementara untuk merangsang belahan otak kiri yang bertanggung jawab terhadap kemampuan akademik. Stimulasi perkembangan otak janin ini bisa dilakukan sejak usia kehamilan 18 . Bayi yang dilahirkan. Namun. Musik bersyair itu misalnya lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud atau Ibu Kasur. hingga saat ini yang sudah diteliti dan menunjukkan hasil positif baru musik klasik. "Saya menggunakan lagu-lagu anak-anak Indonesia. musik dengan syair yang mendidik terbukti memberi pengaruh baik. Mendengar alunan musik yang tenang.bisa pula dimanfaatkan untuk hal yang sama. ketika masih dalam kandungan. seperti diberikan Utami. Menurut dia. bila anak dibesarkan dalam suasana musik Mozart sejak dini. Benjamin J. Pelangi-Pelangi merupakan lagu paling disukai. Menurut Harold I. jantung si janin berdenyut dengan tenang pula. dan ketika musik berhenti dia menunjukkan ketidaksenangan.. Bahkan." ungkapnya. kemampuan berbahasanya lebih cepat. jiwa Mozart yang penuh kasih sayang akan tumbuh juga dalam dirinya. calon anak ini sudah mengenal kata Tuhan. Jika irama makin cepat menuju klimaks. Sekadar contoh. terutama karya Mozart. "Pada akhir lagu itu ''kan ada syair ''. ciptaan Tuhan''. tambah Isye. intervensi yang saya gunakan selama ini ternyata ada gunanya. pada usia itu janin sudah dapat mendengar. mampu menggerakkan badannya sesuai dengan iramanya. dan Jack A. bayi berusia tiga bulan umumnya belum ada tanda-tanda mengeluarkan kata-kata ''a-e-o''. gerakan bayi lebih cepat dan aktif. Menurut Suzuki (1987).20 minggu. Sadock. lagu anak-anak yang dipilih untuk terapi cukup dua tiga lagu. yang sejak lahir sering diputarkan musik klasik. Itu merupakan eksperimen saya sendiri. ketika berusia dua tahun ternyata memiliki kemampuan komunikasi pasif dan aktif seperti anak usia empat tahun. Grebb. Contoh lainnya.

diperdengarkan alunan musik yang bisa membangkitkan perasaan rileks . Jadi secara fisik mereka rileks. Dengan kebersamaan itu. Pada saat diberi instruksi-instruksi untuk relaksasi. Di samping itu ibu hamil dianjurkan pula mendengarkan musik di rumah secara teratur. mengatur pernapasan dan sebagainya. dan saya membawa mereka ke dalam suasana di mana mereka bisa melupakan semua konflik yang mereka rasakan sebelumnya. untuk tujuan terapi sebaiknya dilakukan di tempat khusus untuk terapi dan dipandu oleh pakarnya. mereka bisa bertukar pengalaman dan sebagainya." jelas Isye. Dalam melakukan terapi musik. pergerakan. pada usia itu perkembangan mental emosional janin sudah dapat dipengaruhi musik. Bahkan. "Di tempat terapi ini akan tercipta suasana kebersamaan. saya mengucapkan kata-kata yang bersifat sugesti dan menguatkan. Setelah secara fisik rileks. "Untuk mencapai rileks fisik saya memberikan relaksasi progresif di mana ibu-ibu mengendurkan dan mengencangkan otot-ototnya. Mereka hanya berkonsentrasi untuk terapi. dan perubahan denyut jantung.juga sudah bisa bereaksi terhadap suara dengan memberi respons berupa kontraksi otot. Namun. sehingga saat menghadapi persalinan persiapan mental mereka sudah bagus dan rasa percaya dirinya juga bagus. Dalam relaksasi mental. baru memasuki relaksasi mental. ibu hamil mesti melalui tahapan relaksasi fisik dan mental sebelum memasuki tahapan stimulasi terhadap janin. Mendengarkannya bisa dilakukan di mana saja.

Teknik Berlajar Matematik Assalamualaikum & salams sejahtera.041 views | Filed Under Matematik. . Teknik Belajar. Sifir adalah singkatan bagi sifir darab merupakan satu kemahiran asas matematik yang wajib dikuasai. Sebagai memenuhi permintaan pembaca setia blog ini. Jika gagal mengusai sifir dengan baik.. Dan juga jika tidak menguasai sifir makan kemahiran membahagi juga pasti gagal dikuasai. Aunty. Matematik. maka seseorang murid itu sukar untuk mendapat kecemerlangan dalam matematik. Sifir · Tagged: Bijak Sifir.Sifir – Kemahiran Asas Matematik Yang Wajib Dikuasai! 9. Sifir memainkan peranan penting dalam matematik. tulisan saya pada kali ini adalah mengenai sifir dan bertapa pentingnya mengusai sifir. Sifir.

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 kemudian tulis terbalik 9 hingga 0 pula disebelah kanan. Langkah pertama tulis nombor 0 hingga 9.Menyedari bertapa pentingnya kemahiran ini. Sebagai contoh bagi sifir 9. Pelbagai teknik dicipta oleh guru-guru matematik bagi memastiknya murid-murid mereka mengingat sifir. 09 18 27 36 45 54 63 72 81 90 Setelah selesai menulis anda akan memperolehi satu susunan sifir 9 tanpa perlu mengingatinya. . Ada juga yang menggunakan kaedah penulisan terbalik (saya tak tahu istilah yang digunakan). Antaranya dengan pembentukan jadual sifir.

Jika anda mempunyai teknik-teknik untuk membantu murid-murid menghafal sifir. diharap dapat dikongsikan diruangan komen Sekian.Baiklah itu sahaja perkongsian saya pada malam ini. wassalam Cikgu Farizal .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful