P. 1
Sila Ke-II Kemanuasiaan Yang Adil Dan Beradab

Sila Ke-II Kemanuasiaan Yang Adil Dan Beradab

|Views: 2,579|Likes:
Published by Wendi Rosandi

More info:

Published by: Wendi Rosandi on Jan 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

PANCASILA

Kelompok II : WENDI ROSANDI MULYANTO

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab .

Kata beradab berasal dari kata adab. artinya budaya .Sila Ke· 2 Kemanusiaan yang adil dan Beradab Kemanusiaan berasal dari kata manusia Kata adil mengandung makna bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas ukuran / norma-norma yang obyektif. dan tidak subyektif.

serta bersifat universal.Kemanusiaan yang mempunyai arti : adil dan Beradab ´adanya kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubungannya dengan norma-norma dan kebudayaan umumnya. keturunan dan warna kulit. tanpa memandang ras.µ . Potensi kemanusiaan dimiliki oleh semua manusia di dunia.

µ . Hal ini berarti bahwa manusia mempunyai derajat yang sama di hadapan hukum.Arti dan Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah : ´Manusia ditempatkan sesuai dengan harkatnya.

persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. .Sila Ke· 2 Kemanusiaan yang adil dan Beradab Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Mempunyai 8 Makna yaitu: Mengakui persamaan derajat. Mengembangkan sikap tenggang rasa. Saling mencintai sesama manusia. Tidak semena-mena terhadap orang lain.

Sila Ke· 2 Kemanusiaan yang adil dan Beradab Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat Dunia Internasional dan dengan itu harus mengembangkan sikap saling hormatmenghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain. Berani membela kebenaran dan keadilan. .

Sila Ke 2 Kemanusiaan yang adil dan Beradab Kesimpulan Dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab terkandung nilai-nilai bahwa negara harus menjunjung tinggi hakikat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab. .terutama hak-hak manusia sebagai hak asasi harus dijamin dalam peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu. peraturan perundangundangan negara harus mewujudkan tercapainya tujuan ketingian harkat dan matabat manusia.

.Sila Ke· 2 Kemanusiaan yang adil dan Beradab Kemanusiaan yang adil dan beadab adalah mengandung nilai serta mendasari sikap moral dan tingkah laku manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan pada umumnya bai terhadap diri sendiri.maupun terhadap lingkungannya. dan berguna.berakal.sesama manusia. Nilai kemanusiaan yang beradab merupakan perwujudan nilai kemanusiaan sebagai makhluk yang berdaya.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->